GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sedang asik chat di grup wasap blogger dan komentator, salah satu dulur blogger sharing gambar mobil terlaris di negara Asia Tenggara 2020, artinya sepanjang tahun 2020 ada mobil yang terlaris di setiap negara masing masing. Untuk tahun 2020 ini ternyata memang produk andalan Toyota yang ibaratnya Lionel Messi di otomotif yaitu Avanza tidak lagi menjadi produk terlaris! Penggantinya adalah mobil hatchback dari Honda yang kerap diguyonin sebagai mobil terapis atau caddy.. dia adalah Honda Brio! Kok bisa?

Hubungannya Lionel Messi dengan Avanza apa kang? Ya tiap tahun Messi dapat anugrah balon d’or, Avanza mirip, dapat nomor 1 terus penjualannya wakakaka.. Maksa ye? 😀

Lain padang lain ilalang, lain negara lain pula produk otomotif terlaris alias yang paling banyak dipilih dan dibeli oleh konsumen. Pada gambar di bawah ini yang didapat dan dihimpun oleh seasia.co, lads bisa lihat ada 10 negara di Asia Tenggara dengan masing masing mobil terlarisnya..

KBY kurang paham kapan terakhir mobil Honda menjadi yang terlaris di Indonesia, kayaknya sih gak pernah ya? Bisa jadi ini rekor baru dan pertama kalinya untuk mereka (HPM) wkwkw..

Kita mulai searah jarum jam ya?

  1. Brunei: Toyota Corolla Altis
  2. Kamboja: Ford Ranger
  3. Indonesia: Honda Brio
  4. Laos: Daehan Shehzore
  5. Malaysia: Perodua Axia
  6. Myanmar: Suzuki Ciaz
  7. Filipina: Toyota Vios
  8. Thailand: Toyota Hilux
  9. Singapura: Honda Vezel alias HRV
  10. Vietnam: Hyundai Accent

Yang unik dan satu satunya adalah Laos, merek Daehan sepertinya produk lokal mereka, mirip merek sepeda ya? Wkwkwk.. Itupun jenisnya komersial/ pick up.

Sementara jika disaring melalui merek, maka pemenangnya adalah Toyota. Berikut jika dirangking dengan jumlah 10 negara di Asia Tenggara:

  1. Toyota: 3 model
  2. Honda: 2 model

Sementara merek lain dibagi rata di lima negara lain.

HONDA BRIO TERLARIS DI INDONESIA TAHUN 2020

Mengapa Avanza bisa dikepot dan disalip Honda Brio? Lads bisa baca melalui link ini (Honda Brio Kalahkan Avanza Yang Penjualannya Terpuruk). Nah di saat tutup tahun 2020 ini makin terbukti bahwa penjualan Toyota Avanza yang dari dulu bisa dikatakan selalu nomor 1 – jangankan disalip, didekati saja sulit – kini sudah terpuruk.

Artinya penjualan LMPV andalan Toyota ini memang kebanyakan mengandalkan fleet dan komersial/ wirausahawan, ketika pihak pihak yang terlibat dalam dua hal tersebut mengetatkan ikat pinggang di masa pandemi sehingga secara alamiah tersaring hanya mereka yang benar benar ingin membeli mobil, pilihannya bukan Avanza, melainkan yang menurut mereka lebih “mobil”.

Definisi lebih mobil di sini maksudnya, ya seperti model yang keren, enak diliat, nyaman, kencang, gak terkesan mobil sewaan/ ojek online sehingga pride-nya dapat dalam menggelontorkan uang ratusan juta tersebut. Mereka ini konsumen yang kebanyakan ingin beli mobil murni untuk digunakan, bukan sebagai ojol/ usaha..

Pilihannya mereka ini jatuh ke Honda Brio lads, ya termasuk yang LCGC seperti Brio Satya hingga yang termahal, Brio RS. Data dan faktanya menyebutkan demikian.. Honda Brio adalah mobil terlaris sepanjang tahun 2020 di Indonesia.

Nah itulah daftar mobil terlaris di negara asia tenggara tahun 2020.. Any complaints? Wkwkwkw..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

35 KOMENTAR

  1. Apalagi brio sekarang sudah ga tepos lagi. Kalau masih tepos mungkin penjualan ga sebagus sekarang

  2. itu berarti makin makmur terapis atau tambah menjamur spa dimana-mana, harga terapis melambung karena wisata alam banyak yg ditutup, jadilah wisata kamar 2×3 yang booming

  3. Jangankan brio, ertiga, expander juga ikut ngojol kok buat karyawan yg pulang ngantor biasanya aplikasinya diaktifin terus siap narik. Mayanlah bisa buat bayar cicilan sekalian bisa ngopi dan nongkrong diluaran!

  4. Kang K0bay,
    itu di masa pandemi, orang Kambodia malah beli Ford Ranger,hehehe
    Podo sugeh duwit opo yo Kang?
    Terus Singapore, tak kiro sing laris Ferrari Kang, hehe

  5. salut sama laos produk lokal di support biarpun mungkin produk rebadge…mungkin lho ya…

    • Banyak faktor sih mang, salah satunya mungkin kejelasan/transparansi ke masyarakat..
      Dari mulai proses hingga penjualan (after sales service)..

  6. mang kobay, kalo lcgc antara brio sama agya mending mana ya ? kalo soal” mobil gini blas ga tau soalnya…

  7. Tempat wisata banyak yang tutup, orang jarang bepergian luar kota jadi wajar kalau lcgc lebih diminanti selain juga faktor harga di saat pandemi.

    Konsumen lcgc ini kebanyakan adalah pemula atau yg baru pertama beli mobil (kredit tentunya) yg sebenarnya pingin avanza / inova / fortuner tp dana nya kurang.

  8. selera bangsa Indochina memang ajib ya…
    Ranger Hilux accent ciaz, daehan
    mungkin benr2 mikirin kenyamanan sama fungsionalitas sama value kali yak (apa mungkin di sana ngga ada barang overpreet)

  9. Jangan salah mang kobay, Suzuki Carry itu posisi 2 loh di bawah Brio alias ngalahin lord Avanza juga.
    Jadi pengusaha sebenarnya gak terlalu masalah dengan pandemi.

    • Nah gw setuju mang, pengusaha yang lebih butuh pick up gak terpengaruh, yg gw maksud lebih ke fleet mobil perusahaan..
      Sama yang buat ojol..

      Nice opinion anyway ☺️

Yuk Tinggalin Jejak Lads..