Kobayogas.COM – Hola lads, salam geber.. Setelah kobayogas.com melakukan review jaket turing honda supra GTR150 buatan AHRS, kini ada satu lagi produk yang akan di review dan paling dinanti pembaca blog. Helm KYT RRX sebagai riding gear tambahan Supra GTR150!

Helm KYT RRX Honda Combine

Sebelum membahas lebih jauh, KBY mau kasih jempol dulu dah sama AHM, belakangan helm legendaris TRX dengan fitur 360° sudah mulai ditinggalkan loh. Yah paling tidak untuk beberapa produk seperti All New CB150R dan juga All New CBR150R.. Helm riding gear kini lebih berkualitas termasuk helm KYT RRX ini. Iya dong katanya pelopor keselamatan, masa helmnya bisa berputar sendiri kalau kena angin 😀

Sayangnya, setelah dikonfirmasi helm KYT RRX ini bukan bonus pembelian Supra GTR150 Lads.. Tapi gapapa lah tetap kita bahas dong ya siapa tau emang tertarik untuk memiliki..

DESAIN

Helm KYT RRX ini merupakan helm dengan tipe flip up, sebagian orang nyebutnya modular.. walau sebenarnya modular itu tipe helm yang bisa dicopot beberapa bagiannya sehingga bentuknya bisa berubah ubah. Ukurannya M, sengajak KBY pilih yang pas dengan kepala agar nyaman dan aman ketika digunakan..

Desainnya helm KYT RRX lebih mengarah ke Airoh Miro XRP, meski lebih mirip lagi GM Mirage sih, tapi dari sisi desain oke kok. Good looking, ganteng, nice to have.. Di bagian dagu menukik  tajam menyerupai paruh burung elang..

baca juga: Review Helm Airoh Miro XRP

Helm KYT RRX 1

MATERIAL

Helm biasanya gak jauh dari material thermo plastic, begitu juga dengan helm KYT RRX Honda ini. Meski pada booklet nya KYT tidak mencantumkan spesifikasi material. Agak berat jika dibandingkan Airoh, tapi gak sampai bikin leher pegal sih, cukup balance bobotnya ketika bagian depan dinaikkan.

Sayang unit helm KYT RRX yang KBY miliki ini kualitas perakitannya kurang mulus, jarak kerapatannya kurang presisi, jika bagian depan diangkat kemudian diturunkan kembali, sebelah kanan suka gak masuk dengan pas, butuh diulang sambil ditekan..

Semua pad yang ada pada helm KYT RRX Honda ini dapat dilepas untuk dibersihkan, copot pasangnya pun mudah. Sayang kualitas velcro (prepet) kurang baik, tidak terlalu lengket. Visor sudah anti gores dan UV resistance coating.

Helm KYT RRX 5

KENYAMANAN

Definisi kenyamanan disini melingkupi kenyamanan saat digunakan di kepala serta kebisingan ketika digunakan saat melaju. Untuk pad alias busa untuk ukuran M masih sedikit saja longgar dibagian pipi, tapi kalau depannya diturunkan, maka helm KYT RRX ini sudah cukup menjepit dengan baik.

Sayang, helm KYT RRX ini bising ketika digunakan riding, angin menderu masuk ke dalam, untungnya tidak menimbulkan bunyi whistling alias siulan yang bisa mengakibatkan pusing kepala. Linernya (kain) baik dan halus namun efeknya licin, apalagi kalau pakai balaclava… Tapi untuk hembusan angin segar sih oke apalagi bisa flip up kan..

Black visor bagian dalam juga nyaman ke mata, intensitas warna gelapnya cukup untuk menangkis silaunya sinar surya, lebih terang daripada milik TDR ataupun Airoh Miro yang agak bikin repot kalau cuaca gelap.

jaket turing supra gtr150 1

KEMUDAHAN PENGOPERASIAN

Untuk buka tutup visor, pengungkitnya ada di bagian kiri, pengoperasiannya pun mudah. Begitu juga tuas visor dalamnya, adaptasi sebentar lokasi tuas kesananya lebih mudah. Pun dengan tuas tuas airflow dan pengunci helm..

Masalah datang ketika harus menaikkan dan menurunkan moncong depan, tuasnya keras dan butuh beberapa kali tekan meski masih bisa pakai satu tangan, dan harus digeser sampai bunyi klik ke atas, kalau tidak helm KYT RRX ini bisa turun lagi otomatis 😀

Begitu juga ketika harus menurunkan, karena liner nya licin, kadang si helm turun sampai nyaris menutupi mata, belum lagi antara sisi kanan dan kiri suka gak sinkron. Yang kiri sudah bunyi klik, yang kanan belum.. harus beberapa kali coba agar pas. Kalau lagi riding pasti merepotkan.

Hal tersebut bisa menjadi 2 arti, yang pertama, demi safety jangan buka tutup saat riding. Yang kedua memang pembuatannya gak presisi.. Airoh juga kalau satu tangan susah buka-nya. 😀

tuas dual visor agak ngumpet
tuas dual visor agak ngumpet

FITUR dan HARGA

helm KYT RRX Honda Supra GTR150 ini punya fitur antara lain:

  • copot pasang visor yang mudah dan cepat
  • dual visor
  • visor depan sudah uv resistance
  • busa bisa dicopot dan dicuci
  • ada breath blocker (apa ya namanya lupa), mencegah nafas langsung ke visor agar tak berembun
  • dua air flow di depan dan atas
  • flip up

Harga helm KYT RRX Honda adalah Rp. 599.000, dijual sebagai riding gear terpisah. Harga diluar KBY cek Rp. 570 ribu. Well untuk value for money harganya cukup lah.. Tuh sudah tersedia di Honda Cengkareng lads..

Desain                                                                   : 8
Kualitas Material & Perakitan                     : 6.5
Kenyamanan                                                       : 7
Kemudahan Pengoperasian (buka tutup): 6
Fitur                                                                        : 8
Harga                                                                      : 8.5

new supra gtr150

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

42 COMMENTS

  1. Satu lagi om Kobay.. Tombol Pengungkit Flip Up nya gampang Patah.. 5 org temen ane termasuk ane sendiri Ex User KYT RRX dan semuanya Patah di bagian Tombol Pengungkit Flip Up nya.. Just share aja..

  2. wkwkwkw, akhirnya helm legend TRX ga disertakan bersama motor Supra series
    boleh juga nih ya helm modular, eh flip up nya, mumpung saya lagi pengen helm begini buat harian. soalnya make full face buat harian rada ribet kalo sering buka-buka (apalagi kalo mau ngomong ama orang /mau minum), kalo pake half face gampang tapi kurang safety gitu rasanya. hehehe
    Breath Blocker kalo anak-anak Helmet Lovers menyebutnya Breath Guard kang

  3. om di cargloss masih jual helm khusus mobil merk arai ga ya ?

    atau tau dimana ga tempat jual helm mobil ?

    search di inet rata2 bekas -_-”

    sory oot 😀

  4. share dikit nih…
    setelah pernah punya helm KYT sebanyak 2 model, tidak ada 1 helmnya yang presisi..entah itu styrofoamnya miring atau bocor bagian visornya ketika hujan..

    akhirnya ane pilih INK duke sebagai helm ke-3 (dengan harapan kualitas lebih baik). tapi apa mau dibilang, ternyata bracket visornya gak presisi sehingga rada susah (pake banget) saat mau pasang visor setelah dicuci..selain itu plastik buat clip busa atas pun ternyata lebih parah (kualitasnya) dibanding KYT yang dulu pernah punya, sekarang plastiknya patah (namun ane lem)..

    The verdict? Produsen KYT dan INK sama kan (kantornya di tomang)? Emang produsennya aja yang kurang oke bikin helm..jadi ragu sama helm KYT versi balap yang katanya mahal itu..

    • versi balap motogp yg asli pastinya bagus bro

      klo yg replika di pasaran mah mending beli yg terkenal kayak ARAI, SHOEI, AGV dll

      toh kalo dijual lagi juga masih bisa n cepet laku nya

    • hehehe, buat versi balap ya gak main main, buat versi massal sih ya gitu deh, pas pasan 😀

      setuju sama om Ghost tuh, yang bermerek sekalian 😛

  5. Brarti 11-12 sama snail yg sering ay pake yah. Cm kl snail kacanya blom anti gores sama sterofoam dalam sangat2 tidak presisi, mst dioprek ulang.

  6. ini helm emang kece badai mang. selain harga miring di kelas modular juga keren desain helmnya, nggak kalah sama helm2 modular yang harganya cuman bisa nyebut.
    cuman tuas buat flip up nya gampang patah mang. apalagi kalo keseringan kena panas hujan, bakal cepet lapuk. ini helm rrx yang aku punya juga uda patah tuas nya :D. jadi harus copot penutup dan kalo mau flip up harus teken 2 tuas yang di dalem biar lepas dari jepitannya. (efek dari kurang jagonya pake lem perekat, bukan tuas utama yang merekat malah penggerak dalem yang ke lem :V)

    • 3 kalimat buat K3-SV
      -enak puolll (kuping ga kejepit) + busa nyaman
      -sayang baret klo dititipin (kena box penyimpanan)
      -DIKIRA KYT sama tukang jaga penitipan helm (gajah mada plaza)!!! hahaha

      pengalaman pribadi minggu kemaren

    • katanya sih secara umum .. kata komentator, kan sebelum jadi helm resmi udah banyak dijual..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..