GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Kemarin ini kita baru disuguhkan skutik rahasia yang sudah jadi rahasia umum (bingung kan?) yaitu All New PCX 160 4 klep di Thailand. Skutik tersebut sudah dites media setempat dengan masih diberi lapisan kamuflase anti sensor kamera. Nah per hari ini skutik yang sudah duluan rilis di eropa dan Jepang tersebut akhirnya juga resmi rilis di Thailand. Berapa harganya? Gimana dengan spesifikasi yang ditengarai merupakan versi Asia Tenggara? Cekidot

Agar tidak pada bingung, sejauh ini belum ada konfirmasi apakah unit All New PCX 160 yang hadir di Thailand tersebut merupakan produksi lokal sana atau CBU. Soalnya ada yang nyebut nyebut PCX 160 merupakan produksi Vietnam, dan jika hadir di Indonesia harganya bisa mahal kekeke..

Mungkin lupa ya? Karena sejak All New PCX 2017 hadir, ada 3 negara yang diberikan hak untuk memproduksi masing masing, Indonesia, Thailand dan Vietnam. Indonesia ya punya sendiri, tidak lagi mengambil dari Vietnam seperti pada PCX CBU 2014 lalu.

Dan sebagaimana banyaknya info yang hadir di blog ini terkait skutik Personal Comfort Xaloon tersebut, sudah confirm kok bahwa All New PCX 160 4 katup Indonesia itu ya buatan lokal. Jadi harganya pasti naik tapi diusahakan tidak terlalu jauh (baca: bocoran harga All New Honda PCX 160 4 Valve Indonesia).

Bagaimana dengan produksi Thailand? Dan tepat seperti prediksi KBY, saat masih berkudung kamuflase (baca: All New PCX 160 Akan Dites Media Thailand), ada 3 varian yang dihadirkan. Cekidot tipe dan harganya;

  • PCX 160 Standar / Rem CBS Combined Brake System dijual dengan harga 85.900 Baht Thailand sama dengan Rp.39.745.251,39 Rupiah Indonesia
  • Honda PCX 160 ABS dijual dengan harga 91.900 Baht Thailand sama dengan Rp.42.550.269,78 Rupiah Indonesia
  • Honda PCX 160 e:HEV Hybrid dijual dengan harga107.500 Baht Thailand sama dengan Rp. 50.354.374,09 Rupiah Indonesia

Catatan :

  • Kurs THB 1 Baht Thailand sama dengan Rp.463,01 Rupiah Indonesia
  • Jika harga Thailand terlihat tinggi, itu karena konversi mata uang mereka yang lebih tinggi dari rupiah

Berbeda dengan di Eropa dan Jepang yang menggunakan mesin 125, semua All New Honda PCX hadir dalam varian 160cc di Thailand (dan juga Indonesia – Vietnam nantinya) baik Honda PCX 160 standar, Honda PCX 160 ABS bahkan varian tercanggihnya adalah Honda PCX 160 Hybrid yang sekarang diberi nama Honda PCX 160 e:HEV.

Tidak seperti namanya, All New Honda PCX 160 sendiri tidak benar benar mengusung mesin 160cc, melainkan hanya 156,93cc SOHC 4 Klep berpendingin cairan dan juga injeksi bahan bakar PGM-FI.  Oleh karena itu, di awal bocorannya, sempat diprediksi akan menggunakan nama PCX 157, ternyata dibulatkan.

Sayang sekali hingga artikel ini naik, AP Honda Thailand belum menunjukkan spesifikasi resmi seperti misalnya angka power dan torsi dari mesin esp+ All New Honda PCX 160 ini. Sebagai acuan, pastinya tidak akan terpaut jauh dengan Honda SH160 yang sudah lahir duluan di akhir 2019 lalu.

Shigeto Kimura San selaku Presiden A.P. Honda Co., Ltd., mengungkapkan:

“Tahun lalu adalah tahun yang paling menantang dalam dekade ini. Orang Thailand mengalami wabah COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang memengaruhi gaya hidup, karier, dan kepercayaan finansial mereka. Industri sepeda motor Thailand tidak berbeda. Industri ini terpukul keras.

Namun, paket stimulus ekonomi yang terus menerus diluncurkan oleh pemerintah Thailand telah meningkatkan perekonomian di akhir tahun. Honda berhasil mempertahankan kepemimpinannya, dengan 1,18 juta unit terjual, dari 1,52 juta unit yang terjual di seluruh industri.

“Meski Thailand masih menghadapi pandemi pada 2021, situasi secara keseluruhan dianggap menguntungkan, dibandingkan dengan negara lain di seluruh dunia. Tanda positif lainnya adalah rencana kedatangan vaksin yang meningkatkan kepercayaan diri semua orang.

Pemerintah sekarang berpengalaman dan telah menghasilkan langkah-langkah yang jelas untuk menangani situasi tersebut. Kami berharap industri akan tumbuh sebesar 1% dan penjualan secara keseluruhan akan mencapai 1,54 juta unit. Honda telah menetapkan perkiraan penjualan 1,22 juta unit, atau pertumbuhan 3%.

“Tahun ini, Honda bertekad menghadirkan teknologi baru, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Thailand dan lebih memfasilitasi gaya hidup mereka. Setidaknya, ada lima model baru yang rencananya akan diluncurkan. Berawal dari teknologi top runner, All New Honda PCX160 merupakan model A.T premium terbaru dunia yang telah dikembangkan untuk menjadi yang teratas dalam segala aspek.

Tidak hanya desain baru yang secara sempurna memadukan tampilan sporty dan sentuhan mewah, model baru ini hadir dengan performa berkendara yang lebih baik, diperkuat oleh eSP + 4 valve, mesin 157cc, dan rangka baru”

Bagaimana dengan di Indonesia? Undangan sih sudah masuk untuk tanggal 12 Januari 2020 (online launching) dan tanggal 15 (test ride). Hanya saja masih belum ada kepastian, mengingat AHM sendiri siap merilis dua produk dalam waktu dekat, All New PCX 160 dan All New CBR150R 2021 Upside down.. mungkin ada yang mau kasih bocoran? Wkwkw..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

29 KOMENTAR

  1. Kang K0bay,
    Kalau untuk makanan halal di Guangzhou itu gampang-gampang susah,hehe
    Karena sebetulnya ada banyak menu sayuran, menu mie, menu ikan, menu unggas (ayam-bebek), daging sapi atau kambing yang ditawarkan di sana.
    Jadi kalau gak pesen B4b1, ya gak akan dikasih.

    Yang agak sulit adalah memastikan bahwa tidak ada minyak b4b1 dalam
    masakan yang bukan berbahan dasar b4b1 ini.
    Misal kita pesan mie goreng, kadang perlu memastikan apakah pakai minyak b4b1 atau tidak, sebelum memakannya.
    Bisa tanya ke pelayan atau tanya ke orang lokal yang bersama kita.

    Inyong ke sana pas summer Kang,
    Lha dalah udara lembab-kering-panas.
    Kalau lihat pohon-pohon besar hampir gak ada anginnya Kang.
    Paling betah itu di hotel atau di ruangan berAC, karena adem,hehe

    Ada banyak tempat bagus di sana Kang,
    tapi pakai guide kayaknya lebih enak, karena lebih tahu daerah di sana, hehe

    Oh ya Kang,
    inyong terkezuuut tenan Kang,
    pas masuk ke mini market (kalau di mari itu semacam Indoramet atau Alfaramet)
    Ada banyak snack yang bungkusnya mirip snack di Indo Kang, wakaka
    Semacam ‘klonengan’ snack hehe (tapi ada aturan ‘no picture’, Kang)
    Lalu harga B1r itu murah meriah Kang, wakakaka
    yang botol besar itu 4RMP sekitar 8-9ribuan saja.

    Jadi kalau beli 20RMP saja sudah dapat 5 botol besar,
    Bisa nggleyeng, terbang ketemu Sing Gawe Urip xixixixi

    Gitu Kang. hehe
    Itu pengalaman ku Kang,
    Kalau ada pengalaman yang berbeda ya mohon maap.

  2. mang… mang.. saya mah lebih ngeri liat nilai tukar Bath vs Rp nya… ngeri amat mang eta… ceurik urang ningalina…

    • Kalau secara tampang New Aerox vs Vario ya jauh lah cakepan new aerox kemana-mana, 😂

      Sudah sering lihat new aerox dijalan ternyata makin cakep, lebih padat dan mewah, laris manis

  3. kepada bang kobay
    serius nanya, cariin info dong pcx yg skr bisa g didowngrade cc nya jadi 125 pake blok/piston vario, biar lbh irit buat ngojol hehe. udah males kebut2an

  4. Kok rodanya mirip sama nyemek.ya mang….
    Ada.2 depan belakang..
    Aahh ngekoor ini mah ….

      • Dan fans pun tak mau mengakui kalau produk junjungan nya skrg ngekor 4 klep + offside ikutann dong hehehe, fans dungu pun skrg sok bijak,

        tidak teringat dulu koar2 begini : buat apa matic 4 klep? Matic buat nyaman mau kencang ya pakai sport (padahal ngarep dibikinin 4 klep lah) begitu katanya tp sekarang junjungan nya dah ngekor 4 klep + ikutan offside juga hehe,

        Sekarang koar-koar H cukup 4 klep tanpa embel-embel vva/vtec buat lawan Y hehe ada-ada aja ya…, (padahal ngarep pakai vtech)

        • Kalau gw sih dari dulu selalu ngeledek, mesin skutik dari dulu sudah ada yang Pake 4 klep (Forza 125), kok ya ga mau dikasiin ke saudaranya yang Laen.. wkwkwk.. baru sekarang dengan alasan emisi 2021..

          VTEC? Ga perlu kalau cuma buat nambah nambah harga jual.. konvensional masih mampu naekin tenaga kok..

          Balik lagi ke mesin Forza 125 4 klep terkuat di kelasnya yg udah ada sebelum tahun 2014, ga tau deh siapa yang ngikut ngikut bikin 4 klep..

          • Emang Forza 125 4 valve dijual disini mang….?
            Kalo produk ga dijual disini meski uda duluan pake teknologinya, tetep aja buat first mover mang…
            Prinsipnya yang dijual disini duluan itu yang pertama…
            Mungkin bagi efbenyek tahun 2015 itu lebih dulu daripada tahun 2014 mang….

          • Ntar pasti ada efbenyek yang nyahut mang…
            Tuuh pigson uda 4 klep duluan….

          • Beda negara mang, tp diluar negeri pun pola nya tidak jauh beda dengan dimari yaitu ngekor… Contoh exciter150 vietnam terus di ekor oleh winnner150 (ngekor bikin bebek super)

            Vtech tidak perlu? Ya bisa bilang tidak perlu karena tidak ada, coba kalau sudah + vtech apakah akan bilang tidak perlu? 😂😂😂

          • Kalau sudah ada namanya bonus, kaya power mode, emang perlu? Gak, tapi karena ada ya bonus dan nikmatin aja.. wkwkw… VTEC tanpa H di belakang ya.. kalau vtech gada artinya soalnya 😁😁

            Soal ngekor kalo terus ditarik ke belakang gada abisnya, toh NMax lahir karena buat nyaingin pcx pada dasarnya, XMAx buat nyaingin Forza .. dst..

            Cibi buat gulung Vixion, Vixion buat gulingin Megapro, Scorpio buat hajar Tiger…

            🤣🤣

  5. Yang lain baru nyicil 4 kelep…Honda dah jauh duluan punya 😂
    Lagian 4 kelep yang lain plus Variabel pun setara dengan 2 kelep Honda.
    Tech rupanya kaga boong , tech yang lain itu rupanya tech Abal abal.dan Tawar 😂
    Fitur yang lain tsb pun fitur Abal Abal , fitur Kw – grade C 😂
    Yang lain tsb punya 1 tech unggulan yang gak dimiliki Honda , yaitu … Tech Mesin Jahit berjalan 😂

  6. Ya elaaah paje dijelasin mang….
    Percuma juga jelasin sampe ke pangkal2 sekalipun siapa yang duluan bikin motor roda 2, tetap aja ngeles ga mau terima…
    Palingan juga ntar efbenyek pada bilang Honda ga bisa bikin suling dan kendang…

    namek buat nyaingin PCX…? Serius mang seperti itu….
    Bisa2 ntar disawat sandal sama efbenyek looh mang..
    namek itu motor maxi skuter pertama disini mang, PCX yang ngekoor…
    Itu sudah menjadi sabda efbenyek yang ga noleh dibantah….

  7. @seriusnanya, latihan mainin gas aja bro, cc kecil ga jaminan lebih irit, Tenaga lebih besar kalo bisa manfaatin pasti bisa irit. Intinya gunain torsi sebaik2nya, jangan gebargeber. Selama pandemi pcx saya bisa 52km per liter.

    @mang kobay, vtech itu merk mainan anak bayi….

  8. Setelah di teliti mesin 167cc 4 klep ini 16.XX HP, sedangkan mesin 150cc 2 klep di boreup ke 180cc itu dapet 17.XX HP, berarti cuman beda 1 HP tapi beda CC jauh, bener” ghoib 😂

Yuk Tinggalin Jejak Lads..