test ride honda rc213v-s 2017 indonesia

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Suatu pengalaman luar biasa dan sangat berkesan karena bisa mengetes motor gede superbike yang gres seharga Rp. 7 milyar lebih, test ride Honda RC213V-S, sebuah motor yang diklaim sebagai replika dari RC213V besutan duo pembalap Honda Repsol di MotoGP. Bertempat di Sirkuit Sentul Bogor, seperti apa sih rasanya numpak moge spesial ini? Nah ini adalah reviewnya, ada tentang impresi, handling dan tentunya top speed yang bisa dikail..! Yuk geber dulu!

 

Sedikit tentang Honda RC-V series, dimulai sejak kode RC211V sebagai generasi penerus NSR500 bermesin 2 tak yang punya arti RC sebagai racing alias motor balap, kemudian 21 adalah buatan abad ke 21 dan angka 1 menandakan sebagai generasi 1 alias pertama, sedangkan V di belakang mengindikasikan motor ini punya mesin berkonfigurasi V, bukan flat/ inline.. kemudian lahir lah RC212V dan yang terbaru adalah RC213V sebagai generasi ke 3.. nah RC213V-S merupakan versi street legal dengan pilihan racing kit (sport kit) untuk membuat performanya maksimal.

baca juga: AHM Rilis Honda RC213V-S Untuk Dijual Di Indonesia!

ERGONOMI RC213V-S

Ergonomi sebenarnya cukup asik, lebih seperti motor berkapasitas 250 – 600cc, bobotnya RC213V-S ini pun ringan alias enteng untuk sebuah moge yang masuk kategori superbike.. Hanya saja setelah berada di atasnya dan mengendarainya, levelnya terasa berada di atas Honda CBR1000RR SP, iyalah ini kan ceritanya replika motornya Marc Marquez dan Dani Pedrosa di MotoGP..

Yang jelas, CBR1000RR SP Fireblade MY 2016 lebih terasa user friendly dibanding RC213V-S 2017 ini, mulai dari respon rem, tuas kopling hingga tuas persneling.. Untuk Honda RC213VS butuh adaptasi lebih lama lagi, tentu 2 lap (1 lap terakhir langsung masuk PIT) gakan cukup sama sekali.. Remnya sangat sangat responsif, tuas kopling enteng dan tuas persneling terlalu pendek sehingga kaki yang terlapis sepatu riding butuh posisi yang enak atau pas agar perpindahan gigi bisa makin sigap..

test ride Honda RC213V-S
sementara pake foto ini dulu, dari AHM lom ada wkwkwk

Pada dasarnya KBY merasa Honda RC213VS ini seperti kebanyakan moge lain, gada yang perlu ditakuti apalagi seat height-nya masuk kategori cingcai, apalagi bobotnya enteng meski jinjit tapi aman lah.. Bayangkan dengan MV Agusta F4 yang pakai sepatu riding aja cuma bisa nempel ujung jempol kaki doang wkwkw.. So, gak diingat ingat lah soal harganya, fokus ke adaptasi riding aja haha..

TEST RIDE HONDA RC213V-S PERFORMA TERBATASI LIMITER

Sebelum mencoba moge milyaran tersebut para peserta diajak melakukan screening terlebih dahulu dengan beberapa line up moge Honda seperti CBR1000RR SP Fireblade, Honda CBR650F dan Honda CB650F. KBY dengan nomor 007 kaya James Bond kebagian si Fireblade. Di depan KBY ada Dimas Ekky sebagai RC, di belakang ada Reza Danica sebagai pengawal, Jodie Motovlog, Den Dimas Buburayamracer dan Andi Gilang sebagai Sweeper..

screening trek pake moge lain dulu

Sesi screening gak bisa kenceng, selain ditahan Dimas sebagai RC, screening ditujukan untuk menyaring peserta juga katanya lads, selain 2 pemenang yang pasti bakal nyoba RC213V-S dari Motogp Street Experience.. Buktinya Galy Wijaya Motovlog (dulu juga om Leopold) gak lolos screening dan terpaksa cuma ngetes RC213VS terbaru cuma di trek lurus doang hehe..

Spesifikasi Honda RC213V-S adalah bermesin 4 silinder V-4, 4-stroke, DOHC, 4-valve, 6-speed, berpendingin cairan (liquid-cooled) dengan kapasitas 999cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 156.78HP/11.000 rpm dan torsi 102 Nm/10.500 rpm untuk versi standar ya.

Meskipun sangat paham dan mengerti bahwa performa Honda RC213V-S Indonesia ini sengaja dibatasi untuk keamanan dan juga karena harga yang sangat mahal 😀 Tapi tetap saja kayak sayur tanpa mecin, hambar wkwkw.. terutama RPM nya yang cuma diset gak sampai 7000.. benar benar bikin frustasi sih sebenarnya hehe.. lagi enak geber tau tau ngeden.. dan KBY jadi sering banget kena karena pergerakan RPM yang sangat cepat.. Tau tau udah ketahan.. Yah paling gak 10rb lah..

Meski demikian, terasa memang lonjakan tenaganya saat RPM ada di 5000-an, jengat dan langsung melesat.. bawahnya agak terasa ngempos atau lambat.. Top speed Honda RC213V-S yang bisa KBY raih di sentul dengan segala keterbatasan adalah 183km/jam, gas belum mentok tapi ya rpm sudah ngeden di 7000.. Perkiraan kalau dilepas sih 270km/jam bisa diraih di straight alias jalan lurus Sentul..

Lha MV Agusta F3 675 dan Brutale 675 saja bisa KBY geber hingga di atas 240km/jam.. (baca: Video Geber MV Agusta F3 675 di Sentul).

HANDLING HONDA RC213V-S AJIB

Catatan sangat positif lahir dari handlingnya yang superb ajib.. Gerakan ke kiri dan ke kanan serta saat menikung cepat si Honda RC213V-S sangat penurut, bahkan di tikungan R3 dan R4 yang menjadi momok bagi KBY bisa dilibas dengan mudah dan cukup percaya diri.. Dari sisi ini sih puas banget meski pengennya nambah dua lap lagi lah biar lebih memahami karakternya hehe..

Sayangnya, perpaduan kacamata Nike dengan Arai RX7X benar benar gak klop, beberapa kali KBY terpaksa harus mengoreksi posisinya karena turun terus ke bawah hidung akibat keringat plus terlalu longgar di bagian kuping hadeuhh.. Next time kudu ganti frame atau pake soft lens aja lah sekalian kalau mau pake Arai.. Jadi kurang maksimal euy 🙁

The VERDICT

Untuk rider amatir, numpak RC213V S street legal ini butuh adaptasi, karakter dan feelingnya memang lebih ke motor balap, bagi biker yang racing minded atau track day puritan mungkin lebih cocok dan gakan lama untuk beradaptasi, misal om Feby ketum MVOCI..

Pun begitu KBY sangat berterima kasih kepada AHM dan HC3 Division yang telah mempercayai akan kapabilitas KBY dalam mengendarai moge selama ini sehingga dipercaya dan diberikan kesempatan untuk menggeber motor replika MotoGP – test ride Honda RC213V-S terbaru seharga Rp. 7milyar lebih ini.. Gak semua blogger dapat kesempatan dan KBY beruntung mendapatkannya..

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

47 COMMENTS

  1. Kok pelan ya padahal udah 1000cc DOHC di 7000rpm cuma 183kph.
    Makanya bay, klo lu mw full performa lu beli, lepas limiter terus beli resing kit nya (duid lagi). biar bisa gaspoll…

    :v

    NB. Ama RG250 tarikan njengat mana? RGV250 di 10rb rpm kan yak, ini 7000 beda dikit laaa

  2. Yah klo di limit brati gk bsa bnr2 rsain performanya dong mang..? Klo cma dpt 183kmh sih motor 600cc jg bsa lbih dri itu. 😧😅

    • Cbr fireblade 188hp tapi berat 190kg bro…ni bocah 157hp berat cuma 160kg an…PWR nya menang rc bro…ya kalo ga mau standart pake racing kit HRC tenaga naik jadi 210hp kalo ga salah.

      • tapi klo dibandingin ama Suter MMX ya menang Suter MMX kemana2 195hp/127kg top speed excess 310kph. Itu power dibikin flat ama Suter tergantung permintaan.

      • Bruce Anstey bawa YZR 500 akhir 88-89 di IOM, ROC Yamaha pakai mesin lawas power on wheel 170hp berat 101kg. Klo yg Rainey bisa 180-190hp di awal tahun 1990 berat 110kg.

  3. “Buktinya Galy Wijaya Motovlog (dulu juga om Leopold) gak lolos screening dan terpaksa cuma ngetes RC213VS terbaru cuma di trek lurus doang hehe..”
    ah buka aib aja nih mang …. wkkkk…
    Peace

  4. Kan sudah ku bilang ini motogp dagelan bukan sebenarnya motogp milik marc/dani ya jelas ora dijual, mesin cbr250rr itu disarungin body resik V, 7rb rpm limit biar mesin awet dan gak ambrol jebol, analisa kalau rpm mesin di setting poll 14rb rpm, nanti malah malu serasa sama dengan moge biasa 1000cc

  5. Sayang dibatasi rpm, padahal kalo diperhatiin, buat sekelas honda 7miliar kayaknya kecil dah..

  6. Sepertinya sensasi handling yg diunggulkan, selama ini penasaran dgn sembalap motogp yg seperti mufah nekuk motor ditikungan dgnnkecepatan tinggi…harusnya fijelasin bang kobay nikung rebahbdi kecepatan brrapa…penisaran… 😀

  7. sengaja Mang ngetest nya gak boleh lama-lama … takutnya Mang Kobay panas dingin tidur gak tenang mimpiin numpak si RC213V terus

  8. Perut mentok tank gak kang kobay,,???
    Kapan ya,, geber honda beat tanpa rem aja udah gemeter lutut saya kang.

  9. Yah cuma 180km/h, cbr250 irs aja sanggup 199km/h.

    Ane kira nikungnya ala flat track trnyata…?
    #ahsudahlah
    #peace_mang_kob

  10. Ni motor aslinya bisa kenceng..
    Sama ahm disetting limiter 7000.
    Ga mau rugi mereka..resiko gede broo..

    Kemarin sempet rer wheel steering mang?
    Kaya mm93

  11. Alhamdulillah… Blogger andalan gue sudah incip2 Resik V #eh…
    Btw.. Ntu pedal rem belakang di iket jg gk mang sama karet ban bekas??

  12. Alhamdulillah Mang.. gak semua orang bisa nyoba tu motor seumur umur..ane aja dah seneng jadiin background picture d laptop..
    Sukses terus kobayogas.com

Yuk Tinggalin Jejak Lads..