Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Kalau dengar nama Alpha Volantis Horizon 300 pasti dahi lads berkerenyit, apaan tuh dah kaya nama pesawat ruang angkasa alias space ship wkwkwk.. Tapi abaikan namanya dan lihat gambarnya, kebanyakan yang demen nangkring di dunia maya bisa tau langsung kalau itu adalah Honda Stylo 160. Yak benar tapi bukan yang sebenarnya karena memang gambar skupi 2023 belum ada sama sekali. Skutik keren yang punya model ala Vespa tersebut adalah sepeda motor buatan negara tetangga, Thailand!! Kita intip yuk speknya..

Cukup banyak KBY perhatikan di yutub maupun media online yang “menjual” sosok motor Thailand ini sebagai Honda Stylo 160.. Padahal bukan dan bohong!! Sepeda motor keren yang punya garis desain ala Vespa futuristik ini merupakan skutik anyar buatan negeri Nong Poy yang punya nama..

ALPHA VOLANTIS HORIZON

Sekedar tambahan info sebelumnya, jika dirunut kisah dan cerita dari produsen ini, baru lahir di bulan November 2022 kemarin. Setidaknya dari page atau lama Facebook Alpha Volantis sendiri yang baru memposting si Horizon ini per 11 November lalu. Jadi memang anak bawang sih sebenarnya. Pun demikian desainnya layak diacungi dua jempol lads!!

Si Alpha Volantis Horizon sendiri baru lahir dan resmi diperkenalkan kepada khalayak pada 15 November 2022 lalu loh.. Disebutkan, lahir di pameran EICMA Milan menuju Bangkok Thailand. Jadi skutik stylish ini sudah duluan diperkenalkan di pameran otomotif Italia tersebut.

DESAIN

Langsung saja, gara gara lagi ada gosip calon skutik baru Honda berkapasitas 160cc dan punya model Vespa, karena belum tau namanya, sontak seakan pada setuju dengan nama sementara Honda Scoopy 160 wkwkw.. Gpp sih, cuma begitu bahas desain, eh ada yang entengnya klik bait pake gambar Alpha Volantis Horizon 300 dan diedit jadi Scoopy.. hadeuhh boong bin hoax itu.

Alpha Volantis Horizon

Bahas desain, dah lah, lost in words!! Satu kata, keren!! Yaaa meskipun ga orisinal banget desainnya, tapi cakep ya cakep aja, selesai. Mengapa KBY katakan ga original? Karena selain ada DNA Vespa (yang mana sih ini dah banyak banget dipake di berbagai merek ya), tapi ada juga bentuk Peugeot Djanggo ataupun Vespa 946 dengan jok yang setengah floating alias mengambang.

Sekali lagi, cakep ya cakep hehe. Sayangnya menurut KBY kenapa lampu sein harus terpisah dan menajam bentuknya ya, kalau menyatu dengan lampu rem malah terlihat lebih neat dan stylish. Seperti pada model 150cc-nya.

Yak benar, Horizon selain memiliki varian 300cc juga 150cc. Dan dari segi penempatan sein belakang malah lebih manis, mirip Vespa LX tapi lebih tipis dan ramping. Versi 150 juga tanpa DRL berkarakter di depan alias di muka. Memiliki behel dan bentuk jok yang juga berbeda.

Tapi mau yang manapun dari sisi desain memang sudah cakep, jadi inget Suzuki Saluto ya.. Skutik yang memiliki potensi tinggi untuk laris yang gak dapat lampu hijau dari Jepang untuk di CKD kan di Indonesia.

alpha volantis horizon 300 alpha volantis horizon 150

FITUR

Cukup bicara desain, kita beralih ke fitur!! Punya modal apa sih si Alpha Volantis Horizon 300. Kita coba breakdown satu persatu kuy..

Alpha Volantis Horizon

  • Lampu ALL LED (termasuk yang 150)
  • Speedometer digital analog (150)
  • Full digital speedometer (300)
  • Double disc brake (termasuk 150)
  • SBS Brake (Shared Brake System) – sepertinya ini kaya CBS dan UBS
  • Dual rear shock adjustable (300)
  • USB charger
  • Laci depan dengan tutup ala vespa
  • Kantung kiri depan
  • Engine cut off (300)

Sayangnya cuma itu aja, karena tidak disebutkan apakah ada side stand switch misalnya, dan jelas dari foto belum keyless alias smart key juga.

Alpha Volantis Horizon 300 speedo Alpha Volantis Horizon 150 speedo

SPESIFIKASI ALPHA VOLANTIS HORIZON 300

Untuk sebuah mesin yang bersihnya 276cc, angka 300 terdengar bombastis, tapi Aprilia SR GT 200 juga sama sih.. wkwkw.. Paling pas disebut 280, tapi aneh jadinya mungkin. Selain itu katupnya masih 2 valve!! Wew, setidaknya 3 valve lah ya.

Tenaganya sebesar 13.6kw alias 18,5PS.. yah ini sih jauh sama XMax 250 dan Forza 250, pendekatannya emang ke Vespa sih yang mesinnya menang gede doang tapi tenaga memble. Pun demikian mesinnya mampu dipacu hingga 130km/jam.

Silakan ditengok spesifikasinya di bawah yes.

HARGA Alpha Volantis Horizon

Di atas kita sudah liat angka dalam satuan baht. Untuk Alpha Volantis Horizon 300 dihargai 119,900 baht alias Rp 55,000,000 (dibulatkan). Sementara untuk Horizon 150-nya pasti dihargai lebih murah lah yaitu 69,500 atau 32 juta. Gak jauh dengan PCX dan NMax di sini ya.

Sayangnya untuk spesifikasi Alpha Volantis hanya memberikan untuk Horizon 300 saja, versi 150 gada. Nah bagaimana menurut lads nih motornya? Cakep punya sih ya desainnya.. Indonesia kapan yak..

Alpha Volantis Horizon 300 grey Alpha Volantis Horizon 300 blue Alpha Volantis Horizon 300 black alpha volantis horizon 150 white alpha volantis horizon 150 red alpha volantis horizon 150 blue alpha volantis horizon 150 black

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

7 KOMENTAR

  1. mungkin ‘spuki’160 dibikinnya 2 varian begini sih, ya kaya forza di eropa 350/125 tapi bodynya sama tapi beda2 detailnya. mungkin bisa jadi jalan matic 250 lokal pertama honda disini.

  2. Desain sih bagus, cmn build quality kok menurut saya kurang. Juga area mesinnya tuh apa gak geter karena 2 klep??

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini