Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meski industri otomotif sepeda motor terkena dampak pandemi Covid19 namun tidak seluruhnya mengalami kemerosotan ternyata. Seperti halnya sektor ekspor di industri ini malah terlihat menuai kenaikan di triwulan alias tiga bulan pertama di tahun 2020 ini. Berapa sih kenaikannya? Mengapa bisa berbeda dengan penjualan domestik?

Hampir semua atau bahkan semuanya kayaknya ya, 5 pabrikan sepeda motor yang tergabung di Asosiasi Industri Sepeda Motor di Indonesia melakukan produksi untuk ekspor. Dari Honda, Kawasaki, Suzuki, TVS dan Yamaha semuanya memiliki produk andalan masing masing yang dikirim ke luar negeri.

Meski saat ini pasar domestik di beberapa negara mengalami kemerosotan, termasuk di Indonesia, tapi ada bright side nya untuk sisi ekspor yang ternyata tidak terkena dampak dari pandemi corona virus.

Lads bisa lihat dari tabel di bawah bersumber dari wak Haji TMC, sangat kontras dengan distribusi lokal, penjualan ekspor justru mengalami kenaikan, terutama dibulan Februari 2020 yang hampir 2 kali lipat dibanding tahun 2019, alhasil selama 3 bulan di awal tahun 2020, data AISI ekspor 2020 mencatatkan 215.237 Unit, naik sekitar 17 persen dari periode yang sama di tahun lalu yang tersalurkan sebanyak 182,653 unit.

Silahkan dibandingkan dengan data distribusi alias penjualan domestik di bawah ini (baca: Data AISI Penjualan Januari Maret 2020):

Meski dari angka yang ekspor kalah jumlah, tapi dari sisi tren, justru domestik malah menurun sementara yang ekspor naik. Mengapa demikian? Menurut beberapa sumber sih karena di luar negeri justru saat PSBB (social distancing) menjadi momen yang pas untuk memiliki sepeda motor.

Sayangnya tidak ada data detail terkait jumlah unit dari masing masing pabrikan, tapi yang kita tahu pasti, Honda adalah pemimpin untuk pasar domestik dan Yamaha selalu lebih banyak jumlahnya untuk pasar ekspor, darlingly, kita gak tahu sejauh apa perkembangan kenaikan dan penurunannya, semoga bermanfaat lads…

Sumber : https://tmcblog.com/2020/05/05/data-aisi-distribusi-sepeda-motor-domestik-indonesia-kwartal-pertama-2020/

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

2 KOMENTAR

Yuk Tinggalin Jejak Lads..