Suzuki Suzulight Carry, Mbahnya Suzuki Carry

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Pada saat melihat Suzuki S-Presso secara langsung di GIIAS 2022 kemarin ini, KBY jadi teringat saat kunjungan ke Suzuki Plaza di Jepang 3 tahun lalu. Di gedung tersebut dari lantai bawah hingga lantai atas tersedia berbagai informasi terkait sejarah dibangunnya Suzuki dari kendaraan roda dua hingga roda empat. Yang bikin teringat adalah bahwa Suzuki itu memiliki banyak varian yang secara desain sangat enak dilihat dan bisa diterima banyak konsumen Indonesia loh, jadi ini dia mobil pertama Suzuki di dunia, ada Carry dan mobil modern yang keren keren!!

Suzuki Plaza sendiri terletak masih di prefecture Hamamatsu, tidak terlalu jauh dari pabrik otomotif mereka. Ada empat lantai yang setiap lantainya tersedia berbagai macam informasi terkait pabrikan berlogo S tersebut.

Lantai 1 kita akan menemukan sejarah awal Suzuki, dimana mereka sebenarnya membuat mesin tenun!! Jadi kalau dirunut ke belakang, pabrikan otomotif Jepang yang dari awal sudah konsentrasi ke otomotif ya Honda – cmiiw. Yamaha ke alat musik, Kawasaki ke mesin/alat berat serta kapal.

MOBIL PERTAMA SUZUKI DI DUNIA

Baiklah lads, langsung saja ya, videonya ada di bawah ini kalau mau langsung nonton video. Tahun 1955 di bulan Oktober, Suzuki menciptakan mobil pertama mereka di dunia, namanya Suzuki Suzulight, ada tipe standar (SD) dan SS. Modelnya seperti MINI Morris, seperti namanya, light, ringan dan kecil.

Mesinnya 2 tak, 2 silinder, 359cc, berpenggerak roda depan dengan mesin di depan (FF – Front Engine Front Drive). Model atau nama Suzulight ini bertahan lama, dengan beberapa varian seperti Suzulight TL tahun 1959 dan tahukah lads, di tahun 1961 lahir lah Suzuki Carry pertama! Yak basisnya pakai model TL dan sudah punya bak di belakang alias pick up/ mini truck!!

Suzuki Suzulight Carry, Mbahnya Suzuki Carry

Model Suzulight Fronte TLA lahir di tahun 1962, Fronte FEA tahun 1965 hingga tahun 1968. Di tahun tersebut Suzuki Fronte ga pakai embel embel nama Suzulight lagi di depannya. Jadi mobil Suzuki pertama di dunia yang diciptakan adalah Suzuki Suzulight, oke lads?

Kemudian kita mulai memasuki era modern seperti Suzuki Katana SJ400, Suzuki Mighty Boy, Suzuki Cultus, Swift, Eleny, Vitara, Escudo, hingga Suzuki Cappucino sedan sporty dua pintu. Suzuki Karimun alias Wagon R juga ada..

Nah kembali ke lantai dasar, di sinilah mobil mobil 2000an ke atas yang keren dan modern dipajang, sebut saja Wagon R terbaru, Suzuki X-Bee, Suzuki Spacia, hingga Suzuki Solio yang mini Family Wagon sebesar Honda Freed dan Toyota Sienta..

Nah sayangnya, justru model model yang keren itu gak pernah coba dihadirkan oleh Suzuki Indonesia, mungkin selain tidak dapat restu dari Jepang, kendala harga juga jadi pertimbangan. Satu lagi, Maruti Suzuki pastinya ogah kesaingan dengan Indonesia.. makanya dikasih model model yang bosok.. !!

Suzuki Cappucino, nyebut namanya berasa seger hehe

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

6 KOMENTAR

Yuk Tinggalin Jejak Lads..