honda cbr 650F 4 cylinder
cbr 650f indonesia

Kobayogas.com – Salam geber lads.. Dont judge the bike by its appearance!! Ungkapan lawas ini berlaku untuk Honda CBR 650F Tricolor lads.. Kenapa begitu?

Ya karena memang begitulah kenyataannya lads.. Dilihat via foto, ini CBR 650F Tricolor memang kurang fotogenik, beneran deh.. Liat aja, motor sport fairing kok joknya nyambung, ini motor fairing apa street fighter sih sebenarnya? Si Tricolor ini sengaja KBY buat artikelnya lebih dahulu karena dia lah yang paling banyak menemani KBY selama turing Pulau Bali dan Lombok lads.. my soul mate during the journey!

CBR650F Tricolor

Melihat penampilan awal Honda CBR 650F dari foto, membuat hati ini agak-agak malas untuk mengendarainya, tapi sesuai listing dari AHM memang hanya ada 3 jatah untuk blogger, Honda CB 500X, si 650F dan CBR 1000RR SP Tricolor. Duh kenapa gak Honda CB 650F nya saja sih? But hey..just wait til you see it with your very own eyes lads… Since it has many potential things to explore!!

DESAIN HONDA CBR 650F

Memang jika kita melihat sang CBR 650F ini hanya melalui foto-foto, sisi ‘manisnya’ agak-agak tertutupi oleh ‘anehnya’ desain jok dan sektor fascia-nya..

Jok menyatu seperti motor sport street fighter/ adventure, wajah CBR 650F pun tak dapat dikatakan garang, terkesan biasa saja dengan hanya mengandalkan satu buah headlamp. Adiknya saja si CBR 150 hingga 500 pakai dual headlamp, ini kok single sih.. Tapi saran KBY, jika ada kesempatan, liat lah dirinya inch by inch.. Setiap lekuk tubuhnya luwes dengan built quality yang baik..

Apalagi jika kita melihat lampu belakangnya, lalu ke bawah ke bagian arm dan knalpot.. Dan geser sedikit view nya dari pinggir..lads akan menemukan harta karun disana..4 buah pipa knalpot menjadi satu di sisi kanan bawah milik CBR 650F lads!…4 pipa jati diri 4 silinder .. inilah potensi Honda CBR 650F yang sesungguhnya!

Seeing is believing lads…

Honda CBR 650F 4 cylinder

ERGONOMI dan KENYAMANAN HONDA CBR 650F

Sebelum menuju ke performa, baiknya kita bahas dulu ergonomi si CBR 650F ini.. Mencoba menekan nekan busa joknya…eh empuk lads.. tidak seperti sport Honda yang lain (ya kali mau dibandingin sama 150 :D) Begitu berada di atas joknya.. aihhh nyamaann…

Julurkan tangan ke depan guna meraih setang model jepitnya.. hmm ternyata 11-12 lah dengan CBR 150 dan CBR 250, hanya sedikit lebih menunduk dibandingkan kembarannya, CB 650F 4 silinder. Artinya, untuk harian dan jarak jauh, ergonomi Honda CBR 650F 4 silinder ini masih reasonable..tidak akan mudah lelah..

Begitu pula dengan ayunan suspensinya yang belum menganut link (kalau dari foto sih gitu).. mengejutkan karena begitu nyaman…lubang kecil atau jalanan tidak rata sih tidak akan terasa hingga bokong lads.. beneran, begitu tenang settingan suspensinya Honda CBR 650F ini.

SENSASI MESIN dan HANDLING HONDA CBR 650F

Seeing is believing, testing is even better!! Lads tidak akan percaya jika tidak mencobanya sendiri si Honda CBR 650F Tricolor ini.. Masukkan kunci kontak yang tertanam chips agar Honda Integrated Security System nya dapat membaca sang anak kunci.. desingan sangat halus dari fuel pump samar-samar terdengar.. pastikan engine cut off pada posisi on dan tekan tombol starternya…

Nguing..ngiing… suara mesin dan knalpotnya ketika mesin menyalak dan gas diputar.. terdengar halus, garing dan padat.. Uhh kalau diganti exhaust aftermarket, bakalan nyosss nih suara si Honda CBR 650F Tricolor ini…

Tarik tuas kopling, masukkan gigi 1.. ceklek.. loh? Tidak ada suara bletak keras khas motor berkapasitas besar lads! Halus, nyaris sehalus motor sport 150 cc!! Begitu juga ketika melakukan perpindahan antar gigi dari transmisi sang Honda CBR 650F ini.. edan, halus dan nyaman serta presisi lads!! Dan satu lagi, tuas koplingnya sangat ringan untuk motor berkapasitas 650 cc.. impressive!

Honda CBR 650F 4 Cylinder
akselerasi yahuudd

Settingan torsi dan tenaga yang dikeluarkan dari mesin Honda CBR 650F Tricolor yang katanya generasi baru ini benar-benar diluar dugaan KBY, tenaganya mengalir lembut, padat di setiap rentang RPM sekaligus sangat powerful jika suatu saat kita berniat untuk menarik gasnya lebih dalam.. Ini yang membuat KBY tak berhenti menggelengkan kepala dan tersenyum terus ketika mengendarainya..

Pada satu kesempatan di jalur lurus di pulau Lombok menuju Tanjung Aan, Honda CBR 650F Tricolor sempat KBY peras tenaganya yang memiliki sistem transmisi enam percepatan dengan mesin yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 85,83 Hp pada 11.000 rpm, dengan torsi maksimal 63 Nm/8.000 rpm.. Kecepatan 145 km/jam begitu mudah di raih lads! Hanya karena ada patwal dan mobil official media saja yang mencegah rombongan kami memacu kendaraan lebih cepat lagi..

Turing ratusan kilometer bersama 6 moge Honda, Full of Rejoice lads..

Bagaimana sisi pengereman, tak perlu diragukan, dengan dual disc di depan plus ABS (anti-lock braking system) depan dan belakang, cukup sentuh tuas rem depan dengan dua jari, sang Honda CBR 650F siap berhenti.. praktis rem belakang nyaris tak terpakai kecuali ketika menemui jalan sedikit berpasir di beberapa titik turing…

Jelas versi fairing dari Honda CB 650F ini sangat sukses dari sisi mesin dan transmisi yang memang mirip dengan versi street fighternya. Ibarat wanita, Honda CBR 650F Tricolor ini memiliki inner beauty yang membuat lelaki akan jatuh cinta ketika mengenalnya lebih jauh.. bukan karena penampilan luarnya lads..

iring-iringan di jalan padat top speed gak sampai 100
iring-iringan di jalan padat top speed gak sampai 100.. ngebut dikit dah ngerem..nasib 😀

CUKUP IRIT!

Kejutan lain hadir di konsumsi BBM dari Honda CBR 650 4 silinder ini lads… pada beberapa kesempatan, KBY menyempatkan untuk mereset trip A yang otomatis average bbm-nya menjadi ikut tereset. Dengan demikian akan terlihat konsumsi bbm rata-rata plus real time (saat berkendara angkanya berubah sesuai gaya mengemudi).

Nah mangga dicek ketika mencapai garis finish di etape terakhir sebelum menuju lombok lads.. angka pada speedometer milik Honda CBR 650 tricolor ini menampilkan sebesar 23,4 km/ liter.. lumayan kan untuk mesin 650 cc 4 silinder? Memang sih gak kena macet hehee.. tapi pahit-pahitnya di Jakarta prediksi KBY bisa lah 1:17-an..

konsumsi bbm CBR 650F

HARGA CBR 650F dan VERDICT

Ini dia.. bicara harga, CBR 650F memang tidaklah murah, Rp. 240 juta untuk mesin berkapasitas 650 cc 4 silinder dikatakan oleh kalangan pengamat otomotif cukup tinggi, karena kompetitor bisa menjual di bawah harga tersebut. Namun tampangnya yang kalem ibarat srigala berbulu domba, performa yahud dengan ergonomi semi touring yang nyaman…

Harga resmi 6 moge CBU Honda

Kelemahan utama Honda CBR 650F menurut KBY memang ada pada desainnya yang terlalu kalem selain suspensi belakang tanpa link, padahal mesinnya bisa dikatakan perfect lads.. Sepertinya Honda memang menginginkan pendekatan kalem ala sleeper tercermin pada si fairing tourer ini.. Sementara keunggulannya ada pada sektor mesin, transmisi, ergonomi, handling, bobot dan balancing, kenyamanan, pengereman dan konsumsi bbm yang dapat dikatakan efisien.

Worth to buy? Tanyakan pada mereka yang memiliki duit lebih dari cukup untuk meminangnya 🙂

Special thanks to: HC3 dari Astra Honda Motor

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

102 COMMENTS

  1. Dah baca dari atas sampai bawah,.
    Sepertinya CBR650F sesuai untuk kontur jalanan di Indonesia ya, suspensi lembut, ergonomi 11-12 CBR 150R/250R agak nunduk sedikit,.. cocok nich,,,

  2. Apaan nih motor 200jt lebih ga ada link. Motor 50jt ga ada link aja disayangkan apa lagi ini. 😂

    Piss Om Kobay.😝

    • Lha iya kan dah disebut wkwkwkk.. Berantemnya sama ER6N, Ninja 650 dan Z800… Keknya Z800 juga belum link kayaknya sih.. Yg jelas ER dan Ninja yg blm…

      Meski gak persis sekelas, tp pasti dibanding bandingin deh

  3. kalo punya warisan 5m langsung tak boyong kabeh termasuk rc213-s 😀 ngidam moge ra keturutan :'(

  4. cbr 650f ini dilihat ergonominya joss.tapi sayang muka ama fairingya gak demen ane terlalu sederhana untuk motor 4 silinder honda,kalau ane lebh sreg zx636 atau r6..haha cb500 jga desainya terlalu sederhana mang untuk mtor 500cc kurang menarik

  5. Busyeett 4 silinder red line cuma 11k ..
    yg 500cc redline 8k
    alamaaakk…
    pantesan alusss kaya sis kogay :mrgreen:

  6. 240 juta?

    asa mending keneh Z800: 209 juta
    slip on two brothers + pcv : 10 juta
    lampu HID + klakson keong : 1 juta

    sisa 20 juta dipake bayar artis :mrgreen:

  7. pada setiap motor honda itu yg ane rasain meski dikelas bawah, ada sswtu yg bikin nyaman meski inferior dibandingkan produk lain

  8. Yang mengatakan honda lbh mahal dr kompetitor apa sudah melihat harga yg 2015 skr? Krn yg harga skr sudah kena pajak barang mewah berlipat. Jgn membandingkan dg harga 2014

  9. Kang….mawa motorna ulah bari sura seuri olangan kitu ah, bisi aya bu nyangka ge**……hehe……(heureui eutik ah)…… Sakses terus Kang…….

  10. Cie..ciee Mang Kobay lagi jatuh hati sama cbr650f, untung harganya keterlaluan coba kalo harganya cocok pasti udah dikandangin 😀

  11. gue yakin deh kalo 2 silinder pasti kang kobay tdk kepincut….he…he….apalagi klo 1 silinder 650 bisa bisa pistonnya sebesar galon aq** pasti tambah tdk kepincut lagi..

  12. Bang gak pake link kan?
    Coba bang bikin artikel link suspension
    Biar kita2 tahu…keuntungan pake link dngn non link ..mengingat merk kelas wahid banyak yg gak pake..ya kayak ktm dll.

    • sudah pernah ay bahas om..
      Sebenernya pake link atau gak tentu disesuaikan dengan desain awal dan perhitungan engineer…

      Tapi jika dikaitkan dengan market dimana satu produk akan masuk di pasar yang kompetitornya punya kelebihan (misal suspensi dengan link) maka hal seperti itu seharusnya jadi pertimbangan, apalagi kalau produk itu masuk belakangan, dimana secara kita orang awam, lahir belakangan harusnya paling lengkap..

      KTM Duke/ 200/ 390 gak pake link? Saya pribadi gak terlalu mempersoalkan wong mereka bermain sendirian… mau dibandingin head to head dengan siapa? hehehe

      • Kalau bicara tehnologi kan bicara manfaatnya bang….linkkan bukan accesoris ..tapi ada manfaatnya.makanya melalui tulisan ini mohon pencerahanya bang kobay ..keuntungan pake link dan non link terhadap handling motor…

  13. R25 ngak pake link dibully, lah ini CBR650F harga 240jtan ngak pake Link apa kata fansboy smart

Yuk Tinggalin Jejak Lads..