CBR400R 2022, coba apa bedanya hehe

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Kemungkinan banyak yang belum tahu tentang moge “nanggung” dari Honda yang satu ini, yaitu CBR400R. Gak apa apa kalau belum tahu, karena justru KBY akan memberitahu soal moge yang hanya dijual di Jepang alias JDM (Japan Domestic Market) ini. Honda CBR400R 2022 kini ikut dapat sentuhan anyar mengikuti saudara lainnya sesama keluarga CB dan CBR series, yaitu suspensi depan upside down. Dan USD ini seperti laiknya di keluarga 150cc, 500cc dan 650cc, menggunakan Separate Function Fork Big Piston alias SFF-BP.

Kalau kita mendengar nama CBR 500 mungkin sudah biasa ya, tapi kalau CBR400R? Ada yang belum, ada yang pernah. Wajar saja karena si 400cc ini sejatinya adalah CBR500 2022 yang hanya ada di Jepang saja. Yah namanya juga sang pembuat, bebas aja mau bikin yang spesial atau khusus untuk negaranya sendiri, banyak juga kok produk-produk otomotif dengan tag JDM, alias gakan ditemukan dijual resmi di luar Jepang, kecuali sang importir membawanya dari Nippon sana.

Mengapa disebut sebagai 500R versi Jepang? Karena semua pendekatannya ya mengacu ke sana, mesin yang downsize, bentuk, desain hingga fitur. Meski terkesan terlambat, tapi pada akhirnya CBR400R 2022 ini telah mengadopsi suspensi depan Upside Down SFF-BP juga. Artinya, sejauh KBY tahu hanya CRF250L dan CBR250RR yang belum SFF-BP ya. Sisanya seperti moge 600 hingga 1000 up sih sudah lebih canggih dari SFF-BP.

CBR500R 2022
Honda CBR400R 2022
CBR400R 2022, coba apa bedanya hehe

Untuk spesifikasi mesinnya, CBR400R hanya mengusung mesin 399cc 2 silinder DOHC berpendingin cairan, power puncak berada di angka 46 Ps pada 9000 rpm dan torsi 38 Nm yang pastinya lebih tinggi ketimbang power rival sekelasnya seperti Kawasaki Ninja 400 misalnya.

FITUR HONDA CBR400R 2022

Tentu tak hanya mengusung suspensi depan menjadi USD doang ubahannya lads, CBR400R 2022 juga ditambahi fitur fitur sbb:

  • Cakram depan ganda 296mm baru yang cocok dengan kaliper dua piston dudukan radial dari merk Nissin.
  • Assist and slipper clutch.
  • Velg dan swing arm yang lebih ringan, ditambah pijakan kaki aluminium
  • Berat motor yang lebih jauh ke depan untuk cengkeraman ujung depan yang lebih baik
  • Lampu depan baru yang diwarisi dari CBR650R.

Dengan desain yang sama dengan CBR500R serta memiliki nafas desain yang senada dengan CBR650R, maka kini sang 400R pun makin terlihat moge yang pas, setidaknya sesuai dengan kapasitasnya lah yang sudah 400cc ya kan. Penggantian sektor lainnya pun mengikuti saudaranya, misal Panel speedometernya sudah full negative LCD digital. Sayangnya, yang gak berubah pun diikutin, seperti lampu belakang dan arm kotak meski dimensinya besar.

Honda CBR400R 2022 speedometer

CALON 4 SILINDER

Naaah ngomongin si 400R ini gakan lepas dari hot gosip terkait CBR400RR lads, yaitu Honda CBR 400cc 4 silinder! Yes, bahkan CBR250RR 4 silinder pun digosipkan harus menunggu kakaknya dulu yang berubah.

Honda CBR250RR 4 Silinder Hadir Setelah CBR400RR Reborn?

Kemungkinan CBR400RR akan melawan Kawasaki Ninja ZX4R yang sudah lebih dulu ketauan dari sisi desain patentnya, artinya tinggal menunggu waktu saja nih mana yang lebih dulu keluar. Tentu bicara power, 400cc 4 silinder akan lebih menawan dibanding 250cc ya kan? Termasuk harganya juga wkkwkw..

Terungkap! Kawasaki Siapkan Ninja ZX4R, Sudah Tentu Lebih Powerful!

HARGA DAN WARNA

Karena spesial untuk Jepang only, maka warna Honda CBR400R terbaru 2022 ini sedikit berbeda dengan versi CBR500R yang dijual secara global, salah satunya adalah adanya pilihan warna biru celanan jeans atau yang diberi nama Matte Jeans Blue Metallic yakni perpaduan antara warna biru gelap yang unik dan menjadi trend warna CBR series untuk pasar global di tahun 2022 yang dipadukan dengan warna hitam dan putih untuk stripingnya.

Harganya di Jepang adalah 841.500 Yen, naik sekitar 33ribu Yen dibanding versi sebelumnya, atau jika dirupiahkan harga CBR 400cc ini dibanderol sekitar Rp.104 jutaan.. Ah mending 400 4 silinder aaahh..

Honda CBR400R 2022 Honda CBR400R 2022

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

30 KOMENTAR

  1. Wah curang nih jepang, cbr400r versi jepang ada engine cut off dan dan tombol hazzardnya, kok cbr150r klotok gak ada ya?

    • Semoga saja , karena kemaren yang 4 di jadiin 2 cyl , katanya sih ” Pengiritan ” 😂

  2. Iyaya…Hahon disini kok gak tertarik masang engine cut dan Hazard ya?😃😃 Apa mau bagi cuan biar Diler Yiamah yang udah ngabngab bisa jual aksesoris kali ya?? Toh metik pada umumnya dah pakai ban FDeR…dah cuan banyak dari situ..ngah ngah ngah🤣🤣🤣

    • Disaat..
      CC
      PeaPea
      Power
      Tidak lagi ” menjual ”
      😂

      Moga2 velg Made in chinanya mampu jadi daya tarik 😂

    • Sulton y memang terkenal suka royal pitur ke konsumen.mangkanya di benua Euro n Dolar laris manis.

  3. mungkin lebih tepat 500 itu upsizenya si 400, kaya 636 yang upsizenya si 600.
    lain cerita rc250 yang downsizenya 390

    • Bukannya PCX hadir duluan. Yamama juga ngekor kymco. Wkwkwkwkwkwk
      Honda sudah mulai ke luar angkasa. Yamama baru mau bikin pesawat odong²
      Wkwkwkwkwk

      • Gapapa udah biasa nunjuk, tapi lupa 3 jari nunjuk diri sendiri …

        Yang kocak itu lampu R25 dianggap ditiru banyak motor² sekarang…

        Kan ketauan sampe mana pengetahuannya 😁😁

Yuk Tinggalin Jejak Lads..