Kobayogas.com – Hola lads, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya secara resmi merilis motor flagship supersport terbaru mereka yang punya nama beken All New Honda CBR1000RR 2017 Fireblade Terbaru 2017 diajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)  2017 di ICE,BSD, Tangerang tanggal 11/8/2017 kemarin lalu. Lantas berapa harga CBR1000RR ini? Bagaimana dengan Fitur dan Spesifikasi nya? Mangga diintip dulu

Honda CBR1000RR terbaru ini berkapasitas mesin 1.000cc terbaru ini memiliki desain yang lebih kompak, ergonomis, aerodinamis, dan bobot lebih ringan dibandingkan dengan model sebelumnya. Model ini juga dikembangkan dengan penyempurnaan power unit serta penyematan kontrol elektronik canggih.

baca juga: Review Honda CBR1000RR SP 2015

Bagi konsumen di Indonesia, AHM memasarkan 2 pilihan Honda CBR1000RR Fireblade 2017 yaitu varian standar dan CBR1000RR SP. Kedua pilihan varian Honda CBR1000RR Fireblade memiliki karakter berbeda pada suspensi, rem, Quickshifter, Downshift Assist, dan penggunaan tangki bensin berbahan titanium yang membuat varian SP lebih ringan 1 kg.

Honda CBR1000RR 2017 Dimensi

Minimal dan dinamis menggambarkan desain dari Honda CBR1000RR Fireblade. Honda ingin membentuk proporsi kompak yang padat serta fairing pada bagian atas dan tengah telah dikurangi ukurannya. Garis karakter yang menjorok ke depan melambangkan gaya agresif serta fokus pada fungsi mekanis, detail dan kualitas saat finishing.

Desain yang dimiliki juga sangat aerodinamis sehingga menjaga kestabilan berkendara saat kecepatan tinggi. Pada sirkuit balapan posisi pengendara terlindungi dari arus angin, sementara pada posisi berkendara normal tekanan udara terdistribusi merata pada bagian tubuh pengendara.

Fitur Honda CBR1000RR 

Lampu semua LED dengan desain lampu depan yang kembar menawarkan lampu jarak jauh dan jarak pendek di keduanya. Speedometer Honda CBR1000RR Fireblade mengadopsi layar TFT full-colour liquid crystal yang dimiliki Honda RC213V-S. Layar ini secara otomatis menyesuaikan kondisi cahaya sekitar dengan 3 mode fitur; Street, Circuit dan Mechanic yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Electronics

Sistem ABS baru ada 3 Mode pada Honda CBR1000RR Fireblade memungkinkan hard braking dengan tetap menjaga ban belakang menapak ke tanah, mencegah wheelie. Mode 1 (FAST) memberikan tenaga maksimal, respon throttle linear, Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan intervensi EB (engine brake) yang rendah, serta gaya redam yang tinggi. Mode 2 (FUN) mengontrol output dari gigi satu hingga gigi tiga, dengan peningkatan tenaga sedang, HSTC medium, EB yang bertenaga, dan gaya redam medium. Sementara mode 3 (SAFE) mengontrol output dari gigi satu hingga gigi empat, peningkatan tenaga yang sedang, HSTC tinggi, EB yang bertenaga dan gaya redam rendah.

Pada 2 mode USER semuanya bisa dicustom sesuai dengan keinginan pengendara; mode riding, HSTC dan pengaturan suspensi dapat diubah ketika berkendara. Terdapat indikator Shift-Up yang merupakan 5 LED putih berbentuk garis horizontal, ketika kecepatan motor melebihi pengaturan dari pengendara maka indikator ini akan berkedip.

Honda CBR1000RR Fireblade memiliki Power Selector bernama Riding Mode Select System (RMSS). Sistem ini ada 5 level. Level 1 memberikan output puncak di keseluruhan gigi; Level 2 output dikontrol di setiap gigi untuk mencapai bukaan gas yang halus pada akselerasi maupun deselerasi; Level 5 memiliki kontrol output terkuat untuk respon gas di tingkat sedang. Semua level memiliki respon gas yang sama pada bukaan awal.

Mode riding (1) menggunakan Level 1 sebagai aturan utamanya. Mode (2) menggunakan Level 2 dan cocok untuk jalanan berkelok, sementara Mode (3) menggunakan Level 5 untuk keamanan maksimal. Aturan preferensi ini dapat dimasukkan kedalam USER 1 dan 2 interface yang akan memudahkan pengendara dalam memilih.

Ada juga sistem Selectable Engine Brake (SEB) yang dapat mengatur karakter pengereman mesin sesuai dengan preferensi pengendara dengan rentang kondisi yang beragam, Level 1 menawarkan gaya pengereman paling tinggi dan Level 3 paling rendah. Pada settingan awal Mode 1, 2, dan 3 menggunakan pengaturan yang direkomendasikan, akan tetapi melalui USER 1 dan 2 pengendara dapat melakukan penyetelan lebih secara tersendiri.

