celerio 2

Kobayogas.com – Salam geber lads.. Suzuki mencoba peruntungannya dengan meluncurkan mobil baru di kelas City Car 1000 cc, yaitu Suzuki Celerio. Apa saja senjata andalannya?

City car is never die.. Mungkin itu lah semangat yang dimiliki Suzuki Indomobil Sales (SIS) ketika memutuskan meluncurkan Suzuki Celerio 1.0 di Arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) tanggal 6 Juni 2015 kemarin. Bertarung dengan para kompetitornya yang sesak di kelas ini, sebut saja dari mulai mobil LCGC seperti duet Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Honda Brio, Toyota Etios Valco, Datsu Go+ panca hingga Hyundai Grand i10 dan KIA Picanto..

Dengan keyakinan penuh karena memang Suzuki belum memiliki petarung tangguh di kelas ini, lha Karimun Wagon R gimana? Dia menurut KBY lebih pantas disematkan sebagai mini MPV karena bentuknya yang tidak hatchback. Jadi, ini pulalah yang membuat Suzuki berani memasukkan Suzuki Celerio ke Indonesia karena yakin tidak akan memakan pasar sang Karimun. Padahal prediksi awal Suzuki diperkirakan akan memasukkan Suzuki A Star loh..

Suzuki A Star, Akankah Masuk Indonesia?

Singkatnya, kalau you ingin yang lebih lega dan model MPV bisa pilih Karimun Wagon R, tapi kalau you ingin lebih bergaya sedan, ini kita punya barangnya, Suzuki Celerio lads… Begitulah kira-kira (sotoy mode ON) 😀

DESAIN SUZUKI CELERIO

Berdasarkan opini desk analysis karena belum melihat langsung binatangnya, KBY menilai desain Suzuki Celerio dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Dari depan dan belakang bentuknya mengingatkan kita akan Toyota Etios Valco, hatchback dari Toyota. Secara keseluruhan bentuknya cukup lah ya, tidak terlalu spesial. Dimensinya sendiri dikatakan sedikit lebih besar dari duet Agya dan Ayla

Sementara desain interior dari Suzuki Celerio Indonesia terutama sektor dashboard bagian tengah mirip dengan saudaranya, Suzuki Splash. Tombol AC sistem kenop putarnya kurang terkesan modern. Sedangkan speedometer bentuknya tidak ada yang mirip dengan keluarga Suzuki lainnya. Dari foto sih kabinnya dan bagasi cukup lega.

Terdapat perbedaan tuas dan bentuk transmisi antara Suzuki Celerio Indonesia dan Thailand, dimana pada foto, untuk versi AT Thailand sudah ada opsi perpindahan ala manual (tiptronic) seperti pada Suzuki Karimun Wagon R AGS (Auto Gear Shift).

interior milik Celerio Thailand
interior milik Celerio Thailand

SPESIFIKASI SUZUKI CELERIO

Menurut otomania.com, Suzuki Celerio sebenarnya memiliki dua pilihan mesin K series di negeri asalnya, Thailand sana. Yang pertama yaitu mesin K series konvensional seperti yang digunakan oleh Karimun dan Splash. Yang kedua adalah K10C dualjet (dual injector per silinder). Mesin kedua yang disebut, memiliki kadar efisiensi yang lebih baik dalam jangkauan jarak sama. DualJet mencapai efisiensi 27,7 kpl, sedangkan K-Series hanya 23,25 kpl.

Yang dipilih oleh SIS adalah K10B, sepertinya faktor kemudahan dan murahnya perawatan menjadi pertimbangannya pemilihan mesin tersebut untuk Suzuki Celerio 1.0 tersebut.

Mesin: 998cc K10B, 3 silinder DOHC, 12 katup
Output: 68 PS/6.000 rpm, torsi 90 Nm/3.500 rpm
Transmisi: Manual 5 percepatan dan otomatis CVT
Diameter X Langkah: 73,0 x 79,5 mm
Perbandingan Kompresi: 11.0

(sumber: Suzuki.co.id)

FITUR KEAMANAN SUZUKI CELERIO

Apa yang disuguhkan oleh Suzuki Celerio dari sisi keamanannya? Wah ternyata cukup lengkap lads, simak ya
  • 3-point ELR seatbelts in front dan 3-point ELR seatbelts x 2,        2-point seatbelt for centre seat,
  • Dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan
  • ABS untuk membantu keamanan pengereman secara maksimal
  • Child Proof Rear Door Locks
  • Keyless Entry, Security Alarm dan  Immobilizer
  • Body dengan TECT (Total Effective Control Technology) yang memaksimalkan kekuatan rangka kendaraan untuk menyerap benturan secara maksimal ketika terjadi benturan.
  • Crumple zone yang menyerap energi benturan jika terjadi tabrakan, yakni dengan struktur kerangka bekerja secara efektif menyebarkan dampak beban serta struktur kabin berkekuatan tinggi yang memberikan kontribusi untuk melindungi penumpang dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Cukup lengkap juga untuk sebuah city car ya, terutama adanya ABS dimana afaik, tidak semua city car dilengkapi dengan piranti rem anti ngunci ini, rata-rata cuma dilengkapi air bags.. good point though! Semoga saja benar, soalnya di spesifikasi Suzuki Celerio ini gak dicantumin adanya ABS.

HARGA dan KESIMPULAN

Dengan harga Rp. 146 juta (MT) dan Rp. 158 juta (AT), dikomparasikan dengan harga, menurut KBY sih Suzuki Celerio cukup worth to buy lads…Hanya mungkin desain sih selera ya, tidak ada yang wow disana, tidak buruk namun ya seperti city car kebanyakan lainnya.. sang The Amazing For Real ini tersedia dalam 4 warna, yellow pearl, black, silver dan white.

