GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Kendaraan itu bisa bikin kepincut karena beberapa hal, utamanya sih desain, nah dari desain juga bisa dibagi lagi apa yang membuat tertarik. Biasanya yang umum itu ya karena keren, bagus.. hal yang lumrah, nah yang kedua karena punya desain ora umum yang unik! Suzuki Katana 1000 Indonesia terbaru menurut KBY mendapatkan keputusan yang kedua. Moge ini desainnya beneran unik sekaligus keren. Ditambah warna hitam, aura angker dan sangarnya makin keluar.. cekidot selengkapnya lads.

Moge Suzuki ini benar benar beruntung bisa dilihat secara langsung oleh KBY, tak hanya itu, dia bisa diraba, dirasakan, digenggam, diremas, sampai dinaiki dan dienjot enjot, uugghh.. Sayang gak bisa dipake kekeke.. si Katana loh bukan yang laen, ngeres aje pikirannya, lagi puasa juga. Awokawok..

KBY sudah pernah membahas si Katana ini, tapi lebih ke versi lawasnya yaitu Katana 1300, baca deh First Impression Suzuki Katana 1100 Jepang. Katana lawas tersebut KBY temukan saat berkunjung ke museum Suzuki di Suzuki Plaza Hamamatsu Jepang tahun 2018 lalu.

DESAIN SUZUKI KATANA 1000 INDONESIA

Seeing is believing.. memang belum sampai tahap Testing is Believing sih karena memang belum diperbolehkan wkwkw.. Jadi KBY akan membahas dari sisi apa yang sudah dilihat dan dipegang langsung, oceehh..

Melihat dari foto Suzuki Katana 1000 terkesan unik dan nyentrik, aura mogenya langsung berasa, ini seperti kita melihat Yamaha MT-10, Honda Vultus, atau MV Agusta Veloce. Sosok motor yang gak perlu berlama lama untuk mendapatkan perhatian.

Nah melihat langsung ternyata lebih dahsyat lagi efeknya lads! Iya lah langsung gitu loh.. Sekilas, Katana 1000 tidak terlihat bongsor, apalagi dilihat dari depan. Tapi begitu sudah di dekati, ternyata bodinya lumayan gede juga, dimensinya gak terlalu jauh dengan Suzuki GSX-S1000F, hanya bagian moncongnya terlihat lebih panjang aja.

Pahatan bodinya unik, ternyata benar kalau Suzuki tidak terlalu banyak merombak desain Suzuki Katana 1100 terdahulu yang didesain oleh 3 desainer asal Jerman rejekan MV Agusta, yaitu Hans Muth, Jan Fellstrom & Hans-Georg Karsten. Hanya saja buritan kini lebih mencirikan model motor dragster yang pendek.

Bahkan model jok one piece alias tandem termasuk tali di jok tetap dipertahankan lads. Termasuk juga dua warna khas two tone hitam dan silver, yang beda di versi Katana 1000 modern ini joknya tipis dan ergonomis, kalau yang lawas tebal banget kaya sofa wkwkwk.

SENTUHAN MODERN

Selain jok yang berubah bentuk, tentu sebagai karya di era modern, Katana 1000 2020 ini diberikan juga sentuhan modern kekinian, misal – meski bentuk headlamp sama persis yaitu mengotak, tapi sistem pencahayaannya sudah LED, terpisah atas bawah antara lampu dekat dan jauh.

Speedometer juga sudah full digital dengan layar kotak yang cukup besar dengan sistem negative display. Cahaya intrumentnya bisa disetel disesuaikan dengan keinginan sang pemilik (cek video). Fiturnya lengkap ala moge kekinian, sebut saja MID, torque control, tripmeter, jam digital, jadwal servis, ganti oli dlsb.

speedometer keren negative display
tombol tombol ngambil dari GSX-S1000F

Sentuhan kekinian juga hadir lewat sasis dan swing arm. Karena basisnya dari GSX-S1000F, maka ya mirip, sasis model twin spar/ delta box diadopsi termasuk juga swing arm banana. Bahkan knalpotnya yang berwarna hitam pun mirip dengan milik GSX-S.

Ditambah shock depan sudah upside down, monoshock, rem ciamik dari brembo di bagian bawah dengan double cakram 8 piston radial caliper floating disc ABS. Yang menarik, sistem radial tak hanya di bawah, master rem dari Nissin juga sudah radial lads (lihat video). Mantaaapp..

ERGONOMI SUZUKI KATANA 1000

Nah kini kita mencoba impresi saat duduk di atas Katana 1000.. kalau yang lawas kan (lihat foto), membungkuk jauh ke depan ya, setang jepitnya juga rendah. Nah Katana versi terbaru ini lebih berkarakter tourer, terlihat dari setang model baplang yang cukup tinggi sehingga pengendara cukup tegak.

lebih tegak dibanding Katana lawas

Karakter ini lagi lagi persis dengan saudaranya si GSX-S1000F lads.. wah berarti kesamaannya banyak nih, sasis dan ergonominya mirip, so prediksi KBY riding impression pun tidak akan banyak beda antara Katana dengan saudaranya tersebut. Nice lah, secara GSX-S1000F tersebut menurut KBY merupakan moge yang nyaman buat harian.

SPESIFIKASI SUZUKI KATANA 1000 INDONESIA

Suzuki Katana 2020 dipersenjatai mesin berbasis GSX-R1000 K5 yang powernya dituning ulang hingga menghasilkan power yang diklaim tembus 150 HP @ 10.000 RPM dengan torsi 108 N.m @ 9.500 RPM, ada kemiripan dengan GSX-S1000F, ya 11-12 lah dengan Gixxer 1000 wong basis mesinnya juga sama hehe.

Kalau karakternya dibuat sama, maka tenaganya akan sangat smooth (bukan lemot ye), distribusinya halus tapi akan tergantung dari setingan TCS nya juga sih, kalau dimatiin ya bakal jengat juga tenaganya kekekek..

HARGA SUZUKI KATANA 1000 INDONESIA

Sekarang sebagai penutup kita akan menuju harga nih hehe.. Meski pengaruhnya tidak sesensitif motor non moge, tetap saja kebijakan harga juga berpengaruh kepada penjualan. Moge di Indonesia tidak jauh dari 3 merek, Honda, Kawasaki dan Yamaha, Suzuki tidak terlalu masif peminatnya.

Meski belum ada rilis harga resmi, namun masukkan dari kami para blogger yang hadir – terutama Sattan eh Sattar sebagai pelaku bisnis moge memberikan harga 300 juta besar, which is ada di angka Rp. 390 jutaan hingga 400 jutaan kecil. Harga tersebut yang dianggap masih masuk dan akan menarik konsumen moge.

Pendapat KBY pribadi, Suzuki Katana 1000 2020 ini adalah moge yang must have, apalagi kalau level kolektor macam om Febs78, merem dah beli moge ini.. Hmmm djiwa misqueen ku bergejolak bambaaang.. Oia udah ada tuh hari ini di PRJ..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
    • Twitter : @kobayogasblog
    • Instagram: Kobayogasblog
    • YouTube channel: Yogas Kobayogas
    • Path: Yogas Kobayogas.com

30 KOMENTAR

  1. Harga mode skrang tembus tak terukur… Wkk
    Apalagi kebijakan import barang mewah yg masih simpang siur.
    Harga moge bekasnya aja kalau tahun baru (1-2thun) bisa ngalahin harga baru…
    Harapan satu”ny utk kepuasan psikologis tentang motor.. LOL, tinggal beneran ggk kawasaki ngluarin 4 silinder di kasta bawah… Hahah…
    Pertmbangan.
    – fullpaper
    – mesin baru, jangkauan part&service lbih luas/lebih mudah didapat
    – biaya perawatan
    – dimensi motor (yg jelas amat sngt berpengruh buat manusia mini macam saya -+165cm… LoL)

    Goreng terus isu”, biar makin gosong… Wkkkk

  2. Anda benar ini moge yg layak menyandang predikat must have, tp mobil aja gue beli nyicil palagi beli moge ow ouw jiwa kere horeku bergelora jum!

  3. langsung cari spg nya katana ini aja om kobay, terus diraba, dirasakan, digenggam, diremas, dinaiki dienjot enjot deh . . .

  4. Ya Allah.. aim pengen katana ya Allah.. amiin..
    Mang, ditunggu artikel lainnya ya.. yeah you know what i mean..

  5. Tinggi mbah sattar berapa ya om kobay? Kok ngga jinjit ye. Cenderung tinggi atau rendah kah si katana itu?

  6. wah repy di atas nongol dibawah ini?
    btw Signature bikenya Suzuki menurut gw sih ya si Katana ini bukan Hayabusa. Sampai2 di web suzi globalnya si katana kategorinya dibikin sendiri hehehe

  7. Kesatu sisi karena motornya hanya di tuntun dari pengiriman, gak di naikin mas bro, makanya di ban hanya terkena di sisi kiri bekas tananhnya.wkwkwkwkw

  8. @wow
    Kayaknya efek dituntun tu motor sehabis disemir bannya, makanya agak kekiri bekas tapaknya.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.