view terbaik dari sisi ini

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Menyusul artikel sebelumnya terakit tiga calon motor baru Suzuki di Indonesia tahun 2022 ini, seperti janji KBY, kita akan bahas satu motor berjenis skutik dengan nama Suzuki Avenis 125!! Dari dua prediksi motor yang akan hadir di Indonesia, hanya Avenis yang belum pernah KBY bahas nih. Nah sebagai sebuah skutik modern, apa sih modal skutik andalan Suzuki di India ini untuk bersaing di Indonesia melawan sesama kelas 125cc? Bagaimana dengan prediksi harganya mengingat statusnya yang CBU? kuy geber dulu sambil nunggu tanggapan Lesti Kejora

SUZUKI AVENIS 125 INDONESIA

Bicara soal bikin desain antik, nyentrik dan nyeleneh di luar pakem kebanyakan kesukaan konsumen (Indonesia), Suzuki dapat dikatakan ahlinya lads. Desain yang “terserah gue” itu memang akan menghasilkan efek yang berbeda, sukses atau ditinggal sekalian.

Dari sisi idealisme desain, Suzuki layak untuk diberikan acungan dua jempol, gak ikut ombak, stands out among the crowd wkwkkw.. Gak ikut ikutan desain kompetitor yang lebih mengikuti trend atau kesukaan dari calon konsumennya. Dari sisi ini memang filosofinya agak nyeleneh sih, tapi bagusnya, mayoritas desain Juki disukai di belahan dunia lain, tepatnya di pasar India, sukses besar dapat dibilang.

Suzuki Avenis 125 2022 merah

Itu artinya, duitnya terus ada dan mengucur, setidaknya dari pasar India, baik roda dua maupun empat. Nah Suzuki Avenis 125 ini konon akan dihadirkan di Indonesia ya berdasarkan produk dari sana, sebagai kiblat penjualan pabrikan Hamamatsu ini. Modalnya apa sih Atytyd ini wkkwkw.. wkwkwk.. jirrr komentator di IG ada yang bilang gitu. Kuy ah geber heula.

DESAIN

Memang gakan langsung suka pada pandangan pertama, namun bagi KBY pribadi, desain keseluruhan Suzuki Avenis ini bisa langsung diterima dibandingkan dengan saudaranya, Burgman lite, alias Burgman Street 125. Kalau Avenis terlihat lebih familiar karena bentuk dan dimensinya ada keserupaan dengan Yamaha Soul GT.

Memang tentunya gak plek ketiplek mirip, bisa dikatakan Avenis bagian depannya lebih ke skutik Jepangan atau Taiwan, nah tengah ke belakang barulah gambot dan buntet ala Soul GT. Tapi si skutik Suzuki ini lebih mekar lagi di bagian tengahnya. Efek buntet juga dihasilkan dari knalpot yang nyeleneh, pendek dan gede.. enak panjang tapi kecil apa pendek gede ya? Awowkwowkwok.

Suzuki Avenis 125 2022

Sektor kaki kaki juga ga tau kenapa demen banget pakai ukuran kecil di belakang, depan 12″ sementara ban belakang 10″. Padahal katanya orang India itu justru kebanyakan tinggi besar, tapi malah motor motor skutiknya pada buntet gini.. lucu juga wkwkkw.. Oia back pillionnya rapi tersembunyi letaknya.

Suzuki Avenis 125 2022 Indonesia
view terbaik dari sisi ini

Melihat area deknya, sepertinya lebih luas daripada skutik 125cc di kelasnya (yang memiliki karakter mirip). Misal di Honda ada Vario 125, sementara di Yamaha lebih banyak lagi, tapi kita kerucutnya yang kira kira akan head to head, yaitu Soul GT, Gear dan Freego. Kalau dari foto, deknya Suzuki Avenis 125 ini lebih lega dari Vario, Gear dan Soul GT. Tapi dengan Freego kayaknya 11-12, terlihat dari jarak batang setang hingga tengah, lebih jauh.

Lampu depan sudah jelas identitasnya, produk Suzuki selalu menempelkan setidaknya satu ciri khas dari produk mereka yang lain. Untuk Avenis 125 ini lampu depannya pakai punya GSX-R150 series lads..

Sementara belakangnya, meski gak mirip tapi gayanya mengingatkan kita pada Suzuki Hayate dahulu. Dan bagusnya, sudah LED loh hehehe.. Asik sih, jarang jarang lampu rem sudah LED di kelas 125 (kecuali Vario). Dari sisi desain sebenarnya ada lagi yang paling mirip, yaitu TVS Ntorq 2022, bahkan pengisian BBM-nya sama sama di ujung belakang. Tapi karena dari sisi kasta di sini, Suzuki lebih pas diadu dengan Jepang juga.

lampu rem Suzuki Avenis 125 2022

FITUR SUZUKI AVENIS 2022

Sekarang kita beralih ke fitur!! Suzuki Avenis 125 2022 seharusnya memiliki modal yang kuat untuk bertarung dengan sesama skutik 125cc di Indonesia, karakter doang gak cukup! Jadi apa saja fiturnya?

  • Lampu depan dan belakang LED
  • Dek rata luas
  • Bagasi mampu menelan helm full face standar
  • Tangki bbm 5,2 liter
  • Speedometer full digital
  • Kantung depan dobel salah satunya dengan penutup
  • USB charger (entah langsung USB atau butuh adaptor nih)

bagasi Suzuki Avenis 125 2022

Nah sehubungan dengan speedometer full digital, ternyata Suzuki Avenis 125 terbaru ini juga sudah ada fitur konak konek lads, dan bahkan bisa menggambarkan arah/peta alias navigasi yang terhubung dengan handphone. Memang bentuknya sederhana tapi bermanfaat, ada tanda panah kudu lurus, belok kiri atau kanan. Sepertinya juga sudah ada fitur AVG dan penampangnya terlihat cukup besar/luas.

Suzuki Avenis 125 2022 fiturPun begitu bukan tanpa kekurangan, Avenis masih menggunakan rumah kunci konvensional, gada smart key. Skutik yang posisinya berada di tengah tengah antara Maxi 125 Burgman Street dan Suzuki Access 125 tersebut memiliki banyak kekurangan juga, seperti:

  • Belum diketahui apakah sudah side stand switch?
  • Tidak ada fitur ISS/SSS
  • Tidak terlihat ada kunci untuk parking brake lock
  • Kunci jok terpisah

PERKIRAAN HARGA

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya tersebut, di India, Suzuki Avenis 125 dibanderol sekitar 16 jutaan. Dengan status CBU di Indonesia, harganya akan sulit berada di bawah 18 juta, jadi menurut KBY, skutik ini akan punya harga sekitar 18-21 juta.

Kalau mau lawan Soul GT dan Gear, oke masih bejaban, tapi kalau Vario 125 ya sulit, harga harus dibawah 20 juta. Yah kita lihat saja nanti strategi SIS kaya gimana

Suzuki Avenis 125 2022

Spesifikasi Suzuki Avenis

MESIN

Engine Type 4- Stroke, 1-Cylinder, Air Cooled
Valve System SOHC, 2-Valve
Displacement 124.3 cm³
Bore x Stroke 52.5 mm X 57.4 mm
Engine Output 8.7ps @ 6750 rpm
Torque 10Nm @ 5500 rpm
Fuel System Fuel Injection
Starter System Kick and Electric
Transmission Type CVT

 DIMENSI

Overall Length 1,895 mm
Overall Width 710 mm
Overall Height 1,175 mm
Wheel Base 1,265 mm
Ground Clearance 160 mm
Seat Height 780 mm
Kerb Mass 106 kg
Wheels Alloy
Fuel Tank Capacity 5.2 L

 REM

Front Disc
Rear Drum

 RODA

Front 90/90 – 12 – Tubeless
Rear 90/100 – 10 – Tubeless

 SUSPENSI

Front Telescopic
Rear Swing Arm

 BATERAI

Battery Maintenance Free 12V, 4Ah
Headlight LED

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

20 KOMENTAR

  1. Kalo Velg Nya rata 12 Inch, bisa jadi Opsi menarik nih. Lebar nya disamain kaya Freego lah. Tapi kemungkinan baru bisa direalisasikan kalau sudah ditanggapi sama Lesti deh.

  2. Mari kita wait and see.. kelihatannya yg putih cakep, tapi tunggu sampe liat langsung dulu..

  3. Apaan ini? Benar2 mencerminkan selera sebuah titid india. Jangan main api kalo ga mau kebakaran. Jangan main hujan2an kalo ga mau kebasahan.. suzuki motor denyut nadi mulai lemah. Liat pasar asean aja yg ndut2an. Jangan liat india dan china karena selera masyarakatnya beda

  4. emang market share suziku di india brp % sih? kayanya masih jauh dibawah hero, honda, dan lain2nya deh…

    please deh, BERANI itu cuma beda dikit sama NEKAT…
    motor begini mah sekenannya juga gak mau tuh FBS

  5. Bagus aja sih..asal di modif dikit sesuai selera orang indo..minimal velg di buat ring 14…atau paling ga di buat ring 12 ban gambot

Yuk Tinggalin Jejak Lads..