First impression Suzuki Gixxer SF250

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr.. Kita kembali bahas motor kuy! Kali ini yang akan KBY bahas adalah motor sport baru dari Suzuki, yak first impression Suzuki Gixxer SF250! Setelah melihat langsung sosoknya seperti apa, menyentuh, meraba dan menaikinya dengan penuh khidmat, opini yang terlintas adalah seharusnya motor sport fairing dengan cita rasa tourer ini dapat berbicara banyak alias menggeliat. Apa alasannya? Nah silakan disimak dari motor yang menurut informasi hanya tersedia sebanyak 40-50 unit untuk pasar Indonesia ini.

First Impression Suzuki Gixxer SF250

DESAIN

Mari kita bicara desain terlebih dahulu lads. Ternyata prediksi KBY benar, seeing is believing, melihat langsung Gixxer SF 250 Indonesia ini ternyata tidak lah seburuk yang dikira atau yang terlihat selintas pada foto foto yang bertebaran di sosial media.

Sekali lagi, KBY tekankan, sektor ini akan membahas dari sisi penampakan yang langsung terlihat oleh mata, belum ke fitur apalagi ke spesifikasi, okey.

First Impression Suzuki Gixxer SF250

Bentuknya masih sangat bisa diterima kok, beneran, depannya enak dilihat, lampunya meski agak terlalu lebar dari ciri khas sebuah GSX-R series, namun bagian tengahnya yang vertikal masih bisa lah mendapatkan DNA motor terkencang Suzuki tersebut.

Ini Dia Pemilik Pertama Suzuki Gixxer SF 250 Di Indonesia!

Bagian tengah mungkin agak terlihat biasa, artinya tidak buruk, tapi tidak pula wow. Bagian buritannya justru mampu menarik perhatian terutama diakibatkan oleh bentuk dari stop lamp alias lampu rem. Enak dilihat dan kesan mewahnya dapat, Sena pun senada dengan opini KBY ini. Adanya mud guard juga membuat kesan nyentrik yang kental.

First impression Suzuki Gixxer SF250

Knalpot, lebih ke unik dibanding menggunakan kata aneh, paling asik ya memang melihat dari arah belakang ya, karena double barrel-nya bikin penasaran yang melihat. At least menurut KBY pribadi, bentuk muffler-nya masih lebih enak dilihat daripada GSX-R150 atapun GSX-S150.

First impression Suzuki Gixxer SF250

Saat meraba dan mengetuk panel bodi Suzuki Gixxer SF250 ini, terasa catnya yang tebal dan solid. Begitu juga plastik plastiknya, kokoh tapi sekaligus lentur. Built quality-nya baik cenderung bagus, perakitan dan jarak antar bodi rapat dan solid. Dari sisi ini tentunya sang motor layak mendapatkan nilai 7,5.

FITUR

Kini kita beralih ke fitur yang masih nyambung dengan desain, yaitu swing arm. Untuk sebuah motor yang sudah masuk ke ranah moge entry level, sangat disayangkan Gixxer SF 250 masih mengandalkan swing arm model konvensional yang kalau kata netizen merupakan kotak tahu sumedang.

Bagusnya, sang rival yang head to head, yaitu Kawasaki Ninja 250 SL alias RR Mono juga masih menggunakan model yang sama. Jadi agar tidak terlalu ekpektasi berlebih apalagi melihat swing arm Honda CBR250RR dan Yamaha R25, abaikan saja keduanya, malah silakan lirik Ninja 250 non ZX25R, sama kok wkwkwk..

Begitu juga di depan, shock masih teleskopik, dan sekali lagi jangan berkecil hati, Ninja 250 yang diagung agungkan saja sama kok wkwkkw.. CBR250RR yang lebih komplit dengan quick shifter dan ASC dicibir overpriced, lah 77,3 juta vs 77,4 juta?? tidurmu terlalu miring lads.. 😀

SPESIFIKASI

Asal jangan ngolong, nah di sini lah inferiornya sebuah Gixxer SF250 terlihat, oke kita abaikan jumlah silinder, toh Ninja SL juga sama, tapi tidak terlihat adanya rumah radiator di sana, yak karena motor andalan Suzuki ini menggunakan oil cooler, bukan water cooler.

Bicara fungsi, apakah oil cooler lebih buruk? Sebenarnya tidak juga, apalagi jika kita kembali melihat genre dari motor ini yang penggunaannya lebih kepada touring ride, santuy namun tetap bertenaga, ya sebenarnya cukup. Kecuali GSX-R series yang memang lebih kepada hi-performance use.

First impression Suzuki Gixxer SF250

Hanya saja, helow, hari gini, belum radiator? Kok seakan mundur gitu loh. Ada teknologi terkini (atau sebut gimmick lah ceritanya) bernama liquid cool kok malah pake ke teknologi lawas. Memang akan lebih ke daya tarik penjualan terhadap konsumen ya, dan mungkin saja memang sebenarnya untuk mesin ini tak memerlukan radiator, tapi kalau ada, kan enak nerangin ke calon pembeli ya kan?

Masih di fitur, bisalah Gixxer SF 250 tepuk dada karena sudah menganut rem ABS dual channel, kompetitor gada loh. Bahkan speedometer full digital-nya pun lebih besar daripada milik rival yang kudu memicingkan mata untuk melihat pergerakan RPM-nya. Tapi memang ruang dashboardnya terlalu sepi untuk dilihat, membosankan jadinya.

Lantas, mengapa banyak yang kecewa dan membully motor ini kang kalau sebenarnya keunggulannya juga tidak sedikit dari kompetitor? Nah ini yang menarik. Hal tersebut karena ekspektasi yang terlampau tinggi terhadap Suzuki, apalagi selain Kawasaki, Suzuki juga identik dengan motor sport dan kencang.

Akibat harapan terlalu tinggi itulah, begitu Suzuki Gixxer SF 250 nongol dan dengan spesifikasi “apa adanya”, ya jadi banyak yang kecewa. Harapannya tentu pabrikan asal Hamamatsu tersebut berani duel dengan CBR250RR atau setidaknya R25. Ternyata malah produk prindapan yang jika melihat levelnya saja sulit bersaing di penjualan.

Jadi harga Suzuki Gixxer SF 250 yang ada di angka 49,5 juta itu jika dipikir lagi ke atas, sebenarnya memang masih masuk akal, terutama mahalnya itu selain status CBU dan pajak serta tetek bengek lainnya – adalah rem ABS. Tahu sendiri kan biasanya perbedaan ABS dengan non ABS sekitar 5-7 jutaan . So jika rem anti ngunci tersebut dihilangkan, maka harganya bisa 43 jutaan.

Masih berat? Ya masih sih, soalnya pasti konsumen kembali lagi akan membenturkan dengan harga Ninja SL yang ada di 35,9 juta dan terjualnya susah minta maaf, mana masih kalah tenaga pula. Jadi, gimana ya? Yah blunder sih menurut KBY, masuk ke ranah yang gak favorit. Yak itulah First Impression Suzuki Gixxer SF250 dari KBY. Your call Suzuki!

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

48 KOMENTAR

  1. Ngomong ngomong … Siapa yang tidurnya terlalu miring tuh mang kobay 😂

  2. tapi sebenernya pakai radiator itu paling nyebelin (dibanding oil cooler), karena begitulah adanja

  3. Disitulah saya merasa bingung , tetangga sebelah saya selalu teriak operpret operpret 😂

  4. Nambahin dikit yang sudah diterangkan Mang kobay diatas….juga karena jumlah yang d jual hanya 50 unit , harga diatas masih masuk akal .
    hanya 50 unit di indo…bangga dooong ,Walaupun ntar sama2 ga keliatan d jalan kek R25 🤣