Sementara untuk impresi berkendara serta kualitas material interior Suzuki Celerio, kita simpan dulu hingga KBY merasakan test drive, setuju? Awas aja kalau gak hehehe…

foto-foto: by google

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

66 KOMENTAR

  1. Heran. Mobil LCGC ini kok desainnya jelek2 semua ya. Yang paling mendingan cuma brio sama agya/ayla.

  2. Kebanyakan masukin city car, impor lagi bikin harganya jadi kemahalan……mending konsentrasi di wagon r sama swift deh….

  3. Klo mau lega dan battle prupen ya karimun versi awal, saban hari karimun makin sempit…

    Yg lega sih splash, lebih lega lagi, mobkas hahaha

  4. Edun eta hargana 148, mending etios kamana mana, Celerio mesin saliter 3 silinder interior ala satya maenya murah keneh satya 1.2 4 silinder, lieur mang ngabandungan kang David Congean eh Tulian mah >_<

  5. mesin andalan sijuki. 998cc, dari angkot, karimun kotak, estilo, new karimun anger eta2 keneh 😀 . Spt biasa sijuki juga selalu menjejalkan spek sedikit diatas mobil2 sekelas dari merk lain. mkny bisa sukses mengganggu marketshare merk dominan sekalipun 😀 tp kalo harga segitu, sy mah ambil x-over seken sajah 😀

  6. ini mah mobil apaan :v

    di uk banyak yg blong rem nya :v

    mending ambil mirage deh, mau nempel mobil laen yg cc nya gede2 ambil manual

    mau nyaman ambil cvt, n penting ! cvt mirage suara nya bukan kayak suara cvt gilingan tebu nya pabrikan laen ! :v

    • Tambah 10-15 jt udh dapat ertiga tipe terendah.. Gila aja, mending brio satya 1.200 cc 4 silinder udah i-vtec..

  7. Ane beli mobil suzuki wagon R pada 2015 di PT. HandijayaBuanaTrada
    Di showroom, ane bertemu dengan salesnya yg bernama Jeffry Hartono
    Ane beli secara kredit leasing Suzuki Finance pembayaran 35 x 2.500.000.
    DP 62.145.000
    Cashback 8500.000
    Harga total kredit 3 thn = 149.645.000

    Ane sudah tawar2 tapi sudah tidak bisa.
    Malahan ane dicurigai orang Indomobil yang mau membandingkan harga, salesnya kesal dan agak marah ke ane.
    Ane sudah minta ke salesnya leasing yang paling murah, tapi salesnya menyuruh pakai suzuki finance. Saat ane ketemu orang suzuki finance, ane cuma diberikan perincian DP dan cicilan per bulannya.

    Seminggu yg lalu tagihan dan suzuki finance datang ke rumah. Yang ane bingung, bagaimana mendapatkan nilai Total Hutang Pokok. Ane sudah coba menjumlahkan hutang pokok dengan yang lainnya, tapi tidak bisa mendapatkan nilai yang tertera di perincian tsb.

    Kemudian, ane pernah berpikiran melunasi seluruh cicilan kreditnya. Ane sebelumnya telepon ke suzuki finance, kalau senin ane mau datang. Ane minta jumlah total yg harus dibayarkan. Finance mengatakan ane harus bayar 72.500.200. Kemudian 30 juta ane transfer via bank dan 42.500.200 ane bawa secara cash.
    Hari senin ane persiapkan uang cashnya dan datang ke suzuki finance. Tetapi pada saat ane datang ke suzuki finance, jumlah Total Hutang Pokok ane berubah menjadi 81 juta. Sehingga uang ane kurang 9 juta lebih. Mereka menjelaskan sebab bisa ada kenaikan 9 juta, itupun sudah didiskon 8 juta lebih, seharusnya 17 juta. Sehingga ane tidak bisa pelunasan awal, karena uangnya kurang 9 jt lebih. Dan uang sebesar 30 juta yg ane transfer sudah dimasukkan ke dalam cicilan kredit untuk 13 bulan, jadi selama 12 bulan kemudian ane tidak perlu nyicil kredit lagi. Jadi cicilan kredit ane tinggal 23 kali lagi. Kalau ane hitung, kalau pelunasan dini harga total mobil tsb lebih murah 6 juta daripada kredit selama 3 thn. Tapi biaya total utk pelunasan dini tiap hari berbeda-beda dan semakin mahal.
    Ane cek kalau kredit di BCA Finance ternyata bunga kredit mobil cuma 4,8 persen, sedangkan di suzuki finance 9,08 persen.
    Suzuki finance lebih mahal lebih dari 6 juta daripada BCA Finance.

    Ane komplain ke salesnya, kalau saat awal pembelian ane minta leasing yg paling murah, tapi salesnya beralasan kalau pakai BCA Finance, dealer tidak mau karena tidak ada keuntungannya. Ane komplain ke salesnya soal hadiah Samsung galaxi, tapi salesnya beralasan tidak ada promo tsb utk wagon R. Bahkan hadiah cabutan yang ane dapat dari pembelian mobil sebesar 500.000, salesnya bilang seharusnya bukan untuk pembelian Wagon R. Ane juga komplain ternyata ada dealer lain yg bisa kasih cash back sampai 11 juta. Sales tersebut selalu berkelit, tidak ramah, cepat emosian.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..