CBR

Review Hasil Test CBR250RR Di Sentul.. Total Control Is Here!

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Akhirnya kesempatan itu tiba juga.. Jajal Honda CBR250RR di habitat aslinya.. sirkuit! Bertempat di sirkuit Sentul International Bogor pada Minggu 18 Desember lalu.. KBY berkesempatan mengerahkan kemampuan terbaik si sport fairing 250cc 2 silinder terbaru dari Honda ini.. Keep reading!

Honda CBR250RR merupakan sport fairing 250cc dua silinder terbaru dari Honda, ia adalah motor dengan aura..sori tak hanya aura tapi juga supersport DNA! Dari riding positionnya saja sudah ketauan lads kalau sedjatinya CBR250RR ini punya habitat asli di atas aspal panas sirkuit! Dan itulah yang terjadi pada minggu lalu lads.. Test ride sang supersport di Sirkuit Sentul Bogor!

Bicara review atau kajian jarak jauh bersama CBR250RR lads mungkin sudah membacanya di artikel ini (Review Turing Keliling Bali Bersama CBR250RR).. namun kalau mengupas performa, namanya juga jalan umum plus kami berjalan dalam posisi rombongan, karakter dan performa asli sang motor gak bisa diperas habis habisan.. Dibatasi oleh ramai nya lalu lintas dan jejeran rombongan lads..

Honda CBR250RR memiliki tenaga terbesar di kelasnya saat ini.. dengan output sebesar 38.7PS pada 12,500 RPM, sementara torsinya sebesar 23,3 NM pada 11,000 RPM jelas kalau motor sport ini bakal enak banget dipanteng di RPM atas.. KBY sudah merasakan dan inilah kali kedua dengan lokasi habitat asli sang CBR250RR.. setelah menghabiskan 8 putaran bagaimana hasilnya?

PERFORMA BAJINGAN, HANDLING SUPERB!

Oke lads, berikut ini adalah resume hasil test yang KBY lakukan, beda rider akan beda pula hasilnya.. so sekali lagi, ini merupakan catatan pribadi kobayogas.com di atas Honda CBR250RR.. Okey?

Lupa menggunakan lap timer saking excited-nya, selama 8 putaran dalam dua kali sesi KBY mencatatkan waktu tercepat 2 menit 15 detik, buruk atau tidak? Bagi KBY sih lumayan untuk seorang amatiran yang jarang banget turun Sentul.. Dengan asumsi plus minus 0,01-0,02 detik maka masih wajar sih catatan waktunya di atas CBR250RR.. Sementara untuk top speed, pada video yang terekam di straight adalah 172 km/jam! Beuh lebih cepat dari saat turing di Bali beberapa waktu lalu lads..

baca juga: Top Speed CBR250RR Di Sirkuit Sentul dan Video Top Speed CBR250RR Di Sentul

Memang bicara power bawah, yang KBY rasakan si CBR250RR ini kurang trengginas, misal kalau RPM drop hingga 5,000 dan posisi gigi kurang tepat (misal kudunya gear 2 tapi masuk di gear 3) ketika memasuki tikungan, maka keluar tikungan sang motor akan terasa ngoyo untuk digeber kembali.. bagusnya, pergerakan RPM nya cepat, jadi rider tidak akan merasa frustasi untuk mendapatkan kembali tenaga yang drop! Bajingan euy!

Paling tepat memang dengan trik menggantung RPM ketika memasuki tikungan, jangan menutup gas full, panteng RPM sekitar 7,000 – 8,000 maka ketika keluar tikungan pelan seperti S kecil, letupan tenaga yang didapat di atas 10,000 RPM akan mudah dikail kembali.. CBR250RR pun akan melesat seperti batu dilepas dari katapel lads.. nguooong… Trik yang sama juga bisa diadopsi pada tikungan cepat seperti S besar atau R11 dan R12..

lepas R2 dan menjelang R3-R4 CBR250RR bisa 162km/jam

Nah sekarang bicara handling.. Gimana ya, untuk kelasnya CBR250RR bisa KBY katakan punya handling terbaik! Superb.. Cuma nyali dan skill lah pembatasnya lads.. Paket suspensi showa upside down di depan dan monoshock pro-link dengan swing arm aluminium yang sudah terbukti mantap djiwa saat sesi turing keliling Bali kini lebih terbukti lagi di atas aspal panas sirkuit sentul.. CBR250RR begitu mengasyikkan diajak meliak liuk pada setiap tikungan..dan itu menggunakan ban standar IRC Road Winner!

