Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sudah mulai memasuki musim penghujan ya? Di Jakarta sih belum tiap hari memang, sekitar dua hari baru hujan dan curahnya lumayan. Sebagai otomotif mania apalagi yang aktif di lapangan alias jalanan, di musim hujan ini kita dituntut lebih waspada. Cek ban, kalau sudah tipis dan ada dana segera ganti, jangan sampai sudah ban tipis ketemu genangan air masih maksain nyalip, gejala aquaplaning atau aqua trap menghantui, hasilnya bisa jadi bencana!

Ban tipis (belum sampai botak) memang masih bisa digunakan, apalagi kalau kita dalam kondisi belum memungkinkan untuk mengganti si karet bundar alias ban tersebut. Oleh karena itu waspada menjadi peran yang sangat vital di musim penghujan ini.

Maksudnya gimana kang? Ya bijaksini eh bijaksana aja, misal jalan becek, basah ga usah ngebut ngebut, bawa santai aja – asal jangan sampai ada kendaraan di depan, eh itu mah ngebut ya wkwkw.. Apalagi kalau hujannya baru saja turun, biasanya jalanan lebih licin dalam kondisi itu, debu atau tanah baru terangkat dari jalan. So hati hati..

Apalagi kalau ketemu genangan air, waspadanya dobel, gak usah geber, lewati dengan santai, apalagi sampai melakukan aksi menyalip, wah malapetaka bisa bisa.. Hal ini gak cuma dialami motor, mobil yang rodanya empat pun berpotensi terkena yang namanya aqua planning atau aqua trap terutama di jalan tol.

Ban yang sudah mulai tipis pastinya tidak maksimal lagi membuang air dengan cepat, karena alurnya sudah semakin dangkal.. Btw apa itu aqua planning atau jebakan air alias aqua trap?

APA ITU AQUAPLANING?

Aquaplaning (kadang disebut juga sebagai hydroplaning) adalah kondisi dimana ban tidak menapak ke jalan/aspal akibat adanya lapisan yang terbentuk oleh air diantara ban dengan jalan, jadi seperti meluncur di atas kaca kurang lebih..  Kondisi ini bisa dialami oleh ban yang sehat (alur tebal) sekalipun, apalagi ban tipis.

Ditambah lagi kondisi menyalip, ya bisa wassalam.. Ban tidak menapak, setir/ kemudi bergerak liar, membuat mobil pun tidak terkendali.. Hasilnya seperti kejadian yang dialami oleh Mitsubishi Pajero Sport (disinyalir kuat tipe Exceed dilihat dari lampu rem belum LED – emblem 4WD hanya pemanis cmiiw) yang mengalami selip dan menabrak Pembatas Tol di Salatiga. Kejadian tersebut terekam dalam kamera hp seorang bis mania lalu kemudian dishare ke sosial media dan menjadi viral.

Jika melihat dari vidio yang KBY capture, nampak Pajero Sport ini hendak menyalip Honda CRV di depannya, sementara di dekatnya (belakang) ada Bus STJ alias Sudiro Tungga Jaya. Disinyalir pula kondisi ban Pajero ini kalau dilihat dari penampakan di atas, memang dah aus alias tipis lads, kena aquaplaning deh. Mobil tersebut menabrak pembatas hingga berbalik arah. Alhamdulillah-nya, bus STJ mampu berhenti dengan tepat.

Afaik, Pajero Sport tipe Exceed memang belum memiliki fitur ASC/ESP/VSC – kontrol stabilitas elektrik, tapi tidak menjamin juga adanya fitur tersebut dapat terhindar dari aquaplaning jika kondisi ban sudah kurang layak jalan.. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Pengemudi Mitsubishi Pajero Sport ini adalah seorang Wanita, yang oleh warganet disebut sebagai mbak Uus.

BAGAIMANA MENGATASI KONDISI AQUAPLANING?

Selain waspada dan mengenal kondisi kendaraan masing masing serta tidak ngebut, jika ternyata terkena dan tak sempat menghindari jebakan air tersebut harus bagaimana agar tidak oleng dan celaka? Hasil literature KBY dan pengalaman pribadi cara mengatasi AquaPlaning adalah sebagai berikut.

  1. Jangan mengerem
  2. Angkat/ kendorkan gas (mengurangi kecepatan)
  3. Jangan membelokan kemudi
  4. Pegang setang/ kemudi erat erat dalam kondisi lurus – karena air bisa saja membelokan kemudi.

Tentunya jangan lupa berdoa sebelum dan sepanjang perjalanan ya lads..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

17 KOMENTAR

  1. setuju Kang Kobay mmg tanpa sadar sepelekan ban gak motor , mobil , dllnya harga tdk sbrp k
    bl dibanding rusak dan korban jiwa

  2. Dan yg pasti jangan ngebut, cm umumnya orang di thaikland, ketemu genangan air bukan melambat malah makin kencang…. sukur2 jd kayak Suiton Suishoha atau Jurus Air, Gelombang Air.

    wkwkwkwkwk

  3. mungkin pemiliknya tidak ngerti mobil (wanita?).
    atau tipe OKB yg memaksakan diri ngabisin semua duitnya buat beli pajero sport tipe paling murah buat pansos, tapi terus gak ada sisa budget buat maintenance.

  4. Kesian amat masih gress baru keluar garasi tu stj.
    Oot om, easycon emang suka putus2 ya? Ada tips biar koneksinya stabil?

  5. keknya kaget tiba2 ilang feel di setir terus drivernya langsung banting setir. pdhl kl engine break sm belok pelan2 bisa diminimalisir (tergantung initial speednya tentunya)

  6. Kang K0bay,
    Itu pas beli pemanis 4WD apa tidak sekalian beli ban?
    Atau pemanis 4WDnya dilelang buat beli ban Kang?
    Baiknya gimana ya Kang, bingung nih.
    hehe

Yuk Tinggalin Jejak Lads..