ADV 160 isi pertalite

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Honda ADV 160 diisi pakai Pertalite, apa efeknya? Apa yang terjadi? Meledak kah? Hehe.. Postingan ini merupakan jawaban dari tantangan dan permintaan para komentator di You Tube Kobayogas Sena yang meminta skutik advance versi terbaru dari Honda ini diisi dengan BBM jenis Pertalite yang memiliki oktan RON 90. KBY pun penasaran, pas banget unit datang lagi kedap kedip genit si fuel meternya, cocok untuk diisi lagi dan dipakai review harian. Bagaimana hasilnya? Performanya? top speednya? konsumsi bbm-nya? Cekidot juga videonya yes..

Lagi ramai soal kenaikan harga BBM beberapa hari ke belakang, terutama BBM yang mendapatkan subsidi seperti Pertalite dan Solar. Meski artikelnya baru tayang sekarang, tapi videonya sendiri diambil dan dilakukan saat Pertalite masih harga lama, yaitu 7.650 hehe..

Gak pake lama, karena review tuntas dan lengkapnya ada di video Kobayogas Sena, artikel ini memberikan highlight terkait Honda New ADV 160 diisi Pertalite. Tentu saja tak hanya penonton dan pembaca yang penasaran, KBY pun yang ngetes motornya juga pinisirin bingit, apa efeknya? Apakah terbukti lebih lemot? Lebih boros? Apakah performanya terkebiri habis?

Honda ADV 160 Pakai Pertalite

HONDA ADV 160 ISI PERTALITE

Waktu harga Pertalite belum naik, KBY isi 40 ribu pas dari kondisi kedap kedip, dapatnya 5,2 liter, display di fuel meter setelah kelar mengisi hampir full, menyisakan satu bar saja menuju huruf F. Kelar isi langsung digelandang jalan jalan sore bersama nyonya..

ADV 160 isi pertalite

AMAN?

Kalau bicara soal aman mesin dari pengisian Pertalite ya aman aman saja, apalagi generasi mesin PCX 160 eSP+ ini juga melanjutkan teknologi PCX 150 sebelumnya yang ada teknologi Oil Jet yang berfungsi menjadi semacam knocking sensor, dimana sensor akan membaca pengapian dan pembakaran yang terjadi di ruang bakar kemudian akan menyesuaikan timing pembakarannya (baca: Knocking Sensor di PCX 150).

Diisi RON 89-90 aman, tapi pasti ada konsekuensinya, nah di artikel dan video yang KBY buat lah konsekuensinya terjadi, efek dari Honda ADV 160 diisi BBM Pertalite, apa itu? Ini KBY buat summary-nya langsung ya

  • Akselerasi bawah sedikit tertahan
  • Akselerasi tengah, terutama dari mengerem dan putar gas lagi, terasa ada delay
  • Lebih boros (kembali ke gaya mengemudi)
  • Mesin terasa dan terdengar kurang halus
  • Akan terjadi penumpukan kerak karbon lebih cepat

Untuk konsumsi BBM dapat dikatakan kurang riil sih hasilnya karena ada 4 rider yang dapat dikatakan beda gaya yang ikut mencoba test si New ADV 160 ini, yaitu; KBY, Nyonya, Vandra dan Babehnya Vandra (fix kepincut dan unitnya sudah datang ke rumah hari ini warna merah).

Angka konsumsi yang diraih dari keroyokan tersebut ada di angka 1:43++ (cek video), kondisi tersebut juga beberapa kali berboncengan, KBY dan Nyonya, serta Nyonya dan si kecil (antar sekolah). Mungkin jika murni ada di tangan KBY masih bisa dapat 1:45-47.. dengan menggunakan Pertalite.

baca juga: Review Boncengan Pakai Honda ADV 160

TOP SPEED BIKIN KAGET!

Tapi ada yang bikin kaget nih lads saat Honda ADV 160 diisi Pertalite oleh KBY, yaitu ketika sendirian, saat boncengan memang tenaga dan performa terasa terkebiri, tapi begitu sendirian, jujur saja, perbedaan dengan menggunakan Pertamax (ini asumsi jenis BBM saat dipakai Turing tempo hari) itu cukup tipis!!!

Dari sisi performa nih, dibilang ngeden banget, gak tuh, dibilang terkebiri jauh juga gak.. Vandra yang pinjam sehari semalam juga bilang yang sama, gak tuh Om Kobay, responsif aje ujarnya dengan logat betawi yang kental.

Bahkan.. top speed Honda ADV 160 pakai Pertalite somehow lebih tinggi dibanding saat turing (baca: Kupas Tuntas Honda ADV 160 Dibawa Turing), yaitu mampu mencapai kecepatan 119km/jam!! (cek video top speed ADV 160). Kaget? KBY aja yang bawa kaget wkwkwkw.. itu pun dalam kondisi terbatas, jika lebih panjang, prediksi KBY bakal mentok di 122-124 deh.. Gimana pakai Ron 95 misalnya coba? Uhuuyy..

KESIMPULAN

Ini jujur saja membuat KBY bingung, di awal pengisian ADV160 pakai Pertalite itu udah cukup yakin bakal bolot bin boros, faktanya? Tipis perbedaannya dengan pakai Pertamax! Geleng geleng gak percaya KBY dibuatnya, ini Honda yang mesinnya terlalu ajib atau BBM-nya beneran “asli”?? Wkwkwkw.. Lah masih responsif, masih kenceng, masih irit pula.

Memang namanya kompresi yang disebut di brosur itu sifatnya statis, didapatkan dari rumus besaran kapasitas mesin, tapi faktanya saat mesin hidup, kompresi di ruang bakar sifatnya dinamis dan berubah ubah karena ada pergerakan katup masuk dan buang di sana, kecuali saat mesin kembali mati. Jadi berapapun angka RON BBM-nya, akan menyesuaikan terutama pada mesin yang sudah ada sensor knocking, tapi seperti KBY bilang, ada konsekuensinya.

Pun demikian, KBY pribadi tidak merekomendasikan untuk selalu menggunakan Pertalite sih lads, pertama, motor berapa liter sih besar tangkinya? ADV cuma 8 liter doang, bisa lah pakai Ron 92 up.. jangan isi dari kosong aja biar ga terlalu terasa wokwokwwok.. Kalau kepepet kaya lagi turing atau duit pas pasan belum gajian, boleh dah.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

23 KOMENTAR

  1. Mongtor Indonesiah….Asiah…dan Amerikah.
    ( Pak Eka pasti dah hafal kalimat ay diatas )😂

    Lagi dan lagi , ni mongtor bakal bikin sumringah Sultan bagian Indonesia.

  2. lebih boros karena tarik gas lebih spontan buat mengkompensasi tarikan yg kurang, padahal kalo tetep sabar2 sih kayanya konsumsi bensin sama2 aja.

    jadi inget si cbr karbu dulu biasa isi ron95 eh diisiin bokap pake premium, terus dia komplen dong, kok motor ga ada tarikannya sih?? service dulu lah sana….
    dan emang saya pake sampe abis tuh 1 tangki isi premium, ya ampun parah bener deh ini, ditarik gimana juga tetep ga bisa ngacir, walhasil ya boros gara2 gebargeber.

  3. Tul , sebenarnya pertalite masih belum berasa ngaruh , mungkin dapetin tenaga ringannya saja yang harus sabar.
    Semua sudah dipikirkan matang sama pabrikan Sultan untuk Indonesiah….Asiah…dan Amerikah
    😂

  4. Efeknya dikasih pertalite….mengurangi kursi Yhm untuk turun k jalan
    Pak Eka ?
    😂

  5. Pakai pertalite cuma beda 1 paling tinggi 2 km per liter lebih boros dibandingkan pakai pertamax tp harga jauh beda

  6. jangan ditiru sih.. bisa beli kelas adv y konsekuen isiannya minimal pertamax lah kecuali kepepet

Yuk Tinggalin Jejak Lads..