CBR

Suzuki Siapkan Skutik Bongsor Berkapasitas 180cc, Akan Jadi Saingan NMAx dan PCX Lokal?

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Persaingan di kelas skutik bongsor agaknya akan makin marak lads, soalnya ada info dari Suzuki kalau mereka sedang mempersiapkan skutik bongsor berkapasitas 180cc, akan kah bernama Burgman 180?

Pada satu kesempatan, anggaplah bincang bincang dengan salah satu petinggi Suzuki Indomobil Sales yaitu Pak Johan Yahya selaku department head sales dan Marketing division PT SIS diajang Suzuki bike Meet 2017 hari Sabtu tanggal 25 Maret 2017 kemarin.. Yang diungkapkan memang masih bersifat tersirat, cekidot apa kata beliau lads..

Kami sadar, dengan line up terbatas….sulit bagi Suzuki untuk berkompetisi dimasa lalu. Oleh karena itu dengan hadirnya GSX series Suzuki memiliki komitmen untuk bangkit. Kemarin kami sudah ke Jepang untuk melihat model yang akan dirilis di Indonesia kedepan. Dan iya….sudah ada proyeksi untuk model tersebut (Maxi skuter)...”seru pak Yohan tersenyum. (sumber IWB)

Memang ucapan tersebut masih bersifat tersirat, namun dari chit chat antara KBY dengan lek IWB Sabtu kemarin, hal tersebut tak hanya bersifat indikasi semata, namun serius! Bahkan kapasitas mesin calon skutik bongsor Suzuki tersebut pun sudah terungkap, yakni akan menggunakan mesin dengan kapasitas 180cc! Wah menarik nih lads.. 180cc berarti Suzuki akan bermain sendirian, seng ada lawan! Tinggal desainnya aja nih kayak gimana..

Apakah info ini ada hubungannya dengan spy shot Suzuki Burgman lokal yang terpantau di jalan sedang dites pada tahun 2016 lalu? Itukah skutik lokal 180cc suzuki yang sedang dipersiapkan? Mungkin, mungkin tidak (cek juga artikel terkait suzuki burgman lokal di bawah ini lads)

Sebenarnya soal desain sih Suzuki gak perlu minder atau pusing, Suzuki Burgman 200 sebenarnya sudah menarik minat konsumen Indonesia, hanya sayang saja harganya luar biasa mengingat Burgman 200 memang masih diimpor dari Jepang.. jadi sulit bersaing apalagi jika dikaitkan dengan skutik lokal macam Yamaha NMax dan CBU Honda, New PCX yang hanya terpaut 50cc.. Jadi tinggal bore down Burgman 200 jadi 180cc sebenarnya sudah mumpuni..

Hanya saja kalau Suzuki berniat tidak ingin menciderai para konsumen Burgman 200 maka desain berbeda menjadi wajib untuk skutik lokal 180cc Suzuki tersebut.. Nah kalau gini, desain juga kudu ciamik, ingat loh kalau nama pabrikan belum sekuat yang lain, maka desain harus menjadi keunggulan, apalagi skutik ini jumlah penjualannya bisa lebih banyak dibandingkan sport series..

Jika nanti benar hadir, maka skutik lokal 180cc lokal Suzuki tersebut bisa menjadi saingan Yamaha NMax dan Honda PCX lokal yang rencananya akan meluncur tahun 2017 ini.. Hmmm seru juga nih persaingan skutik bongsor ke depannya..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3426 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

33 Comments

  1. mantep, kalau pakai basis desain brug200, belakang udah mantep banget, bisa bikin nmax lumayan keder, tapi depan musti dibenahi

  2. Setuju banget desainnya harus beda dgn Burgman 200 dan dimensinya jg lebih kecil sedikit.
    Kalau disamain, harga beda 2x lipat, mesin beda saencrit, ya jelas sakit hati lah yg ud punya Burgman 200 walopun statusnya CBU.

  3. Sebenarnya Kalo jeli, waktu eicma kmrn Suzuki cuma ngefresh Burgman 400 aja, pdhl ada juga versi 125 dan 200.

    Indikasinya memang Suzuki akan memindahkan salah satu pusat perakitan Burgman pake style GSX 125-150. Konsep boredown atau boreup mesin Burgman. Yg belum pasti adalah downbore Burgman 200 jadi Burgman 180 atau boreup brugman 125 jadi 150. Jadi nanti Suzuki Indonesia akan produksi 2 sekaligus, yg satunya buat lokal sementara yg satunya buat ekspor. Persis kya GSX 125-150.

    • Masuk akal analisis anda bung..
      Selain desain, suzuki juga harus pasang harga dibawah nmax

  4. 180 cc, pricing strategy nya kudu jeli nih, jangan ampe ga kejangkau harganya oleh konsumen, soalnya 150 cc udah dianggap cukup oleh masy indo, hmmm

  5. Klu harga kompetitif direntang 24-26 jt+desain yg menggoda bs jadi pilihan konsumen. Klu benar 180 cc suzuki mencirikan bukan follower, tidak kayak H yg gampang Panasan lihat ke suksesan pabrikan lain :-)….

  6. di pasar global, maxi scooter suzuki burgman aja kan? klo non maxi scooter pernah ada sixteen. utk taiwan ada nex yang mirip kymco trend sr. so… sepertinya yg 180cc ini desain baru, imho..

    • Utk maxi scooter, sebenarnya Suzuki dulu udah pernah memanjakan konsumen Indonesia. Tp krn harganya yg tinggi ditambah peminat scooter blm booming ya kurang terserap pasar.
      Beberapa tipe maxi scooter Suzuki yg dulu pernah masuk secara resmi ke Indonesia seingetku; Burgman 650, Skywave 250 dan Gemma 250.
      Yg Burgman 400 ngga dimasukin. CMIIW.

  7. Sepertinya menggunakan basis mesin GSX 150 series. Lalu stroke up dri 48,8. Biar nambah akselerasi, makanya kubikasi bertambah 180 cc.
    Alias mesin GSX overbore dan overstroke.
    Goyang ngebor sampe struk.

  8. dah lihat burgy 200, bodynya bulky abis. ini ccnya aja yg kecil bodynya fullsize maxi scooter. kalo jadi boredown 180 bodynya mungkin dikecilin lagi.

  9. bocoran ttg kompetitor nmax dr honda dong mang. dr ahir taun kmaren browsing ga ada bocoran apa2 lg 🙁

Yuk Tinggalin Jejak Lads..