GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Tidak terasa si Gendis Yamaha Aerox R sudah menggunakan alarm motor DSS selama lebih dari 2 tahun. Namanya barang atau produk ya memang biasanya ada life span atau usia pakai, dari mulai batre remote-nya yang habis ataupun modul yang terpasang di dalam motornya. Nah kalau sudah mendekati batas usianya, biasanya muncul trouble atau masalah pada si motor. Salah satunya adalah motor gak mau hidup dan terkoneksi meskipun remote sudah dekat. Ini dia solusi alarm motor bermasalah, kenali penyakitnya..

Seperti pada jam, namanya remote, mau remote TV atau alarm motor maupun mobil pasti mengandalkan baterai untuk power alias dayanya. Dan jika baterai sudah terpakai habis, otomatis remote pun tidak berfungsi. Ini salah satu penyebab alarm motor anti maling bermasalah.

Solusi untuk masalah di atas ya gampang, tinggal buka remotenya, ganti baterainya dengan yang baru, dites nyala dan konek, selesai dan kelar masalah.

baca: Pasang Alarm Motor DSS Di Yamaha Aerox

Tapi bagaimana kalau sudah ganti batre di remote, sang alarm motor masih juga bermasalah? Kadang konek kadang gak, kadang lancar berhari hari atau berminggu minggu trus trouble datang lagi lebih sering.

Biasanya produsen alarm membekali atau memberikan dua buah remote untuk konsumennya. So kalau permasalahan di atas yaitu mengganti baterai sudah dilakukan, berarti bisa jadi remotenya yang bermasalah. Tes dengan menggunakan remote baru, jika lancar terus menerus, fix problem kelar..

Nah masalah terakhir pada alarm motor yang KBY alami adalah dimana dua hal di atas sudah dilakukan, baterai sudah bisa dikatakan 4-5 kali ganti dalam rentang dua tahun, ganti remote sudah juga dilakukan namun masalah kadang terkoneksi masih sering ditemui.

Bahkan kasus terakhir kemarin malam sampai Sena harus minta jemput dan motor pun distud karena sudah setengah jam motor ogah nyala, tiap tombol starter diaktifkan hanya suara ceklak ceklek pada modul di balik tebeng depan – btw stud motor ternyata gak gampang yes wkwkwk.. Makasih abang ojol yang udah bantu stud 😀

Akhirnya KBY kontak DSS (meski terlambat banget sih sampai nunggu motor distud), dan hari ini teknisinya datang. Opsinya ada dua, dicopot – artinya tanpa alarm, atau diperbaiki jika memang bisa dan biayanya masih masuk akal.

Setelah dibongkar ternyata modulnya yang bermasalah, tepatnya relay-nya sudah lemah, memang masa baktinya sudah selesai lads.. alarm konek dan bunyi tapi gak kuat ngangkat untuk menyalakan kelistrikan alih alih mesin motor.

Solusinya ternyata masih terjangkau, relay pada modul semua diganti dengan yang baru. Habisnya 200 ribu pas – masih masuk akal untuk usia pakai dua tahun lebih.. Videonya silakan ada di atas ya, termasuk nomor HP sang teknisi semoga bermanfaat mengetahui solusi alarm DSS bermasalah gak bisa konek ke motor.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

21 KOMENTAR

  1. Mau share nih mang, 3 thn lalu saya pernah nyaranin temen pake DSS ini di piksennya mang, berhubung agak jarang dipake walhasil setahun aki dah koit.

    Kalau sy sendiri sih, di 2 motor sy (aerox, vario old) pake kontak keyless pabrikan yg dikombinasikan sama alarm aftermarket. Dimodif dikit modulnya buat waterproofing+tambahan rangkaian buat auto mati keylessnya, plus immobilizer akal2an pake sistem ala tethering hotspot hp, alhamdulillah so far aman mang, di vario 2 tahun lebih aki no tekor2 😄

  2. relaynya model gimana? klo model umum ya bisa ganti yg merk lebih bagus. kalau relay biasanya penyakit di platinanya, klo kotor/gosong bisa di semprot contact cleaner.

  3. Sekedar sharing, Mang Kobay.

    Seperti sudah dijelaskan di artikel, memang semua alat ada life spannya. Dan suatu saat akan malfunction.

    Di industri, dikenal Murphy’s Law: “If anything can fail, it will”.

    Di industri, banyak digunakan sensor2 seperti fire sensor, flame sensor, vibration sensor, dsb.
    Untuk mengurangi failure, atau mendeteksi early malfunction, tiap sensor dicek dan dikalibrasi setiap beberapa bulan sekali.

    Dgn precautions seperti itu saja, masih sering terjadi “false alarm” bahkan “shutdown”. Padahal semua peralatan adalah “certified industrial grade” yg jelas lebih baik daripada “personal grade” seperti yg dipasang di kendaraan.

    Jadi kalo ada malfunction ya sebenarnya wajar, apalagi pada alat yg enggak pernah dicek atau dikalibrasi. Cuma jengkelnya khan kadang dia malfuction di saat yg enggak tepat. 😆

    Krn itu kendaraan2 saya enggak ada yg dipasang alarm, kalo motor ya pake gembok cakram aja.
    Di mobil pake kunci rahasia pasangan sendiri.

  4. Ane juga pake DSS smartkey karena kena racun mang kobay di motor Lexi ane.
    Pemakaian 1,5 tahun sudah kena masalah seperti mang kobay, alhasil dorong motor 1,5 Km sampai rumah. Ganti baterai & remote tetap ga bisa, telepon teknisinya agar ganti relaynya. Beli relay merk Bosch 20rb, diganti, jrengg.. Motornya bisa nyala lagi…

  5. Ane dah pake dss 3 tahun di r15 v3, kendala cuman sensor getar yang udah ga berfungsi. Kalo masalah mati mendadak pas lagi jalan beberapa kali pernah juga tapi abis ganti batre remot langsung jreng lagi.

  6. Baru kejadian awal bulan. Akhirnya dinaikin go box. Karna mau distud jarak tempat kerja kerumah mayan jauh 20kman. Ternyata liat di yutub ada yang saranin langsung ganti relay dari pertama beli

  7. Masukan ke maker nya bang.. Supaya pakai relay yg kualitasnya lebih baik dari yg dipakai saat ini, karena secara penampakan relaynya seperti barang murahan

  8. Remote satu TDK fungsi stater tapi bisa di bawa dalam keadaan hidup yg normal di tinggal ..saat dinyalakan TDK bisa harus pakai remote yg normal

  9. Tempat DSS satu rusak stater TDK bisa..tapi di studio remote normal bisa yg normal di tinggal yg rusak di bawa nyala terus mesin motor TDK mati saat di nyalakan TDK bisa

Yuk Tinggalin Jejak Lads..