Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Tergelitik dari salah satu komen di blog ini, yaitu mamang Yudi dalam artikel daftar pemenang Kontes Desain Jok Motor MBTech. Dirinya mengatakan “Rata rata yg menang kebanyakan yamaha,berarti Mb tech punya yamaha (kata fbh)”. Gimana gak ngakak coba wkwkwk.. Tapi ucapan mang Yudi itu gak sepenuhnya salah jika kita kaitkan dengan hal modifikasi atau penjualan aksesoris, kenapa? Nah mau tau? Berikut opini KBY berdasarkan hasil pemantauan ringan dari karakter para fans boy pabrikan. 

Adalah hal lumrah jika pabrikan (ATPM) mencoba “usaha sampingan” atau “side job” dengan menelurkan part yang bisa disebut sebagai aksesori untuk para konsumen yang menyukai modifikasi. Biasanya kalau dari pihak ATPM jenis aksesorisnya lebih ke yang sifatnya ringan ringan saja, misal untuk skutik ada floor mat alias karpet dek, atau cover knalpot hingga windshield, sementara untuk model sport ada tank pad, fuel lid hingga tail tidy. Ini berlaku untuk semua pabrikan, mau Honda, Kawasaki, Yamaha dan Suzuki bahkan pabrikan non Jepang juga sama.

PERBEDAAN KARAKTER FANS BOY

Jika lads memperhatikan di pasar, paling banyak tersedia aksesoris atau part modifikasi itu untuk motor apa? Paling banyak loh ya, tar ada yang jawab Suzuki juga banyak, Kawasaki juga, sekalian aja MV Agusta wkwkwk.. Sudah ketebak? Kalau jawabannya Yamaha, ya betul sekali.

Kenapa aksesoris atau part modifikasi untuk motor Yamaha itu paling banyak di pasaran? Karena tentunya ada demand alias permintaan yang banyak. Kalau gada permintaan ya gak bikin, permintaan sedikit? Ya bikin sedikit, produsen juga ogah tekor dong hehe. Emangnya bikin part aksesoris gak pake modal? kekeke..

FANS BOY YAMAHA (FBY)

Hadirnya permintaan yang banyak itu ya karena karakter fans boy atau para pemilik Yamaha itu sendiri. Sudah cukup lama KBY perhatikan, pemilik motor Yamaha (FBY) itu paling konsumtif dibanding pemilik motor lainnya. Sejak vixion, Byson, Scorpio hingga R15 dan R25, lalu era skutik dimana Mio merajalela, hingga NMax yang paling banyak dimodif, fans boy Yamaha itu karakternya memang senang modifikasi.

Begitu juga part modifikasi, untuk balap misalnya. Yamaha terkenal konsisten mengadakan ajang balapan dan pesertanya selalu banyak, oleh karena itu banyak produsen part modifikasi yang terkesan lebih banyak mensuport Yamaha dibanding merek lain, misal TDR deh, part untuk Yamaha porsinya bisa 80% loh. Itu karena untuk balapan ya Yamaha yang paling getol. Makanya tim balap Yamaha bisa memiliki banyak pilihan di pasaran.

FANS BOY HONDA (FBH)

Sementara karakter Fans Boy Honda (FBH) kebanyakan (baca: kebanyakan, artinya gak semua) lebih kolot atau konvensional, menyukai dan mencintai sang motor apa adanya. Baru belakangan ini saja demen modifnya setelah desain desain motor Honda menarik untuk diulik. Tapi tidak sedikit juga yang sudah puas dengan desain motor yang ada, ya karena emang sudah pas menurut mereka desainnya.

Karena permintaan sedikit, wajar kalau produsen aksesori dan part modifikasi juga jarang menyediakan untuk sepeda motor Honda. Kalaupun ada ya biasanya cukup mahal, karena perputarannya lambat, modal kudu balik secepat mungkin wkwkwk..

Tapi memang gak semua tipe, misal Honda Scoopy aksesorisnya pasti paling banyak dibanding Yamaha Fino, karena paling banyak dimodif itu Scoopy, jumlah penjualan juga masif Scoopy.

FANS BOY KAWASAKI (FBK) DAN SUZUKI (FBS)

Kalau bicara FBK, gakan jauh dari motor yang menjadi mesin uang Kawasaki, apalagi kalau bukan Ninja hehe. Nah untuk tipe Ninja baik 250FI maupun 150 2 tak, karakter FBK akan mirip dengan FBY. Aksesoris dan part modifikasi bejibun, tinggal pilih merek aja disesuaikan dengan isi kantong. Posisi kedua R25 dan paling sulit dan mahal itu punyanya CBR250RR.

FBS punya karakter mirip FBY, tapi itu dulu waktu Suzuki Satria lagi menjadi andalan penjualan. Sangat jarang kita mendapati Satria karbu dalam keadaan standar, ada saja yang diganti meski bersifat aksesoris ringan. Nah di era Satria FI, kedigjayaan penjualan parts aksesoris dan modifikasi mulai kendor, beralih ke GSX-R150 tapi dari sisi volume modif masih sangat jauh dibanding era Satria karbu. Alhasil FBS mulai mendekati karakter FBH, terima dan cintai apa adanya.

GSX-R150 samehada

FANS BOY VESPA (FBV)

Para pecinta Vespa karakternya mirip dengan FBK, yaitu hanya terlihat gila gilaan di satu tipe saja yaitu Vespa. Seperti halnya Ninja dan Satria Karbu, sangat jarang kita temui Vespa yang benar benar standar. Dan karakter harganya juga mirip dengan CBR250RR tapi lebih parah. Pilihan pun terbatas, misal Pollini atau Malossi, Zellioni buatan Taiwan menjadi penyelamat dengan kualitas oke harga lumayan terjangkau.

 

Gimana? Ada tambahan lads? Ngaruh kan perbedaan karakter Fans Boy dengan penjualan aksesoris atau part modifikasi?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
    • Twitter : @kobayogasblog
    • Instagram: Kobayogasblog
    • YouTube channel: Yogas Kobayogas
    • Path: Yogas Kobayogas.com

44 KOMENTAR

  1. tpi buat cbr250rr kan banyak pilihan skrng, apalagi dari layz motor wkwkwkkwk
    part modifikasi jg banyak kalau pemberitaan motor sebelum launching boomingnya luar biasa, makanya cbr250rr banyak part modifikasinya.

    klo produk” yamaha kebanyakan di modif krna standarnya kurang enak di pandang ( fact ) wkwkwkwk kayak NVA banyak aksesorisnya krna masih ada yg kurang dan untungnya wktu itu laris kayak kacang.. skrng New vixion? sudah sedikit, liat motornya aja di jalan sedikit, pling klo modif cuma ban cacing sama perintilan” yg warna warni kgk jelas dan ga berguna itu hahahaha, udah gitu doang wkwkwk

    intinya skrng mah untuk modifikasi kgk ada fansboy Y, H, S, K ,V.

    yg ada fansboy ban cacing.. dari matic sampe Moge 250cc di kasih ban cacing ( ga ada otaknya wkkwkw)

    • Hehe.. Iya skrg Honda trik nya tiap produk baru disertai versi modif

      Soal model Yamaha.. Gak sedikit yg bilang gitu.. Dimodif soalnya model standar kurang enak diliat hehe

  2. klo menurut saya mah mang hanya berdasarkan motor atau tipe yg paling laku/banyak….semakin laku/laris/banyak motornya makin banyak part aksesoris nya….karna hukum alam ekonomi kan seperti itu….mengikuti demand ….cmiiw

  3. Karena honda itu elegan, se-elegan para enthusiat.nya 😂😂😂
    Gk suka modifikasi norak (warna-warni) maupun mngesampingkan kselamatan demi sbuah tampilan. .wkwkwk

  4. kang hari minggu kemarin ada di M10 kalimalang ya ? waktu mau pulang naik mobil papasan kita =))

  5. Masa muda saya sukanya modif aliran roadrace. Tampilan minimalis asal tdk melanggar UU lalin. Yg penting knalpot kolong, suara karbu ngorok, velg almu jari2, berlari kentjang. Sekarang masa2 modif sdh lewat. Motor apapun yg dipunyai maunya std aja. Malah lagi pengen punya motor listrik…

  6. Sebagai fansboy KTM saya paling sedih. Pingin modif sana sini tapi barang susah plus mahal… *curcol,

  7. Yamaha buat motor tanggung
    Yah mungkin alasan diplomatis petingginya ada benarnya membuka peluang untuk yg lain
    Contoh aerox, knp gak d ksh cakram belakang?
    Tanki jga kekecilan
    Ya gtu deh…..
    Model kurang oke jga sih, memang yamaha mundur d desain kebalikan dg honda

  8. intinya ya mang?? si honda kgk usah operasi plastik karena emg udah ganteng dari lahir.
    klu si yamaha perlu di operasi plastik & berpakaian mewah untuk bisa tampil menarik..karena emang jelek dari lahir…😂😂😂😂

  9. Motor Honda aneh aneh bentuknya. Jadi dimodif malah jadi norak.

    Cbr250 aja. Cobak dipolosin jadinya jelek. Makanya pada dikasih decak setiker yang gambarnya heboh heboh katanya. Jadinya ya norak.

    Yamaha bentuknya luwes. Jadi mau dimodif apa aja ok.

  10. Kang Kobay anggota Fans Boy apa?

    FBH (Fans Boy Haruka) atau
    FBY (Fans Boy Yoona) atau
    FBK (Fans Boy Kim-Kardashian) atau
    FBS (Fans Boy (Kakek) Sugiono)?

    *Ini bukan tentang motor ya….. ojo nesu.he

  11. Berarti fby kantongnya lumayan ada,beli accesories kan lumayan nguras kantong,meski fbh selalu ngomong jas jes jos doang

  12. Prtanyaanya Tapi knp mang, benci bngt sm fby. Pdhl fbh dan yg lainya sama aja. Sama2 bosok…ekekekkekk

  13. Beda FBH rata2 kalem.. or dewasa.
    Klo FBY dewasa Biologisnya Doang..
    Mentalnya labil..

  14. Justru fby duitnya pas2an…
    pengen bagus/ganti suasana, dananya utk modif motornya..

    Fbh?
    Bosen, ya ganti motor beli lg yg baru…

    Xixiixi……

    Silakan cek data penjualan, dmn Honda makin taun makin naik penjualannya
    Logika mayoritas awam = gak bijak dana modif > harga motornya
    yg bilang jabelan kredit macet kebanyakan merk Honda = numbers law; yg kredit macet gak lama lagi ngambil motor Honda lg (dengan data pribadi yg berbeda lg)…

  15. Bener juga ya, ini saya lg makan bubur ayam dipinggir jalan sambil baca artikel mang kobay lebih sering liat nmax lewat pake side box, vixion pake half fairing, yg nggilani ada mio pake ruji ban cacing

  16. Lah, yang aneh di grup fb suzuki GSX R150
    Mereka sering over pride, motor mereka dikata paling sempurna, paling rupawan, paling ganteng, ngatain R15 motor plastik atau cbr motor gepeng
    Tapi di saat yg sama banyak anggota grupnya yg modif pake lampu ala panigale, masih mending r15 pake topeng ala r1 atau cbr150 ala 250rr, lah ini beda merk cooyy

  17. Kalaupun sama2 dimodif, karakternya beda. Modif alay ya hasilnya alay juga cara bawanya.

  18. mau apapun motornya tapi balik lagi ke masing” orangnya,, intinya modif itu biar beda sama yang lain,,

    salam knalpot EEeeemmmMMbeeerrrRR.. wkwkwkwk

  19. @bagolmeong
    Yup bener bgt nih
    Dulu jga sama modif blade ane 1st gen typicalnya sih kira2 :
    Pasang cakram lebar depan model tzm atau psm, shock standar per merah atau yss 400rbuan
    Kopling full manual die cast atau bor2an pke stut ts punya, head korekan min port n polish papas 0,3mm, piston bore up punya motor lain sekalian d buat jenong, cam bubutan atau pke yg udh jadi, knalpot road race model, karbu king, pwk or pe series, ban ukuran persis road race kadang pke ban road race jga, dulu terkenal battlax, fdr evo xr or sport xr kompon intermediate dkk, fdr mp series jga suka d pke tpi resiko kalo hujan sih licin beud
    Velg standar cw suka d cat belang depan belakang atau d cat kontras dg body
    Body suka d copot stripingnya atau standar tpi bersih n kinclong
    pasang footstep underbone tpi nyiksa bgt buat harian jadi standar aja
    Stang d ceperin n d bengkokin, tpi ane gak suka sih standar aja,
    Inget bgt dulu blade 1st gen ane, modif begtu tpi karbu msh standar lepas filter, lumayan buat ngasepin jupie mx 135 knalpot ala2 race, padahal cc cuma 118cc modal piston jupie os100, cma bensinnya mnta min pertamax atau plus, tpi msh bsa tembus 45km/l lumayan bgt dah, nyebelinnya suka d pnjem temen2 bwt tarik2an n adu drag race gak jelas dateng2 bensin full sorenya udh tgl 1/2 tank aseem dah
    Temen gw punya fu 150 lawas tpi modif kebalikan dri ane model thai ban cacing, gile larinya edaaan, bedanya blade ane msh bsa ajak rebah extreme dia belok aja motor mesti tegak, Ha.. Ha.. Ha..

  20. hahaha bru kli ini ya mang ada yg bilang cbr250rr jelek, sepertinya beneran fansboy yamaha yg buta wkwkwkwk

  21. Temen gua punya cbr250rr tiap hari gua bisa liat. Yang terjadi sekarang dia udah bosen urus. Plastik itemnya jadi putih, banyak sarang debu..

    Pokoknya makin diliat bukan makin manis tapi bikin puyeng. Motor kok gak jelas bentuknya, cuman yang penting banyak tonjolanya..

    Kalau dinaikin kayak naik kambing. Motornya kekecilan kesannya.

    Sedih gua liat.

  22. @kusno, ga usah bohong lah, jujur aja cbr250rr tuh emang keren, saya ngomong gini bukan karena saya FBH.
    tapi sebagai FBH tulen, saya ga suka sama bentuknya cbr250rr, bentuknya bukan honda banget sih.

    ——
    untuk selera modif mungkin mengacu pada segmentasi motornya juga sih.

    dulu motor honda targetnya kalangan awam, jadi kalo pun dibeli pasti dibiarin standar aja, beda kasusnya sama yamaha, yang beli karena pengen yang beda.

    bisa dilihat dari kasus Mio generasi awal yang banyak banget aksesoris modifnya, karena pada masa itu motor skutik bukan kebutuhan, biarpun mio laku banget.
    setelah mio tumbang sama beat, apa iya beat banyak yang dimodif? sepenglihatan saya sih enggak, soalnya setelah mio tumbang, posisi beat bukan sebagai motor lucu2an era mio, tapi full jadi motor sehari2, yang penting bisa ngglinding tu ban.

    sekarang honda pun main di kelas enthusiast, biarpun tetep dibeli karena reliability nya juga sih, hasil dijalanannya pun bisa kliatan di motor2 yang agak segmented kadang modifnya lebay juga kok.

    jujur aja sih, sebagai pengguna PCX lokal, saya paling males kalo liat PCX modif grafis full warna plus lampu2 pawai, beserta tambahan2 body dempul atw pun plastik2an.

  23. Gak enak dipandang? Situ waras? ahahaha… tengok fizr, rx king, jupiter series,vixion series dan nmax… Saya setuju sekali dgn artikel ini, sedikit tambahan kenapa motor yamaha itu paling banyak part modif nya karna modelnya yg keren… Coba bayangin klo motor supra125x dikasih underbone ya wagu bro… ga nyambung kali ahahaha…. tp klo fizr dan jupiter z dikasih underbone ya klop..! Cocok dan makin racy…

  24. Gak enak dipandang? Situ waras? Soal desain yamaha itu best of the best dibanding merk lain bro…., intip desain fizr, rx king, jupiter series, vixion series dan Nmax, motor keren itu klo dimodif akan tambah keren, beda klo motor wagu dimodif malah tambah wagu…contoh nih coba bayangin klo motor supra x125 dikasih underbone apakah cocok? yg ada lucu dan ga nyambung, tp klo jupiter z burhan dikasih underbone ya tambah ganteng bro, tambah sporty n racy….

  25. Kalo selera modifikasi saya itu sleeper, tampang boleh standar, tapi laju menggemaskan.
    Cuma ya gitu nasib pengguna motor Suzuki, jarang yang bikin part2 performa, cari paket blok + head bore up buat Shogun FL aja gak ada yang bikin (macem BRT, TDR, SRP, Moto1, you name it) adanya buat FU atau GSX doang. Terpaksa nya ya bikin sendiri di bengkel.

  26. pengguna motor Honda banyak bapak2 dan emak2
    mereka gak perlu modifikasi, yg penting motornya bisa jalan dari point A ke point B PP.

  27. Saya punya H, J (Jia Ling), K, S, Y, semuanya standar.
    Eh enggak semua ding, soale ada yg pake pelek Chemco ama ban Battlax.

  28. Banyak jualan tp banyak juga tarikan bang, Krn kredit macet d 6 bln prtma, knapa ya bisa bgitu…..produk h msh mendominasi jumlah tarikannya d bandingkan produk y….

  29. ha…mana mang fansboy Pulsar ga ditulis sekalian??? banyak loh yang modifan (malah hampir semua) palagi yang GS 1200 wannabe

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.