Kobayogas.com – Hola lads, Salam geberrrr.. Buat pecinta dan pengamat sepeda motor apalagi Yamaha lovers pasti tau motor yang satu ini.. Yamaha Niken! Imut yah namanya, begitu sebut nama Niken yang kebayang pasti cewek manis kiyut gitu wkwkkw.. Tapi jangan salah, Niken yang ini jauh dari kata imut dan berbadan ramping! Karena sesungguhnya motor sport manual 3 roda ini berukuran moge bahkan dimensinya lebih lebar meski masih kalah dibanding can am spyder. Bagaimana saat KBY mencoba duduk di atasnya? Bongsorrrr..

Pertama kali bertemu Yamaha Niken adalah tahun 2018 lalu di Sepang, sampai kelupaan kalau pernah rekam videonya hehe, silakan dicek tuh buat yang demen nonton, udah tayang youtube nya, jangan lupa subscribe dan klik iklannya ya wkwkkw..

Nah perjumpaan kami kali kedua justru di Twin Ring Motegi Jepang 2019 lads.. Kali ini Niken bebas untuk dijamah, diraba bahkan dinaiki, sementara waktu di Sepang, moge tiga roda tersebut dipajang di atas panggung, cuma bisa ngeliat mbak SPG nya aja wkwkwk.. Dan jangan salah, buat yang mengira motor ini adalah sebuah skutik ya salah, karena dia sebuah motor berjenis sport!

DESAIN YAMAHA NIKEN – RADICAL STYLE

Apa yang diharapkan dari sebuah motor yang out of the box? KBY pikir Yamaha Niken menjawab semuanya.. Gede, bongsor, sangar, angker, futuristis, gagah, intimidatif you name it lah! Pun begitu kita seperti melihat Yamaha MT-10 yang ditambahi roda berjumlah 3 buah plus dimensi yang lebih lebar!

Mungkin Niken ini gak bisa dibilang cantik, tapi siapapun akan suka melihatnya, dan kalau ada duit pasti ingin meminangnya. Bicara desain secara keseluruhan, moge ini sudah pasti akan menjadi perhatian di jalanan, tinggal selera aja, beneran suka dengan tiga roda atau tidak.

Ngomongin parts yang nempel di bodi, kayaknya Niken ini boros spare parts hehe.. Ya iyalah, suspensi depan aja 4, dua di masing masing kiri dan kanan, total jadi 5 kalau shock belakang dihitung. Ban total 3 biji 2 depan dan 1 belakang. Agak bingung membahas desain doi nih, cukup satu kata mewakili semuanya deh, KEREN ABIS! Eh itu dua ya hehe.

TEKNOLOGI & FITUR YAMAHA NIKEN

Tentu Yamaha Niken bukanlah motor roda tiga biasa, bukan juga kaya tricity yang merupakan sebuah skutik, Niken GT adalah sebuah motor sport murni. Roda dua di depan juga bukan sembarangan, teknologi LMW (Leaning Multi Wheel) sasis membuatnya mampu diajak menikung cepat dan miring hingga 45° laiknya sebuah motor sport dua roda tanpa harus kehilangan traksi.

Suspensi parallelogram-nya bekerja total secara independen, bergerak masing masing yang membuatnya tidak pernah kehilangan grip karena mampu menerjemahkan kontur jalan yang dilalui secara natural kepada rider. Kinerja independen juga membuat kenyamanan lebih untuk sang rider.

Untuk menunjang totalitas kontrol dari sang pengendara, Yamaha memberikan Niken segudang fitur bagi pemiliknya, sebut saja cruise control, ride by wire, traction control dan ABS, adjustable throttle mapping, serta quick shifter. Fitur lainnya adalah lampu all LED serta speedometer full digital yang lengkap.

ERGONOMI – NYAMAN BANGET

Diposisikan sebagai motor sport turing, tentu ergonomi nyaman menjadi concern yang utama. Riding position cukup tegak dengan jok yang lebar serta busa yang tebal dan empuk. Joknya sendiri sebenarnya model two pieces, tapi dibuat berdekatan sehingga terlihat seperti mode tandem atau one piece.

Hanya saja karena pakai jack up, KBY ga tau setinggi apa dan seberat apa ini motor, yang jelas bisa terlihat di video dan foto kalau bodinya Niken GT ini memang gede, KBY keliatan lebih imut di atasnya, imut, cute dan charming.

SPESIFIKASI YAMAHA NIKEN GT

Mungkin banyak yang menebak kalau Yamaha Niken ini mesinnya dua atau bahkan 4 silinder, ternyata salah.. dia menggunakan mesin 3 silinder lads! Tepatnya 847cc liquid-cooled, DOHC, inline 3-cylinder; 12 valves sayang tenaga tidak digamblangkan, tapi mesin Cross Plane CP3 sudah pasti beringas torsinya. Transmisinya 6-speed; multiplate assist dengan slipper wet clutch.

Harga Yamaha Niken di Amerika adalah USD 15.999 atau setara dengan Rp. 223 juta bila kursnya Rp. 14.000. Sejauh ini KBY belum tau apakah Niken dan Niken GT akan diboyong ke Indonesia. Jika ya maka bisa jadi seharga 350 jutaan yes?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

26 KOMENTAR

  1. wuh mang kobay…hati hati mang eta anu gambar udel turun dikit lagi bisa kena tegor KPAI…hehe
    untung segitiga pengaman hilalnya tak tampak.

  2. “”KBY keliatan lebih imut di atasnya, imut, cute dan charming.””

    mohon maaf mang jgn menggunakan kata2 yg provokatif …. please

  3. Mestinya Yamaha buat versi yang lebih ‘duitsiawi’ di sini, rakit lokal, banyak yang butuh tapi jangan semurah Nmax biar gak kena cap lagi 😀 di kisaran Xmax lah tapi fitur auto lock suspensi pas berhenti tetep ada. Cuma satu kelemahan motor begini udah keren2 pas berhenti diasepin angkot yang kaya cumi di depan….:-D

  4. mang, ini motor pake standar samping, brati kl brenti kaki kita kudu turun ya buat nyangga ni motor?, hmmm lumayan bikin PR jg tuh ya?,
    kirain bisa nyaman tanpa turunin kaki saat brenti,

Yuk Tinggalin Jejak Lads..