test ride all new honda vario 150

Kobayogas.com – Hola lads para pembaca setia Kobayogas.. Salam geberrr.. Akhirnya bisa juga ngerasain Vario 150 terbaru nih lads, meski singkat tapi lumayan lah dapat first impression nya dulu dari skutik terbaru buatan sayap kepak ini.. Bertempat di pelataran parkir belakang di Summarecon Mall Bekasi, KBY melakukan Test Ride All New Honda Vario 150 berwarna merah doff.. Bagaimana impresi awal saat mengendarai salah satu skutik terlaris milik Honda ini? Apa yang berbeda dari versi sebelumnya? Stay tune jangan kemana mana lads.. 

Pada undangan test ride All New Honda Vario 150 beberapa waktu lalu, KBY berhalangan karena waktu yang tidak memungkinkan untuk menghadiri undangan, lagi persiapan buat ke Hamamatsu saat itu, jadi tidak mungkin membelah diri kaya amoeba wkwkwk.. Kalau melihat sosoknya Vario 150 sih sudah beberapa kali, namun kesempatan ngetes baru datang hari Sabtu tanggal 26 Mei 2018 kemarin, bertepatan dengan launching All New Honda Vario Region Jawa Barat di Summarecon Mall Bekasi..

test ride all new honda vario 150 1

Desain gakan KBY ulang yah, silakan di klik link yang KBY tebar di artikel ini akan sosok All New Vario 150 dan 125.. Jadi artikel ini akan mengutamakan first ride alias test ride singkat Vario 150 saja..

Koridor pengetesan bisa dibilang minim untuk mendapatkan sisi komprehensif, mungkin nanti review harian kalau dapat unitnya akan KBY post lain waktu. Tempatnya kecil, pelataran parkir sepetak cuma bisa mendapatkan akselerasi awal dan handling saat putar balik dan zig zag melalui kun-kun (cone) yang dibuat sedemikian rupa oleh panitia. Tidak ada polisi tidur buatan jadi skip deh soal bantingan suspensinya saat melewati poldur.

test ride all new honda vario 150 2

test ride all new honda vario 150 merah

TEST RIDE ALL NEW HONDA VARIO 150

Setelah menggunakan safety gear seperti helm, jaket yang disediakan panitia, KBY segera menaiki All New Honda Vario 150 berwarna merah.. Eh sebentar, kok unit Vario 150 warna merah ini agak sedikit berbeda dari yang Vario 150 warna putih ya? Kok joknya berasa lebih empuk sedikit? Beneran loh, masa sih beda ya? Tapi entahlah, yang KBY rasakan sih gitu.. Yang merah lebih empuk sedikit joknya wkwkw..

test ride all new honda vario 150 3

ERGONOMI

Posisi riding masih sama kaya Vario seri lama, santai, rilek, ya kaya kebanyakan skutik di kelasnya lah ya.. Tapi yang bikin aman bagi rider Indonesia kebanyakan ya posisi kaki yang menapak ke aspal, meskipun gak 100% tapi sudah sangat cukup bagi rider bertinggi 155-165cm.. Deknya terasa lebih sempit dari Lexi.. iya lah dimensinya aja beda hehe.. Tapi bagi KBY dengkulnya aman dari kantung depan, alias gak mentok..

test ride all new honda vario 150 4 test ride all new honda vario 150 5 test ride all new honda vario 150 6 test ride all new honda vario 150 7

PERFORMA

Dengan trek seadanya dan jalur lurus yang gak sampai 50 meter, KBY coba geber pol dari keadaan diam dan saat berjalan.. Ternyata tarikannya langsung nampol, terasa bangetnya ketika putaran RPM ada di tengah, wewww ajib! Ini berkat mesin All New PCX 150 tapi dengan bobot yang lebih ringan plus torsi yang lebih besar, yoi, All New Honda Vario 150 punya torsi yang sedikit lebih besar dari PCX lokal, yaitu 13.2Nm (PCX) vs 13.4Nm (Vario).. Jelas di akselerasi, torsi yang akan berbicara. Sedangkan top speed akan diambil alih oleh horse power yang memang kalah 14.7PS vs 13.1PS. Vario juga jadi salah satu skutik yang punya torsi lebih besar dibanding tenaganya.

test ride all new honda vario 150 8

Untuk handling, ya lincah lah ya, gada masalah saat putar balik atau meliak liuk diantara kun.. Pengeremannya juga sangat baik walau tidak luar biasa.. Disc depan berbentuk petal (wave) membuat pengeremannya lebih responsif.

