Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Macam macam pihak pabrikan menempatkan posisi baut untuk membuka jok depan sepeda motor jenis sport.. Nah kalau Honda CBR250RR dimana dan bagaimana cara membuka jok depan? Yuk dicari tau..

Kalau Kawasaki Z250FI dan juga Ninja 250FI stepnya dua kali buka baut karena posisinya di samping, sementara Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 bautnya tepat di bawah jok, bukan di spakbor ya tapi beneran di bawah jok.. Nah dimanakah letak baut untuk membuka jok Honda CBR250RR?

Sebenarnya kalau mau membaca buku manualnya petunjuk cara membuka jok depan Honda CBR250RR ada kok dengan gamblang dijelaskan, so artikel ini ceritanya bagi mereka yang punya CBR250RR tapi buku manualnya hilang, keselip atau dilaminating sebagi koleksi 😀

Kalau belum tau memang bikin bingung, di samping gak keliatan, di bawah jok juga gak.. lah terus kalau mau cek atau mengganti aki atau mau pasang speed spark volt stabiliser misalnya gimana dong? Tenang, ini udah ada contekannya lads.. Letak bautnya persis ada di langit langit spakbor belakang, gak keliatan memang karena bautnya ada di dalam lubang.. Butuh obeng atau screw driver yang panjang agar bisa masuk ke dalam lubang tersebut.. cek gambarnya lads..

Gimana? Cukup gamblang kan? Selamat mencoba dan biasakan membaca buku petunjuk alias buku manual, ocret??

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

27 KOMENTAR

  1. Posisi baut di luar bagian bawah akan mudah berkarat kena kotoran. Salah rancang tuh motor. Biasanya kalau hal kecil disepelekan, apalagi hal besar!?!

    • Bener bro salah rancang tuh.
      SupraGT150, cb150, Mx king, r15, r25, vixion, nmax, ninja250, satriaFU, gsx150, baut body n spakbor belakangnya ada di bagian bawah kolong.
      Gimana sih pabrikan motor nih, gak bisa rancang motor yang bener.
      Berguru dulu dong ama Galler.

      • justru itu semua motor yg disebutkan itu salah rancang. Masih ada motor lain yg belum disebut, coba cek ke motor-motor yg tdk disebut itu. Saya yakin pasti buka joknya tanpa jongkok dan intip-intip ke kolong.

      • Kalaupun tahan karat tapi itu sudah nyusahin Om. Orang akan sering buka itu utk bersihkan saringan udara.

        • Kalau ay sih mikirnya sesering apa sih? Seminggu sekali? 3 hari sekali? Sebulan sekali? Yg Demen ngoprek sendiri juga paling sebulan sekali.. Yg sering ke Bengkel paling 2 bukan sekali.. Ay rasa disitu walau agak nyusahin tapi dari sisi estetika sih udah oke dan juga paten gak geser geser.. Enak. Hehe

      • ente belom aja rasain baut2 standar yang katanya tahan karat itu berkarat..
        dan kayak kang kobay bilang, mau sesering apa sih buka tuh baut?
        justru pas di saat2 jarang itu lah yg bikin gondok karena kepala bautnya rusak..

    • Cbr250 single r tdk seperti itu, langsung di atas dilindungi jok belakang. Lalu ktm rc250 pakai kunci kontak bisa buka langsung. 2 motor itu jadi pembandingnya. Kalau yg lain, ya tdk tau.

    • wah bener banget tuh, baut d bawah tuh gampang karatan (uda pernah liat bengkel resmi mpe getok pake palu ketok karena uda parah)..
      contoh r25 donk, posisinya ada di bawah jok belakang..

    • Doi pikir kita ini tdk perlu buka itu krn ga tau apa-apa. Olinya aja baru kemarin upgrade dari API SJ ke API SL padahal yg lain udah dari tahun lalu API SM/SN.

  2. Yah klo ngomong dan mengkritik posisi baut jok depan sih memang gampang bgt, semua desain motor pasti ada plus minusnya, ga semua bisa dibikin sesuai keinginan pengkritik yg uniknya belum tentu semuanya mampu untuk beli motor yg dikritik tersebut (ataupun motor2 dikelas yg sama) dan biasanya memang cuma bisa mengkritik doang.

    BTW, apakah komentator yg mengkritik tersebut bisa memberi saran, bagaimana sebaiknya membuat rancang bangun motor racing oriented dengan frame dan desain cover body seperti CBR250RR ini agar posisi baut jok depan bisa dicopot dr atas ? bisa kasi contoh rancang modelnya ?

    atau dimana sebaiknya posisi baut jok depan untuk model jok motor seperti CBR250RR yg notabene menerapkan jok split seat dan ada “pemisah” diantara jok boncenger dan rider ??
    https://kusnantokarasan2014.files.wordpress.com/2016/12/15697527_1512524888768287_1198835063350752357_n.jpg

    Ingat, posisi kunci jok belakang pada CBR250RR diletakkan diantara jok depan dan jok belakang dan bagian “pemisah” antar jok tersebut tidak dibuat gampang untuk dilepas seperti bagian “pemisah” jok pada R25 current atau R15V2.

    Kenapa ga bisa niru seperti R25 current ?? itu karena posisi kunci jok belakang R25 current ada disamping kiri bodi. R25 current tidak menerapkan desain “Buritan bolong” ala CBR250RR atau R15V3.

    Kenapa ga niru R15V2 yg bisa nyopot bagian cover “pemisah” antar jok tersebut yg berisikan rumah kunci juga? yah bisa jadi ada alasan tertentu dr pihak desainer, misalnya agar tidak mengganggu kinerja rumah kunci jok belakang, atau agar tidak ribet atau entahlah….saya tidak tau, mungkin komentator yang lain ada yg tau.
    http://cicakkreatip.com/wp-content/uploads/2014/05/dscn3718.jpg

    Sedangkan pada Ninja 250 untuk membuka baut jok depan, terlebih dahulu harus melepas cover bodi pada bagian samping kiri kanan. Apakah cara seperti itu lebih baik dan tidak ribet ? ya belum tentu juga.

    Oh iya, ngomongin CBR250R 1 silinder kenapa bisa baut jok depan ditaruh diatas ?, karena tidak ada pemisah diantara jok boncenger dan rider (walaupun memang aslinya split seat juga)
    http://i53.tinypic.com/28qua6v.jpg

    Ingat CBR250RR memang dirancang lebih condong ke race oriented (namanya aja racing Replika) dan bukan motor sehari-hari. Lagi pula baut pengunci jok tersebut sudah dipilih dr bahan tahan karat.
    Keuntungan desain jok seperti ini, membuat motor terlihat relatif lebih pas bila dijadikan single seater, tidak seperti CBR Thailand yg (imho) masih kurang pantas bila dijadikan single seater karena memang dirancang lebih touring oriented

    memangnya gpp klo motor Racing Oriented seperti CBR250RR ini memiliki jok Split Seat yg terlihat menyatu seperti CBR250R 1 silinder hanya agar posisi baut jok depan bisa dicopot dr atas ?????
    http://1.bp.blogspot.com/-a5IIKo-rkns/VQqFSOxIHDI/AAAAAAAAAZA/vEB86A1zxh8/s1600/jok.jpg

    #soriklosoktau
    #sorikepanjangankomen

Yuk Tinggalin Jejak Lads..