banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Ketemu lagi nih di artikel review helm hehe. Kali ini yang mau dibahas adalah helm Nolan, tipenya Nolan N605 Limited Edition Stoner. Stoner? Casey Stoner? Yoi Stoner 27 edition lads yang konon kata yang jual sih hanya dijual di Indonesia sebanyak 200 unit saja, tentu jumlah tersebut yang dijual resmi Nolan Indonesia ya.. Yuk geber dulu seperti apa review helm model full face ini, termasuk harganya dong tentu.. Cekidot.

NOLAN N605 STONER vs AIROH VALOR

Cerita sedikit kenapa KBY memilih Nolan N605 Stoner Limited Edition ini.. Jadi si sulung Syadza ceritanya ulang tahun bulan Januari 2019 kemarin, emang udah rencana pengen beliin dia helm branded sebagai kejutan hadiah ultah.

Ada beberapa pilihan sesuai bujet maksimal 3,5 juta. Pilihan helm mengerucut ke dua tipe, Airoh Valor dan Nolan N605 dengan kecenderungan ke Airoh Valor karena terlihat modelnya lebih sporty.

Janjian dengan juragan RC Motogarage Jakarta, Reyner, akhirnya KBY datang tuh ke sana sehari sebelum hari H. Sebenarnya datang ke sana itu udah 90% fix pilih Airoh Valor, karena udah pernah punya Airoh (baca Helm Modular Airoh Miro XRP).

Airoh Valor Touchdown

Sayang tipe yang diinginkan yaitu Airoh Valor Touch Down tidak ada ukuran M, sisa XL. Sempat melirik tipe Jackpot, tapi lihat langsung ga terlalu bagus, sementara tipe Rock Star anak KBY kurang suka.

MENGAPA MEMILIH NOLAN N650 LIMITED EDITION STONER?

Okey, ini gara gara Reyner juga sih wkwkw.. Tahu KBY bimbang dan sepertinya kado bakal ditunda sampai Valor Touchdown ready, Reyner mulai deh merayu rayu ke Nolan N605.. Untung gw cowok wkwkwk

Reyner, merayu dengan Nolan N605 Stoner..

Dia bilang, Om, emang dari sisi spek si Nolan N605 Stoner ini kalah, belum flat visor, kuncian juga masih microlock belum DD Ring.. Tapiii.. nah ini senjatanya – Kalau gw disuruh milih, gw udah yakin pilih N605 ini, lanjutnya. Mau tau alasannya?

Pertama ini Stoner punya, gada yang gak tau Stoner di MotoGP, model dan warnanya juga cakep kok, ujarnya. Kedua, N605 Stoner ini limited edition, Indonesia hanya dijatahi 200 unit doang. Ketiga, silakan dicoba, lo akan merasakan bedanya om.. ungkapnya.

REVIEW HELM NOLAN N605 STONER LIMITED EDITION

Keempat, ini adalah terusannya setelah KBY mencoba antara Nolan N605 vs Airoh Valor. Ternyata emang enakan Nolan wkwkw.. Terutama buat pemakai kacamata, slep slep, masuk lancar dan gak sakit di daun kuping, mantaapp..

Busanya juga nyaman, pas di kepala bagian atas, belakang dan juga bagian pipi, seluruh kepala terpegang oleh busa dengan mantap tanpa ada rasa terjepit. Gaya memakainya ada kemiripan dengan Arai, yaitu kaya gentong, agak sempit tapi begitu udah masuk enak.. crot, eh..

Vision juga bagus, lirikan mata mampu diterjemahkan dengan baik alias tanpa halangan, luas. Secara singkat dari kenyamanan di kepala, KBY bisa bilang Nolan N605 ini seperti Arai RX7X versi entry level!  Tapi ya cuma sampai situ aja sih hehe, kalau kualitas material masih kalah level sama Arai.

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN NOLAN N605

Sekarang kita menuju pembahasan kekurangan dan kelebihannya ya.. Yuk dimulai langsung aja..

KELEBIHAN NOLAN N605 STONER
  • kualitas Busa dan liner (pelapis) bagus
  • built quality termasuk jahitan bagus
  • material plastik untuk bagian air vent sangat baik
  • Air vent mudah dioperasikan
  • bongkar pasang visor sangat mudah
  • Naik turun visor mudah dan terbuka sampai batas jidat
  • limited edition
  • Casey Stoner 27 edition
  • Kualitas cat bagus
  • Model dan corak bagus
  • Dimensi outer shell pas, rider gak seperti kegedean kepala
  • Bonus black visor
  • Vision sangat baik
  • Cukup kedap suara dibanding Nolan N64
  • Air flow baik, aliran angin terasa di ubun ubun padahal pakai balaclava meski tetap soal kesejukan alias adem, Arai RX7X is the best! (dengan catatan belum pernah nyoba Shoei X14 ye)
  • Penguncian model microlock (tapi ini bisa jadi kekurangan juga)
  • Harga masuk akal
  • Kalau mau memasang alat komunikasi semacam bluetooth com menurut Reyner lebih mudah dibanding Airoh Valor.
black visor for freeee
KEKURANGAN NOLAN N605 STONER
  • Belum flat visor
  • Penguncian belum Double D Ring (DD Ring)
  • Harga cukup tinggi dibanding Airoh Valor
  • Visor mengembun – tetap butuh Pinlock
  • Harga cenderung tinggi bagi kebanyakan orang
  • Tidak ada pilihan warna dasar cerah untuk Stoner edition
  • Model kurang sporty dibanding Airoh Valor
  • Untuk tuck in busa di jidat masih sedikit menghalangi.
microlock memudahkan lepas – pasang, tapi less safety dibanding DD Ring

THE VERDICT – HARGA NOLAN N605 STONER

Salah satu yang menggoda adalah adanya bonus Black Visor alias visor hitam dalam paket pembelian Nolan N605 Limited Edition Stoner seharga Rp. 3.5 juta ini. Memang Airoh Valor lebih murah yaitu Rp. 2.75 juta tapi kalau mau black visor kudu nambah 800-850ribu lagi.. jatuhnya jadi lebih mahal 50-100 ribu.

Opini KBY pribadi, dengan harga mirip, tentu Nolan N605 Stoner yang punya bobot 1.430kg tersebut lebih punya “gengsi” dibanding Airoh Valor. Ada juga yang komen di IG, kenapa gak pilih KYT NX Race dengan harga 2.7 – 3.7jt? Spek mirip Valor, bobot ringan pula. Mohon maaf, kalau bagi KBY pribadi, keluar duit segitu pilih yang branded, bukan berarti KYT jelek loh.

Tsaaaahhh

Btw kalau beli di RC Motogarage bonusnya banyak, bisa dapet diskon juga asal mampu memuaskan Reyner wkwkwk.. Kidding ya.. Ya gada salahnya dicoba bagi lads yang ingin belanja helm.

N605 vs N64

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

24 KOMENTAR

  1. KYT juga produk lokal yg lg mulai branded kok bang..banyak rider moto GP masih/pernah pake juga.Pasti kualitas jg nambah stlh 4th ++ akuisisi suomy.. *persepsi pribadi juga (walaupun ga punya helmnya) hehe..

    • Betul mang, KYT udah international kok, Cuma masih kalah gengsi aja.. Nah kalau buat guweh keluarin duit segitu – which is gede juga – masih beli gengsi hehe..

  2. Tuh lah knp apel groak laku meski ada yg sebanding atau malah lbh murah …
    Karna produk tandingan lom bisa kasih “gengsi/pride” …

  3. The power of pride ya mang … Padahal harga segitu udah dapet merk lokal carbon mang … Tp apalah apalah saya hanya penikmat helm hadiah motor mang …. *Hadiah Kawasaki Versys X 250 mang ?????

  4. gmna KYT ga mau naik Gengsinya klo orang lokalnya aja ga menghargai dan masih menganggap produk lokal kalah gengsi.

    maap” kata ya mang, setidaknya mang kobay sebagai orng yg di liat orang lah yang harusnya mempromosikan kualitas helm Lokal. klo kayak gini mah sama aja KYT bakal terus di anggap remeh. ada duit lebih padahal dengan harga sama Kualitas masih bagusan KYT tpi beli produk lain krna merk yg udh lama terkenal.
    apalagi ini Helm, buat lindungi kepala, hrusnya yg di prioritaskan kualitas materialnya kan bukan sepopuler apa itu brand walau emang terkenal safety tp ttp aja entry level bahannya pasti ga sebagus di atasnya.

    ga beda jauh sama beli mobil.. mobil apapun itu semuanya Toyota, padahal dah jelas di Indonesia Toyota overprice dan kualitasnya ga sebagus merek lain.

    -_-

    • jujur aja, di level Valor, N605 sama NX Race, gw gak yakin NX Race yang terbaik..

      Mungkin kedua setelah N605 ya, mungkin loh.. bagusnya memang ada hasil tes sih hehe..

      anyway gw juga ga anti KYT sih, tapi mereka ga butuh publikasi dari level semenjana sih hehe..

  5. Muhun we enakeun ath mang..nolan..nolan…sakali deui nolaaaannn
    Bade di head to head oal helm na sareng nu abdi..lamun dibuka visorna teh otomatis turun ndili gening..ga pake keyles..wkwkwkw

  6. Masih pilih AGV K1, harga sama udah dapet DD Ring udah pake 5 bulan and nyaman bet helmnya ?✌️

  7. kalo menurut saya valor dan N605 gak cocok kalo di bandingin sama NX race (walaupun dari segi harga beda tipis sih), secara NX race helm yg bisa di pakai race.. soal safety pasti jauh di atas kedua helm tersebut (namany juga helm di pakai balap wkwkwk)
    mungkin lebih tepat kalo valor dan N605 di komparasi sama KYT NFR

  8. Kang mau tanya nh.kalo d bandingin n87 atau kyt nfr gmn kang.oiyah yg bisa helm in ke vario yg mana kang?nuhun??

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini