CBR

Nasib Moge Honda Pasca Kelahiran All New CBR250RR..

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Mungkin banyak dari kita yang sudah tahu kalau Astra Honda Motor juga menjual line up moge alias BigBike mereka di Indonesia.. Menarik untuk menerka efek kehadiran Honda CBR250RR terhadap barang CBU tersebut…

sky tail bag di cb500f

Well, artikel ini murni hanya sebagai pelampiasan opini dan menuangkan uneg uneg dari rasa penasaran saja. Ada 7 line up moge Honda yang dijual resmi oleh AHM saat ini. Bigbike Honda itu adalah sbb:

tenaganya sangat lebih dari cukup
tenaganya sangat lebih dari cukup

Alhamdulillah semuanya sudah pernah KBY coba dan reviewnya sudah KBY tuangkan dalam artikel, mangga di klik masing masing nama di atas kalau lads penasaran ingin membaca review moge ala kobayogas.com hehehe..

Paling tidak, ada 2 line up moge yang menurut KBY akan tertohok alias terpengaruh akan kehadiran All New Honda CBR250RR.. Mereka adalah Honda CB500F dan Honda CBR500R.. Mengapa demikian? Keduanya memiliki persamaan kelemahan yang tidak dimiliki dibandingkan CBR 250RR.. Berikut analisa asal dari KBY lads hehe..

  • Belum pakai suspensi upside down
  • Belum pakai gull aluminium swing arm
  • Belum ada riding mode
  • Belum pakai throttle by wire
  • Lampu belum full LED

Test Ride New CB500F kobayogas 2

Hal di atas merupakan poin krusial jika dikomparasikan dengan sang adik, Honda CBR250RR. Karena sang adik sudah memiliki semuanya.. Kekurangan sang adik baru hanyalah kapasitas mesin yang kalah sebesar 250cc dan status lokal.. Yang paling kena adalah CBR500R, karena sama sama tipe sport..

Secara naluri, konsumen dengan budget terbatas pasti akan berfikir tentang value for money. Kalau Honda CBR250RR sudah punya semua, ngapain beli yang lebih mahal? Hanya karena kapasitas mesin lebih besar dan status CBU? CB500F saat ini dijual Rp. 139 jt (ABS) sementara harga CBR500R ABS Rp. 144 juta.

suspensi nyaman, ergonomi gak bikin pegel
suspensi nyaman, ergonomi gak bikin pegel

Kita tidak tahu agenda Honda ke depannya paska terbitnya Honda CBR250RR ini, meski opini KBY pribadi mengatakan, sang CBR250RR nantinya akan menjadi benchmark bagi moge Honda yang jenisnya lebih ke sport. Alias ke depannya bisa jadi moge sport Honda akan berubah mengikuti adiknya.

Tapi menurut KBY meskipun akan lumayan terhantam dari sisi penjualan, namanya strata hobi pasti akan ada saja peminatnya, regardless harga dan fitur ya.. Kelas pride ini memang kadang mengenyampingkan logika.. karena biar gimana juga baik CB500F dan CBR500R adalah sebuah moge dengan kualitas CBU plus torsi yang besar dari 500cc ..

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3436 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

39 Comments

  1. Btw, nggak ada sinyal ekspor dari CBR250RR dengan kubikasi ekstra ya (CBR300RR misalnya)?
    Atau memang nantinya CBR250RR cuma jadi versi untuk pasar domestik & regional ASEAN saja, tanpa ada varian CC lebih tinggi untuk diekspor ke Eropa – Amerika?

    • Blm Ada kabar kesana.. Ga tau juga ke depannya.. Soalnya yg lain Kan Ada, R3 sama ninja 300..

  2. Nah, makanya itu….
    Plus varian-varian lain termasuk naked & tourer-adventurenya, jadi dibuat apa enggak…
    hmmm, masih bikin penasaran nih

  3. Tinggal ganti ban lebar, cbr250 berubah jadi moge. Mungkin itu sebabnya pabrikan memberi velg dan ban yg “murah”, toh nanti akan diganti dengan yg lebih besar oleg pembeli.
    Tapi kl ada duit ane beli 500cc. Alasan hanya satu yaitu karena cc lebih besar. Itu saja.

    • ya, setiap orang pasti punya alasan tersendiri ketika menebus moge 500cc meskipun mereka tahu yang dibawahnya lebih baik.. seperti alasan si om ini, karena cc lebih besar..

  4. mau komen ala tilu…lagi males…

    yang jelas moge gengsinya beda om kobay. bisa parkir di lobby juga.

  5. Jelas mending moge knp harus mikir lg,, ngapain fitur ini itu,, tp tetep lemot,, useless!!!
    Yg penting power, torsi and handling

  6. Justru yg bikin aye kaga ngerti itu kenapa moge2 entry level Honda kaga pake swingarm almu, shock USD, dual disk brake? Aye kira part2 itu udah wajib deh utk moge2 jaman skrg, mosok mau kembali ke masa lalu? Eh… masa lalu aja moge2nya udah pake juga part2 tsb, hehehe…
    Nambah hrg bbrp juta mah kaga masalah bagi calon konsumen 500cc, krn ada istilah “nanggung amat”, tp kl di CBR250RR tentunya semisal tanpa part2 itu kan bs menekan hrg ke level yg lbh menarik bagi calon konsumen, kecuali emang AHM pengen menaruh si CBR250RR di level atas. Nah… skrg kan jadinya aneh tuh, krn level di bwhnya justru lbh tajir fiturnya, hihihi… tepok jidat dah…
    Menurut aye sih market 500cc Honda gak bakal kepengaruh, krn tetep aja dgn kubikasi 2x lipat tentunya menawarkan sesuatu yg berbeda, apalagi statusnya yg real moge dan boleh parkir di dlm mall. What??? Dalam mall…??? wkwkwkwkwkkkkkkk……

  7. Kayaknya gak berpengaruh signifikan
    Toh di segmen ini lbh mentingin ego
    Sekeren-kerennya cbr 2500rr tetep aja itu bukan moge
    Torsinya juga beda jauh lah

  8. Ya mungkin butuh facelift sedikit untuk cbr500r dan cb500, jangan sampe kalah ganteng sama si adek.

  9. Nah, sialnya sodara tua cbr500 dan cb500 ini baru aja difacelift. Sementara di kelas ini usia facelift tdk secepat motor entry, katakanlah motor sepuluh jt ktp eh unit si mbak beat. Yang artinya si sodara tu blum tentu tertohok lalu terupgrade hanya krn adeknya lebih keren. Begitu ya kira2?

    Tp tetep aja namanya kelas 250 ga bakal bisa masuk parkiran kemci yg sejamnya 4rb. Kecuali yaaa di boreup ampe 320cc. Eh apa sih ya..?

  10. Kurang sreg ma desain CBR250RR, tampang kasar/ kurang COOL/ psykopat gitu!.
    CBR250RR cuma suka buritan doang!
    Karakter J*pang banget, S*NIS, S*PIT, L*CIK, GOTICK, HI-TECH!
    Karakter Indonesianya mana yang “katanya” lebih santun/ ramah?

    Misal pake desain persis CBR500R untuk CBR250, ane mikir beli deh!
    Ninin deh paling sexy, cool, dan semlohay, xixixixixix…………..kabooooorr!!!!!!!!!!!!

  11. Cb 500 gen pertama kalau ga ganti knalpot malah suka dikira cb 150 sama orang awam. Yg gen 2 da lebih mending tapi masi nanggung. Temen satu club da ada jual cb 400 buat inden ni cbr 250 rr. Mang Kobay ga gulung satu kah ni all new cbr

  12. kalo moge 500cc sih entry level

    kalo CBR250RR itu full prestise,alias motor impian bagi biker motor cc kecil (251 cc ke bawah)

Yuk Tinggalin Jejak Lads..