banner
hi-speed corneringnya cukup baik
hi-speed corneringnya cukup baik

Kobayogas.com – That is it… Akhirnya, bisa juga merasakan impresi berkendara skutik terbaru Honda, New Vario 125 dan Honda Vario 150… Apa kelebihan dan kekurangannya Vario eSP series ini?.. bonus mega gallery

Mari kita buat brief alias secara ringkas, secara desain lads sudah tahu lah ya seperti apa desain Vario eSP series ini. Thus KBY tidak akan menitik beratkan dari sisi penampilannya. KBY akan membahas lebih kepada performa dan kenyamanannya New Vario 150 dan 125… Geber lads…

Desain New Honda Vario 150

Dari depan jelas sesuatu, desain New Vario 150 terlihat melompat cukup jauh ketika melihat langsung. Pahatan sektor depan New Vario 150 terutama, terlihat begitu sporty. Namun untuk samping hingga belakang, masih terlalu common. KBY juga menyayangkan mengapa AHM tidak menyematkan LED pada lampu rem maupun seinnya New Vario 150 nanggung lads!! Secara desain keseluruhan cant complain walau harusnya bisa lebih baik lagi.

Ergonomi New Honda Vario 150

New Honda Vario 150 techno masih sedikit lebih tinggi dari seat height Beat dan Scoopy, nyaris setara dengan seat height  New PCX tergantung mau duduk dimana kitanya, depan? tengah? atau agak ke belakang? Jok nya New Vario 150 dan Vario 125 yang lebar mau tidak mau membuat kedua paha sedikit mengangkang membuat mereka yang mempunyai tinggi di bawah 167 menjadi sedikit jinjit. Kalau sudah begini maju sedikit ke depan agar aman saat berdiri.

Ground clearance see pict lads…

bagaimana nih GC nya?
bagaimana nih GC nya?

Kenyamanan New Honda Vario 150

KBY sempat mengetes keduanya, baik Vario 125 maupun New Vario 150. Kenyamanan Vario eSP series ini alias bantingan suspensi Vario baru ini 11-12 alias berada pada level yang serupa, bisa juga dikatakan mirip-mirip. Namun bicara kelembutan suspensi, New Vario 125 terasa sedikit lebih lembut ayunannya dibandingkan New Vario 150.

KBY mengetes baik Honda Vario 150 atau New Vario 125 baik secara sendirian maupun berboncengan dengan mang Eno Anderson. Saat sendiri maupun berdua, KBY mencoba mengitari area parkir Terrace dimana ternyata jalannya cukup variatif dan banyak jalan yang rusak karena sedang diperbaiki.

Kami berdua sepakat bahwa New Vario 125 memiliki bantingan suspensi yang sedikit lebih lembut dari versi  New Honda Vario 150 cc nya. Somehow, meski ayunan suspensi New Honda Vario 150 lebih keras, namun gejala shock mentok lebih cenderung sering terjadi dibanding versi 125 nya. Sepertinya settingan suspensi New Honda Vario 150 dibuat sedikit firm untuk mengakomodir dari sisi akselerasi.
Berat badan kami adalah sebagai berikut: KBY 72 kg, mang Eno 78 kg.

Bagaimana dengan sisi kenyamanan jok Vario eSP series? Afaik dan in my opinion, jok New Honda Vario 150 dan New Honda Vario 125 kini lebih baik dengan busa lebih tebal dan empuk dibandingkan dengan old Vario 125. Artinya dari sisi kenyamanan, New Honda Vario 150 kini lebih baik.

tes dijalan jelek
tes dijalan jelek

Performa Honda Vario 150 – kitiran bawah dan tengahnya maknyus..

Di saat performa mesin milik Honda Vario 125 tidak ada perubahan yang terlalu signifikan dibanding yang lama kecuali PWTR yang sedikit lebih baik akibat bobot New Vario eSP series yang lebih ringan 3 kilogram, performa mesin New Honda Vario 150 cc berkata lain, terutama dari keadaan diam.