Weehh bikin mumet nih, kudu ngulik ini mah lads..

Chassis

Handling CBR1000RR Fireblade saat ini telah bertransformasi. Hal ini berkat bobot motor yang telah berkurang menjadi 196 kg dengan tenaga sebesar 188.94Hp. Sudut rake dan jarak trail tetap pada 23.3°/96mm akan tetapi keseimbangan kekerasan dari rangka hollow die-cast alumunium twin-spar telah ditingkatkan kesesuaiannya untuk handling yang lebih halus dan respon setir yang lebih sempurna.

Subframe die-cast alumunium juga telah didesain ulang, meskipun konstruksinya lebih ramping tetapi memiliki tingkat kekerasan yang sama dengan bobot 800g lebih ringan. Hal ini berkontribusi pada pemusatan massa sehingga handling terasa lebih natural dan gesit. Model ini memiliki panjang wheelbase 1405mm dan tinggi tempat duduk 832mm untuk varian standar dan 834 untuk varian SP. Jirrr tinggi juga haha..

Honda CBR1000RR Fireblade menggunakan suspensi depan Showa BPF inverted teleskopik sepanjang 43mm dengan volume redam besar yang efektif mengurangi tekanan hidraulik yang timbul karena kompresi dan ekstensi. Suspensi belakang menggunakan Showa Balance Free Rear Cushion (BFRC) yang dapat diatur secara penuh. BFRC menggunakan desain dua tabung: damper case dan silinder internal, berbeda dengan tipe konvensional yang menggunakan satu tabung. Nah shock ini biasa dipake di tim balap nih.. selain ohlins tentunya.

Honda CBR1000RR Fireblade menggunakan caliper rem depan Tokico four-piston opposed radial terbaru yang sangat keras, lebih ringan 150g dan dapat digunakan tanpa hanger pins. Sementara Honda CBR1000RR Fireblade SP menggunakan Brembo four-piston monoblok radial mount. Keduanya menggunakan bantalan rem pengembangan terbaru. Velg yang digunakan berbahan alumunium memiliki desain berbentuk lima Y. Ukuran ban depan 120/70 R17 dan ban belakang 190/50 R17.

Engine

 

Tenaga puncak berada pada 141kW/ 188.94HP di rpm 13.000, dengan torsi puncak 116Nm pada rpm 11.000. Bore dan stroke tetap 76 x 55.1mm akan tetapi rasio kompresi naik menjadi 13:1. Crankshaft, valve train dan transmisi semuanya menggunakan spesifikasi material yang lebih baik dari model sebelumnya.

Knalpot yang digunakan merupakan titanium irregular cross-section yang 2.8kg lebih ringan dan meminimalkan perubahan pusat gravitasi; knalpot ini juga menghasilkan suara khas saat melakukan bukaan gas. Knalpot ini dikembangkan khusus dari supplier knalpot dari tim Repsol Honda MotoGP dan menghasilkan desain 4-2-1 double-skinned downpipes. Kerennn..

Honda CBR1000RR Fireblade SP

Honda CBR1000RR Fireblade SP menjadi motor pertama yang menggunakan suspensi depan dan belakang dari Öhlins S-EC: NIX30 sepanjang 43mm pada bagian depan dan suspensi belakang TTX36 yang semuanya dapat diatur custom oleh pengendara.. mumet lah pokokna mah, lieur wkkwkw..

Quickshifter disematkan sebagai standar untuk menaikan gigi tanpa perlu menekan kopling. Alat ini memiliki 3 jenis pengaturan termasuk off, tuh kan control electronic lagi. Downshift Assist memungkinkan menurunkan gigi tanpa menekan kopling dengan proses yang sama seperti Quickshifter dengan tambahan TBW autoblipping, alat ini juga memiliki 3 jenis pengaturan termasuk off.

Assist Slipper Clutch terbaru dengan plat single die-cast pressure dan clutch center, dan menawarkan pengurangan beban pada tuas. Celah antara cams akselerasi dan deselerasi telah dioptimalkan, untuk meningkatkan sensasi perpindahan gigi saat menarik tuas kopling. Akinya saja menggunakan aki Lithium-Ion yang lebih ringan dan memberikan arus listrik yang lebih konsisten dan aman.

HARGA CBR1000RR 2017 TERBARU

Honda CBR1000RR Fireblade varian standar ABS hadir dengan warna Victory Red dengan harga on the road (OTR) Rp 599.000.000,- sementara Honda CBR1000RR Fireblade SP hadir dengan warna Tri Color dan dipasarkan dengan harga OTR Rp 699.000.000,- Model ini secara eksklusif akan dipasarkan di 10 showroom Big Wing di 9 kota besar di Indonesia dan para konsumen yang ingin melakukan inden dapat dilakukan saat ini. Di GIIAS juga ada lads, bahkan ada promo harga disana.. kurang lebih diskonnya sekitar 20jutaan..

Gimana udah mumet? Sama, KBY juga hahaha.. Kayaknya Yamaha R1M juga sama sebanyak ini ya elektroniknya, entahlah..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

43 KOMENTAR

  1. bobot motor yang telah berkurang menjadi 196 kg dengan tenaga sebesar 188.94Hp.
    ——————————————————————————————————————–
    Power dan berat dibawah Suter MMX 500. Klo dibandingin ama R1 power paling cilik yaaa… apalg ama GSX 1000.

    • Kalo buat riding sendiri.. yg dicari bukan gede powernya,,tapi kemudahan berkendara..
      Beda 10hp mah ga kerasa

    • Iyo, tapi jangan dilihat spek tertulisnya. Kenyataannya dah lebih cukup bikin rider beringas macam Guy Martin bergetar hampir mampus…

      • Guy Martin suruh coba naik 500cc 2 tak jaman Kevin Schwantz om… Trus balapan ama doi di sirkuit, yg ngejengkang siapa duluan coba…

        wekekekeke

        klo CBR sesadis itu kenapa takluk ama Kawasaki? Suter MMX 195hp 127kg. Kebayang gak sih seberapa ngeri nya power 1000cc dengan body lebih enteng dari pada CBR Gepeng?

        Itu kan std dari Suter di ganti spek nya pun bisa dan itu tanpa elektroniks.

        O_o

      • Ujung*nya jg bc ni bocah.. HAHAHA..
        Namanya jg motor baru bos, baru setahun launching butuh pengembangan ekstra, lihat jg tuh r1m di sbk, butuh 2 tahun untuk bersaing di papan atas sekarang.. Kalo kawasaki jg mesin dari jaman baheula.. Makanya bisa kompetitif ga perlu pengembangan ekstra lg! (No comment buat mv/ducati)

      • 500cc jaman beheula ya jangan ditanya boss. Motor kelas setan semua itu. Perlu orang gila macam Hailwood atau Doohan buat jokinya.
        Kalau lawan macam zx10rr atau S1kRR yo sewa McG atau Dunlop aja lah. Stock aja dah cukup.

      • Jadi intinya bukan motornya donk tapi pembalapnya, betul? coba klo Dunlop atau Jhon McGuinness naek Kawasaki

        :v

        @Ceberus

        Yang sebelah mana yang bece? CBR Gepeng? Maksud loe ini namanya BC? Jadi gw gak boleh ngetik CBR Gepeng tp klo Rongsok 15 boleh kan?

        O_o

  2. Asli mumet baca speknya. Kebayang kalo punya, bingung mau ngapain dulu. Ngetes motor ato ngoprek settingan? Mending supra waelah. Tinggal rongggg, doronggg…

  3. Wiih keren mang sampe pusing bacanya saking bnyk fiturnya. Btw yng 600rr kpn ya di facelift..? Kn ktanya yng skrng udh stop produksi. 🤔

  4. Mang, mbok ulasannya satu2 to, biar ga kepanjangan dan mumet bacanya, yg pertama CBR1000RR dulu, baru tahun depan ulasan yg SP….

  5. Ada yang ketinggalan disebutkan dan dijelaskan tuh mang kobay…
    Gyro-Assisted ABS.
    Nah, apaan lagi tuh? Bisa di kulik lebih detail lagi?

    • Di web resminya fitur ini seringkali disebut, tapi tanpa ada penjelasan mendetail. Eh, barangkali bisa membantu untuk menarik customer lebih banyak, soalnya di kompetitor lain rasanya belum ada tuh.

      Kalau menilik fitur gyroscope di HaPe modern sih berarti ada hubungannya sama gravitasi.

  6. Gilaa elektronik nya ajib bikin mumeet wwkw kaya nya r1m juga sebanyak ini deh. Tp dengan harga lebih mahal 100jt. Beda power 10 hp sih ga kerasa kalo moge. Yg penting riding qualyty. Walaupun secara prestasi ini motor masih kalah sama si pesek yg udah dapet podium wsbk

    • klo jalan pelan ya gak kerasa tp klo mw top speed disirkuit atau long straight ya kerasa. Ya kaya dibalapan aja Supra GTR vs MX King di ARRC, coba cek hasilnya Supra GTR… Memble semua

  7. Electronic nya msh bukan r1m kyknya mang, btw krg sreg desainnya, terlihat cbr1000sp ini paling ramping dikelasnya,waktu ad foto perbandingan di fb pernah liat dimensi nya kok kek 11-12 dgn cbr250rr, klo gni sii mending zx10r meski improvementnya krg besar, ato gsxr1000r aj,tpi ane gk beli :v

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.