test ride honda new cb150x
iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Lads, awalnya iseng nyoba fitur story yang ada di wordpress, ternyata masuk ke reader juga dalam bentuk post, aneh sih. Jadinya seakan akan judul doang tanpa isi wkwkkw.. Yaudah kalau begitu akan KBY teruskan di postingan ini ya hasil test ride Honda New CB150X! Meski bersemangat karena penasaran rasanya seperti apa, tapi awalnya KBY pribadi itu underestimate alias meremehkan motor sport 150cc adventure terbaru Honda ini.. Ternyata begitu sudah test langsung, beuhh testing is believing dah! Ternyata bukan modal copy paste!

test ride Honda New CB150X

Saat melihat sosoknya langsung pertama kali di BSD pertengahan Nopember 2021 lalu saat rilis resmi dari AHM, KBY sih meremehkan si motor petualan ini ya. Lebih karena ini motor seakan hasil modifikasi atau diversifikasi dari CB150R semata. Ubah ini dan itu, hopla, jadilah New CB150X! Faktanya, sosoknya memang demikian sih.

Pun begitu, ingat pepatah, testing is believing! Seeing is believing sudah didapat, sosoknya memang keren, gagah dan big bike look seperti saudaranya yang 500cc, CB500X. Memang kurang pol karena tidak ada ubahan di sektor knalpot serta bagian buritan yang sejak 2015 lalu All New CB150R lahir. 

test ride Honda New CB150X

TEST RIDE HONDA NEW CB150X

Oke lads, kita langsung saja menuju ke sesi test ride-nya!

ERGONOMI

Di awal tentu kita cek ricek dan merasakan dulu sensasi riding position atau posisi berkendaranya alias ergonomi dari New CB150X. Wah bisa dibilang jauh ya dari saudaranya. Pertama, setang jelas lebih tinggi, jika disejajarkan berada di atas sikut. Kaki menekuk santai berkat foot peg yang berada di tengah bodi. Gak terlalu depan, gak juga di belakang. 

test ride Honda New CB150X

Posisi duduk-nya mengejutkan! Yak karena ini adalah pertama kali KBY duduk langsung di atas joknya, ternyata lads, meski bentuknya sekilas sama dengan CB150R, namun bentuk jok CB150X ini lebih ergonomis dibuat sesuai dengan bentuk pantat dengan adanya semacam penahan (lumbar support) yang dapat dirasakan menopang pinggang belakang bagian bawah. Dari sisi duduk aja sudah sangat menunjang kegiatan turing jarak jauh nih!

Nah karena banyak yang berubah, terutama ground clearance membuat kaki KBY dengan tubuh 165cm jinjit nih, tapi aman, seperempat kaki mampu menopang dengan baik. Dan karena bobotnya yang ringan, rider sama sekali tidak terbebani baik condong ke kiri atau kanan. Ditambah jok yang rendah, jadi membuat pede si rider. 

Blur eh vision, pandangan ke depan maksudnya, sangat jelas, kepala pun tegak, nengok kanan kiri sama sekali gada masalah. Area dashboard pun cukup sekali lirik sudah terlihat semuanya. Nah bagian dashboard ini mungkin terasa aneh, KBY lupa ya apa model motor adventure seperti ini sama semua? Jadi dudukan shock itu berada terbenam di bawah tangki, raisernya sangat tinggi yang sepintas jadi kaya bebek.

test ride Honda New CB150X

HANDLING – MENGEJUTKAN!

Kita langsung saja tes jalan yes.. Mesin dinyalakan, start dan mesin K56 ini pun menyalak nyaring. Tidak ada yang aneh dari sisi mesin CB150X ini karena sama dengan CBR150R serta CB150R. Kopling ringan tanpa bantuan Assist Slipper Clutch, 150cc sekeras apa sih koplingnya coba? Ya, ya ASC lebih pas memang untuk motor jenis sport fairing mau 150cc juga, lebih berguna saat deselerasi melakukan engine brake. 

Masuk ke trek, belok kiri.. Loh, baru belok tajam sekali kok handlingnya langsung terasa SANGAT BERBEDA dengan saudaranya! Mudah dan predictable! Feelingnya mirip ban kempes yaitu mudah berbelok, bedanya kalau ban kempes kan oleng ya? Ini gak jauh lah dari oleng, yang sama cuma feeling kaya ban kurang angin doang. 

test ride Honda New CB150X

Gak percaya, KBY sikat lagi semua tikungan yang ada di trek, dua, tiga, empat dan seterusnya hingga confirm bahwa Honda NEW CB150X ini punya kualitas handling juara!! Ini seakan akan sebuah CB150 yang dibuat berbeda, underestimate KBY musnah seketika. Gila ini sih untuk sebuah motor adventure, handlingnya dibuat selincah dan sestabil sebuah motor sport! Bahkan KBY berani bilang, saudaranya kalah lah wkwkwk.. Jempol lah untuk sang Large Project Leader CB150X ini.. Gak main main Masayuki Taniguchi san.

test ride Honda New CB150X

Test Ride Honda New CB150X – KENYAMANAN

Masih nyambung dengan ergonomi tadi, Honda sepertinya mendengarkan masukkan dari para konsumennya, dimana yang KBY rasakan joknya lebih empuk dibanding milik CB150R. Atau sebenarnya sama saja kali ya? Hanya berkat slope yang dibentuk sedemikian rupa mengikuti bokong rider, jadi KBY merasa nyaman mendudukinya selama 5 putaran. 

test ride honda new cb150x

Nah sekarang shock, lagi lagi KBY agak skeptis terkait kinerja shock belakang dari New CB150X ini, ah palingan sama aja ama saudaranya. Ternyata? Wkwkkw.. Taniguchi san kembali membuat KBY terperangah! Empuk tanpa harus mengayun berlebih, faktanya setiap tikungan cepat, motor membelok dengan stabil, kecuali saat terlalu kencang, memang terasa buritan sedikit bergeser, namun sangat mudah dikoreksi! 

test ride Honda New CB150X

Saat melibas jembatan hingga harus melompat juga pas jatuh ke tanah respon shock sangat baik.. Begitu pula ketika harus melewati speed trap buatan, baik berdiri atau duduk, ayunan suspensinya tidak membuat rider terpental pental.. Jempol!!

Jadi, paket shock Showa depan belakang untuk motor 150 ini sudah dihitung dan diracik ulang sedemikian rupa sehingga memiliki kinerja yang luar biasa untuk kelasnya! Sayang KBY lupa apakah ada racikan ulang juga terhadap sasisnya. Gila juga sih, KBY pikir sih copy paste doang! 

test ride Honda New CB150X

PERFORMA MESIN & REM

Sekarang baru kita bahas performa mesinnya yang setali tiga uang dengan 4 saudaranya yang lain (CB, CBR, Sonic dan Supra GTR). Di awal KBY pikir mesin CB150X ini akan diseting mengentak ya sebagai sebuah motor adventure yang biasanya berkarakter torqy, ternyata gak, AHM membuatnya berkarakter halus namun powerful!

Tidak ada hentakan berlebih di awal, setingannya smooth di setiap giginya namun merata dan terasa penuh tenaga. Karakter climbing dan cruising juga ditemukan di sini, santainya dengan gigi dua dan tiga melibas setiap tikungan tanpa kekurangan tenaga saat gas harus diputar lebih banyak.. Salut sih. Artinya mesin ini sudah cocok banget memang untuk berpetulang, secara umum ya. Jika dirasa kurang ya mungkin karena demand setiap owner kan berbeda. 

Bagaimana dengan hi-rpm nya? Oh jelas CB150R lebih baik, kalau si CB150X ini karena disetting sedemikian rupa merata di tiap putaran, maka atasnya jadi terasa lebih lama lagi dapat top speednya, singkatnya tidak istimewa. Kalau ada yang merasa kecewa dengan tenaga atasnya menurut KBY sih salah tempat ya, kan dari sosoknya juga seharusnya sudah tau, kemana arah motor ini dibuat. 

Untuk keperluan umum dengan tambahan aksesoris sewajarnya, menurut KBY sih sudah cukup. Tapi sekali lagi, kalau demand-nya lebih, ya mau gak mau harus melakukan modifikasi atau memilih motor yang kapasitas mesinnya lebih besar sekalian kan?  

Sementara untuk pengereman juga termasuk so-so, sangat cukup untuk membuat berhenti tapi juga tidak istimewa. Tentu saja jika sang pemilik berniat menambah beban pada motornya (aksesoris macam box/ pannier) lebih dari sebuah, maka pengereman juga wajib di upgrade menyesuaikan beban yang diusung. 

KESIMPULAN – BUKAN MOTOR COPY PASTE

Dengan apa yang sudah dirasakan dan mengetahui faktanya bahwa test ride Honda New CB150X ini bukanlah motor copy paste doang dari CB150R, KBY jadi merasa harga yang diberikan oleh AHM yakni 32,95juta kok jatuhnya jadi termasuk murah ya? Kekurangannya dari sisi penampilan ada di bagian buritan dan bentuk knalpot yang terlihat bukan seperti motor baru karena tidak ada perubahan. 

Bagi sebagian orang mungkin 150cc dianggap kurang mumpuni, inginnya minimal 250cc, oke sih bisa diterima. Tapi ingat, 250cc itu sudah ranah yang mulai berbeda dari mulai pajak hingga perawatan. So paket 150cc merupakan big deal bagi kebanyakan konsumen menurut KBY.

test ride Honda New CB150X

test ride Honda New CB150X

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

106 KOMENTAR

  1. Kang K0bay, apakah ada tulisan yang sensitip di sini, sehingga muncul artikel tanpa artikel?

  2. Atau artikel ini hanya untuk FBK0 (Fans Boy K0bay)?
    Yang sudah punya sandi tertentu dan bisa membaca tulisan yang ada?

  3. Biar pidiohnya ditonton…jadi gak da lagi tar yang nanyai buntut lah dll
    Mau nulis juga gak oerlu2 amat …karena pasti mirip2 dengan tulisan terdahulu…alias masih banyak positif dan MenariCk nya
    👍😂

    Kipas2 dollar

  4. Membuka kesempatan buat Sales luar buat nambah2 income
    Mueeeehehehehehee 😂

  5. Ulasan mengenai motor itu sendiri sept udah gak perlu.
    penasarannya yaitu ; bagaimana kira2 pendapat Mang Kobay dengan Cb150X ini tentang…
    Ngetes Udah dapet warna ijo kesukaan Ught 🤭 kira2 bayangan yang ada dikepala Mang kobay saat Ught yang duduk dibelakang bakal semakin seksi dengan Pipi merah merona atau bakal kesusahan karena mungkin gak Nyaman ?
    Referensi buat si Vijaay ….Sanjaaay….Suneo dll
    😂

  6. Wkwkwkwkwkwwk kmfffrrreeetttt. Udh d buka g ada isinya. Tetnhata isinya yg kemaren d tonton d channel yutup 😂😂😂😂😂

  7. Big Deal…sekali lagi BIG DEAL😁😁😁..no copas no daur ulang kata si Mamang. Ane kuatir aja sebelah terinpisrasi “memaksimalkan” stock mongtor SPBU yang berkarat2 dan (Sulthon) mengerahkan ahli sihir serta nujum dari negeri Astinapura untuk melakukan tapa Brata sudra dan…bwrrrr…bwrrrr..bwrrr jrengggg!!!! dari mirip ikan pesut jadinya jelmaan ikan kakap🤣🤣🤣🤣 #saveVyamsyomg #SaveyOurSulthon

      • Waawwww.. mampir ke WarungBeneran dapat kabar Vyamsyong karatan di gudang🤣🤣🤣 flashback ke Astrajingga dapat ulasan cerdas ekonom pasar ulerrr🥴🥴🥴. Pilihan ane tetap barbeque Warung Kobay…wakakakak🎉🎉🎉🎉🎉

  8. Sepertinya big plan AHM ke depannya lebih ke motor sport ya ketimbang bebek ato bekprot alias bebek sport.

  9. Blur eh vision, pandangan ke depan maksudnya, sangat jelas

    ======
    Vision eh pandangan ke depan maksudnya, sangat jelas..tidak terasa blur…

    Sayang sekali mang…harusnya seperti itu…

      • satu lagi yg muna, aku mengapresiasi vokalnya dia untuk sipil pemakai sirbo.. tp setiap produk dahon terbaru keluar, langsung posting ahmpas lah, ahmplop lah.. emang produk yg dijunjung dia gk ada yg ampas.. contoh blu coro velg goyang series, ngebul water cooled series, kode12 series.. atau si ijo lumpur ngempos, sl series yg ngampas.. tp namanya juga gerombolan muna, nunjuk produk lain ampas, tp produk sendiri ampas dibiarin aja..
        maaf mang jadi curhat.. 😁😁😁😁😁

    • ati2 aja, mereka kan emang diternak jadi gak obyektif….

      jangan lupa kunjungin blog zuragan untuk review-balik-laptop-berzilid2 paling akurat dan netral sazZa terntunya….

  10. Mang kobay nomor HP berapa? Ada adek2 mau kenalan setelah ngeliat foto mang kobay naik cebongX ijo

    • Ini para nyinyiers pada kemana yak?🤭🤭🤭. Apa gegara kepancing link yutup di artikel awal menyebabkan paket jebol??🤣🤣🤣 Ente emang niat njebak kah, Mang Kobay? wkwkwkwk. Ane rasa lagi antri nunggu approval paket tambahan akibat situasi force majeur..gitulah istilah di duniya ansuransi🤭🤭🤭

  11. Saya mbayangin kerennya Mang kobay atau mungkin blogger lainnya berpose dengan kostum Camo , setidaknya dengan Bazoka ditangan , kemudian peluru2 ada di Side bag belakang
    Wkwkkwwk 😂

  12. Ada yang cuma pake singlet dan ikat kepala , ada yang pake kaos sobek dengan topi terbalik , ada yang pake jaket doang otot dada terbuka brewokan , ada yang celananya sobek sebelah dengan kaki balutan Perban dll.
    Walah….imajinasi Liar gua bergejolak sambil lirik Laptop
    🤣

  13. Udah dibikin sama zuragan threadnya mampir ya 🤣🤣🤣🤣influencer bayaran katanya 😇😇😇

    • Jujur, saya mau ketawa keras tapi takut kualat. Di artikel tsb. beliau menyebutkan perihal ‘seat height tinggi’, ‘niche market’, ‘gencar influencer medsos’, ‘penjualan cuma spike’. Tapi kenapa saya gak dengar kata2 tersebut ketika merk yg beliau dukung sebelumnya ngerilis XSR&MT (yang semuanya jelas applicable buat kedua produk tsb)?

      Seat height tinggi? Really now? MT&XSR punya seat height yg tinggi, dan kisaran 810mm juga.

      Niche market? Hooooo meski sama2 niche, CB150X ini punya market lebih luas di Indo daripada XSR&MT, karena para biker disini tipikal doyan touring dan punya preference ke desain2 tourer kek gini. Liat aja gimana para tourer2 ngemodif motornya, pasti gak jauh2 dari apa yg diimplementasikan di CBX ini.

      Gencar influencer medsos? Halo, apakabar dengan artikel berepisode2 yg rilis ketika sebuah produk Y muncul dan semuanya hampir fix nyinggung kompetitor? Atau sebaliknya, ketika produk kompetitor rilis dan semua nuansa statemennya berbanding terbalik?

      Penjualan cuma spike? Eh, baik MT maupun XSR itu gaada spike2nya sama sekali, sedari awal sampe sekarang stagnan, cuma segitu2 doang.

      Idk what else to say

        • Kalau dia Nalar dan bisa mengAnalisis , peKalautik saja ucapan petinggi Hnd , disitu kan disebut…target kami untuk CbX ini cuma 20 ribu dalam setahun , atau +- 2 ribu perbulan.
          Nah , dari sana saja kan udah ketahuan…bahwa Hnd sendiri gak menargetkan cbX bisa melebihi crf atau CBR .
          Namuuuuuun……Andaaaaaiiii mampu melebihi yang disebutkan , anggao saja Bonuzzzz BerlimVaaaahhggg 🤭

          • Dan kalau Saia diizinkan / lolos komen…
            Saia akan bertanya Balik , kira2 Sport 150 yg paling laris dari yhm bakal mampu menandingi cbX ini ga ….😂

  14. kl gini ceritanya yg minat ke GS 180 bisa mikir lagi. gak kalah desainnya si cb 150x. kecuali emang yg dicari prestis lambang bulet dasi kupu2nya itu wkwkwk

      • Terlepas dr banyaknya pujian (karna angpao)🤣 , itu kenapa headlamp dan stoplamp 7 tahun yg lalu masih dipakai meuehehe 🤣

        • Bersyukurlah H msh pake stoplamp itu untuk ngasih nafas junjunganmu agar bs bersaing. Bayangkan kl ahm totalitas melakukan perombakan untuk menggilas yahama, dapat jatah berapa persen doang tuh yahama nantinya? Syukur kl diakhir tahun msh bisa lewatin digit 2 🤣🤣🤣

          • Iya headlamp dan stoplamp nya bikin laris ? Mana angka2 Lu 😂

        • Karena stoplamp itulah yang bikin laris Cb150 .

          Vijaay , kalau dah ga kuat ….cari pohon buat Mewek

          😂

          • Headlamp dan stoplamp coy…

            Baca lagi ya “headlamp dan stoplamp” udah 7 tahun masih dipake aja… 🤣

          • Iya nih…. Lampu depan dan belakang belum berubah sejak 2015 ,…. udah 7 tahun cak ?
            Halo lads 😂

            Gitu kok ngaku-ngaku laris,
            emang pekok… mau aja dikibulin 🤣,

          • Udah gua bilang….Fby Vijaay Sanjaay dll kalau udah gak kuat langsung cari pohon…trus nyanyi sambil mewek 😂

        • Cieeee yg udah ketauan merambah ke YouTube komennya wkwkw…

          Eh tapi makasih banyak loh mang, cuma mamang yg konsisten komen di sini, Ig, sampe YouTube 👍🏼👍🏼👍🏼

          • Wkwkwk sales Y pada kepanasan sama lampunya 🤣 ga ngaca itu velg matic yg suka geal-geol sama ring piston ngebul bin vampire series udah dari zaman neolitikum masih dipake juga 🤣

            Bilang ga laku ntar debat disuguhin data kayak yg kemarin malah kicep padahal ngakunya terlaris sedunia+ngeropah “big bike”nya doang🤣

  15. Pake fitur tromol berlubang ga nih ?
    Kalau pakai,top dah.
    Berguna buat jalur selang waktu ngisi angin.

  16. Fby dari dulu sibuk ngurusin Bunga Bank Hnd….
    Bunga Bangkai yang diGudang Mereka sampe ga keurus
    Jangan lupa jadwal harian :
    Tar sore jam 4 ngelanjutin private BHS India , malam lembur bawa kanebo Kamoceng 😂

  17. Jangan lupa Mampir ke chanel YOUTUBE OTOMOTIF TV
    Liat febeye meriang gara gara influencer bayaran medsos
    Nggak ada yg review r15m seru komennya🤣🤣🤣🤣🤣

    • Gassss langsung aja mang. Langsung serbu komentar buat bungkam para FByeh Di channel Otomotif TV, TMC Blog, Kobayogas Learn Vlog, Kang Mas Bro, Zoals Prasetyo, Pertamax7, Otorider, dst.

      Biar para FByeh terbungkam dan langsung ngumpet seribu bahasa, wkwkwkwk

  18. Nggak junjungannya nggak fbeye sensi amat sama Honda
    Ngiri nggak diajak pasti yah😂🤣🤣🤣🤣

  19. Wakakak..serangan dialihkan ke headlamp 🤭🤭🤭..ane sekedar mengingatkan itu Vyamsyong, Limolas, MeTong, EneghMakk dan Ngorrroxx dari gen1 sampe detik ini masih pakai lampu sein bohlam kandang ayam. Harap dituker jadi LED, malu dong kalau ketemu si bandel Perja…Yeay..yeayy🤣🤣🤣

Yuk Tinggalin Jejak Lads..