ninja 250 2018 vs cb250rr vs r25

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Meski konyol sebenarnya tapi gada salahnya lah kelas sport 250cc 2 silinder full fairing diperbandingkan dengan penjualan kelas skutik bongsor 250cc 1 silinder.. Anggap aja ada kesamaan di kapasitas mesin yang sama sama 250 ya hehe.. Well, sebenarnya ini murni bahas data aisi penjualan sport fairing 250cc 2 silinder bulan Februari 2018, hanya biar gak penasaran gada salahnya data penjualan skutik maxi 250cc yang diwakili oleh satu satunya dan tiada lain cuma XMax 250 semata wayang – kita masukkan. Dan baru kali ini sepengetahuan KBY setelah berbulan bulan di tahun 2017 dan awal tahun 2018, penjualan motor sport fairing 250cc dapat melewati penjualan skutik gede. Bahkan Kawasaki Ninja 250 2018 sendirian saja sudah cukup! 

Bersumber dari Mr. Liupol sahabat blogger old crack yang centil, penjualan Kawasaki Ninja 250 2018 terbaru benar benar menanjak di bulan Februari lalu, gak tanggung tanggung jumlahnya bisa dikatakan pecah telor semenjak era Ninja injeksi sebelum diserang R25 dan CBR250RR belakangan lalu. Jumlahnya bisa dikatakan masif yaitu 2.188 unit! Yang berarti kenaikan sebanyak 245% dibandingkan bulan Januari dimana New Ninja 250 yang terjual sebanyak 890 unit. Sebenarnya angka tersebut juga merupakan indikasi bahwa Ninja 2018 akan terdistribusi lebih dari 1000 unit di bulan berikutnya, namun ternyata malahan lebih dari 2000 unit!

Sementara itu motor sport mahal dari Honda yang “dipaksa” dijual murah – yaitu CBR250RR harus kembali drop penjualannya,  di bulan Januari sport lightweight 250cc 2 silinder tersebut mampu terjual sebanyak 307 unit, namun di bulan Februari ini mengendor turun sebanyak 65% menjadi 201 unit saja. Tak pelak KBY setuju dengan masbro pengacara tersebut bahwa sport fairing yang sporty ini nampaknya kian segmented saja konsumennya, sekaligus kembali membuktikan kalau nama Ninja masih sangat kuat!

data aisi penjualan sport fairing 250 2 silinder februari 2018

Bagaimana dengan jagoan Yamaha? Well meskipun sedikit, namun dapat dikatakan kalau penjualan R25 justru terlihat konsisten dan stabil, kalau naik gak jauh, turun juga begitu. Angka penjualan bulan Februari mengalami kenaikan dari 78 unit di Januari 2018 menjadi 83 unit (Februari 2018). Disabar sabar keknya sebelum menyerang full amunisi dengan motor yang totally new di tahun ini?

data aisi penjualan sport fairing 250 2 silinder februari 2018

Kembali ke perbandingan dengan XMax.. Kali ini skutik sofa berjalan tersebut mungkin terkejut karena jika ditotalkan, penjualan sport fairing 250 2 silinder bulan ini sangat kuat sekali hingga tembus di angka 2,472 unit. Bahkan CBR dan R25 bisa kompak janjian mendorong Ninja untuk tampil sendirian – mewakili kelas sport 250 – melawan XMax karena angkanya adalah 2.188 unit vs 1.222! Luar biasa!

data aisi penjualan sport fairing 250 2 silinder vs XMax

Meskipun XMax bisa saja dibuat terkejut di bulan Februari 2018 ini namun tidak sampai shock mengingat penjualan New Ninja 250 tersebut bisa jadi masuk dalam kondisi spike, yaitu pendistribusian besar besaran ke konsumen pemesan dan juga dealer dealer. Akan terlihat dalam 2 hingga 3 bulan ke depan apakah jumlah distribusinya stabil atau malah menurun?

sumber: 7Leopold7.com

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

67 COMMENTS

  1. Biker pengen sport 250cc full fitur.. tapi pasar berkehendak lain😂

    Ga tau dah gimana ntar nasib new r25

  2. Mang kira2 mnrut mang kobay apa yah alasan paling logis (slain mengandalkan nama besar) untuk menjelaskan knp ninja terus merajalela biarpn sdh cba d halangi oleh honda..??
    Apa karna desain nya..? Tp kyanya pnya honda sma yamaha jg gk buruk desainnya bhkan honda menang fitur. Hmmm…..

    • Imo ya, kawasaki bisa dibilang konsisten terus menjaga nama ninja dari jaman 2 tak dulu, saat RGR, NSR, TZM “mengundurkan” diri, Kawasaki tetap mempertahankan Ninja.. sehingga konsumen perlahan lahan melupakan nama NSR dkk, dan tinggalah nama Ninja sendirian.

      Udah gitu Ninja pun ga buruk, kencang, modif gampang, aksesoris banyak. Nama Ninja yang sudah tertanam terus dipertahankan dan dilanjutkan di era 250cc 2 silinder 4 tak..

      Konsumen yang sudah tau dan percaya performa Ninja selama ini, melihat Ninja 250cc 2 silinder sebagai produk yang wow (nyatanya ay pun demikian saat melihat Ninja karbu dulu).. bermain sendirian cukup lama dan mempertahankan reputasi yang sudah sangat baik (dengan desain oke) tentu saat ini Kawasaki tinggal memetik hasilnya.. nama Ninja sudah terlalu kuat mengakar di konsumen pencinta kelas ini..

      jadi panjang yak wkwkwk

    • Sejarahnya soalnya panjang bro dan ini mmg keuntungannya jd ninja… dari dulu yg namanya ninja selalu keren. Dari nama “ninja” sendiri sdh easy listening, gahar, misterius. Dan motornya jg ga kalah keren desain2nya dari dulu.. liat aja yg 2 tak atau ninja karbu 250, sampe skrg kalau itu motor lewat org2 msh pd ngelirik.. yg FI apalagi, jos bgt dari depan samping belakang atas bawah ga ada jeleknya ni motor.. orisinal bentuknya, cuma kawasaki dan ninja yg kaya gini.. gt kesannya.. meski desain itu selera tp kalau jelek itu mutlak, cakep relatif.. nah masalahnya ga ada org bilang ninja jelek lah, dangak2 lah, kaya mocin lah, apa lah.. biasanya ninja cm dikatain ky celeng ga bs belok, lemot (dibanding cbr atau yzf).. ga ada yg ngejek desainnya. cuma kalau yg model terbaru skrg hmmm imho sih masih cakepan model sebelumnya..

    • Hmmm..

      Jd smua memang all about brand image dan konsistensi menjaga mutu walau yng lain ada yng bsa ksh fitur lbih baik tp dngn brand image yng msh kalah kuat jd fitur2 it trasa percuma, hal ini trjadi jg d segment skutik honda d saat ad yng ksh fitur lebih ttp aja beat sma vario merajalela.

      Oke oke.. hehe..

    • Menurut saya desain yang terlihat “besar” dan kokoh menjadi daya tarik kuat dari ninja 250,dan itu dipertahankan sampai saat ini.

  3. Bener2 militan ini buyer si ninin..joss…
    Nggak yakin new R25 bisa mendobrak.. cbr yg fitur seabrek aja keok…
    Gak bisa bayangin kalo nama besar ninin jg main di kelas 150 yg skrg diisi R15, gsx sama cbr..

    • menarik tuh statement trakhir, kl “Ninja” ikut nyemplung lg di area 150CC 4tak, ngeriii juga tuh, untung sampe saat ini kawak blm tertarik sepertinya yah,

  4. kalo denger CBR memang sounds plain dibanding kalo denger kata “Ninja” yang wah

    CBR mungkin image nya motor sport berfairing, itu doank

    Ninja image nya motor sport berfairing yang kencang dan berkesan mahal

  5. R-25 kurang karena jujur jelek.
    Cbr kurang karena over perfect. Unmodifable..
    Justru konsumen skrg lgi nahan r-25 new. Klo desain super ok, bsa kejar2an sma ninja.
    Militan r-25 cukup bnyk. Aplgi ditambah cbr gk laku, makin yakin r-25 facelift bisa cukup sukses.

    • militan r25 itu ya militan pembeli produk yamaha… (asli pembeli, bukan koar2 doang)…
      Nah karena ini, tebakan ane malah sebaliknya… mungkin akan stabil seperti ini2 aja.
      1. ntah yamha nya yg gk jadi ngeluarin produk baru r25/cuma sekedar minor facelift aja.
      2. konsumenya beralih ke produk yamaha lain… yaitu skutik gede yamaha sendiri…

      • seidem. kayaknya Ymaha emang lagi geret delman pengguna sport ke matic. pertumbuhan marketnya stagnan tp kl by produk beberapa sdh mengancam honda.

  6. Kalo niat mau beli seperempat literan
    Punya duit cbr gapunya duit r24

    Gatau kenapa kok ni ninja bisa laris banget. Apa kek beat? Supra? Spek kalah tetep laris

    • Mungkin sekarang punya senjata dengan embel2 power terbesar makannya masih ada peminat, dan nama juga mungkin ya..

  7. wajarlah. honda nyalip mio aja ga sehari dua hari, tapi taun2. itu kelas market receh. apalgi ini segment yg lebih kecil. walaupun memang cbr250rr ini terlalu advance. faktor kesiapan dan kedewasaan pasar jg ngaruh disini.

  8. Lucu ini om kobay, awalnya fbh paling nyinyir masalah recall yamaha r25, sekarang adem ayem krn Sang HONDA CBR250RR buuuaaanyak masalah, dari packing head silinder sampai speedometer ngembun yg gagal klaim garansi, tanpa adanya RECALL, artinya dibiarkan rusak hancur, luluh lanta…. wkwkwk….

    Ane acungkan jempol buat kawasaki, fast respon menjaga imej ninja dan lainnya, sehingga ga ada kabar miring keluar ke media.

    Salam tolak recall luluh lanta.

    • Eh iya ya kirain pnya ane aja yng speedonya ngembun.
      Pdhal lg heran knp itu speedo bisa ngembun hbs ane bawa dari daerah pegunungan pas turun baru sadar kalo speedonya ngembun dan gk bsa d ilangin krna di balik kaca speedonya.

      Kira2 klo ke ahass bsa d benrin gk ya speedo ngembun nya mang kobay..??

    • kok bingung mas ,data aisi emang data pabrika ke dealer, bukan konsumen.

      beda di luar, data penjualan real ke konsumen tercatat, nah itu yg dipubsih.

    • Oh gitu ya, thanks mang kobay dan om @bdt infonya, soalnya kadang bingung ni data dari pabrikan ke dealer apa dari dealer ke konsumen

  9. Mungkin takut beli cbr250rr gara gara ada yang bocorr kang ditambah saya baca ada yang komplen embus spido saja penyelesaiannya terlunta lunta.

    Atau mungkin saja karena lihat blogger kondang IWB beli New Ninja

  10. Trendnya keliatan banget ya….
    Pelanggan setia Honda & Yamaha haus fitur.
    Gilirannya pelanggan Kawasaki cuma cari merk nggak liat fitur.

    • karena cuma itu pendekatan yang bisa dilakukan honda dan yamaha, nama besar ninja di sport 250 indonesia itu gapnya udah terlalu jauh, ninja itu klo dinilai nama besarnya udah dapet nilai 8, CBR cuma 5, YZF cuma 3.55, saking lamanya tanpa lawan seimbang. makanya pendekatan AHM sama Yamaha cuam dari performance dan teknologi, sayangnya YIMM kejebelos kasus sunat HP produk komersilnya. AHM bikin produk yang bener bener ultimate secara performance tapi designnya jauh dari keinginan pasar indonesia, jadi ya klo serius mo tarung ma ninja, AHM, YIMM musti seirus menyesuaikan dengan selera pasar indonesia, mudah mudahan SIS ga ngulangi kesalahan AHM dan YIMM

  11. Ciyee di gabungin nihh mang.
    Perasaan dlu bilangnya gk bisa disamain wlwpun kapasitas sma2 250.
    Ampe screen shoot coment ane buat bahan artikel.
    Hmmm
    #tanya?

      • Lah kan aye nanya abang??
        Kan abang yg bilang gk bisa di samain,ya wlwpun sma2 250.
        Ouh iye, yg penting mah konsisten z bang,
        Jgn cuma pas gliran turun doang.
        Kwkwkwkw

      • wow, aneh juga, katanya dia lebih smart dari yang dituduhnya koplak…

        ketika urat malu sudah putus, dan semua cermin telah pecah, sepertinya kita memang membutuhkan bahasa baru untuk berkomunikasi.

        #sarcasm

      • Rasa naun mang??
        Rasa yg pernah ada???
        Kwkwkwkwkwkw
        Nu penting mah konsisten weh mang, rek di saruakeun apa henteu MS’na kelas 250ceceh.
        #pendapat.
        Dulu kekeuh gk bisa di samain

  12. sifting daleman. untuk kedepan lawan tinja jngn se enak jidat kasih harga. berhubung awam minimoge disini sukanya nama ninja,jdi kasih harga 40-50 jtaan . kcuali klo mau bikin exclusif ksih aj harga 600jt buat honhon – yahaha 250cc 😋. untuk fitur ga pengaruh di kelas minimoge 250.

  13. No offense ya….setelah melihat RANGKA New Ninja 2018 ini…akhirnya mantap untuk memboyong Si kembaran Zeref 😎…!!
    Gile bener…ngeri lihat design rangkanya. Stress nya bener2 bertumpu di titik pertemuan las2 an…beda jauh dg rangka 2017 yg landai. Apalagi sama rangka 250rr…
    Kebayang ada poldur lagi gas poll..rem telat..wassalam deh…bobot mesin plus pengendara plus pembonceng sama2 menekan 1 titik itu..!!!😨

  14. Nah coba dong artikel penjualan sport 150cc di feb gimana?…itu market gurih di sport lho…tulang punggung sport…

      • miris, nva/nvl yang perbulan dulu bisa mencapai 40.000 an unit, bulan februari kemaren cuma laku 2.000 an unit sahaja.

        mungkin telah terjadi shifting daleman atau operasi penggantian kelamin (daleman) atau transgenderisasi secara masal dari fby cowo menjadi fby cewe, who knows?

        #ketika mencukur bulu kaki mulai dirasa bukanlah sebagai aib oleh fby

    • Begini lho….tetangga gw cuma pedagang kelontong ga sekolah tinggi2 orang2 biasa lha…dia cuma ngomong hati mau beli vixi tapi otak dia kepikiran ke nmax atau pcx…dan beberapa anak kuliah maunya ke nmax dari awalnya ke vixi…nah hehehehe…kuenya sama tapi pindah basket doang yah…kuenya ga nambah2 gitu lho….istilah kerennya apa tuh?

  15. kalau vixion laku cuma 2.000 an unit, kira kira, ada artikelnya enggak ya?

    #mengintip intip triatmono.info

Yuk Tinggalin Jejak Lads..