KBY sendiri menyesal kenapa gak mencoba untuk lebih rebah lagi ketika menikung untuk mencoba handling maksimal dari CBR250RR, bayangan masuk gravel ketika bersama Honda Jazz dan MV Agusta Brutale 675 (video ada di YouTube) di R3-R4 masih saja teringat euy wkwkkw.. Padahal jika melihat gerakan dari IWB yang berada di depan KBY (cwek video), sang Honda CBR250RR 2 silinder tersebut masih anteng diajak rebah loh!

lihat dengkul IWB nyaris kena aspal

THE VERDICT

The Total Control is here! Performa mesin CBR250RR dalam keadaan standar sudah sangat memuaskan, RPM nya melesat cepat dan meminta lebih dan lebih ketika menghantam zona 12,000-13,000 hingga limit di 14,100..! Benar benar bajingan! Meski pergerakan top speed agak lamban ketika sudah mencapai angka 168km/jam, tapi dengan modifikasi yang tepat, angka  170 km/jam bukan hal yang sulit untuk diraih nantinya..

Overall, Tim Honda Jepang dan AHM sudah sangat sukses memanifestasikan idealisme dari sebuah Total Control ke dalam sebuah motor.. CBR250RR bukan motor untuk dicari kenikmatan atau kenyamanannya dalam sebuah perjalanan turing – meski tidaklah haram untuk dilakukan – kenikmatan dan sensasinya bisa dirasakan ketika melihat RPM-nya bergerak cepat seiring angka pada speedometer yang bertambah.. A Coitus!

link video top speed cbr250rr via hp

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3311 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

44 Comments

  1. Barusan liat di blakang jogja kepatihan bandung, persis yg item gini. Baru mau nyamperin niat pengen megang, eh diliatin rame2. Belok lagi dahhh…. Hahahhahaa….

  2. Besok2 pasang kameranya di bagian mulut helm om biar gk mengurangi aerodinamika + pasang mikropon stereo di dalem helm biar gk berisik anginnya n’ biar makin kedengeran suara mesinya (jdi kya motovloger), trus kalo bisa lebih nunduk lgi biar makin keras teloletnya om *ehh topspeednya*

  3. Yg makek helm putih ni toh, yg ganti Pederossa di Motogepe
    Hahaha ahhhai
    “Om Telolet Om”

  4. Mang itu nikung pantatnya kurang geser. Kalo di geser duduk paha kanan. Miring segitu lutut kiri udah bisa gesek aspal. Trus kita bisa ngail speed lebih kenceng. Soalnya center gravity nya ikut geser

  5. ohh ini toh yg dmaksud bawa motor nya masih kurang rebah dan tau2 disalip ma tetangga ama dbilang jas jes jos tok :p

  6. Klo dr sisi Agility, Akselerasi, Performance ama KRR150, TZM 150, NSR SP 150 n RGV 250 enak mana bang kobay?

    diblog TMC ada yg senewen ama two stroke dan berharap nie motor performa nya lebih bagus drpd 150cc two stroke.

      • Jiah si Roy kutu kupret di urusin.
        Inilah contoh ultras Suzuki yg seharusnya dia hidup di jaman penjajahan jepang.
        Orang bahas motor apa, larinya pst ke motor 2 tak dan tornado gs.
        Yo begini nih mekanik trotoar yg baru belajar komen.
        Dr jaman Firaun sampai jaman Donal Trump sdh takdirnya Suzuki dibawah tlapak kaki honda

      • jadi intinya 2 tak msh lebih baik nih drpd CBR250RR?
        Klo sama R15 yg lu udh punya buat ditekuk enak mana?

      • @jarwo

        gimana jarwo mbit lu? sanggup bantai CBR150R donk kan kata testimonial mbek dimari tembus 125kph.

        Yg jelas tornado GS n erji bosok gw masih lebih kenceng drpd mbit lu n cbr150 nya AHM yg kinclong.

        Eniwei itu Shogun lu dah rongsok ya? gak sanggup beli part nya ya soalnya part nya kagak inden kek lu pesen part buat mbit/cbr lu?

        :v

      • @Roy
        Kayaknye kourang butuh setegok baygon/rondap.
        Komen kau buat gaduh jeee
        Hh hh
        Bile2 mase kourang komen OOT slalu.
        Salaam

  7. Hi lads,

    Nice review there. Excellent bike.
    Would you like to try Bajaj’s new 400 cc Dominar?

    Rajiv

  8. hebat kang IWB, motor digeber diatas 8ribu rpm tapi ga ada yang rompal dan ngebul, jangan dibeli nih konsumen. asli honda CBR250RR ga normal, kan mestinya ngebul kalo diatas 8ribu rpm, wkkkkkkk
    FBY ga usah beli, dah jelas motor CBR250RR ga normal.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..