GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Cukup lama ya kayaknya kita vakum membahas mobil penerus (atau pengganti) Toyota Avanza. Hot gosip yang berawal di Januari 2020 (artikel: Heboh Bakal Ada Pengganti Avanza Xenia!) dan berjilid jilid hingga terakhir itu di artikel Calon Fitur Unik Di Avanza FWD Terbaru bulan Juli 2020. Sekarang bulan Juli 2021, wah dah setahun ya berarti ya, nah ini ada update terkait calon Avanza FWD 2022, cekidot!

foto ilustasi Toyota Avanza FWD terbaru

Toyota Avanza FWD Terbaru

Pada awal awal artikel dari calon mobil pengganti Avanza Xenia, banyak yang gak percaya malah ada yang ngamuk dan menuduh bikin gosip gak jelas dan artikel merupakan buatan suruhan dari kompetitor wkwkkw.. Nih KBY copas dua komen yang sebenarnya bikin gumush wkwkkw…

wong 04/03/2020 At 19:12 AvXen tetap RWD mas. Nggak neko2 jadi FWD. Mau FWD ada pilihan brand lain, atau CalSig LCGC MPV 7seat FWD.

wong 05/03/2020 At 02:29 Anda dapat info dari mana mas? Apa info dari orang/karyawan Toyota Astra yang bermasalah dengan perusahaan, lalu dia sakit hati dan mengarang bebas ke blogger macam anda. Hebat betul! Atau anda “dapat perintah” dari kompetitornya Toyota Astra, agar calon konsumen mikir2 beli mobil yang akan discontinue. Wah hebat ya, cuma anda loh blogger yang berani nulis berita ini. Sedangkan perusahaan saja menutup rapat ke media lain. Pakai logika saja mas, di dunia otomotif itu bila ada pabrikan otomotif yang nekat mendiscontinue produknya yang lagi laris itu produsen sangat bodoh. Apalagi produknya ini nyaris tanpa saingan di kelasnya. Anda tahu kan mobil RWD Rush, Terios, Avanza serta Xenia itu sangat cocok dengan karakter jalan di Indonesia. Apalagi produk ini sangat bandel dan bukti ketangguhannya sudah teruji bertahun2.

Lucunya, begitu ada update update terkait Avanza berkode D26A berpenggerak roda depan alias FWD tersebut, sang komentator gak pernah nongol lagi, sama KBY di summon pun gada balasan, kira kira kenapa ya? Padahal mau diajak diskusi loh 😀

Oke kembali ke hot gosip Toyota Avanza generasi terbaru – yang bisa jadi pengganti atau penerus (yang artinya akan tetap menggunakan nama Avanza), kali ini KBY mendapatkan info dari masbro Indra Fathan lads.. sementara sang nara sumber yang biasa, sepertinya beliau lagi semedi dulu hehe, semoga sehat sehat saja beliau yes. Kuy kepoin:

  1. Jika sebelummya dikabarkan pakai mesin turbo, rupanya Avanza terbaru kemungkinan besar menggunakan mesin 1.500 cc NA dengan pilihan transmisi CVT dan manual 5-speed, keliatannya bakal pakai mesin 2NR-VE Dual VVT-i yang juga dipakai Perodua Myvi alias Daihatsu Sirion di Malaysia karena sudah menjadi mobil penggerak FWD… Mesin ini juga bisa kita temukan di Rush dan Terios terbaru.
  2. Kejutan yang mantap adalah bahwa Avanza generasi terbaru dikabarkan akan punya fitur safety jauh lebih lengkap dibanding model sekarang; yakni hadirnya 6 airbag dan autonomous emergency braking (AEB) yang jadi bagian dari Toyota Safety Sense (TSS).
  3. Terkait desain, menurut Indra, kabarnya tampang depannya akan ada kemiripan dengan Toyota Raize, walau nggak sama persis lah ya, sementara untuk desain secara keseluruhan laykanya menggabungkan desain dari Avanza saat ini, Rush, dan Raize.

Bagaimana dengan Xenia? Seperti info KBY pada artikel artikel lalu, Xenia tetap akan diproduksi sebagai LMPV berpenggerak RWD atau rear wheel drive mengingat pasarnya masih besar di Indonesia. Iyes, mobil RWD biar gimanapun masih akan dibutuhkan oleh banyak lokasi di Indonesia, karena Indonesia bukan cuma pulau Jawa doang kan hehe.

foto ilustrasi Toyota Avanza FWD generasi terbaru
Foto hanya ilustrasi dan rekayasa desain

KAPAN TOYOTA AVANZA FWD TERBARU RILIS?

Nah ini yang paling dinanti sepertinya ya? Menurut info Indra, Avanza FWD model terbaru tersebut bakal meluncur akhir tahun 2021 ini, bahkan kabarnya pada November 2021 bertepatan dengan 10 tahun Avanza-Xenia generasi kedua, saat ini proyeknya sudah memasuki tahap pre-production lanjutan dimana sudah ada beberapa unit yang siap dites di jalanan. Satu lagi, MPV terbaru ini bakal diekspor awal 2022.

So, kalau Mr. Wong masih gak percaya kabar penerus/pengganti Avanza yang jadi FWD karena infonya dari KBY ya bebas, gak maksa. Tapi kalau sumbernya dari pihak lain dan salah satunya Iwan Banaran, mungkin jadi percaya ya? Wkwkkw.. Nasib nasib 😀

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

64 KOMENTAR

  1. Kalau sudah bukan rwd gini kira2 banyak yg bakal belot gk ya? Secara lmpv rwd udah tinggal confero doang kalau gitu. Dan pertimbangan orang2 buat beli avanza selain brand name ya rwdnya ntu

  2. Untuk fleet masih lebih sakti RWD kayaknya. So akan ada beda penggerak antara Toyota dan Daihatsu, gitu ya Mang?

  3. Mau toyota atau daihatsu sih sama aja, masih satu company, daihatsu sudah jadi anak perusahaan toyota dibawah naungan Yamaha corp.

  4. Mang kobay gosip liar otomotif banyak masooknya euy..tanpa ilmu mlumah mureb,kabut tunggal bisa sakti gitu mang.

  5. Whats wrong with FWD??? Prasaan ay klo cuman konsumen d pulau jawa no problemo.

    Coba mang bikin artikel yg mencerahkan lg tentang RWD dan FWD

  6. Enggak jd tahun 2030 ya kang? Trus avz dan xen beda di penggerak? Trus yg bikin bingung ada di poin no 1:
    1. Bukannya sirion itu FWD dan cc 1200, pasti mesinya beda dg rush dan terios yg RWD?
    2. Setau sy malah mesin new rush dan new terios sama dg avz dan xen sekarang

    • Koreksi bung

      Sirion itu 1300cc, sedangkan versi malaynya (perodua myvi) pakai 1500cc
      Mesinnya masih satu famili (nr-series), cuma bedanya di avxen dia konfigurasinya longitudinal karena dia rwd, sedangkan di sirion dia transversal karena fwd, itu alasan kenapa di post ini mang kobay sebutkan kemungkinan avanza pakai mesin sirion

      • Sdh dikoreksi sama mang kobay, kemungkinan pake mesin sienta termasuk sistem rodanya(sdh ada media lain yg membahasnya)

          • Kalau produk pengganti sih highly unlikely, Karena sejatinya beda kelas .. tapi kalau sebagai pengganti dalam arti Sienta gak dijual lagi di sini dan ada produk baru, bisa hehe…

    • Klo ganti FWD ntar sales papanza mau ngeles apa lgi dong, soalnya yg biasa mereka gembor2kan saat promosi ya masalah penggerak rodanya..
      Jdi inget dulu pas ke dealer T….si salesnya selalu ngebandingin papanza dgn MPV lainnya ya tentang FWD/RWDA itu😄

  7. Artikel yang ditunggu-tunggu kiye Kang.

    Tentang mobil, pas lagi mikir buat pengganti si Ipah di rumah,
    Ini jadi ada pilihan yang baru.
    Maklum Kang, keluarga besar, memang pilihnya yang 3 baris.
    Kemarin Kang K0bay saranin ganti ipah tahun yang lebih muda,
    udah tek pikirkan dan disampaikan ke nyonyah di rumah sama si bocil2.

    Tapi kalau November sudah ada info, kayaknya menunggu sebentar lagi saja Kang.

    Suwun Kang, dan tulung info-info mobil jangan kasih kendor Kang.
    Karena ‘cuma anda loh blogger yang berani nulis berita seperti ini’.
    Viiiraaaaaaaaaaaallllllllll !!!!!!! (hehehehe)

    Suwun Kang.

      • Biohazard
        08/07/2021 At 22:45
        Mau toyota atau daihatsu sih sama aja, masih satu company, daihatsu sudah jadi anak perusahaan toyota dibawah naungan Yamaha corp.

        Ini gw yakin si takada atau beha yg lain lagi nyamar, soalnya gw sendiri pernah digituin sama si takada 😂

        • Bukan nyamar
          Tapi mereka 1 agency.
          Agency komentator bayaran yg tujuannya untuk membuat suatu merk terlihat bodoh melalui yang katanya “fanboy”nya.

          • So truuueee banget ni pemikirannya,

            Si sonwep n vision kebagian peran bego nya ya, si takadayangsabi jadi counter attack nya.

            Bner2 ga masuk akal aja kalo yamaha bayar komentator bego2 gitu.

    • Maaf nih walaupun kelihatan ga masuk akal tapi jangan diremehin tingkat ke bego an seorang fanboy, soalnya di dunia nyata saya pernah ketemu model orang begini.

  8. Di sini rame komen.
    Di IG rame..lebih dari 100 komen.
    Rata² ga terima avanza jadi fwd 🤣🤣

    Tunggu saja launching nya..sambil lihat nanti apa tag line nya.
    Mungkin “Mpv Fwd terbaik di Indonesia” 🤣🤣

  9. Klo ganti FWD ntar sales papanza mau ngeles apa lgi dong, soalnya yg biasa mereka gembor2kan saat promosi ya masalah penggerak rodanya..
    Jdi inget dulu pas ke dealer T….si salesnya selalu ngebandingin papanza dgn MPV lainnya ya tentang FWD/RWD itu😄

  10. Yes, desain mukanya bakal mirip Raize… berarti akan pakai desain keen look dengan grill trapesium… Mobil Calya lama (2016) ane ga kan cepet tua tampangnya karena pakai bahasa desain yang sama.. malah jadi semacam trend setter, hehe.. Desain muka Calya yang sekarang malah sepertinya akan cepat usang..

    • Bener sih kang saya juga lebih demen desain muka calya yg lama dibanding yg sekarang yg agak maksa gitu walaupun mungkin keliatan biasa aja, soalnya desain grill trapesium udah identik sama Toyota (vios, yaris/gr, corolla, camry) apalagi Lexus

Yuk Tinggalin Jejak Lads..