Hentakan torsi milik New Honda Vario 150 cc jelas berbeda, langsung terasa begitu lads memelintir gas, sementara versi 125 nya cenderung sedikit lebih lembut. Disinilah perbedaan kubikasi mesin sebesar 25 cc berperan, termasuk perbedan torsi serta tenaganya. Inilah arti 150 dari emblem di sisi bodi Vario 150.

Mesin berbasiskan New PCX yang ditanamkan kepada New Honda Vario 150 dengan settingan berbeda, membuat speedo bergerak naik cepat dari hingga 60 km/jam, lalu menuju kecepatan 90 km/jam masih dapat dikatakan cukup cepat..! Sayang sekali, begitu lewat dari angka 90 km/jam, jarum speedometer seakan akan kekurangan gizi, sulit menambah kecepatan lagi kecuali treknya cukup panjang. Alhasil top speed New Honda Vario 150 yang dapat dikail adalah sebesar 105-107 km/jam on speedo.

top speed Vario 2

Catatan KBY, bahan bakarnya mesti diisi premium nih, jika diberikan minimal Ron 92, KBY yakin kitiran atasnya New Honda Vario 150  langsung membaik. Dibanding New PCX 150 bagaimana? Hehe, masih sadisan New PCX euy meski di atasnya sedikit mirip-mirip.. 😀 Tapi ingat, Sniego itu selalu minimal Ron 92, jadi jenis BBM akan berpengaruh di sini.

Handling dan Pengereman New Vario 150

Ketika mencoba menikung cepat di area Taman Mini Indonesia Indah, Honda Vario 150 cukup penurut, hanya pemilihan ban sepertinya bisa lebih ditingkatkan, gripnya masih terasa kurang baik jika untuk hi-speed cornering. Mungkin juga belum mencapai kondisi grip ideal mengingat kilometer Honda Vario 150 yang KBY tes belum lagi menunjukkan angka 600 km.

Sisi pengereman lumayan, hanya jika hard braking, kita harus kuat menarik tuas rem depan dibarengi rem belakang agar lebih terkontrol. Rem depannya Honda Vario 150 kurang dapat diandalkan jika digunakan terus menerus, khasnya skutik Honda nih. Hanya jika bicara soal kelincahan, KBY beropini New Beat eSP series adalah jagonya.

belok bisa sambil wheelie :D
belok bisa sambil wheelie 😀

The Verdict

Do not over expectation..! Maksudnya? angka 150 memang seperti memberikan makna massive pada mindset, otak kita secara psikologis akan diberikan arti dari angka 150 yang sudah masuk kategori motor cepat.. Padahal tidak demikian juga. Ingat, meski 150 cc, namun Honda Vario 150 ini sejatinya adalah tetap skutik commuter, dimana settingannya tetap mengedepankan kenyamanan berkendara dengan menambahkan unsur powerful dalam ramuannya.

credit to: Mang Aditya Agun dan Mang Eno Anderson plus Ryon Ervies… Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Baca juga artikel lainnya lads…

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

142 KOMENTAR

  1. Cocok nih, body slim buat selap selip, 150cc lg. kebetulan anti skutik gede macem pcx xmax ribet buat selip klo macet

  2. Tu kan udah dibilangin…ni ibarat kae supri 125…. Biar kate 125 tpi ama z1 yg 115 msh bejaban….la ini 150 cc..speed 107 kpj on spido…la ga jauh am byson…hehehhe padahal ban bison kan gede….Eee ada yg bilang 90 kpj keatas susah? Wah mirip verza ni…bawah nampol..ats kasian…..25 cc nambah 3 juta…mikir….wkwkwkwk

    • Cie ada2 yg pura2….,ga da yg bilang kok klo tormax metic…wkwkw ga terima kali bebek bnding matic….please nmbah 25 cc nombok 2,5 jeti….wowwww mending ambil fu 20 jeti..bisa ngalay sekalian….xixixi

      • Lah iya donk, jelas ay gak terima bebek manual kok dibandingin sama skutik…walau kubikasi sama. Sekalian aja adu mesin 2400 cc F1 sama 2400 cc honda accord.
        Hahahahaa…jangan gitu lah… Nanti kita pada gak pinter semua kalau pola pikirnya gak berubah hehehehe…

      • Alay ko bangga.
        Klo nurutin hawa nafsu ga akn ada habisnya,krn di atas langit masih ada langit.kenyamanan adlh hal yg paling utama.

  3. Jossss plontos lah !
    Moal kabita lah ijal mah :p
    ke ngadagoan facelift-na meningan 😀
    ouh iya sistim-na indent atanapi ready stock a obay ?? :*

  4. itu karna rolernya 15gr..coba pk roler yg 18gr kyk yg 125 top speed yahuud…ini bukti mesin downgrade pcx…coba pistonnya sama ama pcx 58mm…tambah nampol..

  5. Di daerah selisih harga antara vario 125 dan 150 bisa 3-4jt, kalo bisa saya tarik kesimpulan dari review artikel ini (imho) kok sepertinya lebih value vario125 ya.

  6. The Verdict:
    Jangan berharap Vario 150 kayak PCX 150, nanti yang punya blog nangis golong-koming, wkwkwk…..

  7. waduh kata wak haji jok nya berubah signifikan,jauh lebih empuk di banding old vario. kudu liat langsung kaya nya nih 😀

  8. masih saja ada yg mikirkan speed.padahal untuk matic klo speed.saya rasa speed 100 km udah kencang untuk motor matic.motor ini yg ditawarkan fitur dan kenyamanan.boleh cc sama,tpi kenyamanan dan fitur jelas beda.

  9. Kalo matik yang penting nyaman dan lincah kalo ane hehe

    Tp emg kebanyakan org menganggap kalo 150 keatas udah kencang pdhl ya ndak, vespa 250 aja ora kenceng hehe

  10. topspeed vario125 & 150 boleh lah 11-12, tp yg 150cc mencapai topspeednya lbh cepat dr yg 125cc, betul begitu?

  11. haduh ahm kamu tau bgt selera ku 0-90kmh kilat
    90 kmh keatas lemot no promblemo

    utk catatan nih lad 90kmh sudah cukup bikin kita terbaang kelangit ke 7 kalo sampai jatuh…

    pingin cpt? tentu r15 dan ninja 250 fi siap diajak maut di jalan..

    atao tantang nyalimu dgn cb 150. hehueueuhe…

    vario 150 dgn putaran bwh dan tengah ganas..
    cocok buat turing nda ya???

    maksudnya vario 125 lembut di putaran bwh itu maksudnya lemot yah??? sopan sekali bahasanya sampai bingung pointnya.

  12. 22. ceret – 18/01/2015
    top sepit cuma 107, jiahhhh….
    sama kayak bebek 110cc dong.
    gak ada istimewanya sama sekali
    ———-

    bro aku ada pulsar 200 ns yg top speed mengerikan
    tapi sayang bro tak pernah di gunakan lebih dari 110kmh..
    sayang nyawa.. ? (main boneka di rmh aja kalo sayang nyawa) ya ga gitu juga bro…

    masalahnya pulsar 200 ns.. mirip2 ma all new cbr 150 one headlamp ku yg raja getar itu stang nya.. ternyata pulsar 200 ns lebih parah ..
    mesin kasarrr bgt….. suara aneh,.. alibi sih khas?

    putaran bwh bueeeeeerat bgt…
    tapi begitu rpm tingggi di jambak…
    tapi utk nembus rpm tinggi sgt sulit di karenakan jalan raya yg ngeri
    bukan masalah padat.. tapi byk bus2 mabuk yg zig zag ngeri brooo

    nah dgn putaran bwh dan medium yg ganas …
    niscaya bebek 110 cc cuman bisa ngompol sama gigit jari..

    kalo cuman top speed pulsar 200 ns ku uda cukup ngasepin bebek 110 cc…

    wkwkwk 200 cc vs 110 cc
    jgn ketawa ya lad…

  13. ngomong2 soal premium vs pertamax…

    gini nih bro…
    aku ngerasa kalo ngasih minum pulsar 200ns maupun vario 125 dgn premium serasa putaran bwh halus…dan kayak dijambak dikit..

    ketika aku isi pertamax biru..
    serasa rada lemot waktu di pake jln pelan2 kisara 20-40kmh

    cuman feeling atau memang pertamax cuman enak di puataran medium ke atas?

  14. bukan lemot, tapi lembut, kalau 150 itu gas dikit hentakanya terasa banget… 125 juga hentak tak gak sebesar 150. kurleb begitu
    =====================

    berarti kalo vario 150 tdk lembut… berarti vario 150 lebih kasar dari vario 125
    vario 150 lebih jambak di putaran bwh ketimbang 125..
    vario 150 lebih tdk lembut atau agak kasar ketimbang 125
    hehehe

  15. gak apa2 deh topspeed gk “wah” emang matic gk harus kenceng.. tapi alangkah baiknya jika yang 150 di kasih ban yang lebih gede, biar kerasa bedanya sama yang 125

  16. Lebih value Vario 125. Btw kapan nih dikomparasikan antara Vario 125 dan Address?? Terutama test ridenya: kenyamanan, akselerasi, kestabilan, fuel cons, etc.. 😀

  17. Wah knp pada berorientasi sama top speed ya.. Gak ada yg seneng sama akselerasi ya? Top speed tinggi tp 0-100 kmh klamaan juga bete ngendarainnya..

    Om Kobay, di all new vario 125/150 gak ada soket chargeran ya di bagasinya?

  18. Walaah jd ragu mo beli…padahal udah pgn bgt pake matik,,,kok jauh sm vario lawas yg 110 pertama ya?? Pernah tes py temen br sebulan beli tuh yg lawas bs 115km/jam jarak jauh sih 1 kiloan tp boncengan broo itupun waktu itu bobot ane 80 temen ane 75an…payaahh nih

  19. Top Speednya, lebih rendah sih dibanding generasi sebelumnya, 125cc. Apalagi dengan mesin 150cc matic bisa ikut konvoi Jupiter Z (sebelum FI) keluaran 2012 dengan speed 110 km/j ke atas terus. Kalau perlu, sekalian ikut konvoi 8 bus malam favorit. wkwkwkwk….

    Semoga bisa jadi pelajaran buat AHM sendiri juga buat analisis dan development motor ini kedepan supaya gak kayak Vario 110 FI yang (gosipnya) gak laku di pasaran. Hehehehe…..

    Kali-kali, main test ride lah antara Banjar sampai Lumbir/Pacitan sampai Ponorogo.

    Kalau bisa Medan sampai Aceh. Ikut Bus Malam di sana. Lumayan lebar tuh jalannya.

    Moga-moga aja bisa jadi sponsorship buat acara “Rute Keren” dari tv nasional dapat lisensi dari SBS/MBC….. Sekalian full test ride dari Pulau Sumatera s/d Pulau Lombok….

    Nice Test, om kobagyogas.

    • Ada dua kemungkinan, pertama V150 emg wajib pertamax biar performanya keluar, kedua speedometer nya lbh akurat dr V125 lawas.

      Kalau Vario 110 LED, katanya sih gitu, tp di jalan anehnya sering banget ketemu itu motor hehehhee

  20. sedikit sharing :
    vario 125esp saya baru usia baru belum genap 2minggu, tp sudah berkunjung ke ahass 3kali; gejalanya terdengar suara kasar seperti “klik..klik..klik….” konstan, saya bandingkan dengan vario 125(keluaran november 2014) tidak ada suara2 tersebut.

    pada kunjungan pertama(200km) hanya dibuka bagian penutup cvt nya dan teknisi blm berani mengambil tindakan, hanya disuruh menunggu sampai 1000km (ganti oli pertama) sang teknisi berjanji kalau ada yang bermasalah nanti ahass siap mengganti komponen dengan yang baru ;

    kunjungan kedua(400km) karena saya merasa suara itu sangat mengganggu (merasa tidak tega mengendarai motor baru dengan suara spt itu) saya putuskan untuk mengembalikan ke ahass yang sama, alhasil oleh sang teknisi diputuskan untuk mengganti roller dengan yg lebih berat (katanya roller milik vario125 yang versi lama), dan setelah dicoba pun suara “klik klik” itupun hilang…;

    kemudian muncul masalah baru ternyata suara kasar itu juga keluar (sepertinya dari bagian mesin atau bagian depan) dengan suara seperti “ngwong ngwong” atau “kroong kroong” dari bagian depan kalau saat angkatan, terutama terdengar jelas saat angkatan setelah lewat polisi tidur di jalan kecil (suara mantul antar tembok jadi lebih terdengar), dan tadi pagi saya bawa lagi ke ahass namun berbeda dengan ahass yang sebelumnya, disini teknisi juga blm berani ambil tindakan tapi hanya disarankan utk mencoba bahan bakarnya dicampur antara pertamax dan premium 3:1 (jangan diisi pertamax smua mungkin terlalu panas) dan disni tadi dicoba dirubah settingan altitude nya menjadi 1 (meskipun saya tidak paham apa itu setingan altitude) tp katanya dicoba dulu aja mas ………

    **dari teknisi pertama sempat mengatakan kalau oli bawaan yang digunakan dari pabrik terlalu encer untuk mesin ini, dan disarankan nanti kalau ganti oli dituker sama yang lebih kental saja mas..

    dari pengalaman tersebut apa ada yang juga mengalami atau mungkin ada yang bisa memberikan tanggapan, terimakasih

    • Pertamax panas kata siapakah mas? Justru saya sarankan untuk menggunakan pertamax total jangan dicampur campur, cobain dulu itu. Kompresi mesin Vario yang di atas 10 sudah mewajibkan isi pertamax atau setara ron 92…

      Suara kedua – ini murni opini saya pribadi – yang dijelaskan sepertinya itu suara ngokkk atau ngorok yang menjadi khas Vario klan, hasil diskusi saya dengan beberapa teman dan juga mekanik, suara ngorok sulit dihilangkan karena itu merupakan suara udara yang masuk di chamber filter udara, desain chamber udara memang membuat bunyi seperti kita berteriak di ruangan yang besar (gaung). Pun begitu, dikatakan, bunyi tersebut sama sekali tidak mempengaruhi performa.
      Tapi ini adalah hanya prediksi saya.
      Sebaiknya langsung ditangani oleh yang ahli.

  21. yang menyarankan untuk mencampur pertamax+premium adalah teknisi dari ahass, untuk suara itu apakah benar2 tidak bisa dihilangkan? rasanya tidak tega mengendarai motor yang bahkan masih belum dilengkapi plat nomor dengan suara “yg seperti tidak wajar” itu

    • soal bunyi bunyian memang kasus sensitif om, tidak bisa hanya berdasarkan cerita begini, paling bener ya dnger langsung.
      Gimana kalau pindah bengkel aja? Saya malah jadi ragu…. itu teknisinya kok bisa bilang gitu yak… teknisi senior kah?

      • kalau untuk ttg kesenioran teknisi saya kurang paham karena baru kali itu ke sana, setelah googling mencari ahass yang terpercaya di Solo, dan mendapat keyakinan untuk coba kesana setelah membaca artikel dari blognya bypass366 http://bypass366.blogspot.com/2011/08/dyno-test-di-taruna-motorsport-solo.html

        sekarang motor sudah mencapai km 700an lebih, rencana nanti pada km900 mau segera diganti oli dengan yang disarankan oleh mekanik pertama dengan oli yg lebih kental (kalau tidak salah repsol)

        kmrn setelah diseting altitudenya dari 0 menjadi 1 sepertinya blm terasa perubahanya (saya juga blm paham untuk apa seting altitude itu)

        • altitude itu untuk posisi ketinggian, afaik cmiiw untuk mendapatkan mixture (campuran bbm dan udara) yang pas, misal di dataran rendah atau tinggi

  22. model lampu belakang kok kayaknya masih bagus yg vario techno 125 pgm-fi ya, lampu vario techno yg lama bikin bodinya keliatan lancip.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini