CBR

Data AISI Bulan April 2016: Yamaha Senang, Honda Menang..

all new cb150r
terdistribusi sebanyak 16.493 unit di bulan April 2016

Kobayogas.COM – Hola lads, salam geber.. akhirnya hasil lengkap data aisi bulan April 2016 keluar juga. Setelah sempat hanya ada info seuprit, kini datanya lebih lengkap lagi. Terutama yang paling ditunggu ya apalagi kalau bukan dua musuh bebuyutan, Honda vs Yamaha? πŸ˜€

Setelah sempat hanya ada info kalau Honda menguasai pasar bulan April dengan besaran 72,92% atau sebanyak 348.626 unit yang mana mengalami penurunan dari bulan sebelumnya yang 440.272 unit, sementara info yang tergabung juga mengatakan bahwa Yamaha mengalami kenaikan dari 108.416 unit menjadi 120.158 unit atau pada market pasar naik menjadi sebesar 25% dari total 100%…

Nahhh sekarang infonya lebih lengkap lagi, so KBY juga gak ragu buat publish artikelnya, daripada bikin artikel tentang distribusi motor sport Honda yang memang mengalami kenaikan, terus nanti ada yang baper pake nanya, kok Honda doang yang dibahas? Yamaha gak? Jiaahh wong datanya juga belum adaaaa… πŸ˜›

DISTRIBUSI YAMAHA NAIK

Sekarang sudah ada nih, efeknya sesuai judul, Data Aisi bulan april 2016 Yamaha senang, Honda menang.. Lah bagaimana itu maksudnya kang? Maksudnya begini, Yamaha senang karena pada data Aisi bulan Maret 2016 sebelumnya Yamaha hanya mendapatkan porsi sebesar 19% saja dari total keseluruhan, sementara di bulan April ada kenaikan menjadi 25%. Artinya, ya bagus, ada kenaikan yang oke banget buat Yamaha.. Senang dong?

Tapi di sisi lain Honda menang, karena meskipun dari data distribusi secara keseluruhan di bulan APril 2016 Honda mengalami penurunan dari 78% menjadi 72,92% saja, mereka tidaklah terlalu bersedih. Pertama, mereka masih menguasai market, kedua target mereka yakni untuk menguasai pangsa sport tercapai! Mereka berhasil mengalahkan Yamaha di sektor ini! Jadi wajar dong kalau di bilang Honda Menang?

Yamaha naik menjadi 25%
Yamaha naik menjadi 25%

DISTRIBUSI SPORT HONDA UNGGUL

Secara total, menurut data Aisi bulan April 2016, pasar sepeda motor nasional turun 15,1 persen, dari 563.341 unit (Maret 2016) menjadi 478.036 unit (April). Tapi lads, dari jumlah yang ada ini, penjualan motor jenis sport justru naik! 7,7 persen dari 49.732 unit menjadi 53.565 unit.

Disebutkan, Honda yang mengandalkan empat produk utama di segmen ini, yakni Honda Verza, Honda MegaPro, All New CB150R StreetFire, dan All New CBR150R melesat 50,4 persen dari 20.499 unit menjadi 30.835 unit. Hasil ini membuat Honda menguasai segmen sport di Tanah Air, menggeser Yamaha, dengan penguasaan pangsa sebesar 57,6 persen.

Sport Honda: 30.835 unit, sebelumnya 20.499 unit (dikuasai All New CB150R 16.493 unit)
Sport Yamaha: 21,939 unit, sebelumnya 24.250 unit (belum ada data)

Menurut data aisi Yamaha memang mengalami penurunan penjualan (distribusi) pada bulan April 2016 di segmen sport, tercatat 21.939 unit, melandai 9,5 persen dari bulan sebelumnya (Maret), yakni 24.250 unit. Hasil ini membuat penguasaan pangsa pasar Yamaha jadi minoritas, Cuma 35,7 persen saja dibanding Honda yang 57.6 persen.

untuk cek harga motor bekas segala jenis motor terutama sehubungan dengan sektor sport, lads bisa cek di website carmudi.

Honda boleh senyum satu bulan, tetapi dalam hitungan empat bulan pertama tahun ini (Januari-April 2016), Yamaha masih perkasa. Merek garputala masih mendominasi segmen sport, dengan total penjualan 107.079 unit. Sedangkan, Honda hanya mampu menjual 88.570 unit. Sedangkan total pasar motor sport mencakup, 240.075 unit.

Pun begitu, meski pasti ada rasa sedih karena secara total sudah mengalami penurunan, namun di sisi lain target menguasai pangsa motor sport dari Yamaha sudah tercapai. Mampukah konsisten di bulan depan? Ya kita harus pantau terus data aisi bulan Mei 2016 nanti…

sumber: otomotif kompas

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Advertisements
About Kobayogas 3231 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

47 Comments

  1. pantas di blog tmcblog ama iwanbanaran ga ada yang minta artikel ms motorsport. padahal kalo lagi bahas ms secara total suka ada yang mewek minta dibikinin artikel ms motorsport..

  2. Wah wah wah, padahal dulu vixion bisa sampe 40 rbu unit perbulan, tapi iya sih dlu pilihan dikit, sekarang pilihan makin bnyak gak sport gak matic.

    Cuma wak, kenapa yamaha kog seolah santai dari dulu gd mau all out untuk sport? Atau emang krna ud kongkalikong sama honda sama sama jepang, jadi gantian buat all new produk biar harga bisa terus naik?

  3. Bahaya yamaha yeuh, tragedi mio jilid 2, buru ah yamaha nyieun sportna nu memikat, pokonamah ulah lila lila

      • Mang out the topik yg kemaren TENTANG oli shell ax7..ko skrng malah agak boros mang , di skutik ane ..kenapa ya..,

        Gak kaya biasanya

      • bbmnya? kok sama? wkwkwkkw.. biasanya abis ganti oli bisa manteng 35-36 di NMax, skrg 1:34 aja gw kudu sabar.. πŸ˜€

      • Mang kobay ane pake shell mang bensin nya..shell super.

        Iya keliatan baru skrng ..ko agak boros YAAA”…
        Yang penting udh tau jadi gak penasaran

      • yup yg penting udah tau, tapi tenaga emang enak sih ya, maunya betot mulu, mungkin itu yang bikin agak boros hehe

      • Mang bkn nya agak berat ya..biasa recomaded SAE 10w30..jadi 10w40. Emang sih maunya betot teruss…

        Kalo oli bawaan PABRIKAN sih 10w30

      • Enya pisan melimah can ka pikiran dei, nya resep we nenjo nu hΓ©rang mah, encan ke brojol cbr250rr hadeuuh tambah eleh wae, tapi dekah lain fby atau fbh nya cuma penonton hihi…

  4. Baca juga berita diDetikcom,bulan maret YIMM mengerem pendistribusian buat menyehatkan Stok Dealer yg over.jadi bulan April bisa mendistribusikan lagi.dari dulu cara pendistribusian pabriknya Mbrebet(ndak stabil kecepatannya)kaya motornya.Ngoahahaha.

    • tapi mbah, ini sbeenarnya memang cuma bermain forecast aja dan berani beranian.. soalnya cuma maen kirim/distribusi aja sih..

      cuma perhitungan juga jangan sampe salah, kalau stok numpuk di dealer ya modiar juga dealernya teriak

      • ahm forecastatnya aman, nahan distribusi

        sampai habis lebaran, konsumen mikiran lebaran dan sekolah,

        ymh naik turun, yg penting bisa beritaken bulan x penjulan naek,

        bln besoknya turun, besoknya lagi naek, buat berita lgi, gitu terus.

        jadi bln besok ymh turun lagi, ahm stabil

  5. Penjualan YIMM april terbantu peningkatan penjualan Mio series(mungkin Z yg masih baru).cuma Mio series tetap ndak mampu menandingi Vario series yg 100rban/bln.jadi Mio series sekarang bersaingnya dgn Scoopy yg stabil diatas 40rb unitan/bln.

  6. Bagi2 rejeki, yang penting harga dikontrol bersama, dikerek naik terus. MS dikuasai bersama. Aman dari pabrikan negara lain

  7. project control ymh cuma mau nyeningan org marketing aja, biar bisa laporan ke atas, penjualan bulan x naek,

  8. Inilah akibatnya kalo bagian Marketingnya ditangani Wong Tuo. Jadi gak “one heart” dengan sebagian besar konsumennya yang rata-rata anak muda !!!

  9. penjualan naik… harga tetap naiiik… rilis baru pasti juga harga naiiik…
    lama2 metik entry level tembus 20jt ntar

  10. saya kadang heran, meskipun pengguna motor honda versi matic dan sport tapi motogp lebih ngefans yamaha, trus kadang klo penjualan yamaha meningkat ikut senang juga..hahaha yasudahlah

    • Kalo saya lebih senang kl suzuki tiba2 meledak penjualannya. Biar persaingan makin sehat. Tapi ya jgn cm ngarep dr fufi doank juga.

  11. Angkanya serem yah mang, kedepannya gw jalan kaki bs kena macet jg kali yah,. motor mobil bejubel, infrastruktur begitu2 aja,. mau beli sepeda capek kejauhan kemana2, naik transportasi umum bejubel dan macet, mau pake motor badan lemes kena debu + virus yg beranekaragam naik mobil aaah sudahlah..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..