Test Drive dan Kupas Tuntas Honda New CRV 2.0 MT 2014

Kobayogas.com – Hola lads… Honda CRV memang merupakan andalan Honda pada produk medium SUV nya.. Kali ini KBY berkesempatan mencoba Honda New CRV 2.0 MT 2014 bermesin 2000 cc dengan transmisi manual.. Sebuah artikel yang lama banget mengendap di folder draft 😀

Review New Honda CRV 2.0 MT

Big Boss baru, kendaraan baru.. Beda boss beda selera.. Kalau yang lama cenderung Toyota minded, terlihat dari beliau memiliki dua buah Toyota Fortuner (redundant banget gak sih hihihi). Fortuner yang satu adalah tipe Fortuner 2.5 Diesel D4D lawas, sementara yang satunya lagi tipe Fortuner TRD sportivo 2.5 D4D VNTurbo.. kesamaannya lainnya adalah sama-sama bertransmisi AT. Keduanya sudah pernah KBY tes tuh lads..

Nah, boss yang baru ini ternyata satu selera dengan KBY, sama-sama suka akan performa dan handling, jadi sudah ketebak dong apa merek mobil pilihannya? Betul sekali, Honda!! Dan yang dipilih beliau adalah Honda New CRV 2.0 Manual Transmission buatan tahun 2014.. Hmm seperti apa impresinya lads?

review new crv 2.0 Manual

DESAIN HONDA NEW CRV 2.0 MT

Honda punya desainer salah satu yang terbaik, model model kendaraan roda empat mayoritas bagus dan enak dilihat, tak terkecuali New CRV 2.0 MT ini.. Desain sebuah SUV tetap ada namun menyiratkan sebuah mobil modern dan fashionable. Garisnya tidak neko neko, halus dan menyatu dari mulai depan hingga belakang. Secara karakter, identitas sebuah Honda CRV akan mudah dikenali berkat garis garisnya yang khas..

img-20150519-wa0057

Lampu New CRV 2.0 MT di bagian belakang juga masih tetap dipertahankan berada di pilar D sebagai ciri khas Honda CRV dari generasi ke generasi. Sayangnya lagi lagi HPM tidak membekalinya dengan lampu rem LED.. duh masih aja nih pelitnya 😀 lampu LED hanya ada untuk 3rd brake lamp yang ada di tengah tengah kaca belakang. Adanya wing di atap belakang lumayan menambah kesan jantan dari New CRV 2.0 MT 2014 ini..

Review Honda New CRV 2.0 MT

PERFORMA HONDA NEW CRV 2.0 MT

Salah satu “penyakit bawaan” Honda CRV bertransmisi manual yang memang hanya ada di tipe mesin R20A berkapasitas 2000cc adalah getaran saat pedal kopling diangkat pada kecepatan rendah, misal stop and go.. Harus pas pengangkatan kopling dan pengaturan gas agar tidak terjadi getaran lads, plus untuk menghindari gejala ndut ndutan atau tersendat sendat di putaran bawah.

new crv 2.0 MT

Untuk performa, namanya juga transmisi manual, power deliver-nya dari mesin melalui transmisi dan kemudian ke roda sangat baik, dapat dikatakan responsif. Hanya memang drive by wire nya sedikit ada delay.. Ketika pedal gas diinjak, RPM berputar cepat seiring dengan kecepatan mobil yang bertambah.. Responsif lads..

Mesin R20A berkapasitas 2000cc dengan power 155PS dan torsi sebesar 190Nm mampu melesatkan New CRV 2.0 MT ini dengan cepat dari diam ke 120 km/jam.. Bahkan kecepatan 140 km pun   tidak sulit diraih.. transmisi Manual memiliki 6 tingkat percepatan.. gigi keenamnya lebih merupakan sebuah over drive, untuk membuat mesin tidak meraung dan bekerja di RPM rendah pada kecepatan tinggi. Ngejar efisiensi lads..

handling khas Honda, mantap!

handling khas Honda, mantap!

Sementara dari sisi handling sangat Honda sekali, memang bantingan jadi agak terasa firm, plus minus sih, karakter Honda memang lebih mendewakan handling pada semua produk roda empatnya.. Melakukan pindah jalur New CRV 2.0 MT ini tidak terlalu limbung, bisa dikatakan baik untuk sebuah mobil dengan ground clearance tinggi.. Sayang mobil modern belakangan ini sudah menanggalkan model suspensi Double Wishbone yang terkenal mantap.. New CRV pun hanya pakai di belakang saja. Padahal Generasi 1 pakai full double wishbone depan belakang..

new crv 2.0 MT

KENYAMANAN 

Seperti yang KBY katakan di atas, suspensi New CRV 2.0 MT generasi keempat ini tidak dapat dikatakan lembut, tapi tidak keras keras amat. Mantap di jalur lurus dan stabil di tikungan serta berpindah jalur, tapi di jalan jelek memang mengganggu bagi mereka yang mencari kelembutan ayunan. Jok di depan sangat supportive, mampu memeluk tubuh dengan baik dan tidak licin.. bagian paha juga tertopang dengan baik oleh alas jok.

interior new crv 2.0 Manual 2014

Sedangkan bagi penumpang di belakang, New CRV 2.0 MT dan semua variannya punya ruang kaki yang sangat lega! Senderan jok belakang juga bisa reclining alias di rebahkan sehingga punggung tidak terasa pegal/ lelah. Kualitas busa jok cukup, tak dapat dikatakan sangat empuk tapi juga tidak terlalu keras.. Idealnya penumpang berdua bakal nyaman, bertiga sih bisa tapi kalau badannya pada gede akan terlihat seperti di foto, nempel bahu!

interior new crv 2.0 MT

 

ada ventilasi AC di belakang

ada ventilasi AC di belakang

FITUR NEW CRV 2.0 MT

Bagi KBY, kualitas interior New CRV 2.0 MT facelift generasi keempat ini dapat dikatakan lumayan dibanding edisi sebelum facelift yang mengecewakan yang plastiknya terlihat cheapy, mengkilat dan gak terasa mewah. Desain dashboard sih modern tapi kaku.. tapi mendingan lah daripada Civic sebelum generasi sekarang yang desainnya asimetris dengan plastik murahan wkwkw..

review new crv 2.0 Manual

Fitur yang dimiliki New CRV 2.0 MT ini sih tidak dapat dikatakan wow, biasa saja seperti kebanyakan mobil modern lainnya.. Ada audio dan MID control di setir, fitur MID lengkap di layar tengah dashboard, ECO mode tapi AC belum digital. Tapi tumben HPM ngasih fog lamp sebagai standar. Untuk fitur keselamatan untungnya tanpa kompromi, ABS,EBD, BA, Brake Override System, Dual Airbags, ISOFIX, body dengan G-CON+ACE hadir semua..

dashboard new crv 2.0 MT

THE VERDICT

New CRV 2.0 MT 2014 ini memang generasi keempat awal yang sudah kena facelift, terlihat dari hadirnya lampu DRL (Daytime Running Light) di lampu depan yang sudah dihiasi oleh model projector meskipun masih pakai bohlam. Performa dan handling masih berkarakter Honda. Hanya dibandingkan dengan kompetitornya dari sisi berlimpahnya fitur, CRV kalah telak..

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About these ads

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Honda Mobil, Test Drive and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Test Drive dan Kupas Tuntas Honda New CRV 2.0 MT 2014

  1. okil says:

    kahiji euy.

  2. okil says:

    kahiji euy.

  3. ChurutZz says:

    Kalo sama x trail yg tempo hari direview lebih worthit mana mang kobay? Dr segi kenyamanan, fitur , mesin dsb

  4. Hafiz says:

    Kang bapa saya cuman kuat sebentar pake nih mobil, tenaga bawahnya kurang bagus kang, dijual lagi deh

  5. unyu2 says:

    Rivalnya kia sepoteg nihh… 2000 cc
    kalo ekstrel mah 2500 cc

  6. hiswell says:

    Artikel khas fbh mobil wkwkwkwk.
    Tp kayak kurang greget g kayak pas ngreview mobil honda yg lain.. Entah apa yg beda. Hampir berasa baca review bkn brand honda wkwkwkwkwk

  7. eko354 says:

    “Sayang mobil modern belakangan ini sudah menanggalkan model suspensi Double Wishbone yang terkenal mantap..”

    Kayaknya mobil2 sekarang memang fiturnya mekanikalnya dikurangi. Honda City juga sekarang rem belakangnya tromol.

  8. ikutan nyimak mang…

    —–
    Saingan Kawasaki Z125 Pro dari Benelli Sudah Hadir di Indonesia: https://adventuriderz.com/2016/11/22/wow-sosok-si-mungil-benelli-tnt-135-rupanya-sudah-ada-di-indonesia/

  9. kompor says:

    enga heran suv banci performa serta handlingnya cocok dengan sis kogay 😆

  10. ardiantoyugo says:

    dulu liat ini kerenn…
    tapi sekarang udah nggak… :mrgreen:

    Spesifikasi dan harga GSX R150: http://wp.me/p7LBn5-2dP

  11. daf says:

    utk gejala getar pas gigi 1 coba pake kopling set exedy Om,selain g geter jg semakin empuk

  12. Setdah says:

    Interior nya..tok tok…plastik murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *