CBR

First Ride Suzuki GN250, Dari Belanda Jadi Satu Satunya Di Indonesia..!

Suzuki GN250 kobayogas 10

Kobayogas.Com – Hola lads, mungkin bagi sebagian orang artikel ini bukan merupakan test ride yang menarik. Pun demikian bagi KBY sih tetap spesial.. Perkenalkan Suzuki GN250, satu satunya di Indonesia

Satu kesempatan mengetes satu motor rare alias jarang banget di temui di Indonesia. Bahkan bukan jarang lagi, gakan ada selain Suzuki GN250 Indonesia yang KBY tes ini di negara kita. Ya, karena sang GN250 ini diklaim memang hanya ada satu satunya di Indonesia lads.. the one and only!

Sekembalinya KBY dan para sahabat blogger dari acara perkenalan Honda Beat versi Comic Hits dan Cool Pixel, kita mampir dan main dulu ke dealer Triumph Troupe si bilangan Kemang Jakarta Selatan. Nah kebetulan si perut gentong Vandra MMBlog sedang membawa Suzuki GN250 yang beberapa hari memang sedang dipinjamnya.

Awalnya KBY ingin mencoba dari lokasi restoran Mamma Rosy menuju Triumph Troupe, tapi si banci kaleng Satar udah duluan membawa si Suzuki GN250 milik pebengkel Suzuki ternama tersebut. Akhirnya KBY pun mencobanya setelah kita tiba di bengkel tempat mas Imam Bengkelsepedamotor bekerja..

Secara desain, ya gitu lah, KBY tidak akan bercerita banyak, sudah jelas bentuk Suzuki GN250 1 silinder ini ke arah mana. Gimana ya KBY nyebutnya, khas motor pertengahan tahun 1980 lah ya? Honda GL Pro, GL Max, GL 100, Yamaha RX King bahkan sang saudaranya Suzuki Thunder (baca: test ride Suzuki Thunder 250). Tapi menurut KBY dari sisi model sih GN250 lebih baik dari Thunder.

Dari sisi ergonomi, wah dari sekian banyak motor sport yang pernah KBY tes, Suzuki GN250 ini yang paling santai nih. Setangnya mendekati pengendara, khas motor turing. Begitu duduk di atas joknya, bles amblas empuk nyaman banget! Belum lagi ketika diayun ayun, bused itu suspensi naik turunnya lembut pisan!

lihat posisi mengemudinya.. santai banget
lihat posisi mengemudinya.. santai banget

Penasaran dengan performa serta kenyamanannya di jalan, KBY segera membawa Suzuki GN250 warna hitam tersebut ke jalan raya.. Wah beneran lads.. Posisi duduk santai dan rileks, jok yang empuk dan ergonomis serta ayunan suspensi yang lembut membuai kita sepanjang perjalanan..

Tak hanya suspensi dan jok yang lembut, ternyata tuas kopling serta perpindahan giginya pun sangat halus! Mengingat ini motor usianya sudah satu dasawarsa lebih namun kelembutannya mengalahkan motor motor modern. Performanya tidaklah dahsyat, namun 250 cc cukup lah untuk sekedar menyusul kendaraan di depan dengan mudah..

Yang mengagetkan adalah kinerja suspensinya, meski lembut namun ternyata Suzuki GN250 tidak limbung ketika diajak berbelok dalam kecepatan 50-60 km perjam.Hanya gaya nikungnya saja yang terasa aneh. Maklum setang panjang mengarah ke pengendara 😀

CUMA SATU DI INDONESIA

Cerita unik di balik hadirnya Suzuki GN250 masuk ke Indonesia ini adalah, satu ketika sebutlah ada WNA asal Belanda melakukan perjalanan turing ke bumi pertiwi dengan membawa Suzuki GN250 1 silinder berwarna hitam ini.. Nah pulangnya, ternyata si meneer ini ogah dan males lagi membawa sang motor. Ditebuslah oleh bro Welly sehingga sang GN250 pun menjadi satu satunya di Indonesia..

cuma ada satu di Indonesia
cuma ada satu di Indonesia

FITUR LENGKAP

Bicara soal fitur, siapa sih yang gak kenal Suzuki? Biasanya gak di mobil gak di motor, fiturnya selalu lengkap. Begitu juga yang ditemukan pada Suzuki GN250 ini lads.. Pass beam? ada, engine cut off tersedia, gear indicator saja hadir. Lengkap udah sebuah motor sport klasik kan? Ada loh motor yang ngaku sport tapi gada pass beam dan engine cut off.

Yang menarik adalah pengoperasian tuas saklar sebelah kiri antara lampu jauh, dekat, sein dan pass beamnya. Terintegrasi dalam satu saklar! Aktifkan sein tinggal geser ke kiri dan kanan, lampu jauh geser ke atas dan pass beam? Geser ke bawah! Sebenarnya one touch operation gini lebih asik sih asal sudah terbiasa saja..

Thanks to Vandra MMBlog dan empunya Motor, Bro Welly.

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3359 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

37 Comments

  1. Terus bikin suratnya gimana kang,, apa mesti bayar pajak masuk juga secara motor luar negri..
    Apa tinggal daftarin ke samsat doangan
    Serius nanya nih

  2. “Ada loh motor yang ngaku sport tapi gada pass beam dan engine cut off.”

    Wkwk … Msh aja diungkit2 tuh kang. Wkwkwk. Brtti blm pure sport tuh. Masa kalah fitur ama sport lawas thn 80’an. Hahaha.

  3. indikator BBM gak ada … persis kayak Thundie 250 …
    gaya klasik selalu asyikkk, mantapp Mang

  4. Warna crankcase, fork, blok mesin & header knalpotnya OK bgt, ga kya semua motor sekarang yg semua dicat item biar bikinnya tambah murah & untung tambah banyak.

  5. Warna blok mesin, crankcase, fork & header knalpotnya OK bgt, seger bersih & enak diliat, padahal motornya udh setua itu. ga kya motor2 skrg yg mesin, kaki2, knalpot smuanya dicat item mo ngejar murahnya ongkos produksi biar untung tambah byk.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..