banner
habis keujanan...
habis keujanan…

Kobayogas.com – Hola lads.. Pada review hari pertama bersama Honda CBR 1000RR SP Fire Blade ini kebetulan KBY mengalami hal yang unik, simak cerita selanjutnya…

WELCOME NOVEMBER RAIN

Jumat kemarin, rencana membawa CBR 1000RR SP Fire Blade nongkrong di Senayan pulang kerja bersama sahabat blogger dan komentator gagal total, karena hujan yang turun membasahi bumi merata-rata tempat.. It’s a November Rain lads…

Alhasil KBY pun terjebak tidak dapat pulang tepat waktu karena kudu menunggu hujan reda.. Pukul 7 malam lebih, akhirnya hujan tinggal ekstraknya alias gerimis, KBY dan beberapa rekan kantor memutuskan untuk pulang daripada nanti bertambah lebat.. KBY bergegas menuju parkiran dimana si CBR 1000RR SP Fire Blade menunggu basah-basahan dengan setia..

Sempat muncul kekhawatiran akan kemacetan karena melihat dari lantai 5, jalan di MT Haryono arah cawang terlihat padat terutama persis di bawah flyover pancoran.. Waduhhh mana bawa Honda CBR 1000RR SP yang racy binggo … Bismillah semoga lancar..

Dan akhirnya, mungkin dari rekan-rekan blogger yang sudah test CBR 1000RR SP red white blue ini hanya KBY yang sudah komplit mengetes kehujanan plus kena macet wkwkwkkw.. Jadi bagaimana? Menyiksakah si monster 1000 cc ini dalam kemacetan??

di parkiran kantor
di parkiran kantor

KECUALI ERGONOMINYA, LAINNYA GAK NYUSAHIN!

KBY terjebak kemacetan dengan jarak sekitar 2 kilometer lads.. Yang ngeri-ngeri sedap adalah ketika harus keluar dari kantor dan menuju putaran pancoran.. posisi pelataran kantor agak menurun, alhasil KBY yang berhenti guna ‘minta jalan’ untuk menyebrang kudu pinter pinter menjaga si CBR 1000RR SP berbobot 210 kg ini stabil, duh nasib punya tinggi pas pasan ya gini dah wkwkwkwk…

Sukses nyebrang (terima kasih pada kendaraan lain yang sudah ngasih jalan), ujian belum lagi selesai, jalan putar balik padat!! Sekali lagi si CBR 1000RR SP RWB ini harus berhenti dan ikut ngantri di belakang mobil, lha mau mepet mepet? Ora iso cooyyy emangnya pake NMax atau PCX? wkwkwkw.. Sempat kawatir akan jalanan basah yang licin, ternyata sepatu Scoyco Booth menjalankan perannya dengan baik di atas aspal..

Begitu kendaraan berjalan, kembali ujian berikutnya adalah kudu stop dan go sekaligus mengambil pelan-pelan arah kiri karena memang bagian kiri lebih lancar.. Disinilah tenaga smooth dan kopling enteng Honda CBR 1000RR SP berperan.. Kinerja tangan kiri buka tutup kopling tidak merana, alias biasa saja.. tenaga dan torsi yang smooth di bawah pun membantu KBY tidak perlu memutar gas..cukup buka kopling maka si CBR akan berjalan perlahan tanpa ada sentakan berlebih yang biasa ditemui pada mesin berkapasitas besar..

Selesai? Are you kidding me? Belumlah, udara panas dari mesin CBR 1000RR SP dan dinginnya hujan menyatu, akibatnya kaca helm Nolan yang KBY gunakan pun mengembun, jadi rada ribet sering buka tutup top visor helmet pada kondisi stop dan go sementara tangan kiri dan kanan juga kudu menjaga ritme kopling dan gas wkwkwkwk.. Akhirnya setelah jalanan lancar, visor si Nolan KBY buka 1/4 agar udara luar lebih lancar masuk..

terbukti gak nyusahin

Bicara panas mesin, suhu mesin CBR 1000RR SP yang terlihat oleh mata saat itu menunjukkan 98° C cukup rendah, pagi harinya sih sekitar 110° C ketika menuju kantor, mungkin karena terbantu oleh dinginnya hujan.. Yang jelas panasnya tidak sampai mengganggu lads, relatif hangat ke kaki yang terlindungi sepatu Scoyco Boots dan celana jeans… Jaket RS Taich RSJR yang tipenya mesh alias jaring jaring juga ternyata tidak membuat dingin tubuh, padahal di balik jaket KBY hanya menggunakan base layer dari Respiro..

Ujian terakhir, lebih kepada kendaraan lain seperti motor skutik yang mau maen seruduk aja mepet-mepet di kemacetan, bused gak tau apa ya KBY lagi struggling bawa Honda CBR 1000RR SP biar gak tergelincir wkwkwkw.. ..Sekali bleyer langsung kuncup dah tuh para skutik 😀 Maaf ya..Sarung tangan RS Taichi RST 390 memainkan perannya di sini, membuat tangan menggenggam mantap handle dan tuas rem serta kopling yang basah

Trek lancar dari SPBU Shell MT Haryono hingga by pass menuju Kebun Nanas, nah satu lagi trouble datang, lagi asik cruising 120 km/jam bersama CBR 1000RR SP, KBY bertemu satu rombongan motor 250 cc di depan, eh yang paling depan main masuk saja ke kanan, buseeddd langsung saja passing beam dimainin, klakson ala motor bebek titt tittt juga dibunyiin.. Combined ABS nya gak sempat bekerja, sukurlah… padahal rem depan Brembo Monoblock sudah lumayan banyak ditarik.. tapi belum ada tuh gejala getar ala ABS bekerja.. mungkin harus panic braking kali ya..

cbr 1000rr sp kobayogas

Kemudian sekali betot pada gigi dua,  Honda CBR 1000RR SP Fire Blade pun melesat..rombongan moge entry level itu pun tertinggal, ya iya lahhh, 250 vs 1000 cc kali wkwkwk.. eh ketemu lagi di lampu merah, ternyata salah satunya ada kembaran, siapa lagi kalau bukan CBR 150R K45, warnanya aja sama, red white blue kekekek…

Nah lads, itulah kisah hasil review Honda CBR 1000RR SP hari pertama yang kebetulan terkena hujan dan juga kemacetan.. Alhamdulillah selamat sampai rumah, langsung disemprot dah biar kotorannya pada turun hehe.. Tidak ada masalah ketika becek dan basahnya jalanan membasahi area mesin si CBR, semuanya normal.. Namun jelas si pure sport ini bukan untuk digunakan pada kondisi yang KBY alami, habitatnya bukanlah disana, masih banyak kendaraan roda dua lain yang lebih cocok lah ya..

Tapi, harapan KBY dari review CBR 1000RR ini adalah lads paling tidak dapat mengetahui seperti apa sih apabila sebuah moge Jepang berkubikasi 1000 cc terkena kemacetan? Penilaian KBY, kesulitan hanya ada pada sisi ergonominya, sisanya pantas saja si Honda CBR 1000RR SP Fire Blade ini banyak yang bilang sebagai moge 1 liter yang bersahabat, karena terbukti gak nyusahin..!!

special thanks: Astra Honda Motor

Honda CBR 1000RR SP Fire Blade

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

94 KOMENTAR

  1. Coba ban’ny di kempesin bensin’ny di abisin trus dorong sejauh 1km aja dah….pasti nyusahin hahahhahaha

  2. Maklum om pada ga begitu ngeh ini moge…
    Pertama si CBR150R desainnya nyaris diambil plek-plekan dari biangnya…
    Dah gitu kan exhaust masih stock….. Kagak kedengeran sangarnya… 😀

    Bensinnya gimana tuh om? Macet gitu..
    Hehehe

  3. Mungkin yang dimaksud gak nyusahin pas di kemacetan itu karena trottlenya gak abrupt responnya waktu buka tutup gas, kalau di motor bebek yaaa kayak supra x 125 VS Jupiter Z 110 gitu, Supra responnya halus pas buka tutup gasnya, cocok buat cruising di kecepatan rendah, Jupie cenderung kasar, selalu minta kecepatan lebih tinggi biar stabil dan nyaman. Ane pikir CBR ini di desain honda supaya cocok dan mudah adaptasi buat semua yang baru naik kelas ke literbike. Beda sama motor kasta rendahan dari pabrikan garpu tala (anda pasti tau), itu motor bener2 track focus karna engineernya mendesain motor pertama kali difokuskan untuk balapan di track, road bike urusan sekunder.

    • CBR1000 moge superbike paling Lemot dikelasnya yak.

      Ah fbh bisa aja propaganda. motor Honda gas smoth dibilang nyaman, kenapa kalo motor Yamaha smoth dibilang lemot.

      Ee giliran motor Yamaha gasnya galak dibilang kasar. Komen sesat lu.

      Ini artikel banyak promosi terselubung dari sarung tangan, jaket, sepatu dsb.

      Buat Mang KbY mantap Kob sukses yee.

      • Awas Mas e ada 2 kacung momok tuu arlong & apa adanya pura-pura debat padahal diwarung momok dia jelekin Mas Kbygs.

        http://triatmono.info/2015/11/15/pada-kementhus-mung-ora-becus-dah-dibilangin-honda-sonic-150r-paling-ndak-nyamaaan/

        arlong
        (Reply)
        November 15, 2015, 9:07 pm
        3 blogger sebelah yg sama2 berperut tambun kompakan mereview CBR 1000 hasilnya katanya nyaman, jinak, walaupun ada yg terkesan ngotot bahasannya, ada pula yg cuma repost. kalo dikatakan nyaman IMHO jadinya ambigu sih, emang sih posisinya stang CBR 1K R lebih tinggi (dari tinggi jok) dibanding superbike lain, tapi apa iya naik motor dg posisi badan hampir tengkurap, tangan menjulur kedepan, kaki menekuk kebelakang, perut nempel rapat tangki bisa dikatakan nyaman, apalagi bagi orang yg perutnya tambun tentu makin gak nyaman naik superbike, lha sewaktu tengkurap itu lemak perut bakal terasa ngeganjel di tangki, bikin tangan agak jauh menjangkau stang, jadi kalau yang mereview bilang bahwa CBR itu nyaman sementara perutnya sendiri tambun berarti dia membohongi diri sendiri. para pembaca dan komentator seharusnya bisa sadar menyadari hal tersebut, jangan terbawa suasana.

  4. waktu ketemu moge entry level nya di geuber2 gak di depan mukanya biar gak pada lebay tuh moge entry level nya. Brremm.. Brreeemm….

  5. saranku, kalau musim hujan saat ini mendingan beli pinlock deh om buat nolan N64. Sangat sangat berguna banget loh pas pagi-pagi buta sama hujan lebat. Jeleknya cuman satu. Gampang bingits kebraret. kalau udah kebraret kacau balau deh pandangan. jadi ati-ati aja merawatnya om.

  6. ah q ta rajinin komen dimari ya masbro…gaya bahasa disini keren banyak nyebutin merk 😀
    jd kl ga taw langsung bisa klik

  7. Pakein pinlock mbah helm nya …kl gak beli Master Anti Fog…murah 15 rb…barangnya kecil…bisa d taruh d tas atau bagasi…
    Pake helm nolan buka kaca helm kan lucu…wkwk

  8. Ngembun ya? kalo saya biasa ganjel pake kertas diantara visor sama bagian bodi helm. Lumayan ada celah dikit jadi pas macet”an ga terlalu ngembun. Kalo ngembun pas lagi jalan bisa ganjel pake uang kertas / batang korek.

  9. masukan aja om kobay,
    helm nolannya dipakein pin-lock biar ga berembun dan menyusahkan ketika macet2 panas-dingin udara.
    salam satu satu sayang ibu tetangga #eh

  10. Wkakakak

    Pabrik suling jualan moge CBU laris manis kaga perlu dibantu review blogger segala.

    CBR1000 CB500 Vultus ditest konsumsi BBM segala sama si I*B lan T*C

    Laa iki ngahem jualan moge CBU ora payu makanya sampai dipinjemin buat rewiew blogger, ditest segala konsumsi BBM nya wkwkwkwk beli moge masih mikirin isi BBM uhuyyy

    AHM0CIN pikir konsumen moge itu beloon kayak konsumen embit tanpa DP apa akakakak

    Moge ahem ora payu dipinjemin buat rewiew blogger ekonomi lemah yang isi komentarnya kebanyakan pengguna mocil kreditan dan sales embit.

