GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Yamaha memiliki satu skutik unik yang belum hadir di Indonesia tapi sudah bertahun tahun ada di negeri tetangga Thailand, dia adalah Yamaha QBIX! Laiknya Honda Zoomer yang gak pernah nongol di sini, QBIX juga begitu lads.. Namun adakah angin segar bersemilir menyeruak dan memberikan kabar bahwasanya Yamaha Indonesia digadang gadang akan menghadirkan skutik nyentrik tersebut di Indonesia? Jika skutik uwu ini beneran hadir, wah bakal geger geden!

KBY beruntung bisa melihat langsung skutik unyu unyu bin uwu ini – kalau ogah disebut antik dan nyentrik – di Thailand dua tahun lalu saat turing bersama TDR Racing Indonesia. Skutik tersebut KBY temukan di pelataran Hotel Hard Rock Pattaya lads..

baca: Ketemu Yamaha QBIX si skutik nyentrik!

Sayangnya yang KBY temui itu warnanya kurang membuat sakit mata (dalam arti menarik dan bikin orang aware) selaiknya motor nyentrik. Warnanya justru cenderung elegan, gold dengan paduan plastik hitam. Satu satunya yang mencolok adalah tulis QBIX vertikal berwarna flou yellow di pinggir bodi.

Secara desain Yamaha QBIX menurut KBY pribadi tidak memiliki area abu abu, antara bisa suka atau tidak, tapi posisinya jelas, yang suka dan yang tidak.. Jika tujuannya mendapatkan produk yang unik, sudah jelas QBIX juaranya, modelnya yang nyeleneh pasti akan langsung menarik perhatian.. apalagi jika warnanya ucul..

ini varian QBIX standar sepertinya

SPESIFIKASI DAN FITUR YAMAHA QBIX

Yamaha Thailand secara resmi memperkenalkan skutik QBix ditahun 2017 dengan mesin 125cc Blue core SOHC yang mampu memuntahkan tenaga hingga 9,5HP@8000RPM dan torsi 9,6Nm@5500 RPM. Anggap saja dia bermesin Freego lads.

Bicara soal fitur Q-Bix juga cukup seger dan diselimuti gaya kekinian. Sebut saja bentuknya yang kotak di tengah hingga buritan membuat sektor bagasi menjadi cukup lapang sebesar 22,5 liter sehingga diklaim muat 2 helm open face. Sudah keyless, ada opsi ABS, Stop start system (SSS), mobile charger dengan model Lighter di kompartemen bagasi kecil depan, speedometer digital yang cukup besar plus ban ring 12inch sehingga tampilannya cukup digandrungi kawula muda sana.

Belum lagi lampu depan yang sudah menganut model LED termasuk stoplamp (vertikal style). Dan untuk QBix ini Yamaha menjejali ban belakang ukuran cukup gambot yakni hingga 140mm, membuat stance-nya juga jadi gagah.

Untuk harga, dinegeri Gajah Putih Nong Poy, Yamaha QBix dijual termurah pada angka 53,500 THB atau setara dengan 21,3 jutaan rupiah. Nah dengan cukup banyak pecinta Yamaha yang ingin skutik nyentrik ini hadir di Indonesia, bagaimana kans-nya?

YAMAHA QBIX INDONESIA

KBY yakin bahwa Yamaha (YIMM) juga terus menerawang kemungkinan QBIX hadir di Indonesia, baik itu CKD ataupun CBU, hanya saja pabrikan tidak akan serta merta langsung mengiyakan keinginan konsumen, apalagi jika sifatnya hanya segelintir ataupun jasjesjos tapi giliran hadir yang beli seuprit.. wkkwkw.. Kasian kan?

Kedua, biasanya pabrikan di masing masing negara itu memiliki produk andalan dan kebanggan masing masing, misal Yamaha di kelas 125cc punya Freego dan Lexi VVA, jika QBIX yang notabene signature-nya Thailand hadir dan malah mengobrak abrik dua skutik yang KBY sebut di atas, ya pride YIMM bisa terciderai meskipun mungkin saja dari sisi penjualan ya laris..

Ketiga, selama berkunjung ke Thailand beberapa kali, QBIX tidaklah terlalu banyak terlihat sliweran, masih lebih banyak Fino loh, NMax malah lebih banyak lagi.. artinya apa? QBIX bisa jadi bukanlah tulang punggung penjualan Yamaha Thailand, kehadirannya hanya sebagai pelengkap line up dengan penjualan yang mungkin sesuai target.

Tinggal study di nasional saja, seberapa persen atau seberapa banyak yang benar benar ingin QBIX dan membelinya? Ingat, bikin line up produksi itu memakan dana gak sedikit, kalau CBU? Yah tau sendiri harganya..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

46 KOMENTAR

  1. sesekali gpp kali YIMM mengabaikan ego dan pride nya soal produk lokal dan import … toh selain NMax dan Aerox155, produk desain lokal lainnya secara penjualan so so ajah

    QBIX potensial sih, gak usah full spek biar harga bersahabat dan jangan lupa belajar dari Filano yg gagal laris, “subsidi silang” diawal kasih harga perkenalan

    yg penting larisss …

    • Kalau di Thai ini mesinnya Mio soul , yang sering gua sebut mesin gerinda berjalan πŸ˜‚ bolehlah jika masuk k indo ganti yang agak baruan dikit…setidaknya punya leci , kalau mesin prigoh atau gear itu mesin stok lama yang di trondolin dari motor2 Yahama yang gak laku πŸ˜‚

  2. Mantab… Desain yg melompat jauh ke masa depan, di 2 foto terakhir tampak seperti sebuah iphone dan android yang dikasih roda…

    • Dari depan uihhh cakep, kasih stiker dan logo apple jadi iphone motor πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  3. Di thailand sana lebih banyak mana populasi motor “hobi” kayak qbix, zoomer, sama grom mang ? Atau ada yg lain ?

  4. Nah di Thailand yang penjualannya megap2 aja berani ngeluarin produk begini bagus.
    Masa di Indonesia yang penjualannya skrng udah megap2 juga ga berani out of the box??

    Udah dong fokus bikin produk yang bisa dibeli konsumen, stop lah bayar cheerleader yang bahkan ga bantu penjualan (buzzer yang ternyata cuma pake jupi burhan)

  5. bole lah jd pelengkap. laris sih mustahil tp toh ahm juga punya strategi yg mirip. jejeran lineup yg lengkap menutup celah kompetitor. klpun saingan ikut nyusul toh krn udah riilis duluan minimal udah punya market

  6. Qubix ada marketnya. Tapi gak banyak. Yang perlu digarap oleh Yamaha itu :
    1. Lexi. Posisikan utk head to head dengan Vario Series. bagus kalo desainnya adopsi SMax 155 (lebih bagus lagi kalo tandemnya Mio Soul GT hadir dengan basis desain Yamaha Cygnus125)
    2. Fino. malas banged Yamaha moles motor ini. Untuk sekadar ganti ban pake ring 12 aja malasnya minta ampun. Padahal Scoopy sdh tiga tahun pake ban donat tersebut. Gw pengen Fino berubah jadi kayak Vinoora. Tapi bagian belakangnya aja. Kalo spakbor depannya pake model konvesional. Jangan mangap kayak Suneo. jinjai lihatnya.

    • Qbix bisa kok dibikin marketnya gede, harganya jangan segmented, bisa dilihat dari kasus mt15 n xsr155 (saya FBH dan menurut saya desain 2 motor ini keren)
      kasih harga se scoopy. nyerah aja lah buat fino nya.

      lexi juga bagus kok menurut saya, desainnya kalem (khas honda), masalahnya proporsi ukuran yang agak aneh, kok bisa motor segede gitu kapasitas semua2nya terbatas?

      • Lexi dibunuh diri sendiri mah. Ergonominya buruk buat orang dibawah 170cm. Kalau berhenti harus turun banget kakinya soalnya bagian depan joknnya lebar. Tapi malah bagasi super terbatas. Kalau cewe bawa lexi lama2 nyerah dah. Padahal desainnya kalem cocok bwt cewek.

        Qbix bisa kena hal yang sama. Buka tangki bensin keknya dibawah itu deket dek kaki. Kalo iya buat cewe bakalan menyiksa.

        Hal2 kecil gini ga diperhatiin sama yamaha.

        • Kadang cewek itu beneran pengen simpel, kalau dirasa nyusahin pasti ogah make..

          Contoh, ada dua skutik di rumah, yang satu kenceng yg satu nyaman.. bini gw ga mau make dua duanya, pilih Nex II πŸ˜‚πŸ˜‚

          Alasannya peceka berat, gendis aerox tinggi.. udah gitu doang..

          Kalaupun Nex II lagi dipake bokap, pilihan dia cuma 2, nunggu atau ojol… Nah segitunya tuh cewek..

    • nah ini dia ni, saya berharap banget yahaha bikin gebrakan, biar ahaem ga gitu2 aja.
      tapi ya mw gimana, mungkin yahaha udah nemuin titik nikmat dari kegencet.

    • Masuk akal mang.. Honda ini emang kudu dipancing terus wkwkwk…

      Tapi Yamaha jangan terlena ye.. nanti kalau QBIX booming jangan jumawa, maintain terus, jangan sampe kek Mio atau nmax yang udah mulai kepepet peceka nih

  7. sebenernya kalo honda udah masuk sih agak sulit, apalagi buat motor non hobi alias motor orang awam.
    kalo mw bikin harus kasih value hobi setinggi2nya dengan harga murah, baru deh bisa laku. kalo cuma sama kaya honda (apalagi kalo lebih jelek) jangan harap bisa laku.

    ga percaya? coba sebutkan motor yahaha yang lebih laris dari honda dengan harga yang lebih tinggi dari motor sekelasnya?

  8. Bentuknya Kek Koper Berjalan
    Tapi SUMPAH INI UNIK!
    saya termasuk golongan yg suka designnya 😁

    Apalagi Yg Kek Suneo Di Jepang Itu
    Lebih Suka Lagi Sama Itu

Yuk Tinggalin Jejak Lads..