Review Harian Honda CBR 1000RR SP Fire Blade – Moge 1000 cc Yang Rendah Hati..!!

CBR 1000RR SP Kobayogas

CBR 1000RR SP

Kobayogas.com – Hola lads.. Berakhir sudah masa ‘bulan madu’ bersama Honda CBR 1000RR SP setelah selama 4 hari di tangan Kobayogas.com. Bagaimana hasil review hariannya?

Seperti biasa, sebagai kuli ya paling pas kalau motor pinjaman dites untuk digunakan sebagai alat transportasi harian ke kantor.. Tidak terkecuali CBR 1000RR SP Fire Blade ini lads.. Digunakan ke kantor pada hari Jumat dan Senin, sementara Sabtu dan Minggu -nya dipakai jalan-jalan ringan, total si CBR Fire Blade ini mencapai kilometer 60 km-an. Yuk simak review ala Kobayogas.com

cbr1000RR SP indonesia kobayogas

DESAIN

Ini kali kedua sebenarnya KBY berjumpa dengan sang Fire Blade, secara impresi awal sudah pernah KBY ulas di pada sesi test ride Honda CBR 1000RR.. Tapi kemudian, makin sering dilihat, makin sering ditatap, Honda CBR 1000RR SP Fire Blade ini kok makin enak dilihatnya, makin bagus wkwkwkwk… yaaaa Honda banget deh desainnya, gakan jatuh cinta pada pandangan pertama..Silakan tanya teman-teman blogger yang tempo hari hadir ke rumah soal desain si CBR ini..

DSC03123

ERGONOMI & KENYAMANAN

Semua pun tahu dengan riding position Honda CBR 1000RR SP yang rebah begini tidak mungkin kita menyebutnya nyaman, bohong! Mau merek apa juga kalau posisi ridingnya begini ya sama aja laaahh…mau perut rata, six pack atau buncit ya pegelnya sama!!

Tapi tetap, KBY akan menyebut si CBR1000RR SP ini masuk kategori moge pure sport yang nyaman, karena apa? simak definisi nyaman seperti yang KBY bahas di paragraph bawah biar gak salah pengertian soal “nyaman” yang dimaksud ye wkwkwkw…

cbr1000RR SP indonesia kobayogas

Dalam keadaan diam, CBR 1000RR SP berbobot bersih 210 kg ini (termasuk modul ABS) memang terasa berat, tapi begitu jalan, hehehe.. sumpah, terasa seperti membawa adiknya, si CBR 250R aja hehe.. Nah nyaman dong itungannya?

Tak ada yang perlu dikhawatirkan dari CBR 1000RR SP ini kecuali seat height yang tinggi membuat kaki jinjit itupun hanya berlaku bagi mereka yang tingginya di bawah 168 cm. Sementara ergonomi yang sangat racy membuat badan rebah ke depan, akibatnya tangan cukup pegal terutama telapak bagian kanan kalau buat KBY karena harus menarik rem, menahan beban tubuh sekaligus mengatur bukaan throttle..

Bicara soal tuas kopling, ini yang KBY paling suka dari CBR 1000RR SP, mudah di raih, dan ringan/ enteng untuk ukuran motor berkapasitas 1 liter alias 1000 cc..(jika dibandingkan moge 1 liter yang telah KBY tes selama ini).Β  Tidak ditemui juga gejala menyentak berlebihan ketika tuas kopling dilepas perlahan. Smooth lah, lads gakan percaya kalau belum tes langsung hehehe..

cbr1000RR SP indonesia kobayogas

Tidak aja gejala ndut-ndutan atau tersendat ketika kopling di lepas dan membiarkan torsi mesinnya menggerakkan si CBR 1000RR SP, artinya, dia akan cukup nyaman untuk kondisi stop dan go.. tidak harus selalu mengatur atau menarik kopling.. Good job Honda…

Pasti lads gak percaya kalau suspensi CBR 1000RR SP dari Ohlins depan dan belakang membuat berkendara masuk kategori empuk pada kecepatan rendah hingga sedang, ayunannya pas, tidak ada yang KBY ubah sih settingannya, wong gak paham juga wkwkwk.. Tapi begitu ketemu jalan yang agak bergelombang misal model betonan, tetap saja terasa gejolaknya. Paling enak memang ketika meluncur di jalan yang mulus.. nikmat..

Suara knalpotnya, KBY mau komplen ah, terlalu hening untuk ukuran mesin berkubikasi 1000 cc! Kurang sangar dan terlalu halus!! Agak sulit bagi sang Honda CBR 1000RR SP Red White Blue ini untuk ‘menegur’ pengendara lain dengan cara bleyer-bleyer gas, karena suaranya kurang beringas.. (video menyusul yah)

cbr1000RR SP indonesia kobayogas

PERFORMA, HANDLING DAN PENGEREMAN

Dalam keadaan diam, setang CBR 1000RR SP terasa berat, bahkan untuk menggerakkan ke kiri dan kanan aja butuh tenaga, ini diakibatkan oleh besarnya telapak ban di depan dan rendahnya setang yang underyoke sih lads..

Namun begitu sudah melaju dan meluncur, semuanya terasa normal.. Performanya begitu smooth di awal hingga sekitar RPM 4000 jika kita membuka gasnya dengan perlahan atau santai, sangat bersahabat bahkan bagi yang baru naik kelas sekalipun! Ya asal tetap saja harus respek mengingat si CBR 1000RR SP merupakan sebuah moge 1000 cc yang bisa membuat mental pengendaranya kalau kita asal bleyer..

Smooth sama dengan lemot? (ngakak).. Jangan tanya soal akselerasi atau speed, semuanya tergantung tangan kanan! Mau diajak santai dia bisa smooth, berani puntir sekaligus? Ya silakan coba.. 130-140 sih eces hanya di gigi 2, itu pun gak maksimal! RPM hanya berani hingga 7000-8000an saja, ngerriii :D.. Soal handling, jika bertemu jalan yang elevasinya berbeda misal jalan aspal yang sedang diperbaiki, setang CBR 1000RR SP seakan akan mengikuti kontur jalan, kiri-kanan kiri-kanan..

Sebenarnya hal itu menunjukkan feedback yang baik dari roda/ ban pada kemudi, tapi ya hati-hati saja bisa tisoledad alias tikusruk atau tergelincir hehe.. Nah begitu bertemu tikungan, baru deh ketauan betapa menurutnya si CBR 1000RR SP fire blade ini.. Cukup geser bodi sedikit, miringkan dan oh yess.. si penurut ini sangat mengerti keinginan pengendaranya.. mantap lah..!

CBR 1000RR SP merupakan Special Production dari Honda, level tertinggi di klan CBR.. Remnya sudah dibekali dengan Brembo 4 kaliper radial wave disc monoblock dengan combined ABS. ABS-nya bekerja seperti ABS yang ada pada mobil dan motor premium lainnya, tidak ada getaran/ denyutan jika tidak melakukan panic braking.. Nah ini ABS beneran hehe.. Triumph, MV Agusta, Ducati, moge Kawasaki juga sama kok..

MESIN PANAS?

Honda CBR 1000RR SP panas? Hmmm yaaa bisa dikatakan gitu sih, tapi bisa dibilang untuk ukuran motor berfairing lumayan juga kadar hembusan panasnya ke area kaki, jika dibandingkan motor Italy seperti MV Agusta atau Ducati.. Riding yang paling ‘aman’ bersama si Fire Blade ini kalau gak pagi, sore menjelang malam atau ya malam sekalian..

Ketika KBY mengunjungi Jakarta Honda Center, waktu sudah menunjukkan pukul 10 pagi lebih dari rumah.. Ukurannya memang masih pagi, tapi ternyata jalanan sudah lumayan rame dan panas terik dari matahari justru membuat KBY hafal karakter panasnya si CBR 1000RR SP Fire Blade ini..

Wewwww paha dan bij* sih lumayan aman, tapi betis nih, bulunya kaya kebakar wakakaka, padahal sudah pake jeans dan sepatu riding Scoyco loh πŸ˜€ Hembusan panas dari mesin yang ditiup oleh radiator memang mayoritas ke bawah, alhasil yang ‘jadi korban’ mau gak mau memang dari betis ke bawah.. sementara panasnya paha lebih karena aluminium Twin Spar yang terkena panas dari mesin di bawahnya..

gak enak duduk, panas lads!! :D

gak enak duduk, panas lads!! πŸ˜€

THE VERDICT

Ada dual hal yang tidak ‘rendah’ dari HondaΒ CBR 1000RR SP Fire Blade ini, yang pertama adalah seat height- nya, dan yang kedua.. harganya!! Atuh jangan terlalu tinggi dong AHM setting harganya, diledek overprice mulu tuh hehe..

Dengan desain yang memang bisa disebut sederhana karena kalah gahar dengan kompetitor, CBR 1000RR SP Fire Blade ini bisa dikatakan sebagai moge yang rendah hati, meski jangan pernah memandang enteng performa maupun spesifikasi kaki-kakinya yang special..

Jadi apakah CBR 1000RR SP ini akan laku setelah dibahas oleh KBY dan sahabat blogger lainnya? Wakakaka.. jangan shallow ah, AHM kasih pinjem ke kami itu untuk edukasi ke pembaca blog bukan buat jualan, kalau jualan mah urusan tim marketing lah.. Tapi kalau nantinya ada yang beli 1-2 unit lagi karena membaca artikel ini, ya anggep saja sebagai bonus!! πŸ˜€

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

Advertisements

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Honda, Moge, Test Ride and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

50 Responses to Review Harian Honda CBR 1000RR SP Fire Blade – Moge 1000 cc Yang Rendah Hati..!!

  1. Mirza says:

    Mantap om jd pngen coba

  2. fifauzi says:

    Fireblade cocoknya memang buat rider yg low profile dan ga suka show off.. Ya…macam saya ini lah

  3. bagolmeong says:

    Kalo biji anget, penuhin aja tangkinya Kang. Kalo bensin nggak full, panas mesin merambat di tangki lebih cepat, kalo full keredam ama bensin. Ane saban hari praktekin di Binter ER Ane. Manjur koq…

  4. dewa says:

    pendapat”Pribadi”.model Honda itu kalau masih baru diluncurkan terlihat culun kurang menarik,tapi seiring waktu terlihat tambah menarik.sehingga saat keluar model baru rasanya masih bagusan model lamanya.kebalikan dgn Kawasaki/Yamaha yg wah saat Model Baru tapi membosankan kalau sudah berumur lebih 2th.

  5. dewa says:

    CBR1000RR SP kaya Pria setengah baya,penampilan kalem,fisik terlihat kurang meyakinkan tapi punya pengalaman dan tehnik tinggi,saat dikomparasi”Viagra”selalu sedia dikantong jadi ndak kalah”dikomparasi” dgn “Anak Muda”.Ngoahahaha(makanya ABG sekarang cari yg Cowok Setengah Abad/CSA Ngoahahaha).

  6. jambuljingga says:

    mesin nya H2 lumayan bikin Gosong betis + tulang iga eh kering Bakar

  7. Ardee says:

    Tapi kalo ganti knalpot aftermarket bsa dibilang paling mantap ni motor sama moge nya suzuki suaranya lho IMHO..

  8. threeazz says:

    setengah M lebih………..

    nelen ludah aja dulu deh

    πŸ˜€

  9. Semut merah says:

    Biarpun minim elektronik, tapi smooth Dan mudah di kontrol, betul “operprais” mending bawa cbr 1000 yg biasa, jgn yg SP, harga patok 300-400 jeti.

  10. orong-orong says:

    emang bener opepres banget, coba harganya 30 jutaan ae beli dah dan tak lap sendiri dah.
    http://orongorong.com/2015/10/02/seperti-inikah-tampang-all-new-cbr150r-2016/

  11. bdt says:

    y6ach gitu dech design honda ,

    mesti di plototin lama-lama dan bener-bener,

    baru ketauan cakepnya di mana

  12. bdt says:

    emang suaranya gitu dech

    pas ketemu si mbah di pejaten raya,

    kaya kagak ada suaranya,

    ukuran motornya juga 11-12 ama adiknya,

    bisa bedain liat stoplamnya aja

  13. ndesoedisi says:

    moge nyaman berarti kasta rendah ya Mang ? wkwkwk

  14. arroniry says:

    berarti next series CBR, honda harus kasih adjustable seat hight dong

    http://imajimoto.com/2015/11/19/mt-25-ala-mt-10/

  15. Aduh itu oz ultraleggera yang nemplok di jazz racun banget 😒😒 *salahfokus

  16. sakun says:

    rendah hati?
    paling nyaman?
    klo ada penyakit gas nyangkut cem mana?
    iya klo nyangkutnya di speed low msh bisa di koreksi,
    klo nyangkut di high speed? punya nyawa serep?
    terbayang kejadian Stoner suzuka 8 hours 2015 dan alm.Kato motogp suzuka 2003
    ngeri euy…

  17. maull says:

    Jujur om ini motor enak buat harian nampang apa trackday nyentul ….?

  18. terjadi galat says:

    Judulnya diganti mang:
    “Merinding series : Honda CBR 1000RR SP Fire Blade –Moge 1000 cc Yang Rendah Hati..!!”

  19. siapa bukan sih says:

    mang itu kok perut nempel ke tangki ya? fitur baru senderan perut ya mang ? hahahaha

    kalem emang ini disain cbr1000, padahal udah 1000cc tapi kalem, cuma lama2 emang enak diliat sih

  20. FBK says:

    SP = SUPER JINJIT πŸ˜‚

  21. Konsumen Biasa says:

    IMHO, muka si fireblade ini bkan muka motor pada umumnya. biasanya muka motor sport tu ya garang, sangar, intimidatif. lah ini motor mukanya “cantik” kaya cewek(dalam artian yg positif).

  22. prasetyo676 says:

    Secara postur saya dah pas, kaki napak sempurna. Tangan juga pas meraih setang.
    Tapi ada yg sangat disayangkan.
    .
    .
    .
    .
    .
    Yaitu..
    Harganya..
    πŸ˜€

  23. Pingback: Video Review Honda CBR1000RR SP Fire Blade – Yuk Lihat Dan Dengar Dari Dekat.. | KobaYogas.COM

  24. Pingback: Review Honda CBR 1000RR SP Fire Blade – Kehujanan Di Kemacetan, Terbukti Gak Nyusahin..!! | KobaYogas.COM

  25. Pingback: Test Ride Special: Honda CBR600RR 2009, Capek Tapi Terbayar Suaranya.. | KobaYogas.COM

  26. Pingback: Saat Tepat Beli Moge Honda, Diskon Hingga 30 Juta Lads… ! | KobaYogas.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *