Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Akhirnya setelah sempat diintip intip sejak terungkapnya desain paten dari Kawasaki Ninja ZX4RR, si hijau ini rilis juga. Daann.. seperti tebakan KBY yang kembali benar, desainnya gak bikin orang penasaran karena sudah ketebak dari kebiasaan Kawasaki belakangan ini yang memilih satu desain untuk semua line up sport fairing mereka. Sejujurnya agak disayangkan sih, nanti akan KBY bahas di bawah ya. Sementara itu kita juga bisa mengetahui spesifikasi dari Ninja 400cc dengan silinder berjumlah 4 tersebut, tentu saja termasuk harganya.. cekibrot lads..

Meski KBY menyebut nama ZX4RR, sebenarnya motor sport fairing yang sudah resmi masuk ke ranah moge ini memiliki satu varian lainnya, yaitu ZX4R, yoi R-nya cuma satu. Ya persis kaya ZX25R dan ZX25RR lah ya.. Geber lagi kita bahas desain.

DESAIN

Apa yang mau dibahas? Karena menurut opini KBY pribadi sih tidak spesial dan tidak istimewa, bentuknya gitu gitu lagi, kaya Ninja 250FI modifan.. Terlalu kasar? KBY pikir tidak, mungkin kalimat ini hadir dari kekecewaan yang berharap kalau Kawasaki Ninja ZX4RR akan memiliki desain berbeda dengan saudaranya yang lain dan pendekatannya lebih ke sang kakak ZX10R. Ternyata gak!

Ninja ZX4R

Netizen bilang, mungkin desainernya males wkwkw, kalau kata KBY sih bukan kek gitu, desainer diminta bikin satu desain yang bakal kepake oleh banyak line up sport fairing Kawasaki. Bahasa singkatnya ya universal design atau desain yang ikonik.  Well, ikonik sendiri bukan berarti kudu sama atuh, ada bagian yang orang bakal langsung tau tanpa harus melihat emblem, kalau di mobil ada BMW dengan lubang idungnya yang makin ke sini makin ke sana eh makin megar.

Kawasaki Ninja ZX25RR 2023
awas ketipu

Kalau ini sih yaaa cuma rubah dikit doang, beneran kaya Ninja 250 dimodif – dari sisi sosok ya, modalin ganti arm, modalin ganti USD depan, pake velg yang double disc.. striping ikut ganti, selesai loh.. mirip!! Cuma kalau udah suara ya beda lah, maka ZX25R modif yang paling pas, sama sama 4 silinder.. Kecewa sih..

Kawasaki Ninja ZX4RR 2023

Gimana ya, bagi KBY pribadi sih, saat kita mengeluarkan uang sekian banyak, pasti ingin sesuatu yang beda, ingin dapat pride-nya. Hal yang wajar dong, duit ratusan juta ye kan. Eh ga taunya di mata awam sama aja kaya versi murahnya.. kan KZL. Itu juga yang bikin KBY batal minang ZX25R, males lah dianggap Ninja FI wkwkwk..

Kaya CBR250RR ditiru adeknya dong mang? Ho oh tenaaann.. KZL akutu.. untung suara beda pas jalan.. Lah kalau ZX4R ini? Bisa dianggap ZX25R.. ya udah aku masuk tim mendang mending aja lah wowkowkwok

SPESIFIKASI

Dari artikel sebelumnya (baca: Kawasaki Siapkan Ninja ZX4R) disebutkan, sasis ZX25R dan mesinnya sendiri sebenarnya diturunkan dari ZX4R, artinya moge 400cc ini sebenarnya duluan dari sisi konsep, namun strategi bisnisnya justru menerbitkan sang adik terlebih dahulu.

Kawasaki Ninja ZX4RR 2023

Engine 4-stroke, In-Line Four, DOHC, 16-valve, liquid-cooled
Displacement 399cc
Bore x Stroke 57.0 x 39.1mm
Compression Ratio 12.3:1
Fuel System DFI® w/ 34mm throttle valves (4)
Ignition Digital
Transmission 6-speed, manual, return shift
Final Drive ChainFront Suspension / Wheel Travel 37mm
Rear Suspension / Wheel Travel Horizontal Back-link.
Front Tire 120/70 – 17
Rear Tire 160/60 – 17
Front Brakes Dual 290mm discs, ABS
Rear Brakes Single 220mm disc, ABS
Frame Type Trellis, high-tensile steel
Rake/Trail 23.5°/3.8 in.
Overall Length 78.4 in.
Overall Width 30.1 in.
Overall Height 43.7 in.
Ground Clearance 5.3 in.
Seat Height 31.5 in.
Curb Weight 414.5 lb*
Fuel Capacity 4.0 gal.
Wheelbase 54.3 in.

Meski di atas tidak ada bocoran terkait tenaganya, namun dari beberapa sumber mesin ini mampu memuntahkan tenaga dari 77PS hingga 80PS saat air ram aktif. Kenceng sih.. tapi, ah sudahlah wowkowkwok..

FITUR

Lantas apa saja fitur yang diusung dari moge fairing Ninja 400cc ini? Kuy digeber dulu modalnya.

  • Special Features 4.3″ Full-Color TFT Instrumentation
  • Smartphone Connectivity using RIDEOLOGY THE APP
  • 4 Ride mode, Sport, Road, Rain, dan Rider (Manual)
  • Inverted fork with SFF-BP internals and spring preload adjustability/4.7 in.
  • Horizontal backlink suspension BFRC lite gas charged shock w/ piggyback reservoir
  • Electronic Rider Aids Kawasaki TRaction Control (KTRC) (3-mode),
  • Kawasaki Quick Shifter (KQS) (dual direction)

HARGA KAWASAKI NINJA ZX4RR

Terkait banderol, harga Kawasaki ZX4RR MY 2023 di Amerika ini memiliki harga $9.699 atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 146 jutaan, waah gak jauh beda dengan harga Kawasaki ZX25RR di Indonesia nih, tapi tentunya harga tersebut statusnya masih off the road, dan sayangnya motor ini hanya dijual dalam satu pilihan warna saja yakni warna Lime Green atau warna hijau khas Kawasaki dengan livery team Kawasaki Racing Team (KRT) yang terinspirasi dari livery balap team Kawasaki di ajang balap WSBK.

Tapi pembelinya sih tetap ada lah.. ZX25RR aja moncer kok penjualannya di sini sampai inden inden..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

11 KOMENTAR

  1. Gak jadi ambil,
    Kang K0bay gak ambil.

    Oh ya Kang, kalau ada Ninja 250 dengan wajah mirip H2, Kang K0bay akan ambil apa ngga?

  2. “bahasa desain yang sama” tuh gak bisa disamain sama “bentuk yang sama”
    kidney grille nya BMW kan juga bentuknya beda2 tiap tipe (biarpun makin kesini makin kesono).
    ya kawasaki bentuk lampu yang sama jelas2 cuma cost saving aja.

  3. Minimal atuh beungeutna di bedakeun jeung nu 250…jd nu nempo saliwat ge apal…anjriiit zx 400 euuuy…..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini