Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Banyak ragam model helm di pasaran, dari mulai jenis open face, modular atau flip up dan full face. Ink Duke adalah salah satu tipe helm full face yang menarik untuk dilakukan review. Punya desain cukup menarik dengan tali pengaman model DD-Ring yang sangat aman. Nah ini adalah review helm INK Duke milik KBY yang kebetulan sudah terpasang anti fog alias anti kabut Raleri. Yuk kita simak dulu kekurangan dan kelebihan dari Ink Duke ini.

Alhamdulillah, rejeki gak kemana, helm Ink Duke warna hitam ini KBY dapatkan dari Suzuki Indomobil Sales bersamaan dengan jaket sporty Suzuki – yang sebagai hadiah pembelian GSX 150 series – plus sarung tangan Respiro Neo Ignition dan 3 buah kaos Suzuki. Top banget dah pokoknya, mantap hahaha.. Makasih ya Suzuki Indonesia..

Kebetulan KBY pribadi belum pernah punya helm INK nih lads, so INK Duke hitam ini adalah yang pertama bagi KBY. Helm ini dibuat oleh PT Tarakusuma Indah, pabrikan helm lokal Indonesia yang juga membuat merek helm lain seperti KYT, HIU, MDS dan BMC. Banyak juga ya produknya hehe..

Sebenarnya artikel helm INK ini pernah KBY terbitkan hasil sharing dari pembaca (baca: Email pembaca: Sharing Review INK Duke). So ayo deh langsung saja disimak review helm INK Duke kali ini versi langsung Kobayogas lads..

DESAIN INK DUKE

INK Duke memiliki 7 pilihan warna lads, nah yang KBY dapatkan dari Suzuki ini warnanya hitam (duke solid black metallic), main aman sih masuk kemana saja plus memang terlihat lebih sangar, namun kekurangannya jadi kurang terlihat wow, padahal garis desain Duke sudah cukup keren ditambah adanya spoiler di bagian belakang. Bagusnya beberapa bagian yang menonjol dibedakan warnanya dengan sapuan silver, seperti ventilasi depan atas, sirip samping dan spoiler belakang, jadi masih terlihat sih.

Dilihat dari samping, lekukan Ink Duke terkesan seperti paruh burung, keren lah.. sporty banget. Kekurangannya kalau disimpan di alas datar, jadi miring sedikit, karena bagian moncongnya yang lancip hehe. Jika dilihat, tidak ada perubahan desain sejak dua tahun silam, masih sama dari ventilasi/ air flow, spoiler hingga Rachet-nya. Posisi tuas visor dalam pun masih sama. Untuk kualitas buatan, bisa dikasih 7, mengingat ada beberapa bagian yang masih terlihat kurang rapi dengan kualitas material cukup baik.

FITUR INK DUKE

Bicara helm, salah satu yang dibahas tentu adalah fiturnya.. Nah punya fitur apa saja sih si helm INK Duke berwarna hitam berukuran M yang diakui punya cetakan basis yang sama dengan KYT Vendetta 2 ini? Boleh disimak daftarnya di bawah ini

  • Double Visor
  • Visor Lock
  • Pengunci Double D-Ring
  • 3 ventilasi
  • Anti Fog Raleri terpasang

KENYAMANAN INK DUKE 

Kejutan awal datang ketika digunakan, yaitu padding alias busanya nyaman juga euy! Terasa pas di kepala, ukuran M bagi KBY masih sedikiiitt longgar, KBY lebih suka yang agak sedikit menjepit, dijepit enak ..eh. Soalnya lama lama busa mengempes bakal longgar dan pas deh. Tapi gak komplen lah, longgar dikit doang, gak terlalu berpengaruh sih.

tuas visor lock

Kualitas busanya juga oke punya, tebal dengan lapisan halus. Untuk kelas lokal sih bisa lah dikasih jempol. Sedangkan untuk keademannya lumayan, sejauh ini digunakan cukup adem meskipun hembusan udara gak terlalu terasa terutama untuk kepala bagian atas, kayaknya lubang di samping dan belakang cuma variasi aja ya? Iyalah emangnya kelas Arai atau Shoei hehe.. Peredamannya cukup baik, kebisingan maupun angin mampu diredam dengan baik.

tuas double visor

Untuk anti fog alias anti embun Ralerinya sendiri bekerja cukup baik meskipun di awal tetap saja mengembun namun kelamaan menghilang, kebetulan pernah kena hujan. Performa Raleri sih 11-12 lah dengan Pin-Lock. Cuma pemasangannya terlihat kurang rapi, materialnya juga terlihat kurang lux. Posisinya juga sedikit mengganggu bagi KBY, pas di pandangan alis, mungkin seharusnya bisa sedikit lebih atas lagi ya.

Raleri anti fog

Pemasangan kunci Double D-Ring nya tidak semudah Arai ataupun KBC, mungkin karena posisi kancingnya terlalu atas. Tali berwarna merah yang seharusnya mempermudah pelepasan/ pelonggaran tali pun kurang maksimal kinerjanya. Visor beningnya maknyus punya, sementara Visor keduanya yang berwarna hitam akan tergantung selera, KBY rasa kurang gelap terutama di siang hari yang terik, tapi menjelang sore justru sangat nyaman dan jelas. Tuasnya mudah dioperasikan, posisinya pas dan gak berisik saat tutup buka.

sudah double D Ring

Bagi rider berkacamata, memasukkan ke dalam INK Duke sangat mudah, bahkan cukup menjepit di telinga alias gak kendor, soal ini Arai bahkan kalah loh. Arai mudah memasukkan kacamata tapi longgar di kuping, alhasil sering merosot. Visor lock, nice to have meski sejauh ini gak kepake, fungsinya menurut KBY untuk mengunci visor kalau kalau visornya sudah kendor. Cocok sih buat track day. Buka tutup visor juga mudah lads.

THE VERDICT

Helm INK Duke menurut KBY pribadi rekomen untuk dimiliki, kalau soal warna sih kembali ke selera. Harga Ink Duke ini bervariatif, mulai 750 ribu hingga 900ribu, tergantung toko. Dengan harga tersebut lads akan punya helm lokal yang sudah punya nama lumayan, padding nyaman yang dapat dilepas dan dicuci, fitur lengkap dengan bobot cukup ringan, gak dicantumin sih tapi feeling KBY sekitar 1,5kg. Masih lebih ringan Nolan N64.

Semoga review helm Ink Duke ini bermanfaat bagi rekan rekan yang sedang cari helm dengan bujet sekitar 800ribuan.

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

39 COMMENTS

  1. Bay. Usul aja. Kalo review helm mending tenbusin pabrikanya. Nanti minta unit helm berapa gitu. Di give away setiap beberapa bulan. Toh lo udah di cap bloger transveran sama momok. Sekalian tunjukin lah. Lo di transver lo bisa give away. Sapa tau momok nanti give away r3 abal abal wannabenya. Dia kan gengsinya gede

  2. thx mang, di post sebelumnya ane baru mau komen nanya soal helm nya, eh artikel nya malah keluar duluan wkwkw

  3. Keren mang
    Ntah knp malah cocok bgt pake set yg ini
    Imho

    Btw request pemakaian helm full face biar ga cepet apek lengket dan lain lain

    Nuhun

  4. tak pikir2 sih aman vendetta lek. ada airpump. menang itunya longgar sedikit bisa distel. satu pabrikan juga ink n kyt. satu shel itu td. wkwk. busa nyaman. murah tp sekelas nf-r yg main di harga 1,6-2jtaan. bahkan boleh dibilang rekomended dg hrga segitu dpt byk fitur.

  5. oiya nambahin lagi. itu terpapar desain agv k3 kan desainya jd ya lumayan…lumayan mirip wkwk

  6. Saya sudah pakai lebih dari 1 tahun, busa halus, enak banget untuk yang pakai kacamata seperti saya,, tapi yang jelas kalau ga pake balaclava, kepala pasti basah keringetan..

  7. Ink mah bukannya lumayan kang, emg bagus lah untuk produksi lokal, yg paling ane suka kenyamanan busa dan bahan kain pelapis nya, dan terlebih, kaca nya itu loh, beninggggg dan gag gampang lecet2.. ane dulu punya yg modular, lupa tipe nya apa, harga dulu di kisaran 1jt++
    visor gelap nya jga sama nyamannya..

    tapi, Ink itu bukannya tadi nya merk korea ya? di box nya dulu tertulis Inako..

  8. Dikuping nyaman gk om…?
    Pernah pake duke, vendetta2, kbc v series.. Dikuping lama-lama sakit.. Pdahal sdh pake balaclava..
    Trnyata stlah fitting2 gk cocok pake helm yg bentuknya lonjong2.. Pasnya sama yg bantet2..

  9. Serius tanya mang kobay
    Kalau anti fog raleri sama pinlock kan di pasang di dalam y? (Cmiiw)
    Jadi itu partikel atau embun yg bagian dalam aja ya yang di galau biar g jadi tetesan air y? (Cmiiw)
    Jadi tetesan air ketika hujan di bagian visor luar tetap aja y g ngaruh (tetesan air masih nempel di bagian visor luar) walaupun pake pinlock atau pun anti fog raleri

    Dari dulu mw Minang helm yang punya kedua fitur itu saya masih bingung aja

    Thanks before mang

    • Ouw gitu ya mang makasih mang
      Minta saran nih mang kalau berkenan
      Saya mau ambil helm yang ringan nyaman dan pastinya g bikin kantong bolong,he
      Mendingan KYT K2 rider, NHK RX-9,atau KBC V series?
      Atau mang kobay punya review ke semua helm yg di sebut saya , atau ada teman blogger yg punya review
      Mau saya baca sebelum di pinang
      Makasih banyak mang perhatiannya

    • Ok mang makasih banyak
      Nanti coba saya cari artikelnya di om vandra
      Tapi kalau di warung om vandra jarang di bales gak kaya warung mang kobay
      Wkwkwkwk piss om vandra
      Makanya saya kesini buat tanya-tanya

      Makasih banyak mang
      Sukses selalu y mang jadi blogger ternak (kata Mbah dukun)
      Wkwkwkwk
      Piss mang kobay bercanda
      Regard

Yuk Tinggalin Jejak Lads..