Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Geger penampakan Yamaha R15 2017 kemarin membuat heboh dunia maya termasuk blogsphere.. Motor yang juga dinanti banyak orang karena penasaran apa reaksi Yamaha akan kekalahan dari CBR150R serta munculnya GSX-R150 dari Suzuki..

Kayaknya kita semua paham deh nongolnya Yamaha R15 2017 memang sudah dinanti nanti banyak pecinta roda dua, rata rata penasaran bakal seperti apa sih sosoknya, pasalnya R15 terbaru pasti diset untuk menghantam sang rival, CBR150R K45G.. So ketika akhirnya ketauan sedang dites di jalan raya – which is yang memang jadi kebiasaan Yamaha – meledak lah seluruh jagad blogsphere lads.. Jangankan blog IWB yang sempet down, lah blog medioker ini aja sempet jadi lewat kurang lebih 1 jam 😀

Oke kembali ke pembahasan di atas, nongolnya spy shot Yamaha R15 2017 tentunya bikin tambah penasaran lagi mengingat fotonya cuma setengah alias dari bagian sisi kiri.. belum full size.. tapi ada beberapa bagian yang sudah ketahuan memang ada perkembangan signifikan dari R15 current, yang paling top adalah pengaplikasian suspensi depan USD! Tak lupa speedometerpun sudah digital lads, setang juga sudah model under yoke..

Masalahnya, spy shot sang Yamaha R15 2017 ini seakan akan datang di saat yang tidak tepat, tidak tepat bagi Suzuki GSX-R150! GSX-R150 baru bulan lalu nongol dan diperkenalkan di ajang IMOS 2016.. Jujur bicara desain seperti yang pernah KBY katakan (baca: Suzuki GSX-R150 Tinggalkan Jauh CBR150R Pada Tes Internal!) sport fairing Suzuki tersebut tidak buruk, tapi wow effect nya kurang.. apalagi kaki kaki masih konvensional layaknya CBR150R meskipun sudah dibekali dengan speedometer full digital, lampu depan LED serta key-less start satu satunya di kelas sport 150cc…

Tapi Yamaha R15 2017 ternyata hadir full feature.. semua kebaikan pada R15 current dipertahankan dan ditambahi hal lain yang positif.. Ini ibarat sekali tepuk dua lalat kena.. R15 2017 mengincar Honda tapi Suzuki juga kena efeknya! Bahaya bagi GSX-R150! Bukan apa apa, CBR150R terhantam dia sudah menikmati hasil jerih payahnya selama setahun.. GSX-R150? Mengaspal saja belum masa mau tenggelam sebelum berlayar??

KBY percaya kalau Suzuki GSX-R150 memang diciptakan untuk mereka yang “tahu motor”.. dalam arti sisi performa (power dan handling) GSX-R150 adalah yang terbaik di kelasnya. Tapi kalau sudah bicara penjualan, segmentasinya gak bisa cuma segelintir yang “tahu motor” doang lads.. kudu lebih luas.. Ingat ini bisnis, bukan cuma bikin terus bilang laku sukur, gak laku gak apa apa..

yang diincar R15 itu CBR150R, tapi GSX-R150 kena imbasnya juga..

Jadi bagaimana dong nih? KBY belum menemukan rumus banyak saat ini untuk Suzuki, tapi jalurnya sudah tepat dengan menggandeng blogger blogger yang memiliki reputasi serta daya ledak dahsyat di dunia maya.. Suzuki memang butuh promosi sebanyak banyaknya.. Selain itu, harga jual menjadi modal GSX-R150 lainnya.. Perbedaan harga yang signifikan dengan Honda dan Yamaha bisa menarik minat konsumen..

Question kang, kalau Yamaha menggandeng blogger blogger yang sama juga gimana? Hmmm… jawabnya boleh nanti nanti aja gak?

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Youtube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

80 KOMENTAR

  1. Gawat buat suzuki…gw yg demen gsx aja bisa selingkuh ke R15 klo bner pke USD,gk nungging dan gak muka lele.

  2. guyon kamu!!!
    hahahaha

    tpi bner mang kobay, saya mau ambil gsx r150 jdi ragu, bkn ragu sih, pnasaran.. nunggu r15 my 2017..

