Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Sudah mau akhir tahun, data aisi dari Januari hingga November 2017 sudah keluar nih lads, tentu ini merupakan kompilasi dan perbandingan dengan penjualan di rentang bulan yang sama namun tahun 2016 lalu. Ternyata di tahun 2017 ini tercatat hanya dua pabrikan Jepang dari anggota AISI yang mengalami kenaikan, yaitu Honda dan Suzuki. Sementara pabrikan roda dua lainnya justru mengalami penurunan lads.. Yuk disimak dulu besaran kenaikan maupun penurunannya dan kira kira mengapa bisa demikian..

Pada dasarnya total penyerapan motor selama 11 bulan terakhir dari januari hingga November 2017 mengalami penurunan meskipun tidak begitu signifikan jika dibandingkan periode yang sama pada tahun 2016 silam.Ā Berdasarkan data AISI total angka penyerapan selama 11 bulan tepatnya sebanyak 5.470.107 unit. Angka itu turun tipis dibanding periode yang sama tahun 2016 dengan catatan angka 5.493.521 unit alias turun sebesar 0.42%.

Daya beli konsumen di tahun 2017 ini memang cenderung menurun yang sedikit banyaknya dipengaruhi oleh ekonomi yang juga kurang baik lads. Dilema memang pertumbuhan industri (baca: Penjualan) roda dua dilain sisi membuat jalanan makin penuh sesak karena tidak diimbangi dengan pertumbuhan jalan raya. Pusiaaang..

Berikut data penjualan masing2 ATPM periode Januari hingga November 2017, terdapat dua pabrikan yang mengalami kenaikan yaitu Suzuki dan Honda, bahkan Suzuki naik pesat loh dibanding tahun 2016 lalu, sedangkan Yamaha, Kawasaki dan TVS mengalami penurunan. Berikut data lengkapnya lads:

  1. Suzuki berhasil membukukan penjualan sebanyak 68.893 unit pada Januari-November tahun ini, naik sangat signifikan sebesar 29,22% dibandingkan tahun lalu yang hanya sebanyak 53.314 unit.
  2. Penjualan Honda mencapai 4,1 juta unit, naik tipis banget yaitu sebesar 0,8% dibandingkan capaian pada periode yang sama bulan lalu yakni 4,07 juta unit.
  3. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia pada tahun ini telah menjual produknya sebanyak 1,22 juta unit. Angka tersebut turun sebesar 4,15% dibandingkan penjualan pada periode Januari-November tahun lalu yang tercatat sebanyak 1,27 juta unit.
  4. PT Kawasaki Motor Indonesia pada tahun ini hanya mampu melego produknya sebanyak 73.184 unit, turun sebesar 19,89% dibandingka tahun lalu yang mencapai 91.360 unit.
  5. PT TVS Motor Company Indonesia turun sebesar 35,15% dari 1.755 unit menjadi 1.138 unit.

sumber: m.bisnis.com

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing šŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
    • Twitter : @kobayogasblog
    • Instagram: Kobayogasblog
    • YouTube channel: Yogas Kobayogas
    • Path: Yogas Kobayogas.com

    <

13 COMMENTS

    • Kipas2 Dollar hanya jargon di dunia maya saat ini….
      Dari tahun ke tahun market share menurun, otomatis profit overall ikut menurun..
      Kalo gak perform, pabrik bisa di relokasi ke negara lain, yg operating cost nya lebih murah..
      Kalo ini terjadi, boro2 kipas dollar…šŸ¤“

    • Oh Balada kipas2 dollar receh ala triatmonyet :

      Ekport yamaho 1 tahun ngos2an cuma 100 ribuā€¦ekport honda 50 ribu setahun

      jualan domestik honda 4 juta AKA 40 kali lipet eksprot yamaho ā€¦.alias yamaho kipas2 dollar receh wekekekekā€¦.eksprotnya ke sesama yamaho cabang luar negri yg profitnya di batesin wekekekekā€¦..

      fby dan karyawan yimm bloon sok mengalihkan isu AKA menghibur diri dot com tapi bloonnya ketahuan persis si kuli ngabidin wekekekekek

    • Harusnya YIM ikutan Suzuki, harganya dimurahin. Tp YIM kan emang kartel ma AHM. Kalo harga produk2 YIM ma AHM sama (beda tipis) ya pasti menang yg dealer ma bengkel resminya dimana2 lah….

  1. Kalo menurut saya sih kang penjualan motor kedepannya mungkin akan perlahan turun terus,tp sebalik nya penjualan mobil akan naik,di karenakan sekarang masyarakat menengah lebih ke mobil,sekarang 1 rumah aja udah ada yang punya 2-3 motor,mungkin dari segi ergonomis,mobil lebih safety dan tentunya lebih gaya..kalo ujan ga kepansan dan kalo panas ga kehujanan,apalagi sekarang dp di bwh 10 jta pun udah dapat mobil,entah itu angsuran/bulan nya gde ya jangan di pikirin angsuran mah tp di bayar..šŸ˜‚ jd jangan pusing mikirin angsuran

    • Analisa ngawur. Market mobil juga turun. Padahal udah ada regulasi lcgc

      Market menurun karena ekonomi nyungsep. Barang barang dunia yg biasa di import ke indonesia lagi murah. Tapi harganya malah mahal

      Liat harga perbarel minyak cuma sekitar 50 usd. Bbm premium yg super langka sekarang berapa? Jaman sibuya malah minyak 150 usd perbarel. Tapi bbm lebih murah

      Pajek mahal. Listrik naik. Semuanya naik.

      Dalih bangun infrastruktur. Eh yg rampung cuma 4 dari 245 target. Padahal 3 tahun. Gak taunya kemaren kemaren sibuk resmiin ternyata punya sibuya. Di gembor gembirin sama fby alias jasmev sebagai pencapaian terhebat

      Kebanyakab ngelem aibon sih. Jadi bilang dalih lari kemobil. Padahal aslinya karena abis tabungan buat beli makan.

      Mau lari kemobil masih jauh bos 25 juta sama 150 juta. Gapnya masih jauh

      Orang pinter duit segitu daripada ke mobil mending buat nyicil rumah lah

      Sementara orang kaya di indonesia gak nambah. Makanya sektor otomotif ini sedang kesulitan

    • Logika paling simpel aja

      Orang paling anti korup gak mungkin di dukung parte terkorup yg meloloskan korupsi megascandal BLBI. Di gabung korupsi jaman sukarno sampe jaman joko woi aja gak ada apa apanya sama hasil rampokan blbi. Padagal belom di itung sama inflasi

      Buktinyatanya?

      Liat nooh nama koruptor ektp. Selain setniv di sebut 3 nama orang dari parte terkorup. Mendadak raib tanpa penyelidikan dan penyidikan.

      Ngah ngah ngah

      Mau semua parte korupsi di indonesia di versusin sama parte terkorup wong licik aja tetep banyakan korupsi dari parte itu. Entah jumblah kasus apa lagi jumblah kerugian

      Wong jaman oposisi aja terkorup. Apa lagi dukung pemerintah

    • Betul om, alhamdulillah perusahaan ane gak melakukan pengurangan, cuman schedule off duty nya aja di lamain

Yuk Tinggalin Jejak Lads..