Untuk kenyamanan, joknya sih pada unit tes warna merah cenderung empuk, ditambah ayunan shock yang khas dari showa, empuk lah dengan ban yang juga cenderung lunak. Berjalan di atas paving block enak enak aja.. Sayangnya karena keterbatasan waktu KBY urung menjajal versi 125, better luck next time lads..

test ride all new honda vario 150 9 test ride all new honda vario 150 10 test ride all new honda vario 150 11

THE VERDICT

AHM Honda sekali lagi akan mempertahankan dominasi mesin uangnya di kelas ini, secara desain All New Honda Vario 150 (dan Vario 125) sudah sangat baik, hanya saja pendekatan desainnya kini lebih ke arah sporty yang masih dapat diterima oleh banyak kalangan dari anak muda hingga orang tua.

test ride all new honda vario 150 12 test ride all new honda vario 150 13

Ditambah lagi, fiturnya kini makin bejibun seperti lampu lampu All LED dari depan ke belakang, speedometer full digital negative display yang tetap fokus dilihat mata baik di bawah matahari ataupun kondisi gelap, meskipun minus fitur colokan hp alias power charger.. Dengan harga All New Honda Vario Rp. 22.5juta, harganya memang terbayar dengan apa yang didapat..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

48 COMMENTS

  1. lampu belakangnya sih yang parah… kek murahan banget, skilas mirip sama lampu motor pabrikan sebelah.. da 2x nemu di jalan (malem), lampu belakangnya emang gimana gitu… tapi klo liat di spion sih tak kira ada ninja ngekor…huehuehue

  2. alis LED nya jadi signature vario 125 & 150 … klo liat dari spion lsg tau klo mau di overtake sama tuh skutik

  3. Ada yg bilang atau cm bc, led ah*m itu gg terang tp glare nya kebangetan, ya udh ganti aja headlamp ini sm new ninja #gurau

  4. Perasaan liat dijalan pada kenceng kenceng banget ya.vario sama pcx baru. Apa guanya yang kepelanan ya

  5. Ga suka tampilannya yang baru
    Depannya kegedean dan kebanyakan lampu
    Lampu belakangnya jelek bin cheap banget keliatannya
    Sein belakangnya bagus sih

  6. Ergonomi buat yg pendek sih ga masalah klo pas belok, lah buat yg rada tinggi tuh stang mentok sm dengkul. Coba aja sendiri

  7. Pernah ketemu sebiji dijalan warna silver

    Posisi awal lihat bagian belakang menyamping kanan, impresi pertama kok jelek ya? Lanjut diposisi yg sama lihat ban amit amit, udah kayak lihat ban sepeda anak anak, mini bruh! Pas bagian lampu belakang? Ane hampir muntah (ya iyalah kondisi lagi sakit)

    Tapi lihat bagian depan dari spio, ini baru keren
    Overall ane jauh lebih suka design vario 2015, jauh lebih proporsional antara depan, tengah, samping, belakang (bagian buritan terbaik menurut ane) terutama desain stoplamp yg pas dengan UKURAN BAN

    Ini entah gimana ya motor ahm itu fotogenic bener, tapi lihat aslinya malah gak sebagus foto

    Just my opinion bruh, no offense ✌️🙂

  8. Jdi inget aerox125 di bully fbh katanyah desain gado2 aka gk jelas.
    Lha sekarang kok di tiru ama junjungan’y.
    Dan fbh pun bangga.

    Lampu sein pnya cb
    Knalpot pnya cb.
    Spakbor kyk motor semprot.

  9. Awal2 tertarik dengan desainnya. Bagian depan keren. Sayang buritannya bikin ilfil: lampu sein terpisah yg maksa sama ban kecil yg terlihat kurang proporsional. Urung ambil vario malah beralih ke Lexi…

  10. Ahaaa…. sy tahu kenapa pada protes desain buritannya tidak proporsional.
    Imho… desain stoplampnya melebar khas matic gambottt tapi…. tidak diikuti oleh proposionalnya ukuran ban….. jadi terlihat cungkring gitu…. imho lohhhh….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.