Kobayogas.com – Hola lads, Salam geberrrr… Toyota Indonesia kembali terendus sedang mempersiapkan produk baru, kali ini dalam bentuk SUV segment A alias kelas compact SUV. Produk tersebut ditengarai memiliki kode 740B dengan prediksi kuat memiliki nama lain sebagai Toyota TJ Cruiser. TJ Cruiser Indonesia tersebut akan menggunakan platform terbaru yang sudah eksis dengan nama TNGA (Toyota New Global Architecture). SUV compact ini akan hadir pada debutnya di bulan Oktober 2019 di Jepang dengan prediksi penjualan di tahun 2020. Benarkah kehadirannya untuk melawan Suzuki Jimny terbaru?

Seperti info yang dilansir sebelumnya oleh Motor1, TJ Cruiser sudah mengawali debutnya dalam bentuk konsep di tahun 2017 lalu, tepatnya di ajang Tokyo Motor Show 2017. Memiliki desain khas SUV tangguh masa lampau seperti Hard Top alias land cruiser dan ada kemiripan dengan saudaranya, FJ Cruiser. Bentuknya mengotak dengan interior yang mengesankan kendaraan utilitas karena jok depan dan tengah bisa dilipat rata untuk mengangkut banyak barang.

Kalau dari desain mungkin bisa dibilang nyeleneh yes, aneh malah, dibanding FJ Cruiser masih jauh lebih manis FJ. Si TJ Cruiser ini kaya bangkong wkwkw, bisa dibilang juga kaya VW Safari versi modern dari depan. Tapi kalau kesan tangguh sih dapat, bentuknya ala mobil amphibi buat perang yes?

LEBIH PENDEK DARI TOYOTA CHR?

Sementara itu untuk versi produksi disebutkan dimensi Toyota TJ Cruiser akan sedikit lebih pendek dari crossover Toyota, si CHR, tapi dengan tubuh yang lebih tinggi untuk menambah volume interior. Dan juga tidak seperti versi konsep, versi produksi kemungkinan akan beralih menggunakan pintu model konvensional di bagian belakang dibandingkan menggunakan pintu sliding seperti pada model konsepnya.

Selain itu, dikabarkan kalau Toyota akan menawarkan TJ Cruiser dalam dua varian, yaitu 2 baris dan 3 baris tempat duduk. Kedua pilihan tersebut tetap mempertahankan kemampuan pelipatan jok secara rata sehingga pemiliknya dapat menggunakan fitur tersebut sesuai keinginannya, terlebih dalam akomodasi barang bawaan.

DUA PILIHAN MESIN TJ CRUISER

TJ Cruiser dilaporkan akan memiliki dua pilihan mesin, yaitu 1800cc hybrid 4 silinder yang diambil dari Toyota Prius dan Corolla Hybrid, untuk mesin ini kemungkinan besar hanya tersedia dalam pilihan gerak roda all wheel drive. Pilihan kedua adalah mesin dengan kapasitas 2000cc 4 silinder, dimana para pembelinya akan memiliki pilihan dalam front wheel drive atau all wheel drive.

Meskipun sumber Motor1 menyebutkan kalau TJ Cruiser belum tentu akan tersedia unitnya atau dijual di luar Jepang, namun mereka berdalih mesin TJ Cruiser dan juga platform TNGA sudah familiar di Amerika. Jadi ya bisa saja dijual juga di sana. Bagaimana dengan Indonesia?

TJ CRUISER INDONESIA DALAM BENTUK CKD?

Nah kali ini sumber KBY yang infoin hehe, TJ Cruiser juga akan hadir di Indonesia kok. Jika prediksi kode 740B tersebut benar adanya, maka TJ Cruiser Indonesia kemungkinan akan hadir dalam bentuk CKD dengan part terurai yang dimasukkan dari Taiwan.  Jadi Toyota Indonesia akan merakitnya di sini.

Tapiii catat dulu nih, jangan keburu buru, karena jadwalnya pun masih lumayan lama, paling cepat akhir 2020. Begitu juga dengan mesin yang akan digunakan untuk versi Indonesia masih gelap meski bisa jadi pakai punya CHR 1800cc. Pun begitu setidaknya kita tau ya kalau Toyota lumayan gerah dengan penjualan Suzuki Jimny yang kuotanya sudah ludes di GIIAS 2019 kemarin hehe.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

20 KOMENTAR

  1. paling CBU harga 500juta. hopeless kalo toyota. CBU atau CKD atau produksi lokal itu harga beda seuprit.

  2. Walah dalah Kang K0bay,
    itu kursine nek dilipet-lipet dikasih kasur bisa bahaya,
    bisa-bisa menyaingi P4jero bergoyang,hehehe
    dadine Cruiser bergoyang.

  3. Kang K0bay, itu si TJ (Joybee) Cruises kurang sudut dan tekukan apa yoh?
    Macam pria kekar yang kulitnya halus muluz, hehe
    Coba Kang K0bay bandingkan dgn Hammer H2 CFC, atau Humvee Komodo Pindad

  4. jelek sih desainnya, lagian kenapa ga pake strategi ‘heritage’ ala2 jimny aja sih.

    jimny kan laku gara2 desain ‘heritage’nya.

  5. Designernya fail berat, gak paham deret fibonacci, gak paham konstanta Tuhan. Proporsi gak dapet, kap mesin terlalu tinggi sementara headlamp terlalu rendah, gak ada eccentricity, body terlalu bland. Grille lempeng lempeng aja tanpa aksen. Ground clearance amblez.

    Jimny esensinya adalah 3 doors mini suv, lawan sesungguhnya adalah rav4 3 doors first gen. wlpn sebenernya rav4 dibuat untuk membendung escudo dan crv. rav4 butt’s is one of the most beautiful suv’s rearend “buritan” of all time. honda pernah bikin element tetapi tetep sangat tidak mampu mengimbangi aura jimny.

    Seandainya ada gelar mobil jenazah terbaik tahun ini, tj cruiser akan dengan sangat mudah meraihnya.

  6. Saya suka design yg bgni, kesah e tangguh meski kliatan aneh kl mnurut konsumen indo 😂

  7. kalau dilihat dari desainnya sih, kayanya bakal jadi pesaing Mitsubishi Delica D5.
    tapi gak tahu juga,
    mengingat desain mobil concept kadang suka beda dengan versi mass product nya.

    • Kalau dimensinya sama dengan Delica atau Voxy atau Serena, ay pasti udah bilang bakal berseteru sama Delica.. bukan ke Jimny.

      Ini dimensinya ditengarai lebih pendek dari CHR … Apa CHR segede Delica? Hmmmm

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.