lindungi siku anda..

Kobayogas.com – Hola lads, Salam geber.. Pada dasarnya kita semua para pengguna sepeda motor sudah sangat paham peran penting dari sebuah pelindung kepala yang punya nama Helm. Helm diciptakan untuk melindungi kepala dan otak kita agar terhindar dari cidera yang serius.. Bukan tanpa alasan tentunya sang pelindung kepala tersebut diciptakan ya gak lads? Nah sharing email pembaca ke newsroom kobayogas.com ini mengisahkan betapa pentingnya peran Helm mau digunakan dekat atau jauh.. Cekidot

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Bismillahirahmanirrahim, saya mau berbagi cerita nih mang Kobay. Pengalaman ini beneran terjadi, real tanpa rekayasa. Langsung aja, kejadian yg dialami bapak calon (bini) saya ini sebenernya berawal dari hal sepele.

Pagi itu beliau berniat ke toko bangunan dekat rumah, dengan menggunakan sepeda motor milik kakak calbin saya (sebut saja si mas). Si mas udah bilang kalo rem motornya bermasalah, si bapak tetep ngeyel mau pake, “orang biasanya juga pake ini gapapa cuma deket doang” kata beliau. Ya udah, namanya orang tua, ada lah sifat keras kepala. Dipakailah motor teraebut. FYI 50m dari rumah, ada jalanan turun sepanjang +- 15m yg setelah itu terdapat tikungan lumayan tajam. Oiya, namanya orang, kebiasaan turun temurun (padahal buruk) yaitu kalo deket gak usah pake helm, begitupun bapak.

ilustrasi

Nggak lama setelah bapak start, motor jalan… GustiAllah, naudzubillah, kita berharapnya mah selamat ya pulang-pergi. Namun Allah berkehendak lain, gak tau gimana cerita, bapak jatuh di sekitar turunan tersebut tadi. Saya denger kabar itu, prasangka saya, jatuh biasa dan gak parah dong, orang baru deket, kalo deket berarti belum kenceng lajunya, berarti resiko juga gak terlalu tinggi. Itu yg muncul di pikiran saya sebagai manusia biasa.

Singkat cerita, bapak dibawa ke rumahsakit. Alangkah terkejutnya kami semua, setelah CT scan, remuk hati ini, rasanya lepas semua tulang dan syaraf di tubuh. Tulang wajah bapak remuk sana-sini, tulang jidat remuk, rahang retak, pendarahan di kepala pula. Sempat kritis, akhirnya bapak sadar, tapi dengan raungan kesakitan yg tak henti2. Besoknya (ketika saya tulis tulisan ini) bapak operasi. Naudzubillah… Minta doanya saudara2 semua, agar bapak bisa diberi kesehatan kembali dan diangkat sakitnya.

lindungi siku anda..

Pelajaran berharga buat kita semua tentang keselamatan berkendara, sepele namun fatal akibatnya, tetaplah pakai helm meskipun bepergian dekat. Mungkin bapak juga gak separah itu kalo saat itu beliau pake helm. Semua kembali kepada Yang Maha Kuasa, kita manusia hanya berusaha sebaik2nya. Aspal keras guys. Kalo empuk kasur namanya.

Sekian cerita yg bisa saya share mang Kobay, semoga bisa diambil hikmahnya bagi kita semua, dan kita tak lepas dari lindungan Allah SWT. Aamiin

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Memang jangan pernah menyepelekan yang namanya peran helm lads, sesuai cerita di atas meskipun dekat tapi kalau fatal ternyata akibatnya lumayan, hiii ngeri. Satu lagi, kebiasaan kita pakai helm juga suka tidak dikunci, pokoknya yang penting nempel di kepala, padahal kalau sudah jatuh, itu helm bisa udah gada di kepala lagi dan akibatnya kepala kita tidak terlindungi..

Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT ya lads.. bear in mind, wear your helmet unless you think your head has no value. 

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

31 KOMENTAR

  1. Sharing dua accident karena enggak pake helm. Mudah2an manfaat bagi para rider.

    Adik saya sekitar tahun 1977 nabrak mobil yg putar balik di Dago Bandung waktu pulang kuliah. Karena enggak pake helm, sempat gegar otak dan mengalami “amnesia retrograd”, lupa thd hal2 yg dialami sebelum kecelakaan. Padahal kami punya helm yg bagus tapi enggak dipake.

    Teman satu lapangan lepas pantai, kepleset waktu riding dekat rumahnya di Solo. Krn enggak pake helm, tulang tengkoraknya retak kena pinggiran trotoar. Dia koma sampe satu bulan tapi bisa sadar dan setelah sembuh dinyatakan tidak fit buat kerja lapangan.

  2. pakai helm yg baik 😞 jgn helm jatah motor, jgn helm murah ngk jelas, jgn helm kadarluarsa, jgn helm bekas jatoh, jgn helm ….#ngk_cukupCari_@man .Harus dibudayakan

  3. biker merasa gak butuh helm kalo perjalanan dekat karena?
    a. tidak ada polisi
    b. yaqueen ga mungkin jatoh
    c. ga keren
    d. kalo jarak deket aspalnya jd lembek
    e. punya ilmu terawang

  4. 1. Klo keluar rumah sekitaran kampung atau komplek buat cari bubur atau kupat g pernah pk helm…. emng mau kemana ? 😧

    2. Baru ngeh jg ya sekelas pabrikan ngasih helm standar kualitas (ah masa) SNI. Mending g usah sekalian trs dialihfungsikan buat tambahan oli gratis atau tambahan gratis servis senilai harga helm (ah masa) SNI tsb atau kl mau ya kerjasama sm produsen helm nasional yg branded… masa nempelin part usd diecast arm bisa ?

  5. Pengalaman saat masih SMK, waktu itu masih belum sadar pentingnya keselamatan, pake helm asal nempel, gak di klik, ego masih gede, sok sokan. Pas pulang sekolah namanya jiwa muda liat orang ngebut/ disalip ikut panas kepancing, motor cuma bebek shogun fd 110 tapi overbore nya yang bikin nagih, ban udah agak botak. Pas lagi ngebut tiba2 motor depan (yang bikin saya panas ikut ngebut) ngerem mendadak di depan supermarket ada orang nyeberang. Itu motor bisa berenti sempurna, lha saya yang gak hoki, ngerem sejadinya, ban belakang ngepot2 kebanting lah ke kiri, badan saya guling2, telapak tangan & sikut lecet2, baju seragam & jaket sobek dan helm nggelinding gitu aja, beruntung kepala gak kebentur aspal. Rajawali motor bengkok, persneleng & footstep bengkok, body kiri lecet semua, dan gak ada yang nolongin. Dengan muka yang malu banget dan ditontonin orang2, saya berdiri sendiri nuntun motor ke bengkel terdekat ngelurusin footstep sama persneleng baru bisa jalan pulang. Sampe rumah ortu cuma bisa ngelus dada, gak sampe marah2. Dan sejak saat itu saya gak pernah namanya naik motor gak pake helm walaupun cuma didalem gang/komplek, mau ngebut juga liat kondisi/situasi.
    Jangan pernah sepelekan keselamatan sebelum menyesal di kemudian hari.

  6. Waduh ngeri juga ya, semoga Bapaknya cepat sembuh. Itulah pentingnya helm, harus dipakai mau perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh.

  7. Sharing pengalaman pentingnya helm..
    Dulu pas sekitar 3 tahunan yg lalu, saya kecelakaan di Nagreg akibat bocor oli mesin.

    Awalnya berangkat santai dijalan, pas kemudian masuk daerah Lingkar Nagreg, setelah terowongan. Disana ada turunan panjang dan berkelok, otomatis jiwa alay bangkit.
    Sialnya tutup buat kuras oli entah kenapa tiba-tiba copot, pas masuk belokan ngerem dikit tiba-tiba motor oleng dan disitu saya jatuh di kecepatan cukup tinggi.

    Pengelihatan sih cuma jatuh jumpalitan dan ndolosor, tapi pas cek keadaan dan liat perlengkapan. MasyaAllah jaket robek, celana robek, dan yang parah helem bagian depan dan kanan keparut aspal sampe “dekok”. Disitu udah kebayang kalo pake helm seadanya atau half face, mungkin wajah & kepala saya udah habis sama aspal.

  8. Baru kemarin lusa sya ngalamin kecelakaan. Awalnya saya nyebrang jalan sambil bawa galon sama adik dan dengan keisengan atau kecerobohan saya, saya puntirlah itu gas dalem2, sampe motor agak standing dikit, sekira jarak 4m (masuk perempatan kecil) langsung cornering kiri dan dlosorlah saya dan adik. Kepala saya sampai menghantam tiang kanopi garasi rumah makan di pinggir jalan dan alhamdulillah saya dan adik msh diberi keselamatan berkat helm tsb.

  9. Mo ikutan sharing juga mang soal penting nya helm ….dlu th 2015 waktu itu lebaran hari kedua malem hari jam 7 malem saya dan istri pergi ke monas …singkat cerita smpe lah saya dan istri di monas parkir motor di depan (parkir liar) anak2 parkir usia belasan lah dtg menghampiri 5000 pak ….okelah saya bayar kemudian dia pergi
    Sempet kepikiran waktu itu mo di bawa aja lah masuk ke dlm tuh helm …tp saya pikir gantung aja di bawah jok di kunci sprti biasa (gantungan helm di bawah jok matic) lalu saya masuk sm istri kedlm ….1 jam kemudian saya pulang cari posisi motor kemudian liat helm saya kaga ada …pas saya tau helm saya ilang saya cari tuh bocah parkir yg td … ternyata ga ada tuh bocah yg ada bocah kecil (SD kelas 3-4) ….dh di situ saya ikhlasin aja helm saya percuma juga koar2 salah saya sendiri kan helm ilang karna ga hati2 …akhirnya saya pulang dr monas ke rmh (bekasi) ga pake helm tp istri pake helm …alhamdulillah selamat ….
    *Helm saya baru beli 1 bln merk k*t …500rb an
    Maaf oot & kepanjangan tp ini nyata

  10. Belasan tahun lalu di sebuah kawasan industri sy naik ojek dan biasa ga pake helm, ga lama di prapatan si ojek nabrak motor lain, karena benar2 ga tau & ga siap tanpa sadar sy terbang sejauh 2-3 m dan kepala jatuh duluan ke aspal.. Hasilnya adalah pipi bengep, mata hitam semua ada darah masuk, dan tulang pipi kiri patah permanen

    Di blog mana gitu sy pernah komen kalo sy pernah malam2 jarak dekat bonceng dua anak sy masih kecil2 dan kami bertiga pake helm semua, diledekin sama sodara kalo sy takut polisi
    Dan dikomen oot sama si ‘Kobayogas’kalo bonceng bertiga itu melanggar hukum

  11. Jaman SMA d Mojokerto tahun 95-98..
    Paling laris & gaya namanya pake helm cibuk (gayung), tali dagu jelas gak d pake..harga 4000an.. banyak yg geger otak ampe mati klo kecelakaan..

  12. Jaman sma taon 98 pakek helm mds lagi mereng2 di daerah blok-m, gak liat ada mayasari kenceng alhasil panic brake dan dlosor ke kolong si mayasari, fairing motor abis, tangan & sikut luka, helm kaya abis dicakar wolverine tapi kepala & muka aman mang, tetep kasep…

  13. Sudah nggak heran, dimana2 ya begitu itu adanya, paling sering karena alasan “perginya ga jauh kok” atau “cuma dekat rumah” dll. Memangnya jatuh itu harus jauh dari rumah ya? Kalau jarak dekat ga bakalan celaka? Saya aja pernah mau masuk got depan rumah gara2 ga sengaja gas ketarik. Ngalamin juga ditabrak anak alay di gang depan rumah (dalam komplek perumahan).
    Yang namanya sial itu ndak ada hubungannya dgn jarak, mau dekat atau jauh, kalau udah nasib ya ndlosor aja.

  14. gara2 mindset buruk yg muncul dari kebiasaan jelek. kalo bw motor deket2 pada yakin digaransi anti jatoh. kalo liat orang mau keluar deket pake helm malah diledekin. Masa musti mengalami langsung baru ngarti. Gw aja ke warung doang pake helm (tapi kalo bawa motor ya), motor matic tapi helm selalu fullface. doeleo ada angkot jauh deket tetep 1000 nah kalo aspal jauh deket tetep keras bung

  15. orang2 lebih takut polisi daripada takut jatoh…siapa sih yg ngarep jatoh?tp seenggaknya pake helm itu bisa buat jaga2, biarpun jatoh dari motor seenggaknya muke lu tetep ganteng.

  16. berita lama, tapi masih relevan.

    https://dunia.tempo.co/read/344899/demo-anti-helm-malah-tewas-karena-tidak-pakai-helm/full?view=ok

    saya termasuk orang yg jauh deket selalu pakai helm (naik motor) atau pakai sabuk pengaman (naik mobil). Karena sudah pernah mengalami jatuh pas pake helm cetok jaman SMA dulu yg untungnya tidak kena bagian kepala. Eh pas jaman kerja, pernah jatoh lebih parah sampe disposisi tulang lengan bawah. Tapi muka tetep ganteng dan kepala aman meskipun helm rc7 baret² lumayan dalem.
    Sering² juga lihat video NCAP di youtube, biar paham pentingnya memakai sabuk pengaman.

  17. Busset, itu foto ilustrasi jalur saya kerja tiap hari mang kobay, banyak anak smp mtoran kaga pake helm

  18. Ngikut share pengalman pribadi..
    Kejadian 26 mei 2014 hari senin mlam..
    Pulang kerja dri tebet ke arah tnjung priuk..
    Dri lampu merah apartemen pramuka di rawamangun langsung ngebut layak.y pembalap.. pintu tol rawa mangun pilih ambil jalur mobil sebelah kanan pintu tol. Sebelum putaran balik ad genangan air tak tau.y d tengah2 genangan ad lubang yg dalam.. hajar lah tu roda depan k lubang tanpa ngerem sedikitpun dan kondisi speed sekitar 100 km/jam. Langsung terbang motor ane berikut ane.. alhamdulillah motor ane ga nimpa ane.. ane jatuh posisi salto dengan kepala mendarat duluan.. untung saja waktu itu pake helm fullface.. jadi impact.y ga parah meski ane langsung pingsan seketika.. dri kejadian itu ane ga mau lagi berkendara tanpa helm. Dan lebih memilih helm fullface. Liat helm ane baret2 parah d semua bagian.. ane bayangin itu klo muka ane gimana jadi.y.. aspal keras lur..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.