review SM SPort V16 tuntas
GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Akhirnya, motor 250cc model cruiser ala Hampir Davidson sudah kelar KBY coba, unitnya sendiri sudah kembali ke pemiliknya yaitu PT MForce Indonesia. Sooo sudah lebih dari 100 kilometer KBY habiskan selama kurang lebih dua minggu, kuy saatnya review lengkap SM Sport V16 bermesin 250cc 2 silinder berkonfigurasi V alias V-Twin ini. Tentu akan disertai kekurangan serta kelebihan dari sang motor, are you ready?

REVIEW LENGKAP SM SPORT V16

REVIEW LENGKAP SM SPORT V16: DESAIN

Kayaknya gakan banyak KBY bahas soal desain ya, tonton aja videonya di bawah ini, orang awam pun tau kalau motor model kaya gini nebaknya akan ke mana? Harley Davidson! Iyak betul, jadi yaudahlah ya, modelnya memang Harley Davidson Soft Tail banget, makanya disebut Hampir Davidson wkwkkw..

SM SPort V16

Well, semua merek kayaknya punya deh produk model cruiser kaya gini, dari Honda, Kawasaki, Suzuki, Yamaha, Kymco, SYM, you name it. Modelnya motor sport asal Malaysia ini memang mirip mirip dengan motor Amerika tersebut, karena untuk jenis ini, HD adalah kiblatnya.

SM SPort V16 SM SPort V16

SM SPort V16

Yang layak dapat jempol adalah built quality-nya dari SM Sport V16 ini lads, untuk sebuah motor “antah berantah” yang lahir kemarin sore, V16 memiliki kualitas perakitan yang masuk kategori sangat baik dengan material yang terlihat berkualitas dan cat mumpuni.

SM SPort V16 review SM SPort V16

SM Sport V16

REVIEW LENGKAP SM SPORT V16: FITUR MODERN – CLASSIC

Agar berbeda dan gak plek plek sama banget dengan kompetitor maupun Harley sendiri, SM Sport memiliki cara lain untuk membuat V16 ini tampil beda, yaitu melalui fitur! Mungkin akan terkesan tabrakan, gak nyambung atau kurang classic – kalau menurut Sena – karena SM Sport V16 ini memiliki fitur modern di tubuhnya. Sebut saja:

  • Lampu lampu All LED, dari mulai DRL, lampu utama, lampu rem hingga sein
  • Speedometer digital dan tachometer analog.

Bagi yang inginnya full classic mungkin ga dapat, tapi KBY sendiri malah suka fiturnya. Mungkin yang harus dibenahi agar kesan klasiknya makin kental adalah pemilihan tuas atau tombol ya, agak terlihat gak nyambung dengan desain keseluruhan.

speedometer SM SPort V16 lampu led SM SPort V16

KONSUMSI BBM SM SPORT V16

Sayangnya, meski sudah digital tapi tidak ada Average konsumsi BBM, jadi mau gak mau kudu lewat metode full to full dan KBY gak sempat melakukannya meski sudah 129,5 kilometer ditempuh. Well konsumsi BBM SM Sport V16 ini kita ambil aja dari review Vandra yes, yaitu 1:30,17.

Menurut KBY sih memang segituan, karena itu tangki BBM 14 liter gak turun turun sejak motor dipinjamin, masih full aja di meteran wkwkwk.. So prediksi KBY motor ini bermain di 1:35-an lah.. Irit dong untuk sebuah motor 250cc 2 silinder? Zeref aja cuma 1:24 wkwkw.

PERFORMA MESIN

Tidak ada teknologi canggih seperti VVA atau VTEC atau apapun laiknya mesin berkonfigurasi V-Twin modern. Bahkan kompresi mesinnya pun cukup rendah hitungannya, hanya 10:1 saja, secara teori, pertalite pun masih aman digunakan oleh SM Sport V16 ini, tapi ya Pertamax atau Ron 92 lah ya yang lebih pas.

SM SPort V16

Karena model mesinnya yang konvensional dan simpel, maka tenaga yang dihasilkan pun tidaklah wow, bahkan dibandingkan dengan motor sport modern saat ini seperti GSX 150 series, Vixion R atau R15 (mesin Yamaha 150 VVA series lah) yang punya tenaga 19PS, motor sport ini kalah sporty dari sisi power, beda 2PS! Betul lads, tenaga V16 hanya 17ps saja, kecil untuk ukuran mesin 250cc 2 silinder.

mesin SM SPort V16

TORSI YANG BESAR

Berapa banyak kendaraan terutama roda dua yang torsinya lebih besar dari tenaganya? Banyak terutama mobil secara umum, tapi kalau motor? ZX25R aja yang paling powerful yaitu 51ps, torsinya cuma 22,9Nm! CBR250RR? 41PS 25Nm..

Nah si SM Sport V16 ini tenaganya memang cuma 17ps, tapi torsinya 19Nm! Torsinya beda 2 angka dengan tenaga wkwkw.. Overstroke sangat kalau kita melihat spesifikasinya (cek foto di bagian spesifikasi SM Sport V16), yaitu 49 x 66, gimana gak torqy coba karakternya hehe..

Makanya urusan ngacir dari bawah sampai tengah sih oke banget, cruising speed 60-80-100 km/jam enak banget, kaya bawa mobil karakternya, santai. Ya mirip mirip bawa Honda Vultus lah, tujuan V16 ini dibuat memang itu, santai, santuy, menikmati perjalanan, bukan srebet sana sini atau kebut-kebutan, kalah lah sama Beat juga ini kalau soal sruntulan mah wkwkkw..

SM Sport V16 speed

SPESIFIKASI SM SPort V16

Bicara mesin, salah satu komentator di Instagram bilang, mesinnya serupa atau berbasis dari Yamaha V Star 250, bahkan modelnya pun mirip. Tapi sekali lagi, model seperti ini memang banyak, Honda Phantom pun mirip hehe. Yak mesin SM Sport V16 ini punya bore x stroke yang sama dengan Yamaha V-Star.

Yamaha V-Star 250

Jadi untuk urusan top speed bukanlah fokus untuk SM Sport V16, coba saja lihat redline RPM-nya yang hanya sampai 9000, gimana mau digeber pol kalau sudah batuk-batuk di garis tersebut? Hehe. Cekidot spesifikasinya di bawah ini lads

PERAWATAN MUDAH?

Mesinnya yang 250cc V-Twin dua silinder mungkin terkesan konvensional, tapi dari sisi konsep dan tujuan yang diincar oleh SM SPort, justru mesin SM Sport V16 ini sudah tepat guna dan menjadi kelebihan bagi sang motor.

Mengapa menjadi kelebihan? Tanpa teknologi macam-macam tersemat di dalamnya atau konvensional maka secara teori mesin V2 SM SPort V16 akan cukup mudah untuk ditangani alias perawatannya akan cukup gampang, secara singkat, bengkel umum pun akan bisa menangani servis berkala.

ERGONOMI DAN HANDLING

Dari tampilannya saja sudah ketebak ya ergonominya? Pendek, kaki nekuk malah untuk KBY yang tingginya 165cm. Setang tinggi dan menekuk ke arah rider, santai banget. Untuk urusan rilek sih bisa dibilang juara lah dari sisi ergonomi.

Buat Sena sih cocok, dia bilang gitu dan suka malah, sayang KBY gak sepaham. Dengan riding position seperti itu malah bikin KBY kagok, terutama ketika harus menikung dan putar balik, sama lah ribetnya kaya bawa moge nunduk macam MV Agusta F4 atau MV Agusta Stradale.

KBY merasa jauh lebih cocok dengan model sport seperti CBR, R25, GSX-R, MT-25, GSR dll, karena merasa handlingnya pas, feedback dari roda ke setang sangat baik, belokin dikit nurut, kalau model cruiser kaya SM Sport ini ada delay-nya. Jadi akan tergantung kesukaan sang rider jatuhnya.

SM SPort V16 SM SPort V16

HARGA & KESIMPULAN

Jika lads bukan tipe mendang mending, bukan tipe beli motor untuk dijual kembali, bukan tipe nyari motor yang harga second-nya tinggi, maka lads sudah cocok memiliki motor SM Sport V16 ini.

review SM SPort V16 tuntas

Karena kalau buat dijual lagi, bahkan petinggi MForce pun bilang, ini motor gada harganya wkwkwk.. Jadi beli, pake dah sampe puas. Dan memang sejauh ini konsumen V16 ini adalah mereka yang punya duit, cari mainan, cari sesuatu untuk duit mereka yang idle tanpa mikirin hal lain lain, suka ya beli! Selesai.

Makanya penjualan SM SPort V16 CKD Malaysia seharga Rp. 57,7 juta ini termasuk paling laris untuk kelasnya, bersaing dengan saudaranya, SM Sport classic model CUB. Itulah review lengkap SM Sport V16. Sektor boncengan dan pengereman KBY bahas di video, silakan ditonton yes

review SM SPort V16 boncengan

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

15 KOMENTAR

  1. pertamax kah..? langsung baca kesimpulan, komen, baru baca detilnya nanti xixixixi
    emang motor super segmented banget sih, ibaratnya the real ‘man toy’ mainan untuk para lelaki yang (katanya) akan selalu menjadi bocah. setujukah om Kobay dengan statement tersebut? saya sih iya, hehe

  2. nonton review2nya, 250 v twin ni kalo udah di atas 4000 rpm suara potatonya hilang ya? Malah jadi mirip suara 2 silinder inline.. Suara potatonya cuma pas idle dan akselerasi

  3. Kalau area didepan tangki yg ada plastik2 dan mata kucing lebih dirapiin bakalan lebih cakep lagi ini mang
    Plus saklar yg dipake motor ini bukannya tipe saklar yg dijual bebas buat aftermarket yak? Merknya dom*no

Yuk Tinggalin Jejak Lads..