  3. r15 mungkin sekitar 34-35 juta, kalo melihat selisih antara nva dan xabre

    gsx150 mungkin sekitar 30-31 juta
    cbr stay di 32-33 juta

    jangan lupa, usd nya berat loh
    liat selisih berat nva dan xabre, berat r15 bisa sampai 140 kg

    terus terang, gua ga yakin fby mau beli r15

    • Cocok. Current R15 cm 30jt msh bengek lawan CBR150R yg 33jt. Seandainya R155 35jt, yakin bakal lebih laku?

      • Tergantung desain’y n harga sih bro, klo 35 juta mah tanggung, nambah 2 juta dapet RC200. Syukur2 cm 33 – 33,5 jutaan.

  4. Soal harga wajib lebih murah dari yamaha dan honda. Cuma itu jalan 1 1nya suzuki bisa jualan saat ini. Jgn berharap untung banyak dulu setidaknya banyakin dulu konsumennya. Perbaiki 3snya, after salenya. Yakin suzuki bisa bangkit tapi perlahan2 pastinya.

  5. R15 v3 kalo memang benar menyasar diharga 34jt ke atas yg pasti terdesak itu ya cbr..
    Kenapa karena jika suzuki ngeset di harga 30an orang pasti masih kepikiran bicara price to perfomance secara range harga dgn r15 yg cukup signifikan serta fitur yg sepadan dgn harganya…

  6. jika mau suzuki bikin dua versi saja, standar sama highgrade.
    yang high grade kasih semua fitur yang ditawarkan kompetitor, kalaupun harga jadi lebih mahal dari kompetitorpun gapapa, wajar kan karena kualitas part biasanya suzuki punya standar lebih baik dan mesin paling unggul.
    biarkan konsumen yang milih, mau ngirit ya standaran, mau highgrade ya bayar lebih.
    belum telat kok sis mumpung belum launching.

  7. kan dah dibilang om
    Suzuki bisa bangkit kalau ;
    1. Desain harus lebih bagus dari kompetitor, trend dunia lagi suka desain yang sharp & edgy (tajam, runcing & garis desain yg tegas). contohnya pesawat tempur generasi 4,5 & generasi 5 (F22 raptor, dan F35).
    2. harga sedikit lebih rendah (minimal 500rb) dari produk sekelas/produk kompetitor
    3. desain yg bisa dinikmati untuk dikendarai dan punya fungsi/ fitur yang lebih. misal bagasinya/charger HP.

    jadi modal mesin bagus & performa jauh dari kompetitor saja gak cukup. orang punya motor buat dinikmati, nyaman dikendarai dan seger dipandang mata.

    split seat dah outdated. bikin tuh motor yang jok menyatu, gak nungging, namun bisa dipasang in seat cover yg bisa seolah single seater.

    • Setuju banget soal jok. Split seat di motor 150cc buat harian ga bgt, apalagi buat model sport naked. Hilang sudah knyamanan & kepraktisan.
      Andai ada 2 pilihan yg spek & hrga nya 11-12, gw pilih yg tandem/ nyatu

  8. kesalahan suzuki di masa lalu amatlah berat. sulit untuk mendapatkan kembali hati para loyalisnya.

    untuk contoh kasus di artikel ini, ane setuju sama komen bro ryan. suzuki harus bikin hi-grade dr tiap line up-nya. bisa juga menyediakan parts custom dr beberapa line up tsb yg dijual secara resmi dr suzuki.

  9. Di indo mesin no sekian mang,desain yg utama,ya contoh liat cs1,scorpio bazoka,axelo,dll,mesin ok tpi desain telolet ya tewas jga akhirnya

  10. Suzuki gsx 150 tarek lagi gih, ganti tu shock dpn dan Arm percuma mesin aja yg kebut, tapi tidak wow katak org indonesia.(dari pada nasip kayak inazuma, krng di minati Sory agak kasar)
    Ambil cth pabrikan sebelah aja, r25 yg mesin lebih wow dan harga lebih mrh dari n250, tapi tetap krn n250 bentuknya lebih wow, dan n250 lebih mhal tapi lebih laku dari r25 ( sebelum cbr 250 rr masuk).

    (org indonesia tak semua milih motor krn motor itu kencang) org indo lebih suka bentuk nya wow cetar….

  11. Dengan muka kaya ratu alien (avp),siapa yg bakal beli..prcuma punya goyang kaya inul,tapi mukanya kaya bencong br blajar makeup…

    Sharusnya sijuki ngeluari motor yg punya value lbih dr kdua rival trdahulu..mesin dohc,twinspar frame,arm fxr,usd,fairing gsx250r…ga prlulah mesin 19ps,keyles blala…pecat aja tuh yg desain gsx150..apalagi yg gsx-snya..motor bntuk indihe kagak laku disini (byson,megapro,tvs)..tuh ada sang kakak yg macho abis, gsr750.,comot headlamp dan shroud sampingnya,body blakang bs pake gixxer150…udah,calon bkl bingung mo pilih cb150,vixion atw gsr150…

  12. Kalo gitu mah salah suzuki nya sendiri lah, bukan R15 nya. Produk bagus tapi gabisa jualnya ya percuma. But, peduli amat lah ya itu urusan pabrikan, kitak-kitak cuma konsumen ya kan ?

  13. Yang kena tepuk 2 lalat keknya ini
    Performa pasti diatas CBR karena yamaha mau buktiin kalo sohcnya juga kenceng. Walau nol koma atau cuma beda 1 HP
    Suzuki jelas kalah di style walau punya mesin paling yahud
    Pesona deltabox + USD + banana arm + no more lele face terlalu menarik buat ditolak

  14. y bner mang. intunya pendatang baru harusnya main harga. beda 3jt lah, konsumen jg akan mikir bahwa gsx punya nilai lebih d power.

  15. Kayanya sih emg suzuki hrs bikin gsx yg highgrade
    Bisa deh kasih banana swingarm sama USD itu aja dah cukup menurut gw
    Duo GSX itu bagus, speedo nya komplit, mesin yahud, tampang juga lumayan (kecuali GSX-S150 desain headlamp sm shourd kurang nyatu). Yg dilakuin suzuki udh bener cm kurang hoki aja.. FUFi juga motor yg oke punya, yg bikin FUFi kalah sama Sonic yaa itu, masalah 3S. Honda pelayanan ke konsumen mantab jiwa, belum lagi banyak abg yg masih nyadong ke ortu buat beli motor dan ortunya pasti mikir kalo honda itu sejak dulu oke punya..makanya sonic bisa berkembang pesat

  16. Mungkin ini penyebab suzuki blm di jual bebas. Mungkin Nunggu r15, wow nya macem mana.(mudah2 an di solek Gsx 150 ),
    Yg kasihan sih cbr 150,dari cbr fi, cbr k45, cbr k45g, tar lagi cbr k45 ahhhai,
    Rata2 jarak umurnya serinya pendek2, (kesannya bikin motor ko, setengah2 nih jadinya).

    • Bisnis adalah perang : perang teknologi/fitur,desain,harga.tapi ada etika dan teloransi.apalagi sesama jpn.
      Karena sesuatu hal yg menyangkut kekuasaan dan intoleran.sepertinya cb/cbr 150/250 dikeroyok sesama pemain pachinko.mau dapat bingo keburu di tabokin gsx/gsr,nva vva ,r15 dohc,dan (silent & calm nya ninja 150 dohc)coming soon r25 yg power full,sunatan masal tlh berakhir.maxi scooter pcx & forza di “postpond” dulu…strategi aerox,nmax,xmax,nva vva,r15 dohc dan r25 yg memang waktunya di permak adalah ide bagus…tdk salah gsx/gsr di awal 2017….ibaratnya kalau tdk sekarang kapan?
      Ingat kawasaki sport batangan 150cc dohc begitu “silent” ibaratnya pepatah baseball: semua ini belum berakhir sampai semuanya benar benar berakhir.jgn disamakan dgn pertandingan sumo.

      • Bukan astra group kalau gak bisa ngelak dari tekanan kompetitor..itu yg saya heranin..berkaca sama av*nz* yg sangat sulit dijungkalkan meski ditabokin sama product kompetitor yg lebih value segalanya.

    • Tp selalu LBH laku Dr R15…..Kasian mata lu siwer.
      Yamaha tukang cuma wow saat launching…Selebihnya leroy macam ejakulasi dini.
      Honda sdh punya market sendiri….Ingat itu, loyalis Honda lebih banyak drpd yg swing customer

    • Lagian Honda gak perlu dikasihani, ms 80% kok.
      Yg perlu dikasihani itu yg ms ≤ 1% ayo ms yg terjun bebas dibawah 20%

    • Bisa2 gak jd launcing,nunggu R15 demi set harga..berkaca satria fufi “ktanya” paling kenceng paling segalanya tapi tetep gak bisa nolong penjualanya.

    • setengah2 tapi laku Om…bisa dbilang kecepatan si ancbr keluarnya…yg sebelumnya aja masih moncer bgt jualannya…tp entahlah,strategi pabrikan beda2

  17. Bener mang kobay suzuki kelamaan tuh launcing gsx . Banana arm sama usd itu sesuatu banget buat biker indo . Lampu led spido digital udah wajib di kelas 150cc so cbr udah duluan tapi kelemahan ny ya itu suspensi teleskopik sama arm kotak , malah r15 yg komplit usd sama banana arm pasti sesuatu banget di mata biker indo

  18. Gw yakin ahm dah menganalisa semuanya,perkiraan saya akan ada cbr 150R++ mendampingi yg sekarang berkaca sama astra toy*ta(av*n*a) product biasa aja tp tetep sulit dijungkalkan.ini astra group loh bro..

  19. Gini mang kobay, postur konsumen Honda, yamaha, Suzuki itu beda.
    Honda 80% loyalis dan 20% swing.
    Yamaha 30% loyalis dan 70% swing.
    Suzuki. 80% ultras /panatik doang ,beli blm tentu. 20% swing.
    Honda buat produk yg biasa saja asal gak buruk mcm cs dan megi ttp laku. Apalagi dg disain yg mumpuni,dijamin swing customer nya makin mendekat.
    Beda dengan Yamaha, klo produk gak benar2 wow, yg beli dikit.krn mayoritas konsumennya swinger.
    Suzuki sbnrnya punya loyalis /ultras yg selalu menganggap produk Suzuki lbh baik dr yg lain walau kenyataannya produk Suzuki gak lbh baik dr Jepang yg Laen. Tp sayang konsumen ultras nya cuma bs bilang jas jos tp beli kagak.
    Sport fairing dikasih cassia bebek jg sdh bilang jas jos ,performa jos. Walau kenyataannya zonk.
    Suzuki awet itu cuma mitos…Ingat mitos.
    Bandingkan spin sama Beat awal,awet mana.
    Smashblast sama Supra awet mana.
    Ane pernah muara karisma dan Shogun 125 dg pemakaian sama walau bodi karisma sdh PD getar,tp mesin lbh awet Dr Shogun yg lbh dulu ngepul

    • Tapi kenapa T250 sama shogun kebo saya yg udah 17&18 tahun pemakaian, ngga ada ngebul ya mas? jeroan mesin OEM bawaan semua, turun mesin cuma bersihin ruang bakar sm skir klep doang.

      btw saya bukan utras/panatik yang mas bilang, saya juga pelihara Honda beat, gelatik K3 dan binter KZ200. dan semua motor saya rawat jadi semua motor dalam keadaan oke.
      No offense yah cm klarifikasi krn tadi bilangnya suzuki cm mitos.

      • Dulu sy juga punya Shogun kebo 110. Suatu ketika sy tabrakan ADU BANTENG dengan Supra X dalam kecepatan tinggi. Apa yang terjadi?

        Shogun sy hancur parah, batok kepala, tameng hancur berkeping2 (beneran berkeping2 ga ada yg bisa di pungut) Garpu shock, velk, disc, foostep, penyok meleyot parah. Lalu supra nya gimana?

        Supra nya cuma lecet kecil di sepakbor depan, selain itu mulus no penyok appun, dan bisa jalan normal biasa aja. Makanya kalo sampe sekarang ada yg bilang material suzuki itu bagus, BULLSHIT!!!. Performance mesin gimana? Kalo itu sy akui tob markotob performa nya, di adu dengan sekelas manapun paling cepat dan kencang, gear 1 ke dua standing sendiri kalo bawa cepet.

        TAPI…..umur mesin gimana, dulu cuma pake setaun knalpot udah ngebul item sangit. Dari situ saya beralih merk ke sayap atau garpu. Yang di andalin cuma performa mesin. Kualitas & umur gimana? Belom lagi after sales nya, ah sudahlah sy sudah move on.

    • @joe n @jarwo new shogun 110cc saya sudah 14 thn masih oke n kenceng… ud nemenin saya touring kmana2, singkawang, sambas, pantai kahona… perjalanan pling lama bersama shogun dari jam 8 pagi sampai jam 5 subuh non stop dan tanpa problem, suzuki ni awet asal oli diperhatikan Mas Bro…. karena suzuki mesinnya high performance…. jangan sayang2 pake oli Bagus Mas Bro… saya biasa pake shell atau motul….

  20. Muke gilee CBR kena incer GSX sama R15.

    Yang layak bersaing sama CBR yaa GSX. Dan seperti biasa yamaha cuma menang baju doang. Dan faktanya memang tidak menjual. Tanya deh sama yg punya warung wkwk

  21. Kenapa sampe skrng gw mikir yg all negative comments about Suzuki itu mereka anak anak newbie yg baru tau motor ya. Atau mungkin sales? Mengingat betapa besar nya kekuatan blogsphere sampe banyaknya factory yg pasang iklan di blog2 independent, memperlihatkan betapa management pabrikan jg melihat cukup besar nya influence blog buat para calon buyer. Bukan gak mungkin jg mereka para commenters yg selalu ngomong negatif ini para sales bayaran. No offense!! Kalo tersinggung ya berarti ngerasa hehehe. Kalo ngga ngerasa ya ngga usah tersinggung.

    Simplenya mah, “dul ngapain juga lo pusing ini motor bakal laku apa ngga? Kita kan cuma konsumen, disediain pilihan, ya pilih aja yg lo suka tanpa harus BC produk lain”

    Kalo ngga punya kepentingan soal jualan kan gak perlu ambil pusing toh? Lha wong cuma konsumen. Kecuali mereka ini memang punya kepentingan, makanya ngeBC produk lain mulu. Atau ABG labil yg nongkrongnya di warnet dr pagi ketemu pagi, kerjaannya ya macam kya gini. Hit and run aja tiap komen.

    Salam satu aspal mang kobay. Selalu semangat ngeblog.

  22. Buat ane kekurangan nya all new CBR 150 itu cuma 1. Mesin modular yg juga dipake sama supra gtr. Lho emang kenapa? R15 juga mesinnya dipake sama MX King. Ya jawabannya jelas karena R15 belum se-legend CBR150 di tanah air ini. Jauh sebelum Ninja 250R mengaspal di sini, masyarakat udh kenal yg namanya CBR150. Mesin 150cc powerful yg bisa ngasepin si Tiger dgn gampang. CBRclub itu salah satu club fenomenal yg sampe skrng jd kontroversi mengenai siapa pendirinya, dan hal itu terjadi krn “pride” yg super tinggi dgn klan CBR. Jadi ketika all new CBR 150 pake mesin modular dgn Supra150, dimana pride nya skrng nunggang CBR?
    Ane fikir mayoritas buyer all new CBR ini sesungguhnya memang gak pernah tau sejarahnya CBR150. Dan mungkin gak pernah tau rasanya naik motorsport 150cc powerful yg selama ini selalu dibanggain sama owner CBR.

    Bottom line. GSXR150, R15, CBR150 secara design sama bagus nya, tinggal sesuai selera sukanya sama yg mana, ente beli dah tuh. Tapi kalo nyari mesin 150cc yg powerful, selama AHM blm mau balikin mesin K45A ke line produksi, udh jelas CBR bukanlah opsi yg terbaik.

    Saran buat FBH, mending contoh die hard fansnya Suzuki, bikin demo minta mesin sport yg lbh serius buat CBR150. Dan liat, siapa sebenarnya yg lbh mendengar keluhan konsumennya.

  23. Suzuki, tapi jalurnya sudah tepat dengan menggandeng blogger blogger yang memiliki reputasi serta daya ledak dahsyat di dunia maya.
    Question kang, kalau Yamaha menggandeng blogger blogger yang sama juga gimana? Hmmm… jawabnya boleh nanti nanti aja gak?

    Its gonna be suicidal mission for both of them…..

    sayang sering baca blog pasti tau lah.
    ibaratnya mobil sudah autopilot tapi pura ada supirnya

  24. Suzuki, tapi jalurnya sudah tepat dengan menggandeng blogger blogger yang memiliki reputasi serta daya ledak dahsyat di dunia maya.
    Question kang, kalau Yamaha menggandeng blogger blogger yang sama juga gimana? Hmmm… jawabnya boleh nanti nanti aja gak?

    Its gonna be suicidal mission for both of them…..

    pemirsa yang sering baca blog pasti tau lah.
    ibaratnya mobil sudah autopilot tapi pura-pura ada supirnya

  25. penginnya r15 power 20 hp,krn gsk aja 19,5 hp. yang keluar terakhir harus lebih baik dari kopetitor..

  26. suzuki kalo mau survive paling kasih harga agak miring lah. mau dohc power gede gak ngarus banget, orang sekarang tu liay design, feature, harga, aftersales.

    orang tau mesin blm tentu beli, lagian mesin komuter gini aj larinya juga lemot, kecuali alay baru naik kelas dari matic pasti girang.

    lagian dateng belakangan gak ngasih apa apa, cuma ngasih keyless yg gak ngaruh banget. blm lagi aftersales babak belur. terus ad yg bilang yg gak suka suzuki anak baru kmren? justru orang orang lama dah pada ninggalkan suzuki krna tabiatnya gak bagus, gd inovasi kecuali pas mau bangkrut. ane juga dulu gonta ganti motor suzuki, cuma motor ne gd kelebihannya. cacat.

  27. Wes lah orasah keren-kerenan, motor koyongene iki 10 tahun lagi yo jadul meneh. Seng doyan R15 tuku kono, seng doyan CBR150 yo ora masalah. Seng penting iki koene neng jalan ojo grasak-grusuk koyo menungso purba baru ndelok motor… Inget ngebut benjut.

    Kalo aku, ngenteni R25 seng anyar waelah.

  28. kalo lawan CBR 150 R, isu DOHC-SOHC msh santer, power jg…

    Suzuki berat di design, emang gak jelek koq om, tp dijejerin yg lain kayak kurang gmn gt

  29. Ironi nya di Indonesia.

    Kalau kalian pengen motor sport dari suatu pabrikan berubah, gampang!! Jangan beli sama sekali produk nya.

    Biar pabrikan introspeksi di mana kekurangan produk2 nya. Dan meluncurkan produk yang lebih bagus, sukur2 sesuai keinginan kalian.

    Jangan di BC, cukup jangan di beli.

  30. Ane kok juga ngerasa gitu om … pas awal keluar kerasa keren … terus pas muncul spy shot R15 yang GSX-R150 jadi kurang … emh …
    bisa2 di telolet sama R15 V3 beneran nih …

  31. Saran saya gsx ny diperbaiki, pakai deltabox, banana arm, upside down, trus fairing atas bagian lampu dperbaiki dgn desain futuristik yg lbh menjual plus harga lbh murah bisa membuat konsumen membeli nya

  32. Ibarat minuman… apapun makanannya minumnya teh botol nyosor…
    kalau di motor apalagi 4tak… apapun merk, jenis, dan desainnya yg penting 4tak ya Honhon sebutannya… itu yg menjadi fanatisme org jaman eyang dlu dan mengakar sampe sekarang.. karena kita kaum mudaga boleh ngebantah nasihat org tua… hehehe

Yuk Tinggalin Jejak Lads..