banner

image

Kobayogas.com – Hola lads… Kawasaki adalah produsen yang masih keukeuh menjual produk motor dengan mesin 2 taknya. Berkesempatan melakukan test ride singkat sang Ninja SS, seperti apalah impresinya?

Ini adalah kali kedua KBY berkesempatan menjajal Kawasaki Ninja 150 2 tak. Kali pertama saat di Bandung, milik adik ipar yang bungsu, tipenya Ninja RR.

Saat itu kondisi sang Ninja RR sudah tidak standar, dari mulai bodi yang ditrondolin, ban cacing nggilani, mesin dan knalpot oprekan hingga setang menekuk ke dalam yang amit amit pegelnya.

Test Ride Kawasaki Ninja RR 150, Sensasi Super Kips di atas ban cacing

Kali ini, semuanya berbeda 180°, Kawasaki Ninja 150 milik dulur d’gujubar Setyawan ini tipenya yang SS alias naked, dan keadaannya ubahan knalpot R9 dan sedikit settingan jarum skep, plus penggunaan oli mesin yang menggunakan Fastron Diesel… Bagaimana performanya?

Kesempatan tes dilakukan di dekat kediaman KBY, jl Wijaya Kesuma, di dominasi oleh trek lurus tapi namanya komplek ya gak bisa gas pol kalau gak mau disampuk linggis kekekke.. Kondisi tes berboncengan dengan permaisuri, maklum mau ke pasar. Sementara sang pemilik mengikuti dari belakang menggunakan Sniego si PCX Pekgo.

Ternyata, mesin dalam keadaan standar menurut KBY lebih nikmat untuk kondisi harian, torsinya bulet sejak awal hingga super kips aktif. Tidak ada gejala brebet ketika gas dipuntir lebih dalam seperti yang KBY alami saat mengetes Ninja RR milik ipar dahulu.

Memang ketika superkips aktif, Ninja RR trondol terasa lebih edan tarikannya, tapi itu hanya berlaku di kitiran atas saja, sementara dari bawah hingga tengah bikin kita suffering karena mesin brebet dan ngeden.. Hal yang tidak KBY alami dengan Ninja SS ini.

Ninja SS begitu nyaman dari sisi tenaga untuk sekedar digunakan santai, dan menjadi cukup brutal ketika RPM bergerak menuju limit. Permaisuri sampai menjerit dan tertoyor ketika KBY mencoba gas pol sesaat hanya untuk merasakan sensasi super kips nya hehe…

Mesin dua tak memang sesuatu banget dari sisi performa, sayang teknologi nya mentok ketika harus mengakomodir emisi yang saat ini sudah harus comply Euro V (internasional) sementara di Indonesia masih Euro III.

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

71 KOMENTAR

  1. buat pengemar 2tak,jangan sedih dulu kalau Ninja150 series bakal diSuntik mati,KHI sedang riset mesin Superkips bisa lolos Euro 3.sementara ini sudah sukses cuma tenaga dikisaran 25,5Ps.diusahakan nantinya Lolos Emisi dan Kebisingan Euro3.tenaga di27PS.Catet MasBro.

  2. Fastron Diesel? hah?

    Honda katanya udah bikin prototype MX 2 stroke dengan direct injection, kek direct injection di ski doo, bermesin ROtax 600/800cc 2 stroke, semoga 2 stroke lahi kembali dengan teknologi itu (sudah lama nih teknologi, cuman kenapa gak di transfer teknologi dari mesin tempel – Yamaha contohnya – ke mesin motor)

  3. itu knalpot racing…kalo knalpot std putaran bawah nya lebih nampol ga usah nunggu peak power…cuma atas nya kurang sadis..

  4. Kyanya knalpot jg udh ga standar ya bro?

    Ane lbh suka liat yg model SS lampu bulet gini. Oldskool abis. 😀

    • Polusi, dan saya setuju sih, kalau ketemu 2 tak yang kurang terawat di depan plus macet, bikin saya sesek nafas, tp masih mending drpada bau asap mesin 4T yg ring pistonnya bocor… Amit2, mau muntah saking pusing baunya…

  5. ane pernah juga nyobain yg tpe R mke punya temen kerja ane..
    di daerah jlan baru klari krawang..
    berboncengan..bbot berdua skitar 60kg + 50an kg di kitiran 135an km/jam srasaaa enteng bangett bhkan masih gear 4..
    msuk gear 5.. 140an sudah melayang krena bobot mtor ringan srasa ngleyang..ngerii..

  6. bayangkan seandainy mtr yg ada di indonesia saat ini semua mtr 2tak mungkin di jalan bnyk pengendara yg mabuk asap..untung aja honda mempeloporin mesin 4tak.klo ga bnyk yg pingsan di jalan makan asap.

  7. Honda punya ISS (Idling Stop System)
    kawak punya Ninja 150 SS (unStoppable System apa unStoppable Speed yak) 😀

      • Soalnya waktu itu sy sempet baca artikel orang, lupa pernah baca dimana tapi bener. Katanya artikel itu mesin 2 Tak itu sebenernya masih bisa dikembangin dan potensinya bahkan lebih bagus daripada mesin 4 Tak. Penelitian dan pengembangan kearah situ udah ada sebenernya, tapi gak tau kenapa kok gak diproduksi secara massal.

        • dikembangin dari sisi power? itu ay percaya. tapi comply ke emisi dan efisiensi? nah ini yang sulit.

          Mazda sempat bersikukuh untuk melanjutkan penelitian mesin Rotary, karena dianggap masih berpotensi… memang naikin power gampang, tapi Mazda akhirnya give up.. mereka mentok di uji emisi dan efisiensi. Padahal rotary itu kaya 2 tak dan 4 tak.. cukup 1200 cc powernya udah kaya mobil 2400-2500 cc. hehehe

          Skrg mereka kembangin Skyactiv dan memang lebih masuk akal

    • sejak 4 tak muncul afaik banyakan 4 tak. banyak kok bedanya, ya mesin 4 tak gak ngebul tanpa oli samping. mesin 250 cc dua silinder (kecuali Ninja RR Mono)..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini