banner
Arai RX-7X Davide Giugliano

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberr… Pada ajang Jakarta Helmet Exhibition kemarin lalu, ada dua merek helm yang KBY incar, yaitu Shoei atau Arai.. Yang terpilih akhirnya adalah Arai RX-7X Davide Giugliano.. helm replika pembalap superbike/ WSBK. Kenapa pilih merek Arai? Nah biar tahu alasannya pilih helm Arai ini ayo deh disimak dulu ya reviewnya lads.. cekibrottt..

Sebenarnya sudah lama pake banget KBY mengidam idamkan memiliki salah satu merek helm yang terkenal di dunia asal Jepang ini, ada Shoei dan juga Arai. Dua duanya merupakan merek helm yang sudah terpercaya di ajang balap internasional.. Kalau merek Itali alhamdulillah sudah pernah punya AGV tipe termurah GP1, yang udah rontok abis busa dan karet karetnya hehe. Nolan tiga kali, jaman kuliah dulu lupa tipe, tipe flip up (lupa tipe apa wkwk) dan N64 serta Airoh Miro XRP bertipe flip up. Mengapa akhirnya pilih Arai RX-7X Davide Giugliano?

Arai RX-7X Davide Giugliano

Arai RX-7X Davide Giugliano The Story

Hal yang bikin mentok gak jadi terus dalam memiliki helm arai atau shoei ya apalagi kalau bukan bujet alias duit wkwk.. Tapi akhirnya tekad sudah bulat untuk memilih salah satu diantaranya di event Jakarta Helmet Exhibition lalu.. Setelah berjam jam muter sana sini, nyoba Shoei Z7 Marquez gak sreg, Shoei X14 Assail dan X14 Bradley akhirnya mentok di dana. Sempat mau pilih Nolan X-802RR Stoner Carbon eh keingetan salah satu sahabat yang bilang, once in a lifetime you should have an Arai!

Arai RX-7X Davide Giugliano

Oke akhirnya ditetapkan merek helm yang dipilih adalah Arai.. tinggal tipe dan modelnya nih yang mana.. Sempat ingin Arai RX-7X Kenny Roberts diliat terus kok biasa aja, Arai RX-7X Maverick Vinales sialnya gada ukuran, yang Arai RX-7X Crutchlow gak suka karena doff, kalau kotor susah dibersihin. Setelah bulak balik ngeliatin lebih detil akhirnya pilihan jatuh ke Arai RX-7X Davide Giugliano! Ya setelah dilihat dia punya warna dan model paling eye catching dari yang lain.. kaya KBY gini lah wkwkw..

Kelebihan Helm Arai RX-7X

Yang KBY sangat sukai dari Arai RX-7X adalah banyak fiturnya, lubang ventilasinya kayaknya paling banyak diantara yang lain ya.. Di moncong, di visor atas kiri kanan, di ubun ubun ada 3, di belakang ada dua.. belum lagi hadirnya flap di belakang yang bisa dinaik turunin.. Keren! Selain itu ya pasti aman, jaminan mutu lah itu.. kemudian dipakenya beneran nyaman.. soal ini Shoei harus mengakui dirinya ada setengah tingkat di bawah Arai.. dan yang terakhir, adem! Sirkulasinya luar biasa lads.. kepala yang berbungkus balaclava ini serasa pakai AC (lebay dikit) adem bener dah..

Ciri khas helm Arai adalah mirip gentong, sempit saat kepala dimasukkan tapi begitu kepala sudah masuk, pas banget! (disesuaikan ukuran kepala ya).. Begitu juga Arai RX-7X Davide Giugliano ini.. Kepala benar benar serasa dipegang – bukan di jepit – hingga bagian rahang dan leher belakang.. Kuncian visornya juga ada dua mode, normal dan race.. untuk race tinggal turunkan lagi visor hingga terkunci dan berbunyi klik, membukanya tinggal dorong tuas pelepas ke atas, visor kembali ke mode normal.

Arai RX-7X Bagi Yang Berkacamata

Bagaimana untuk yang pakai kacamata? Nah ini, Arai dan Shoei seakan akan tahu akan hal ini.. Arai RX-7X memiliki semacam rongga di atas telinga sehingga gagang kacamata dapat begitu mudah masuk! Nyaman gak pake susah! Sayangnya gagang kacamata KBY modelnya lurus, begitu masuk dia gak menjepit ke kuping, jadi kadang suka turun gitu deh.. Kayaknya untuk mengakalinya lebih baik ganti frame kacamata yang berkali kali jauh lebih murah daripada ganti helm 😀

Arai RX-7X Davide Giugliano Saat Digunakan

Aman, Nyaman dan Kedap suara, tidak ada suara siulan angin masuk ataupun gemuruh udara saat berbenturan dengan helm. Arai RX-7X Davide Giugliano ini KBY pilih lebih kepada kebutuhan saat track day sih.. dimana Nolan N64 kurang bisa mengakomodir hal ini.. Saat tubuh rebah di atas motor dan helm ditempelkan ke tangki, visor Arai RX-7X yang memang lebih ke atas visionnya sangat mengakomodir visual ke depan. Helm full face semacam ini kurang rekomen bagi yang hariannya menggunakan motor ber-ergonomi tegak.. karena visual ke bawah jadi terbatas.

Karena bobotnya yang ringan – meski tak seringan karbon – Arai RX-7X Davide Giugliano nyaman digunakan untuk jarak jauh tanpa membuat leher pegal.. ini dengan simulasi riding di atas Zeref CBR250RR dan Samehada GSX-R150 ya, yang underyoke. Menggunakan Nolan N64 yang semi turing saja leher belakang lumayan pegel loh padahal jarak rumah kantor cuma 11-12km.

THE VERDICT

Yang KBY kurang atau gak suka adalah jelas harganya gak bersahabat banget hehe, di jual dengan harga di atas Rp. 7 juta.. Yang kedua, grafisnya, sulit menemukan helm Arai RX-7X yang sekali liat langsung tertarik, tak seperti Nolan, X-Lite, AGV, Shark, HJC, LS2, Airoh dll.. Arai RX-7X Davide Giugliano yang KBY miliki aja dipilih setelah berkali kali diliat wkwkwkw.. Overall, ternyata kenyamanan helm Arai memang bisa dikatakan kelas dewa, pantes haji TMCBlog sampai punya dua! Eh apa tiga ya..

You should have an Arai once in a lifetime, once my friend told me..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

75 KOMENTAR

  1. Wah untung gak jadi ambil itu Z7. Gak cocok buat kepala bulet. Lama2 pusing ketahan di pelipis. Sampe shoei gue aja dimodif dikit. Hhehehehee.

  2. Ak ada usul mang, motor segitu banyak seharusnya punya helem sendiri2. Jadi untuk si nmx ada untuk pcx ada jg untk cbr ma gsx. Biar tambah macho.. jozzz mang

  3. awal nya sgt tertarik mang tapi begitu sampai di verdict whaaaaat t…… lgsg sirna bgt baca harga nya, dan lgsg ke pikiran mending motor seken dpt tiger, scorpio atau pun beat dan mio wkwkwkwkwkwkwk

  4. NHK yg 400rban sdh cukup Mang, wong motore bebek jadul kok, luwih larang rego helm e timbang pajak motor e….

  5. 7 jutaaa ??? Mending beli beli helm 100 rebuan dipinggir jalan, sisanya buat beli motor seken. Jadi deh puya helm skaligus punya motor dengan duit 7juta. Mending kan ?!

  6. Helm mahal ini top, cara gampang beli helm arai murah (beli helm BMC lalu airbrush motif arai simple kan modal 1jt masih kembalian 40-50%)

    • Silakan aja klo mau kayak gitu.. cocok buat orang yg ga punya harga diri..

      Ga malu pake barang palsu
      Ga menghargai nyawa sendiri..

      Klop

    • Anonymous harga dirimu berapa sini gw bayarin, solusi buat yang tak berduit dan ide brillliant, banyak koq yang airbrush helm merk ternama, karna gak semua orang mampu hanya untuk beli helm 7jt

      • Kebanyakan ngemeng lu.. helm aja masih ngide BMC di cat.. pake gede mulut.

        Ngerti ga apa itu hak patent? Ngerti perlindungan kekayaan intelektual?
        Ide kriminal dibilang brilliant.. pas kecil kejedot lantai ya?

      • Katanya ga boleh sombong?? Ngomong kok mancla m3ncle…bertolak belakang ama komen sebelumnya? Piyeh tohh mas berohh???

    • Wkwkwkwk kok ente lucu yaa..
      Daripada airbrush bla bla bla, mending helm lokal kualitas high harga 600an sampe 1jutaan..
      Kalo gak mampu yaudah lahh gak usah bertingkah, gak ada yang mahal kako semua sesuai budget masing masing..
      Jangan kan helm, miayam harga 50k aja ada, mahal??
      Iyaa lahh kalo ente bisanya beli yg 10k

  7. Temen wa beli sepeda harganya 70 juta hampir setara cbr 250rr harganya
    Mending beli cbr kan, sisanya beli sepeda 2 – 3 jutaan
    🙁
    Masalahnya yg beli sepeda itu motornya udh enggak cbr 250rr lagi, lebih malahh

    Ya gitulah perumpamaan random sya bagi yg ngomong mending beli ini mending beli itu~

  8. Enteng kagak mang? Btw itu livery gsx kok jd keinget mirip plang spbu pertamina warna biru putih yak… Hehehe *no oppens

  9. Kelas kambing 1jtan ga ada ya mang?

    Yang warnanya polos aja

    Hahaha

    Sekalian request artikel tips supaya helm aman dr maling kalau bawa motor laki

    Nb: simulasi tempat ga ada penitipan helm
    Contoh alfa maret dkk

  10. Motornya cbr250rr bikin yg nunggang jadi bertambah gantengnya 10x lipat…..helm arai nya bikin wibawa jadi naik 5x lipat….wuakakakaka…..

  11. Mahal enggak nya itu relatif bro dan
    Alasan beli itu banyakkkk.. dari model, kualitaa,merek, kenyamanan, prestis, angan2, dll..
    Selama blom di posisi si “mampu beli dengan bahagia” logika kita gak akan sampe..
    Gk beda jauh dari anak kecil lebih milih permen dari pada jam tangan puluhan juta..

  12. Jujur mang kobay ane kurang sreg ama desain helm arai ,tpi kok baca reviewnya mang kobay nyaman beud yaa ?? ,tpi saya se7 ama mang kobay ,beli helm mahal an dikit gapapa dari pada beli kepala*eitsssemngadaygjual? ,semakin gede cc motor harus semakin proper riding gearnya dan besar tanggung jawabnya di jalan dan terlepas dari takdir kapan waktu kita emng riding gear yg mahal tpi safety itu penting

    • Pada dasarnya helm yang setara atau mendekati arai itu cukup banyak dan harganya juga lebih “masuk akal”…
      Tapi buat ay pribadi lebih ke kalimat itu tadi.. “you should have an arai once in a lifetime”…
      dan bisa dibilang, momennya pas.. alias rejekinya pas ada..

  13. Jaketnya diupgrade juga atuh om, ditambah koleksinya.. Pake k*mine ato sukur2 merek ngeropah. Biar makin kece hehehe.

  14. Mmg jauh banget ya bedanya ama pake N64? Ane baru graduate dari INK dan KYT, itu aja setelah pake N64 kerasa jauh beda ringannya. Apalagi sekelas Arai ya?

    • Hehe N64 itu low budget branded helmet terbaik menurut gw, Dia ringan, enak di kepala tapi berisik dan bentuk moncong kurang oke..
      Air flow nya jg kalah ama Arai

  15. Karena secara ekonomi sudah lebih dari cukup, gak ada salahnya mas kobayogas beli aray kan. Gausah pada nyinyir, apalagi sampek ngomong mending beli ini beli itu. Saya yakin, kita pun pasti juga bakal beli aray atau helm branded lainnya kalau kita lebih dari cukup.

  16. kang minta rekomen helm modular yg cocok dipk harian apa yah? saat ini dari 2012 pk ink mirage, harga klo bisa dibawah 2jt

  17. Kang kobay, klo sama shoei x14 enak mana dipakenya? Soalnya secara bentuknya asli keren bgt kaya ada sirip di belakangnya.. Lg ngincer salah 1, walaupun motor cuman pigsen ngah ngah ngah…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini