Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Pada artikel tematis Kymco GP125i Indonesia yang selama beberapa hari ada di tangan KBY, sebelumnya lads sudah mengetahui konsumsi bbm sang skutik 125cc injeksi terbaru dari Kymco tersebut. Nah kali ini KBY mau bahas seputar performa mesinnya yang tentunya tidak akan jauh dari sisi handling termasuk kestabilannya saat dipacu kencang. Berapa top speed yang mampu diraih pada kesempatan yang ada? Cekidot lebih lanjut ke bawah yes..

Meski bisa dikatakan kurang relevan jika sebuah skutik dikaitkan dengan performa mesin apalagi top speed yang sebenarnya identik dengan motor berjenis sport, namun kita tidak dapat menutup mata, mau skutik atau bebek – faktor kemampuan berlari yang mencakup akselerasi hingga top speed pasti ditanyakan juga ujung ujungnya wkwkwk..

Oleh karena itu, meski bukan menjadi target utama dalam melakukan review keseluruhan dari Kymco GP 125i ini namun jika ada kesempatan di depan mata, maka saat itulah performa mesin skutik unik dengan lingkar roda 10 inci ini diperas sejadi jadinya..

baca juga jon: Konsumsi BBM Kymco GP125 Dipakai Harian

PERFORMA MESIN KYMCO GP125i

Kymco GP125i dibekali mesin 125cc dengan spek bore x stroke 2.06 x 2.28 in. Tenaga Mesin yang dihasilkan sebesar 6,51 kW (8.86ps) @8500rpm dengan Maks. Torsi Mesin 9,1 Nm @6500rpm.

Melihat diameter x langkah alias bore x stroke-nya, si GP125 ini karakternya overstroke, tapi justru yang dirasakan oleh KBY merupakan kebalikannya, alias semacam overbore.. Lihat maksimal torsi dan tenaga ada di RPM berapa.

Saat ngetes pertama kali, disentak langsung nyundul, wah galak juga nih awalannya. Bagaimana setelah digeber? Ternyata karakternya ada kesamaan dengan saudaranya yang berkapasitas 150cc, Racing King 150i.. Kalem sekaligus Galak! Bingung? Wkwkwk..

Kalau Racing King di bawahnya agak sedikit lambat, kemudian menjelang ke tengah hingga atas terus mengisi, hanya limiter yang membuatnya mencapai kecepatan tertinggi. Bagaimana dengan Kymco GP125i? Tentu tanpa adanya teknologi VACS yang mengatur bukaan katup air intake melalui servo karakternya ada perbedaan.

GP125i menghentak di bawah, untuk kemudian sedikit landai sebelum RPM mencapai 4000, kemudian kembali mengisi di 5000 hingga 8500 bahkan kalau treknya panjang banget bisa lebih dari 9000.. di sini juga letak keunikannya, pada speedometer terlihat jelas redline sudah dimulai pada angka 7000, padahal tenaga puncaknya ada di 8500.. secara umum, biasanya red line baru akan hadir setelah tenaga puncak terlampaui, masa iya salah cetak ya? wkwkwkw..

Selain angka red line, keunikan lainnya adalah limiter.. entah Kymco Indonesia mendengarkan keluhan konsumen pecinta Kymco atau ada hal lainnya, yang jelas semua produk Kymco yang sudah KBY tes mulai dari Like 150i hingga XCiting 400i kena limiter semua.. Tapi tidak untuk si GP125i ini.. lihat saja foto di bawah, sudah mencapai 9000 tapi gada brebetnya sama sekali.. Racing King? 9000 RPM dan sulit banget naik lagi..

TOP SPEED KYMCO GP125i

Jadi berapa top speed yang mampu diraih oleh Kymco GP125i Indonesia ini? Ada dua versi lads, yang pertama diraih oleh si Sulung, angkanya ada di 107km/jam dengan jarum RPM ada di angka 9000 kurang sedikit.. (lihat foto di atas).

Sementara versi KBY,  pertama dapat 106km/jam dengan jarum RPM ada di angka sekitar 8200. Kesempatan kedua dapat pas pulang ngantor, dapat 109km/jam, mungkin harusnya lebih kalau Pajero di depan gak ngambil jalan KBY wkwkwkw.. Well, prediksi pribadi top speed mentok di 112km/jam keknya.

HANDLING

Pastinya akan ada pertanyaan, bagaimana dengan handling dan kestabilannya mengingat Kymco GP125i ini hanya dibekali ban berukuran 10 inci? Saat bertemu jalan yang bergerinjul memang agak suffering, tapi tetap stabil sih lads.. Begitu juga di kecepatan tinggi, mantep lah kestabilannya.

Kelincahannya juga patut diacungin dua jempol, dengan paket performa mesin yang mumpuni, ban kecil dan bodi yang pas, ini skutik asik banget buat pecicilan wkwkwk.. Lincah, srebat srebet, zig zag, nyelip, nyempil, you name it lah.. Tapi itu juga yang sekaligus menjadi kekurangannya.. Bawaannya mau betot gas mulu euy, gak salah kalau KBY nyebut skutik nyentrik ini sebagai Baby Racing King!

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

25 KOMENTAR

  1. Mang..Kymco apa ada join production dengan Suzuki kah? Soalnya design rada mirip banget dengan Suzuki Nex versi Taiwan?

  2. Di artikel sebelumnya, Kang Monkey: “Foto2nye klik kanan artikel gw semua ye Oms?”
    Wakakaka, aku mung iso ngguyu, moco iki.
    Wah jan, piye to iki, Kang K0bay, malah klik kanan save as ….. hehehe

    Kang, kayaknya cukup demen sama Kymco?
    Apakah ada koneksi?
    Kalau ada koneksi, bilangin itu Kymco yang sport (naked RevoNex-fairing SuperNex) dibikin, pake mesin bensin disit juga ora papa.

    Suwun Kang

  3. andaikata seumpama jikalau apabila ring di ganti 12″ , apa akselerasi/top speed bisa nambah kang ?

  4. jadi inget waktu beli Kymco Easy – seken hehehehehe, niatnya biar dipakai harian sama istri … ehhh malah gak mau dia, soale makin di-gas ngacir getaran di stang makin gak kerasa tau-tau jarum spido udah mau ke angka 80

    jadinya kudu beli Mio smile deh, biar ada getar-getaran di stang serasa alarm kalo kekencengan hahahahahaha

  5. @babeh umar, emang parah banget tuh motor, under rated, padahal mah tarikannya sableng dan ga ada getarannya sama sekali. 8 tahun setelah itu saya beli beat karbu, dan wow . . . honda beat tuh sampah banget deh.
    sampe sekarang nyokap cuma mau bawa kymco easy kalo muter2 sekitaran komplek.

    ——
    masalah paling besar kymco ban 10inch ya polisi tidur . . . .

  6. Nah kesempatan besar bagi kimkoh , soalnya pangsa pasar Pecicilan gede di indo … Tinggal memainkan edisi khusus indo ( disain dan ukuran roda dan harga ) 😂

  7. dulu pernah cobain yang jok belakangnya bisa dinaikkin (yang modelnya acha sama cowonya), wuih itu motor enak (meskipun sebatas nyoba di arena prj).. tarikan mantap, rem mantap.

    praktis waktu itu motor yang getarannya halus hanya tuh kymco sama spin, mio & vario agmon sih kaco lah.

  8. Nah kan dah curig pasti ni motor aga boros ada apa2nya. ternyata emang pecicilan wkwkw. ayok donk kymco dilernya ditebar2 masa kalah sm ktm. buktinya abis nebar diler jadi juara seri

  9. cerita pengalaman paling lucu sama motor ya motor kymco easy 100,

    2001 pas beli ni motor, saya biasa pake astrea grand atw F1Z, dan saya ga tau gimana caranya naik motor matic (yakin deh tahun segitu juga banyak yang ga tau cara bawa motor matic).
    walhasil kymco easy 100 dirumah (yang umurnya belom seminggu) saya tabrakin ke tiang listrik karena saya asal main tarik gas aja . . .

  10. Kobayogas
    28/08/2020 at 12:29
    Laris kok, levelnya Kymco tapi larisnya..

    Balas

    ———–
    Kamu kezamm mang…🤣🤣🤣

    Bismillah siap beli baru akhir 5ahun😎😎👍🛵🛵🛵👍👍👍💪💪💪

Yuk Tinggalin Jejak Lads..