CBR

Suzuki SkyDrive Dipakai Gojek, Kok Nyaman Ya?

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Sebelumnya maaf ya, ini bukan ingin mengangkat atau sekedar courtesy membuat pihak Suzuki girang atau hidungnya mengembang, review ini berdasarkan pengalaman KBY sebagai penumpang ketika menggunakan gojek yang kebetulan drivernya menggunakan skutik dari Suzuki, Suzuki SkyDrive! Bagaimana dan apa yang dirasakan Kobayogas.com sebagai penumpang??

Suzuki SkyDrive 125

Sore tadi, KBY pulang kantor tidak menggunakan kendaraan, tapi gak usah kawatir, jaman sekarang ini pilihannya ada banyak pake banget! Pengen gaya pake mobil ada yang namanya Go Car, Uber taksi atau Grab Car, pengen pake motor biar aman dan nyaman di kantong ada GoJek, Grab Bike atau Uber Bike.. Semuanya tinggal klik melalui aplikasi.. Lalu apa hubungannya dengan Suzuki SkyDrive 125??

Singkat kata, KBY memilih GoJek sebagai pilihan karena harga yang ditawarkan di peak hour masih jauh lebih murah dari kompetitornya hehe.. Gayung bersambut, menunggu sekitar 5 menitan tak lama driver gojek datang menggunakan skutik berwarna biru yang desainnya out of the box.. melihat lampu depan dan belakang sih sudah gakan salah tebak.. Ini dia Suzuki SkyDrive! Kejutan, karena sejauh yang KBY tahu, motor Suzuki sangat sangat jarang digunakan sebagai ojek..

Suzuki SkyDrive 125

SUSPENSI dan JOK SUZUKI SKYDRIVE

Iya, biasanya sih kalau gak merek sayap kepak ya garpu tala lads.. So, ini merupakan kesempatan berharga untuk mencoba menikmati semuanya sebagai penumpang..  hop on.. impresi awal, wah meski terlihat cenderung mungil ternyata jok belakangnya mampu menampung bokong KBY yang seksi dan semog ini tanpa harus offside loh.. 1 poin di awal buat Suzuki SkyDrive bermesin 125cc ini..

Setelah meluncur awan tebal yang sedari tadi menggelantung sudah tak kuasa lagi menahan berat air yang dikandungnya.. hujan rintik dengan curah yang lumayan pun turun, membasahi kami berdua di atas Suzuki SkyDrive.. Berhenti sejenak, pak Suryanto sang pemilik skutik tersebut menawarkan untuk menggunakan jas hujan karena debet hujan makin lama makin banyak..

Suzuki SkyDrive 125

Terowongan Cawang macet, jadi Pak Suryanto memilih menggunakan jalan Otista, kebetulan disitu jalannya belang belang dan tambalan, cocok deh untuk merasakan kinerja suspensiyang dimiliki Suzuki SkyDrive ini.. Wah ternyata performanya dapat dikatakan baik, ada diantara shock Honda yang lembut dan Yamaha yang keras.. Sementara kualitas joknya selevel dengan Yamaha, lembut lads..

Merasakan apa yang dirasakan sejauh ini, KBY gak tahan untuk bertanya kepada pemilik ketika berhenti di lampu merah.. Ternyata usia sang Suzuki SkyDrive ini sudah 6 tahun, cukup lama untuk sebuah motor modern. Dan benar dugaan KBY, motor ini cukup terawat plus material Suzuki yang dikatakan lebih baik dari kompetitor bukan sekedar omong kosong. Dalam kurun waktu 6 tahun dengan kilometer sudah 50 ribu lebih, Pak Suryanto mengaku mengganti busi baru 2x, belum pernah ganti air filter, kanvas rem 2 kali, ban sekitar 3 kali sisanya cuma ganti oli 3 bulan sekali!

hati hati di jalan pak!
hati hati di jalan pak!

Ketika ditanya kalau roller gimana Pak? Diakuinya sudah pernah diganti tapi tidak menjawab sudah berapa kali. Hanya dengan bangga beliau bilang, dibanding motor yang seumurannya Mas, motor saya ini paling awet! Yang laen dah turun mesin, si Suzuki SkyDrive ini gak dong, ujarnya mantap. Saya juga pake oli motor non skutik, Enduro 20/50..Memang di awal agak berat, tapi lama lama biasa saja, usia pakainya juga lebih lama, yang lain sudah ganti oli saya belum, tambahnya..

Well, di luar definisi turun mesin itu sebenarnya gak berarti harus rusak, tapi biasanya kalau di sini, turun mesin berarti ada yang salah dengan mesinnya hehe.. Sementara Sky Drive ini belum turun mesin jadi bisa dianggap awet toh. Jadi apa yang bisa KBY rangkum dari Suzuki SkyDrive setelah kurang lebih menempuh jarak 11 km sebagai penumpang?

PROS

  • Suspensi dapat dikatakan tak dapat dikatakan empuk namun nyaman, ayunan serta kestabilannya
  • Jok empuk dan nyaman, bokong tak terasa kebas atau pegal
  • Minim getaran, tanpa gregel
  • Performa lebih dari cukup
  • Awet dan tangguh

CONS

  • Ngorok saat berakselerasi
  • Rumah kunci dol, tau dari mana? Ketika sedang riding ada motor lewat terus bilang, “Pak kuncinya ngegantung di lubang bagasi, tar jatuh loh..” Lah kunci di belakang tapi kok motor jalan? Jiaaah.. Gak tau deh ini salah satu penyakitnya apa bukan 😀

Kalau dari sisi desain, Suzuki SkyDrive mungkin bukan selera semua orang meski kalau KBY pribadi sih fine aja, dulu sempet kepikiran mau ambil sebelum memutuskan ambil Beat karbu.. Mendengar dari cerita pemiliknya sih berarti skutik ini termasuk tahan banting, well KBY sih lebih mencoba merasakan kenyamanannya, lha wong jadi penumpang hehe..

Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3369 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

65 Comments

      • Harusnya diganti itu filter, sdh 50rb km je,

        Dlm buku panduan servis jelas disebut tiap xxxx km mesti ganti filter (keknya 10rb km ganti filter)

        Mengapa mesti ganti ?

        Coz pori2 filter sdh tersumbat materi debu.

        Efeknya, aliran udara tersendat.

        Ciri filter udara yg tdk bagus yaitu, kalau setelah starter, nyala, lalu jeda sekian detik mesin mati sendiri. (Normal, mesin tetap nyala idle)

        Cmiww

  1. “Sebelumnya maaf ya, ini bukan ingin mengangkat atau sekedar courtesy membuat pihak Suzuki girang atau hidungnya mengembang”

    emang review biasanya harus ada amplovnya ya?🤔

    • Kalau memang kualitas suzuki diatas motor Jepang lainnya gak mungkin penjualan suzuki melempem. Orang2 gak bodoh kok, meskipun desainnya nyeleneh tapi kalau kualitas diatas rata2 dengan harga sama pasti orang tetap pilih suzuki. Saya tidak bilang kualitas suzuki jelek ataupun buruk, cuma sama saja dengan kualitas motor Jepang sekelasnya sayangnya suzuki ini minim fitur dan desainnya nyeleneh makanya kurang diminati

      • siapa bilang suzuki minim fitur?? justru suzuki terkenal dgn slogan teknologinya melampaui zaman..

      • Kalau soal teknologi dan fitur maaf mang saya gak sependapat hehe.. Suzuki seringkali mendahului jamannya sampai orang yang punya aja gak ngeh kalau motornya udah punya fitur keren hehe.. Suzuki PECS (Power Engagement Clutch System) perpindahan gigi minim hentakan, Suzuki JetCooled, kipas pendingin di mesin, gear indicator, nyaris semua produk Suzuki pake, Suzuki Inazuma aja pake paling duluan di kelasnya.. Ya hal hal kecil kek gitu lah..

        Hanya Suzuki gak pake riset soal desain, bentuknya bukan selera orang sini

      • Maaf maksud saya motor suzuki keluaran sekarang yang sudah minim fitur dan seperti tidak ada inovasi seperti dulu pada masa jayanya. Sedangkan motor2 keluaran sekarang sudah banyak embel2 fiturnya misal ESP, CBS, ISS, VVA, Smartkey (keyless), MID (di speedo), dll. Bandingkan dengan produk suzuki di Indonesia sekarang?
        Yup, cuma satria FU injection yg paling wah dari segi mesin. Tapi sayangnya desain satria F bukan selera semua orang, dan jangan bilang orang2 itu bodoh karna gak pilih satria F.
        Semoga sport suzuki yg akan launching nanti memiliki value yg lebih tinggi daripada kompetitornya sehingga suzuki Indonesia tetap hidup dan sepeda motor di Indonesia tidak hanya dikuasai oleh 1 brand yg pastinya bakal membosankan

      • pertama kali motor double disc di motor bebek ya satria, pertama kali buka jok dari kunci depan ya shogun FL, lampu belakang LED ya shogun FL, dulu suzuki yg brojolin matic cc 125 pertama kali (Spin), cc segitu kegedean, eh skrg matic cc 150 dikejar2, wkwkwk… pertama kali side stand switch (motor mati kalo di standarin) ya skywave, pertama kali produksi motor cc 250 (thunder) cc segitu kegedean, skrg cc 250 dikejar2… yang pake kunci pengaman magnetic pertama kali, ya suhogun FD, jaman dulu yg pertama kali berani kasih garansi 3 taun ya new shogun… pertama kali motor fitur alarm ya satria 2013, ampe knalpot shogun SP ditiru2 designnnya ama revo & supra… yg lain mah follower aja, apesnya suzuki kaga laku, wkwkwk… ditambah skrg kualitas suzuki gak sebagus dulu, kayanya motor taun 2013 keatas udah mulai ringkih..

      • setuju banget sama bang Beno Asli! 😀
        tambahan lagi : Skywave dual shock di belakang gak laku, NMax “ikut” dual shock dibelakang, dikejar2.. :)) LOL

      • bukannya knalpot supra karbu gen 2 itu malah mirip sama nova sonic 125 ya? sama shogun ya beda.

    • ya, kualitas suzuki lebih baik, ga cm motor, mobilnya jg, pasti build quality, material, endurance paling bagus dr yg sekelas harganya
      contoh r3 vs mobilio,avanza ; address vs beat,mio
      TAPI
      -sparepart terlalu bagus jd bengkel2 males nyetok, jarang diganti dan mahal. org sini maunya yg sparepart bertebaran dr ori sampe kw, murah kan banyak kw nya ,sering ganti jg gapapa
      -karena dikit yg jual sparepart jd harga sekennya jelek
      -karena harga seken anjlok, org males beli
      -karena org males beli, dealer pd tutup

  2. ane masih pake skydrive buat harian, dari awal lounching 2009 sampai sekarang, km juga udah 60rb an .
    ane jarang banget service motor, paling ganti oli sendiri & bersihin filter udara.
    ganti kabel spido 1x, ban belakang 3 x ban depan 2x, suspensi belakang service karena terlalu keras saat masih baru,
    motor masih sangat nyaman, di banding beat anak saya yg baru masuk tahun ke3.
    puas dengan kenyamanan dan performanya, handlingnya mantap.

  3. Ijin berbagi cerita jg ya, saya jg punya beberapa kendaraan dr macam2 pabrikan, slh satunya skydrive lansiran 2011, dulu sih brngkt pagi2 buta lewat sudirman msh kosong slalu tembus 125km/h. Atau di arteri Pd Indah, tarikan awal memang berat tp stlah itu msh bs up speed 120an lebih kondisi standart.
    Yg saya setujui adalah :

    Minim getaran nya, durability parts nya asli awet, ga heran filter udara 50rb msh fine aja, stabil diajak nikung sampe dek kiri kanan buaret buaret, suspensi nyaman. Over all ini motor idola saya! Dibanding matic sekelasnya.
    Kecuali utk org yg mikir purna jual ya 😂gausah diragukan pasti jatuh harganya.

    • Produk dgn kualitas di bawah juga bisa laku kok kalo marketingnya pinter.
      Kualitas produk dan penjualan itu belum tentu linier.
      Suzuki boleh lah kualitas bagus. Itu satu hal.
      Hal lainnya?
      Spare part? Bengkel resmi? Harga jual kembali?

      By the way, th 2014 saya sempat mau beli Suzuki Hayate krn ngeliat fitur2nya bagus dan sejarah miara Shogun R dari th.2002 s.d. sekarang masih sehat.
      Sayang, mampir ke dealer ternyata sudah discontinue saat itu, nanyain address malah dealernya balik nanya.

      Ya sudahlah mungkin memang bukan jodohnya.

      • betol..betol..betol..
        mayoritas konsumen entry level sebelum beli motor mikirin bengkelnya. yang bengkelnya buanyak dan spare partnya gampang itulah yang dipilih.
        maklum orang awam rata-rata gak ngerti perbaiki motor, jadi gak berani beli motor yang bengkelnya jarang. dan motor yang dibeli dipakai sampai puluhan tahun, jadi butuh jaminan ketersediaan bengkel dan spare part seumur hidup.
        itulah sebabnya honda dan yamaha paling laris.
        memang gak gampang bersaing disini, kompetisinya super ketat beuh.

  4. Ane justru pernah pake skywave punya teman, dan menurut ane nyaman bgt, plus tarikannya oke punya. Modelnya jg lebih keren drpd skydrive.

  5. oiya kang,hiji deui,skydrive termasuk matic paling stabil juga loh (ampeg).coba tes deh kang,biarin barang lama juga,kan biar sekalian tau kalo udh beberapa taun kondisinya jd kaya gmn 😀

    • asal sehat tuh motor saya mah.. kalau gak sehat udah bisa ketebak rasanya kumaha hehehe.. mksd ga sehat ini bener bener gak diurus, cuma pake, geter, oblag, berisik dlsb.

  6. Motor jepang sama semua ko..yang penting dirawat dg baik…
    Da yg bilang suzuki lbih bagus..knpa motor smash g enak sama sekali ya..ehmm

    • Smash emang edisi murah yg disengaja bro, makanya mutunya payah. Kalo ngomongin Suzuki jgn bawa2 Smash, itu blundernya Suzuki, krn keluar dr pakemnya, hehehe…

  7. saya pribadi punya suzuki spin NR dari tahun 2009, reviewnya ya overall good lah. skor berani saya taro 85-90.
    kondisi standar sanggup topspeed 120kpj tanpa ada kesulitan berarti. hanya saja akselnya lebih berat ketimbang motor pabrikan sebelah. mainnya spin ini di rpm atas. bawahnya ya gitu, mesinnya teriak dulu baru jalan. khas matik suzuki.
    kualitas material part & impresi mengendarai? joss sih. apalagi pengeremannya. bisa bikin ban berdecit-decit saking pakemnya. Dan yang terpenting adalah tidak ada perbedaaan rasa yang terlalu mencolok antara pemakaian saat ini dengan pemakaian semasa baru baru punya dahulu. rasanya masih mirip mirip, berbeda dengan matic sodara saya dari 2 pabrikan kompetitor. yang saya rasakan, setelah setahun dua tahun, feel mengendarainya sudah mulai berbeda dengan saat mengendarainya saat masih baru-baru turun dari dealer. sudah ada getaran, mulai timbul gejala limbung, muncul bunyi bunyi yang dulunya ga ada, dan beberapa material cat mulai memudar. *review singkat saja.

  8. Nyaman nya di mana ya? jika bagus napa di Jln jarang nemu bisa di blng gak laku, suzuki bagusnya sampai thn 2006 doang pas masi ada satria agresif 120 r, ada apa dgn suzuki bikin motor ko gk niat? Suzuki skrng cuma sih cepuuuuuuu doang inazuma aja hidup segan mati pun ok lah

    • sudah pernah cobain inazuma belum? saya yakin belum, karena komentarnya begitu..coba dilihat apakah inazuma hidupnya seperti itu karena kualitasnya tidak baik atau karena mayoritas lebih suka motor twin dohc fairing?

    • apa korelasinya antara nyaman dan nggak laku? nggak nyambung broo…
      jangan salahkan produknya! salahkan tim marketingnya yg ogah2an, setelah 2006, ente pernah liat iklan Suzuki?, iklan TV, sebar brosur, dll? sangat teramat jarang kan. coba bandingkan pabrikan sebelah, tiap jeda ada iklan diulang ulang terus, JKT48,Marquez,Chico Jeriko, VJ Daniel. satunya lagi sponsor resmi acara MotoGP dan Valentino Rossi. dua2nya tiap pengkolan jalan pakai acara sebar brosur DP 0%. setiap seminggu sekali pakai acara dangdutan di setiap komplek rumah. gimana nggak laris coba.

      tolong dibedakan antara kualitas produk dengan pemasarannya, BEDA BRO!
      produk OKE tapi pemasaran NOL ya amsiong, mau contoh. Sony Xperia!

      • Sony experia banyak keluhannya di softwarenya.. software optimizingnya kurang dan harga mahal.
        Ga ada sesuatu yang wah diberikan oleh sony dengan harga yg semahal itu

  9. entah kenapa banyak yang tidak percaya kualitas body & cat suzuki di atas pabrikan sebelah, padahal kalau dilihat memang kenyataannya demikian..begitupula kenyamanan & kinerja remnya.. klo soal mesin sih mirip2 lah, tergantung yang rawat..

    • Yaa biassa broo,, mindset konyol orang tua Indonesia motor itu ya honda,,, apapun mereknya juga mreka nyebutnya honda,,,sampe turun ke anak anaknya jadi fansboy akut yg ngefans dengan alasan gak jelas,, sy pernah nanya temen yg fans boy honda, sy tanya kenapa dia milih Honda? Dia jawab “POKOKNYA MOTOR ITU HONDA” padahal dia tau sendiri motornya sering bermasalah,,,kan konyol gitu loh fanatik yg gak jelas,gak bisa buka mata lebar lebar,jelas jelas motornya sering bermasalah,motor temenya juga seringkali bermasalah dgn merek yg sama,,hadeeeeh

    • Ada juga yg alasanya karena harga jual kembali tinggi,, lah itu mau beli motor mau dipake pribadi apa mau dagang?kan bikin geli geli gimana gitu..mau jual kembali setinggi apapun itu, ya teteplah kita jual motor sendiri itu rugi,,kecuali daeler mokas,dia beli bekas jual lagi.. lah ini? Beli baru terus suatu saat dijual,, ya tetep rugi wkwkwkwk heran sama pemikiran fansboy akut

  10. saya jg pakai skydrive tahun 2011 om, tahun 2012 saya boyong second dengan harga 6,5jt saat itu (harga jatuh), selama 4 tahun ini memang sangat puas dari kualitas suspensi, jok, sama mesin yg cukup tangguh.. ganti roller dsb baru 1x di beres..
    kekurangan yg saya rasakan hanya komsumsi bahan bakar yg agak boros.. selebihnya sangat puas sm motor ini..

  11. Intinya gini bro siapa yang budeg dan prinsipalnya Jepun suzuki R2 yg kolot megenai inovasi produk dan spareparts yang menyebabkan segalanya tersendat R&D gak jalan, leasing suzuki bunga tinggi dan pemodal / investor ogah kerjasama dengan merk suzuki karena rugi penjualan hanya se-upil buat apaan usaha klw Untung gk ada, buat apa konsumen beli motor kalau 3S nya super buruk iya gak mang kobay

  12. waw 2016 baru nyobaan skidrep mang? 😀 pdhl motornya aja udah punah (discontinued) desain motor kasusny ky nissan juke, suka atau tidak sama sekali. Kalo menurut ane sih ok, apalagi kl udah pake velg lebar. blkgnya bohai bener. si skydrive ini diplot sbg lawannya vario 125 atau xeon 125. dek rata, single shock, 125cc, rim 14″. bedanya yg lain uda injeksi, ini masih karbu.

    • ia ya. saya pakai harian supra x 125 saya, bukan gojek, kok sudah lebih 50 ribu dan motor baru 4 setengah tahun.

  13. Kalau yang biasa di marketing pasti mengerti, kualitas barang yang bagus, harga yang murah tidak jaminan suatu produk laku. Berpromosi itu vital sekali artinya supaya sebuah barang atau jasa. Perhatikan di televisi barang yang dari dulu sudah diiklankan dan sudah laku keras masih saja diiklankan. Artinya apa? Berpromosi itu kegiatan yang terus-menerus. Suzuki Indonesia sepertinya melemah di situ.

  14. Xeon karbu nya istri saya juga udah 6 tahun lebih.
    belom pernah ganti roller. Sekarang malah 2x sebulan sering dipakai perjalanan 200km lebih.
    kalau Busi juga baru 2x plus ganti kabel speedo 1x.
    Body juga masih rapet. Dan belom pernah turun mesin.
    Top speed on speedometer cuman hampir 100km per jam di jalan lurus. oli mesin pake mesran S, ato SC, dan SX.
    kekurangannya di roda yang kadang rasanya kalo di tikungan kayak goyang itik dan sok depan yg seperti nya mulai jedag-jedug kalau hajar jalanan berlubang.

  15. Dirumah ada skywave NR 3 akhir 2010, smpe skrg masih pake, masih kinclong, msh eye catching dijalan, kadang suka disapa skywave ya mas? Masih mulus, motor nyaman ini, ngebut tp motor nurut + gaterbang alias kaya ganaik skubek

  16. saya setuju mas kobay…. waktu jaman kuliah kemaren sempet pernah minjem punya tmen sekost skitar 2012an .. sblm punya vario 125,, pas waktu naik matic ini memang nyaman,, lewatin jalan yg bergelombang, ada lubang kecil2 enak ja.. dari segi tarikan juga lumayan.. stabil juga waktu di kendarai dgn kecepatan tinggi..
    cuma kurangnya ya dari segi desain body_nya menurut saya bulet2.. jdi kurang tertarik.. sisanya ya ok lah… 🙂

  17. Salam geber. Ane Muhammad Syahputra Alam dari Bekasi (Jatiasih). Saya pake Suzuki Skydrive dari tahun 2010 (awal masuk SMA) sampai sekarang (kuliah semester 7). Boleh kan yaa sampein unek2 tuh motor kembung hehe. Ada benernya juga yg diomongin sama mimin KBY mulai dari jok, suspensi, sama performa itu bener semua. Skydrive ane dari tahun 2010 belum ganti busa jok, suspensi baru ganti shockbreaker belakang 8 bulan lalu (bocor), performa rada ngorok karna massa berat dari kruk as / crank shaft lebih berat dari kompetitor, ukuran klep / valve lebih besar dari kompetitor (namun lebih kecil 0,5 dari Vario di klep isap), roller dengan berat 13gr, sumbu pulley depan & belakang lebih panjang dari competitor (CMIIW), rasio (belum pernah hitung), bobot Suzuki Skydrive yg mencapai 109kg jauh lebih berat dibanding kompetitor. Untuk akselerasi memang kurang greget tp untuk power bisa bikin gemeteran hehe.
    Secara pribadi, Suzuki Skydrive kurang di luas Bagasinya saja.

  18. manteb saya juga kepincut produk suzuki yg adress
    sekarang makai beat karbu 2010 udah 6 tahun lebih dari 100ribu km tapi muter lagi 20ribu ini belum pernah turum mesin ganti roller cuman 1x ganti aki 3x ganti vbelt 2x kalau gak 3x saya lupa semua masih nyaman tarikan enak tapi boros ini mau dijual juga gtw mau ganti nvx apa nmax atau buat tambah beli civic lx

  19. Nyamannnn bingitssss om tapi borosssss 😂😂😂
    Pengalaman boncengin ibu negara naek skywave trus ganti sincan, dia bilang, pasti gampang ngantuk kalo naek skywave, nyaman drpd sincan (dlm hati berkata ya iyalah, susuki gituh, tp gk tahan sma borosnya)

  20. skydrive saya bulan ini pas 5 tahun, dan impresinya masih nyaman dipakai akselerasi ada walaupun bukan yang tercepat, dan yang menjadi catatan dah 2 kali kerendem banjir 2 kali masih sehat wal afiat, sp km 40.000 belum pernah ganti part cvt. kanvas br 1 kali ganti filter oli sekali aki sekali. bahkan pernah gak ganti oli 1 tahun masih oke aja

Yuk Tinggalin Jejak Lads..