Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Saat ini wacana agar motor berkapasitas mesin besar (moge) – belum jelas banget berapa minimal kapasitas mesinnya – dapat masuk dan melewati jalan bebas hambatan masih terus dikumandangkan.. Hmm.. kalau melihat cuplikan video dan kecelakaan motor yang konon di jalan tol Singapura tersebut, rasanya pemerintah kita masih jauh banget dari kata setuju.. rawan kecelakaan lads!

Seperti kecelakaan yang terjadi di jalan tol Singapore. Pengendara Kawasaki Ninja yang sedang berboncengan mengalami kecelakaan hebat nan fatal saat motor yang dikendarainya menabrak mobil yang sedang berhenti – disinyalir mogok – di bagian kanan jalan. Kecelakaan hebat warga Malaysia ini terekam oleh dash cam milik Manster Wirman/. Kecelakaan terjadi pukul 10.40 pagi waktu setempat, Kawasaki Ninja 250R (disinyalir) tersebut melaju kencang dan menabrak mobil yang sedang berhenti di jalur paling kanan di jalan tol Seletar Expressway (SLE).

Pengendara Ninja adalah Danny Raj Muniappan ( 24 Tahun ) dan boncenger Trivikram R L ( 21 tahun ), keduanya mengalami patah tulang dan di rawat intensif di rumah sakit. Kalau dilihat di video, Ninja mencoba menyalip mobil yang menggunakan dash cam, namun di depannya terdapat mobil yang sedang mogok membuka kap dan menyalakan lampu hazard meskipun tanpa dipasangnya segitiga pengaman. Alhasil yang dibonceng terlempar sedangkan pengemudi menabrak pintu bagasi..

Di luar negeri, contohnya negeri tetangga, kendaraan roda dua memang bebas melintas di jalan tol lads, di Malaysia diberikan jalur khusus sebelah kiri untuk motor, ruasnya lumayan lega, at least ada pembatasnya meski bukan berarti pengendara motor akan selalu patuh.. Nah kalau di Indonesia bagaimana? Lajurnya kecil dengan jumlah kendaraan yang luar biasa banyak, bahu jalan pun kadang diterabas wong macet..

Kalau moge dikasih ijin masuk tol kemungkinan besar jumlah kecelakaan roda dua akan meningkat, mungkin loh ya, karena kesadaran pengendara di kita ini masih minim.. dikasih pembatas pun paling dilanggar hehe.. Apalagi banyak kendaraan di bahu jalan di tol kita.. Wah bisa banyak yang bablas tuh pada nabrak mobil baik yang sedang melaju di bahu jalan maupun sedang berhenti baik mogok ataupun sekedar stop ingin buang air kecil..

Well, meskipun KBY pribadi setuju moge boleh masuk tol, tapi ngeliat videonya jadi ngeri sendiri… Wajar kalau pemerintah masih mempertimbangkan masak masak soal ijin ini.. Simak video kecelakaan Kawasaki Ninja 250 di Singapura ini.. ngeriii

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

33 COMMENTS

  1. Ninja lagi? Bwahahaha.
    Oalah om, kemarin habis baca artikel Ojol demo gara2 merasa ‘terjebak’ oleh polisi masalah larangan masuk JLNT. Kok mau dibolehkan lewat Jalan Tol. Yg ada bikin rusuh jalan tol saja.
    Masyarakat kita itu berpendidikan 9 tahun lengkap dengan ijazah, tapi kalau sudah naik motor tiba2 jadi ‘goblok’. Kalau detegur langsung berdalih ‘kita rakyat kecil’. Itu yg saya lihat sekarang. No offense.
    Terima kasih.

      • Ah gak juga. Lampu kuning masih siap3 berhenti. Lampu merah kurang 5 detik gak pernah pencet klakson. Belok kiri masih menyalakan Sein. Spion masih standard dan ‘dipakai’. Lampu masih normal semua gak strobo. Juga gak pernah makan trotoar walau terpanggang kepansan di tengah2 macet.
        Oke. Bukan maksud bilang semua masyarakat ye. Tapi kebanyakan rider2 di Indonesia.
        BTW, kok ente kesindir om?

      • Ah itu kan kata kamu!
        Saya bikin cerita juga bisa.

        Kamu itu sukanya ngomongin orang lain goblok, pas disindir Goblok langsung bikin pembenaran.

        Saya sendiri ngakuin, saya lebih sering Gobloknya ketimbang pinternya pas naik motor, karena banyak faktor yang membuat kita terkadang jadi rider goblok.

        Maaf kalo bahasa saya offense pisan, kan istilah ini biar sesuai dengan bahasan awal kamu.

    • setuju, kalau di Indonesia sih memang sebaiknya motor ga masuk tol.. tahu sendiri mental rider mayoritas di negara kita seperti apa..

      btw itu ninja emang ngawur juga, spion aja dilipat.. mau mobilnya pake segitiga pengaman juga percuma, wong dia nyalip di blindspot.. yang ada celengnya nabrak tuh segitiga trus mental kena yang lain..

      • Kalau masih mental motor vs mobil/truk pas kecelakaan yg rodanya lebih banyak/yg bodinya lebih gede itu otomatis salah. Jgn harap motor boleh satu tol sama mobil. Hehe

    • kalo 3 kegoblogan utama mayoritas pemotor: ga tau cara pake spion, ga tau fungsi lampu sen, dan ga tau batas kecepatan minimal, udah bisa dibenahi baru deh boleh mulai mempertimbangkan motor masuk tol.

    • Nah betul om

      Masyarakat kita mah terutama pemotor ga siap
      Maaf aja sih nyatanya dijalan kelakuan pemotor itu (mayoritas tp ga semua) udah kayak binatang, sruntulan, nvelanggarlah, arogan lah

      Mau masuk tol? Yg ada mencelakakan diri dan para pemgemudi roda 4

      Belom lagi klo emak2, mahasiswi2 yg feel berkemdaranya aja kaku kayak robot, alay2 sampah yg sruntulan

      Banyak yg kesindir ntar sama postingan om ini, tapi aku setuju
      Lampu merah dilanggar, lampu masi kuning udah bablas, pake klakson segala emg dasar binatang wkwkwk

    • Okey. Mungkin ada yg tanya kenapa komen ai ada yg bisa kesindir.
      Itu gegara habis nonton video motor balik arah di JLNT casablanca di youtube. Dan konon ada yg rela ngetem jam2an di tengah jalan gegara2 ‘bimbang’ takut ada Pak Polisi siap menyapa diujung jalan. Rekaman yg dari atas gedung tambah terlihat epik.Terus habis itu nonton iklan Sampoerna Mild edisi “Polisi Sembunyi”.
      Wkwkwkwk
      Maaf ya kalau ada yg kesindir. Salam satu aspal.

  2. betul kang.. apapun alesannya tetep bahaya jauh lbh besar jk motor masuk tol. kecuali dgn pengawalan

  3. Mungkin kalau motor boleh masuk tol di indonesia dikasih syarat dan ketentuan, kalau kecelakaan risiko sendiri hahahahaha,tol di jakarta macet terus gitu, yang ada pasti ugal2an aja yg bawa motor, senggol dikit yang ada kelindes truck.kalau mental bawa motor masih belum patuh aturan ya susah

  4. Motornya yang salah. Liat aje divideo. Bisa nyalip dari lajur paling kiri sampe paling kanan seenak udelnya. Mobil juga ga seharusnya berenti dilajur kanan sih. Tapi namanya mogok mana bisa milih2 ye mau dilajur yang mana.. Hwehwehwe.

  5. Wah bukan hanya masalah safety.. motor minta masuk tol, it jalan tol sekarang sudah 5 hari dalam seminggu selalu kena macet parah apalagi ditambah Motor.

  6. Sudah demen merampas hak pejalan kaki …
    masak iya mau merampas hak pengendara roda 4?
    gak mocil gak moge emang arogan … 😀 :piss:

  7. Menilai karakter dan mentalitas rider di Indonesia, memang gag akan pernah bisa/boleh nyentuh tol, gag moge gag mocil, klo udah ngerasa motor nya kenceng udah pasti jiwa tengil nya keluar… jalanan biasa aja bisa jajal speed smpe 180 kmj apalagi masuk tol.. yang ada makin banyak yang cilaka.. pengendara mobil nya aja skrg udah makin ga tau aturan kog di tol (perlu disebut? bahu jalan di pakai seenak nya bahkan ngebut, lajur kanan,. sebenarnya HANYA UNTUK MENDAHULUI atau setidaknya untuk yang jalan dengan cepat, tapi dipakai untuk berlambat ria, di dim gag minggir2 bikin kesel kan,,, dah gitu tambah juga yang pada sok2an nyalip kiri kanan-kiri kanan macem bawa mobil di game DRIVER di Playstati*n, belum lagi Bus-bus sekarang makin berani pakai jalur tengah dan kanan especially di tol luar jakarta macam merak-tangerang), di tambah motor2 makin semrawut lah tol (setidaknya di jabodetabek)..
    Sangat di sayangkan sebenarnya, padahal jalan tol bisa sangat membantu karena lewat jalur lama ke Jakarta maupun keluar kota cukup lebih jauh, apalagi naik motor.. sayang semua nya di mentahkan oleh kesiapan mental pengguna jalan di Indonesia sendiri…

    • Kalau sini jatim sopir bisnya lebih pinter lagi. Ada per4an lamper yg “lajur kiri boleh jalan terus” kalau pas lagi Merah di gas terus, habis itu banting kanan nybrang jalan. Itu kalau lalin gak terlalu rame. Gue akuin pinter cara supir bis ngakalinnya supaya lampu merah tetep jalan.
      Kalau motor sekarang lagi trendnya kalau malam lampu di matiin semua.

  8. Bang Kobay, klo motor masuk tol sih menurut saya boleh aja. Asal dibuatkan jalur khusus roda 2. Kayak di tol Bali Mandara ato di Suramadu itu. Jgn dijadikan satu dgn jalur mobil, rawan kecelakaan.

    • Setuju. Harus ada tol khusus motor. Tapi pos polisinya juga harus diperbanyak. Motor lebih rawan kena begal.

  9. Kalau untuk motor masuk tol saya no comment, tapi kalo untuk motor lewat jalan layang non tol untuk mengurangi/menghindari kemacetan di persimpangan jalan arteri mungkin seharusnya di upayakan dalam arti dibangun dengan memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan , menurut saya pajak yang di bayar kan pemotor layak untuk mendapatkan fasilitas itu.
    Apalagi sekarang pajak (PKB) sudah naik lagi

      • Artikel nya bareng sama om kobay, kerasa banget bayar pajak motor periode tahun ini om, dulu balik nama 80ribu sekarang 250 untuk, di facebook grup nmax rame banget feedback dari artikel itu, ya dalam hal ini saya sependapat dengan om leo.

  10. saya tetep ndak setuju kalo motor lewat jalan tol apapun itu motornya,,,,,,,karena jalan tol paling nyaman buat kendaraan roda 4 karena jika kecepatan tinggi motor akan mudah oleng karena faktor angin dari samping,,,,,,,jalan tol kita rata2 ada di tempat terbuka dan kondisi jalan yg kurang mulus,,,,,,tetep tidak setuju lah motor masuk tol

  11. Mang Kobay gimana sih, kalo Indonesia memperbolehkan motor masuk tol itu, bukan kecelakaan begini yang terjadi.
    Tapi bakalan macet, pertama durabilitas rider dan driver itu beda, rider lebih gampang cape, otomatis banyak yang berhenti, ga jamin nyampe rest area, udah berhenti, nah bakalan banyak tukang jualan mampir ke tol.
    Dan fungsi tolnya jadi gagal, bukan jadi jalur bebas hambatan lagi 😂😂😂

    Selfie bertebaran pada awal awal momen tol diperbolehkan di Indonesia.
    Lalu ojek online bakalan blokade tol!!

    Itulah yang akan terjadi 😂😂😂
    Just Kissing.

  12. Kang Kobay yg tampan nan rupawan…, kalo Ane saranin sih mending urungkan niat untuk dukung Roda Dua masuk Tol.. Demi keselamatan ente…bukan hanya seperti kasus di atas, tapi masih banyak faktor, apalagi soal Angin… Mau ngeremehin Angin (Alam)?? Mobil / motor HD yang beratnya kaya gajah bengkak aja masih oleng…
    Yaaa kecuali ente gak mau ngelihat Anak sampe wisuda kan dan mau ngerasain gendong Cucu kan….
    trust me dude that’s better for ur life…
    #JustAdvice
    😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

Yuk Tinggalin Jejak Lads..