    zlubbb

  11. Selamat ya dah resmi jadi blogger papan atas titipan barang gak main2 harga 500j lebih…. biasanya kan titip ya titip uang titip rantang atau titip anak…. mantav

    • Wkkk lu tau kaga

      AHM0CIN dulu bangkrut duluan cung, untung ditolong JARDINE China Singapura. makanya AHM0CIN skrg jadi sapi perahan Jardine Sungapura. sisa ampasnya bancakan ramai² Honda Global de el el wkkkkk

      Berita kelam tentang MAH0NDA selalu ditutupin blogger dollariah. krn blogger dollariah semangatnya cuma ngeblow up berita kekurangan pabrik suling #fakta

      sales fBH0M0 masih zaza ribetin mesin SOHC pabrik suling, kayak yang ketakutan gitu yak akakakak padahal sembahannya DOHC 150 cc juga katanya MS MAH0NDA 75%, kok masih meriang zaza lihat penampakan motor made in pabrik suling.

      Berarti sales AHM0CIN sadar kalau majikannya cukup dilawan sama pabrikan suling.

      konsumen mah kaga ribet.
      -mau SOHC 150 cc pilih NVA/R15/MT15/Byson atau NMP/Verza

      -mau DOHC nearly mentok 150 cc pilih NCB/CBR150Lokal

      -mau naik kelas ke 250 cc 2 silinder DOHC pilih R25/MT25 atau sport Kawasaki

      sales fBH0M0 koar² DOHC nearly mentok 150 cc buat nutupin aib majikannya kaga punya 250 cc 2 silinder DOHC.

      zlubbb

      melas bingit dadi sales fBH0M0, mau banggain MAHONDA global katanya kaya raya bisa bikin mobil lan robot Asmuni tapi kenyataannya AHM0CIN cuma sapi perahan JARDINE Chino Singapura.

      mau banggain MS AHM0CIN katanya 75% tapi sales fBH0M0 masih meriang panas dingin lihat motor sebelah.

      Alasan sehebat apapun MAH0NDA tetep zaza cuma segitu thok cukup dilawan sama teknologi kasta rendahan made in pabrik suling.

      Bhuahahaha

  12. sales fBH0M0 masih zaza ribetin mesin SOHC pabrik suling, kayak yang ketakutan gitu yak akakakak padahal sembahannya DOHC 150 cc juga katanya MS MAH0NDA 75%, kok masih meriang zaza lihat penampakan motor made in pabrik suling.

    Berarti sales AHM0CIN sadar kalau majikannya cukup dilawan sama pabrikan suling.

    konsumen mah kaga ribet.
    -mau SOHC 150 cc pilih NVA/R15/MT15/Byson atau NMP/Verza

    -mau DOHC nearly mentok 150 cc pilih NCB/CBR150Lokal

    -mau naik kelas ke 250 cc 2 silinder DOHC pilih R25/MT25 atau sport Kawasaki

    sales fBH0M0 koar² DOHC nearly mentok 150 cc buat nutupin aib majikannya kaga punya 250 cc 2 silinder DOHC.

    zlubbb

    melas bingit dadi sales fBH0M0, mau banggain MAHONDA global katanya kaya raya bisa bikin mobil lan robot Asmuni tapi kenyataannya AHM0CIN cuma sapi perahan JARDINE Chino Singapura.

    mau banggain MS AHM0CIN katanya 75% tapi sales fBH0M0 masih meriang panas dingin lihat motor sebelah.

    Alasan sehebat apapun MAH0NDA tetep zaza cuma segitu thok cukup dilawan sama teknologi kasta rendahan made in pabrik suling.

    Bhuahahaha

  13. Servis dan kesiapan sparepart gmna mang kobay. Apa sama sperti yg 250 yg naujubileh..
    Opps maaf ini Honda ya, bukan Suzuki..
    Klo gitu saya salah komen. Hehehe

  14. om.. masalah abs. emangnya ada tendangan balik ya di handle rem? baru tau.. soalnya ktm yg abs ga da rasa tendangan balik.. ga kayak nmax dan ninja abs. CMIIW. jadi kemungkinan ga da tendangan balik di cbr1000rr klo abs aktf.

    • tendangan balik pasti ada kalau panic braking di mobil pun seperti itu, yang aneh (gak normal) itu justru kalau gak panic braking tapi dah ada denyutan hehehehe…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini