banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Sebelumnya KBY kurang tertarik mencoba oli buatan Evalube ini, apapun tipenya.. Bukan karena buruk atau apa, ya belum ada niat aja sih.. Hingga ada kesempatan mencoba yang namanya oli Evalube Pro Racing Full Synthetic 5w/30 dengan PAO dan Ester base di CBR250RR.. Bused, testing is believing dah, meski di awal tetap aja hadir keraguan akan performanya, apalagi Evalube Lubricants sejauh ini tidak membuat produk premium.. Ternyata yang satu ini berbeda.. Nah ini adalah review pemakaiannya setelah lebih dari 600km..cekidot

REVIEW OLI EVALUBE PRO RACING

Langsung saja, KBY membawa si Zeref CBR250RR ke bengkel langganan, Pitline Motorsport di bilangan Radin Inten Duren Sawit, anak CBR sih biasanya dah tau lah om Paul juragan Pitline hehe, dari jaman CBR150R karbu repsol udah dipegang ma doi. Waktu nyobain ikutan balap Indonesia CBR Race Day seri 1 April lalu, si Zeref juga doi yang pegang. Oke kembali ke review oli evalube Pro Racing ya lads..

Lebih ke penasaran akan performa si Evalube Pro Racing 4T Full Synthetic ini lads, pertama dari spesifikasinya, kedua dari harganya.. Pro Racing mengandung PAO dan Ester base yang saat ini bisa disebut sebagai spesifikasi tertinggi untuk kandungan dalam pelumas di dunia perolian, belum lagi harganya yang mencapai Rp. 250ribu per liter! Kaget kan? Secara Evalube selama ini dikenal sebagai penjual oli kelas menengah bawah kan?

EVALUBE PRO RACING DI CBR250RR

Dengan spesifikasi PAO dan Ester base, full synthetic dengan SAE 5W/30 API SM JASO MA dan teknologi VELTEC khas Evalube, pelumas lokal Indonesia ini mengklaim dapat menambah tenaga dan akselerasi sang motor.. Evalube sendiri merekomendasikan Pro Racing untuk motor sport 250cc ke atas, meski bukan berarti 150cc ga boleh sih.. So, Zeref CBR250RR cocok dong buat dicelupin oli encer ini?  Mengganti oli di Honda CBR250RR jumlahnya 3 botol kalau sekalian ganti oli filter. Yang ada di bak oli si Zeref sebelumnya adalah Pertamina Fastron Platinum 0W/40 API SN yang oke banget sejauh dipakai, termasuk saat ikutan balap CBR Race Day, jadi wajib ganti filter oli. Oia filter olinya pake punya Nissan Grand Livina wkwkwk.. Gimana kalau dibandingin antara Fastron Platinum 0W/40 vs Evalube Pro Racing 5W/30?

EVALUBE PRO RACING, AKSELERASI NGACIR!

Testing is believing yes? Begitu selesai semuanya, oli masuk semua plus sisa di bawa pulang, saatnya ngetes performanya si Evalube Pro Racing PAO Ester base di CBR250RR.. Buseeedd.. tenaga spontan, akselerasi dahsyat, ngaciirrrr!! Gak percaya kalau gak nyoba sendiri mah lads.. Geleng geleng kepala KBY dibuatnya.. Gila ni oli, efeknya langsung!

Selain tenaga dan akselerasi yang yahud, perpindahan gantar gigi juga lebih halus dan lebih smooth! Kalau bicara suhu mesin gimana? Ya, terasa ada perubahan lebih rendah walau tidak signifikan, temperatur di dashboard sih tetap 3, kinerja ideal si CBR250RR.. cuma terasa dari hembusan panas di kaki aja..

THE VERDICT

Tahan berapa lama kang? Nah kalau itu harus dites sejauh mungkin sih, kan baru 600km jalannya. Biasanya oli khusus motor gini enaknya cuma sekitar 2500km maksimal di 4000km, tapi sejauh ini kesimpulan yang bisa KBY berikan, Evalube Pro Racing ini bener bener nyata terasanya.

Dari oli motor dan mobil yang sudah KBY tes sejauh ini untuk motor sport di CBR250RR, Z250FI dan GSX-R150 yaitu Fastron Platinum (CBR dan GSX), Fastron Techno Hijau (CBR250RR), Motul 5100 (Z250FI), baru ini oli paling ajib yang langsung terasa faedahnya, terbaik lah sejauh ini. PR nya adalah harga, bagaimana Evalube meyakinkan calon konsumen kalau Pro Racing ini memang sangat sesuai dengan harga yang diberikan..

Berikut Video Mengganti oli Evalube Pro Racing di CBR250RR lads.. jangan lupa subscribe yaaa hehe..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

57 KOMENTAR

    • Lebih kearah marketing bang, banyak embel embel racing, tapi belom ada yg turing,

      Belom mindset turing yg identik dengan rajin ngeraeat motor. Beda sama racing yg di cari banyak orang di motor biasa bisa ngerasa kenceng kalo di pakein oli racing. Wkakka

  1. Fastron platinum itu api sn, ga bikin selip kopling mang?

    Oli yg embel2 racing gini sih biasanya ga long drain. Tapi enak performanya

  2. Dibanding oli drum lbh oke oli drum kayaknya. 250 ribu bisa dapat satu tong bisa bolak balik ganti kalo bosen. Belum lagi oli drum 2 kali penyaringan lbh bebas hambatan.

  3. Q : wuih keren banget motornya mang, olinya apa nih….
    A : Evalube Pro Rac…
    Q: (langsung nyamber) wah sama dong, mbit saya juga pake evalube!
    A : ….

  4. mantaab kang tapi diriku masih setia dengan HDEO hehehehe….soalnya ga pernah ngebutt nyari smooth nya ajah

  5. Gak lama mang ini oli umur nya. Masuk 1000 an jg berasa normal lg. Tp emang diawal sadis. Rata2 evalube begitu, mau yg murah atau mahal.
    Tapi Gak tahan lama. Untuk impresi awal akselerasi ringan, suara halus, dll. Enak lah pokoknya. Coba mang sampe 1.500 km.. nanti kasih tau ane rasanya, itu jg klo gak gatel masukin fastron lg.. hehe

  6. Mang…
    Dibanding sama Enduro sport gimana??
    Pengalaman ane pake neduro sport di pake sampe 8000km+ / 7 – 8bln masih enak, nguap nya 100-150ml, tapi di pake masih enak n ga selip kopling..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini