Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sempat hadir di awal dalam bentuk hasil spyshot saat lagi dites dijalanan dan sempat dirumorkan kalau motor tersebut akan memiliki nama penerus moge adventure legendaris Suzuki DR Big, namun ternyata tepat dengan ajang pembukaan EICMA Milan 2019, Suzuki Eropa merilis motor ini dengan nama baru, yakni Suzuki V-strom 1050 2020 sebagai penerus daripada Suzuki V-strom 1000. Meski namanya tidak jadi DR Big namun disebut ada warisan dari moge adventure raksasa dari Suzuki tersebut. Apa saja sih? Kita cari lebih lanjut yes.. cekibrot lads..

Dari desain ada perubahan dibanding V-Strom 1000, lampu menumpuk yang khas ditinggalkan, berganti dengan lampu kotak yang mengingatkan kita pada Suzuki Katana 1000. Tapi dari style sebenernya memang ada warisan motor dual purpose Suzuki yang bongsor dengan tangki edan 30 liter bernama Suzuki DR BIG.

Paruh bebek khas motor penjelajah berpadu windshield tinggi dengan setelan, menguatkan kesan motor jarak jauh. Tapi secara keseluruhan dari depan hingga belakang bulak balik, motor ini masih mencirikan sebuah V-Strom generasi terbaru yang juga dimiliki mulai 250cc, 650 hingga V-Strom 1050 terbaru 2020.

ini Vstrom lawas
v-Strom 250
V-Strom 1050 2020 terbaru

Tipe basic punya tampilan standar, dengan warna single tone dan pakai pelek casting serta minim fitur elektronik. Penampilannya gak bisa dibilang keren, tapi nyentrik dan tujuan menampilkan sosok tough alias tangguh sudah dapet banget kok. Ciri khas sebuah motor dual purpose, yang penting masih enak diliat.

SPESIFIKASI V-STROM 1050

Dari sisi spesifikasi mesinnya, dari kodenya saja sudah ketebak, kubikasi mesinnya meningkat dari semula hanya 1000cc menjadi 1037cc DOHC berpendingin cairan, tapi ga tau kenapa namanya dibulatkan terlalu jauh jadi 1050 hehe.

Seperti produk Suzuki berkode V, maka V strom 1050 ini menggunakan konfigurasi V engine 2 silinder. Tentunya ini menjadi pembeda dengan para kompetitornya seperti misalnya Honda CRF1100L Africa Twin yang menggunakan mesin 2 silinder inline, kemudian ada BMW R1250GS dengan konfigurasi mesin boxer yang khas, juga Versys 1000 yang pakai inline 4. Dipikir pikir gada yang mirip ya? hehe

Mesin baru yang sudah mendukung regulasi Euro 5, V-strom 2020 ini memiliki power puncak diangka 79.0kw atau setara dengan 107.4PS pada putaran 8500rpm dan torsi diangka 100 Nm pada 6500 rpm. Dipikir pikir tenaganya gede juga yah.. Mau dibawa kemana ya dual purpose segede gaban gitu mesin dan tenaganya 😀

Frame-nya tidak berubah, masih pakai versi lawas, begitu juga dengan kaki-kaki yang menggunakan ukuran 10/80R19M/C 59V untuk depan dan 150/70R17M/C 69V untuk belakang, suspensi depan pakai KYB upside down, juga kapasitas tangki yang muat 20 liter BBM, dan diklaim bisa dibawa irit hingga 24,5 km per liter.

FITUR ELEKTRONIK

Keunggulan sang V-Strom terbaru ada di fitur elektroniknya lads, selain lampu depan dan belakang sudah LED, panel speedometernya juga keren dan sudah full digital, pergerakan dan delivery tenaga dikontrok akurat dengan Throttle by wire sehingga punya riding mode, kemudian ada sistem hill hold assist, rear wheel lift control, combi brake, traction control, cruise control, cornering ABS yang kesemuanya terintegrasi dengan Suzuki Intelligent Ride System (SIRS).

Fiturnya khas motor penjelajah, sudah ada USB charger, rem ABS dan traction control disemua varian.

VARIAN V-STROM 1050 2020

Terakhir, Suzuki V-Strom 2020 ini punya 3 tipe, antara lain tipe standar pakai velg diecast sedangkan untuk tipe XT pakai velg jari-jari dengan tambahan fitur dan aksesories yang lebih lengkap serta warna-warna yang lebih sporty ada warna kuning dengan jok warna biru dan velg emas, juga warna merah putih serta warna hitam.

Varian tertinggi ada tipe XT Adventure, memiliki semua fitur XT ditambah dengan tambahan pemanas hand grip dan sepasang side case 37 liter. Simak deh foto fotonya lads..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

3 KOMENTAR

Yuk Tinggalin Jejak Lads..