  5. Ada vibes gsx600r k8 model year 2008 yg kental. One of the most beautiful 600cc sportbike.

    • Mesin oil cooled kalo buat motor naked touring sih masih masuk akal. Lah ini 🤣🤣🤣

  6. Ayo dibeli dibeli…jangan jasa Jesse josss doang , bantu jualan biar angkanya naik
    😂

      • Sepi bang 😂
        Tetangga puluhan ribu , jualan gua ratusan ribu…padahal target gua jutaan
        Mueeeehehehehehee 😂

  7. Secara disain ya keren lah Suzi ini , muka padat gak ada mulut Tayo nyengir kek sebelah 😂
    Sayang kok Suzi mau kerjasama pake lampu sein bisong n pigSon ? Bantu ngabisin part tetangga yang numpuk ? Entahlah 😂

  8. Tapi knalpotnya boleh lah dipasangi di Adv , keren juga kayaknya , beli 2 …1 lagi buat metik kecil
    🤣

    • Tolong dong mang kobay cek harga knalpotnya ya…
      Yihaaaa yihaaaaa 🤣🤣

      • masa knalpot motor didealer mau diganti……hahahahaha……sales menyamar sebagai kolektor huahahahaha

        • Ely yang sebut gua saless , elu yang sebut gua kolektor .
          Elu yang gerah
          Mueeeehehehehehee 😂

          • huahahahahahaha…..les les……jualan aja sono gih…..ga usah menjelekkan produk tetangga…….emang SOP nya begitu ya?

  9. Sohc single silinder bakalan menggeliatkan dealer marjuki semakin banyak yg tutup menuju kebangkrutan, ms cuma 1%
    Ini motor nasibnya bakalan mirip adv genio perja yg semakin mangkrak

    • Ikutin SOP pabrikan , kemudian dipisah mana yang masih digudangkan…mana yang siap didaur ulang
      Mueeeehehehehehee 😂

          • mau gulung tikar kek ga peduli……..gw cuma kasian ama elu……dikasih SOP suruh jelekin produk orang biar jualan bos lu laku……sedih gw……ga berkah les les……lu sales apa jurkam….huahahahahaha

    • Klo perja sih emang gak laku ya, pasarnya udah kegerus matik, tapi klo adv sama genio disebut mangkrak lantas motor yg penjualannya lebih menyedihkan lagi kek gear, fino itu apaan yak? Bangkrut?

      • Nonton live itdc dulu ahh di instagram lagi ada dangdutan di mandalika 😂🤣, Y dan K berpesta…. 😂🤣

    • oh iya lupa…..motogp yamaha jurdun
      wsbk juga calon jurdun

      pabrikan terbesar didunia malah kebanyakan jurkam……huahahahahhaha

  10. Bakal 1000x make sense klo semisal si naked (Gixxer 250 biasa, non-SF) yg dibawa kesini. Yg inimah jelas dead on arrival.

    Lagian napa sih namanya harus gixxer? Ya tau klo itu nickname org barat buat klan GSXR, tapi klo itu dijadiin nama resmi motornya susuki sendiri jdi berkesan kek ini motor GSX jadi2an/wannabe.

    • Yg nyebut/kasih nama Gixxer si prindapan mang, kan sempet abis kena bully sama bule … cuma gaungnya gak setajam lidah netizen di sini aja wkwkwk

  11. Kata2 “bisa diterima” bisa jadi sebuah majas ironi yg menyiratkan scr halus makna sesungguhnya yaitu sebuah keterpaksaan. geus ah nyilem deui wkwkwk:D yah anggaplah sbg pelengkap produk sijuki sambil menunggu lineup selanjutnya yg benar2 menarik. sepertinya memang SIS tidak punya pilihan selain merilis ini sbg bagian dari kebijakan pusat

Yuk Tinggalin Jejak Lads..