CBR

DIY – Membersihkan Air Filter Aftermarket (K&N)

image

Hola lads, kumaha daramang?
Kali ini KBY akan sharing bagaimana membersihkan sendiri filter udara aftermarket yang kebetulan KBY punya bermerk K&N yang dipakai oleh si Shiro.
Bagaimana step stepnya? Mudah banget, cekibrot lads…

Memakai air filter after market tipe high flow memang mengasyikkan, menambah tenaga sekitar 1-2dk dan tarikan di kitiran atas berasa jossss. Selain itu asiknya lagi, air filter tipe seperti ini dapat dipakai selamanya, dalam arti ya seumur si motornya masih hidup, dengan catatan ya si filternya gak rusak. Mahal di awal tapi lads gak perlu ganti ganti air filter lagi saat melakukan perawatan rutin.

Namun demikian, bukan tanpa kelemahan, agar si filter terus bekerja optimal, ya harus ada perawatan, ritualnya setiap berapa ribu KM? Kalau menurut petunjuknya sih setiap 50ribu mil atau saat sudah kotor. Tapi itu untuk di USA…Nah untuk iklim Indonesia atau Jakarta atau tinggal di daerah yang berdebu, tidak ada salahnya air filter diperiksa setiap 2 bulan sekali, kalau bersih ya pasang lagi.

Untuk membersihkan sebenarnya tidak bisa dengan memakai pembersih sembarangan, demi keawetan si bahan filternya itu sendiri. Ada paket pembersih yang disebut K&N dengan nama Recharger.
Simak step stepnya ya lads..

Step 1
Tentu harus dibuka dan dikeluarkan dulu dari rumahnya.
image

Sudah terlihat mulai kotor kan?
image

image

Step 2
Siapkan rechargernya. Ada 2 botol, yang pertama adalah cairan pembersih, yang kedua adalah oli.
image

Step 3
Semprotkan cairan pembersih ke seluruh area permukaan filter, sebanyak apa? Ya secukupnya lah, di kira kira saja oleh lads sendiri.
Setelah cukup, diamkan selama kurang lebih 10 menit.
image

Step 4
Setelah 10 menit didiamkan, basuh dengan menggunakan air mengalir, jangan disemprot kencang ya lads, tar bahan katunnya bisa rusak. Ulangi jika perlu. Untuk kotoran membandel, bisa menggunakan sikat gigi bekas, jangan sikat kasar ya.
image

Step 5
Sudah bersih? Silakan di jemur sampai kering, gak usah di bawah terik sinar matahari langsung juga tidak apa apa..yang penting benar benar kering.
image

Step 6
Jika sudah dipastikan kering, sekarang saatnya memberikan oli di atas permukaan filter, awas jangan smp terbalik ya.. Kok dioliin? Ya sebenarnya fungsi olinya itu adalah untuk menangkap debu atau kotoran partikel kecil. Penerapannya juga jangan terlalu banyak, cukup sekali jalan saja pada setiap garisnya, tidak perlu diulangi. Terlalu banyak juga membuat si oli akan tersedot ke ruang bakar. Alih alih enteng, yang ada tenaga jadi berat atau drop.
image

Step 7
Selesai diberi oli, diamkan beberapa saat sampai si olinya benar benar menyerap sempurna. Beri alas agar dapat diketahui tidak ada lagi oli yang menetes.
image

Step 8
Setelah siap semua, sebelum si filter dimasukkan kembali, jangan lupa sisi sisi nya diberikan grease. Grease ini fungsi sebenarnya sih hanya memperlancar saat memasukkan ke rumah filter aja, sebagai pelumas agar proses memasukkan si filter lebih mudah.

image

Well, sudah selesai, performa motor pun kembali nikmat…selamat mencoba dan semoga bermanfaat and… thanks for reading lads πŸ™‚

image
Aku penuh debu nih kang, bersihin doonkk

image

Posted by KobaYogas from WordPress for Android

About Kobayogas 3431 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

69 Comments

  1. Untung ane pke Fe**x jd cuman kucek2 bntr aj di air cmpur detergen :). Sebelumnya pke K&N yg O.F tp rmpong ngrawat ma suara jd bjimana geto!??! πŸ™

  2. Air filter mantab, dibukunya graham bell ada tabelnya, bahkan aliran udaranya lebih baik dari tanpa filter. sulit dimengerti?

  3. “Step 6
    Jika sudah dipastikan kering, sekarang saatnya memberikan oli di atas permukaan filter, awas jangan smp terbalik ya..”

    om mau nanya statement yg ituh.
    maksudnya terbalik apanya yah??hehehe

Yuk Tinggalin Jejak Lads..